Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 10.00-19.00 WITA, Alamat: Jl. Royal Mansion 2, Winangun Satu, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara; Map: Cek Lokasi

Citraland Waterpark Manado merupakan salah satu tempat tamasya di Sulawesi Utara yang sering dikunjungi oleh orang-orang untuk menghabiskan waktu liburan di sana. Meskipun pengunjungnya sendiri kebanyakan adalah anak kecil, akan tetapi juga ada beberapa orang dewasa yang terlihat menikmati liburan di tempat itu.

Siapa saja yang datang ke tempat bermain yang satu ini dijamin tidak akan merasa bosan dan ngantuk. Pasalnya, di sana banyak sekali aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan. Tidak heran apabila pengunjung yang ada di sana berasal dari berbagai daerah yang ada di seluruh penjuru Indonesia.

Saking terkenalnya tempat ini hingga banyak masyarakat yang mengatakan bahwa tidak lengkap rasanya apabila berkesempatan datang ke Sulawesi Utara, namun tidak mampir ke Citraland Waterpark. Keseruan yang disajikan di sana akan menciptakan pengalaman yang mengesankan bagi setiap orang yang berkunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Citraland Waterpark

Daya Tarik Citraland Waterpark
Image Credit: Instagram Roland F. Kapoyos

1. Kolam Anak

Daya tarik pertama dari taman bermain air tersebut yaitu karena adanya kolam renang yang khusus untuk anak-anak. Tentu saja kedalaman dari kolam ini tergolong cukup dangkal yaitu antara 30 sampai 80 cm saja. Bukan hanya untuk anak-anak saja, bahkan yang masih balita saja juga dapat diajak untuk menikmati kolam tersebut.

Akan tetapi, jangan sampai Anda melepaskan anak untuk bermain di kolam tersebut secara bebas. Walaupun kedalamannya cukup dangkal, namun ketika bermain di sini tentu harus tetap dalam pengawasan ketat dari orang tua. Pasalnya, anak-anak seringkali belum bisa membedakan dengan baik mana yang berbahaya dan tidak.

2. Kolam Dewasa

Selain kolam anak, di tempat wisata bernama Citraland Waterpark ini juga terdapat kolam dewasa. Tentu saja kolam mini diperuntukkan khusus orang dewasa dan anak kecil dilarang bermain pada area tersebut. Kedalamannya sendiri disediakan dengan beraneka ragam, salah satunya yaitu dengan kedalaman kurang lebih 150 cm.

Di area kolam renang dewasa tersebut, pengunjung boleh berenang dengan memenuhi syarat batas ketinggian badan minimum. Tujuan dari adanya syarat ini pastinya demi kenyamanan serta keamanan pengunjung yang kebanyakan berkunjung dengan keluarganya.

Daya Tarik Dimiliki Citraland Waterpark
Image Credit: Google Maps Whin-lee takarindengan

3. Ember Air Raksasa

Di tempat ini ada sebuah ember yang berukuran raksasa dan mampu menampung aliran air yang diisikan sampai penuh. Nantinya akan ada banyak pengunjung yang sudah siap di bawah ember tersebut untuk menunggu momen dimana ember penuh oleh air.

Ketika ember raksasa itu sudah penuh dengan air, maka akan menumpahkan air yang juga mengguyur setiap pengunjung yang ada di bawahnya. Guyuran air dari ember tersebut bahkan meluas hingga ke area di sekitarnya. Sehingga, akan menyebarkan kesejukan dan kesegaran kepada pengunjung, baik anak-anak maupun dewasa.

4. Seluncur Air

Seluncur air adalah ciri khas sekaligus ikon penting untuk taman bermain air Citraland Waterpark ini. Taman rekreasi tersebut telah menyediakan seluncuran air yang jumlahnya sendiri mencapai 8 buah. Anda akan dapat merasakan sensasi berlibur yang seru apabila mencoba untuk meluncur dari ketinggian. Pengunjung bisa memilih berbagai macam bentuk seluncur yang disediakan.

Terdapat pula seluncuran putar yang bentuknya spiral dan bisa menantang adrenalin diri. Untuk anak kecil, maka juga tersedia seluncuran air dengan tingkat kemiringan dan ketinggian yang terbilang aman. Wahana yang satu ini akan menyuguhkan kegembiraan maupun keceriaan tersendiri untuk setiap pengunjungnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Citraland Waterpark
Image Credit: Google Maps Whin-lee takarindengan

Ternyata masih banyak orang yang belum terlalu paham dengan alamat dan rute untuk bisa tiba di wisata ini. Citraland Waterpark Manado sendiri adalah tempat wisata air yang lokasinya terletak di Jalan Royal Mansion 2, Desa Winangun Satu, Kecamatan Malalayang, Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Objek wisata ini menjadi salah satu bagian dari kawasan komplek perumahan yang tergolong masih kelas atas. Anda bisa mengambil rute perjalanan yang dimulai dari pusat kota untuk menuju ke Jalan Tololiu Supit atau Jalan Ringroad. Untuk waktu tempuh perjalanan yang diperlukan hingga tiba di lokasi yakni kurang lebih hanya 17 menit saja.

Bagi pengunjung yang melakukan perjalanan mulai dari bandara, maka bisa melewati rute Jl Sam Ratulangi. Dengan melalui rute tersebut, maka perjalanan akan menghabiskan waktu tempuh kurang lebih 22 menit.

Harga Tiket Masuk Waterpark

Harga Tiket Citraland Waterpark
Image Credit: Google Maps Tommy Bangsuil

Jika ingin berlibur di Citraland Waterpark tersebut, maka seluruh orang yang datang akan dikenakan sejumlah biaya sebagai tiket masuknya. Setiap pengunjung juga tidak akan membayar tiket masuk dengan jumlah yang sama. Pasalnya, tiket masuk yang diberlakukan di sana telah dibagi menjadi beberapa jenis.

Bagi pengunjung yang termasuk ke dalam regular, maka akan dikenakan tiket masuk sebesar 35 ribu rupiah. Untuk anak kecil yang umurnya masih dibawah 2 tahun, maka tidak akan dikenakan biaya sama sekali atau gratis. Sementara, apabila Anda datang dengan membawa rombongan atau grub yang jumlahnya lebih dari 25 pengunjung, maka akan dikenakan biaya masuk sebesar 20 ribu rupiah per orang.

Biaya untuk tiket masuk tersebut pun dapat berubah lagi sesuai dengan ketentuan dari pihak pengelola tempat wisatanya. Anda dapat melakukan konfirmasi harga tiket masuk ini dengan menghubungi telepon seluler yang telah disediakan.

Anda dapat datang ke sini setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu saja. Untuk hari Jumat, tempat ini dibuka dari pukul 2 siang sampai 7 malam. Sedangkan, pada hari Sabtu dan Minggu akan dibuka mulai pukul 10 pagi hingga 7 malam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Citraland Waterpark

Aktivitas Menarik di Citraland Waterpark
Image Credit: Facebook Citraland Waterpark Manado

1. Gathering

Citraland Waterpark bisa sebagai salah satu referensi lokasi terbaik untuk pertemuan secara kelompok. Pengunjungnya bisa mengadakan acara gathering, ulang tahun, reuni, ataupun acara yang lainnya. Baik bagi korporat instansi sampai perusahaan, misalnya saja sekolah bisa melakukan perkumpulan atau pertemuan tertentu di sana.

Hal yang menarik yaitu pihak pengelola tempat wisata tersebut akan memperbolehkan untuk melakukan blocking lokasi selama sehari penuh demi acara rombongan atau grub. Akan tetapi, Anda tentu harus memenuhi jumlah minimal rombongan yang minimal ada 25 orang. Selain itu, nantinya juga akan memperoleh harga istimewa.

2. Menyantap Kuliner

Di area taman tamasya ini juga telah disediakan kawasan khusus untuk menikmati berbagai macam sajian kuliner yang diperuntukkan bagi pengunjung. Di dalam restoran dan cafenya, setiap pengunjung bisa bersantai sembari menyantap berbagai macam menu pilihan.

Bersama keluarga dan rekan, menikmati suasana beristirahat sembari menikmati camilan pasti sangat bermakna. Tenang saja karena tempat rekreasi tersebut juga membebaskan pengunjung apabila ingin membawa bekal minuman dan makanan dari rumah. Menyantap kuliner bersama akan membuat Anda merasakan nuansa layaknya sedang piknik santai.

Aktivitas di Citraland Waterpark
Image Credit: Facebook Citraland Waterpark Manado

3. Berfoto

Momen menghabiskan waktu bersama dengan anak maupun anggota keluarga di tempat ini sungguh terasa menyenangkan. Oleh karena itu, sangat sayang jika Anda tidak berpikir untuk mengabadikan momen tersebut dengan cara memotretnya. Nantinya, hasil foto bisa menjadi kenang-kenangan seru yang akan diingat selamanya.

Sehingga, saat akan datang ke Citraland Waterpark Manado jangan lupa untuk membawa kamera ataupun smartphone yang bisa digunakan untuk menjepret foto. Banyak sekali spot menarik di sana yang bisa dijadikan untuk latar belakang foto Anda. Dijamin hasil dari jepretan foto akan terlihat sangat estetik dan instagramable.

4. Berkeliling

Jika Anda tidak tertarik untuk melakukan aktivitas yang menguras tenaga, maka bisa dengan jalan-jalan di kawasan tempat ini. Biasanya, kegiatan yang satu ini sering dilakukan oleh orang tua atau dewasa yang diajak berlibur oleh keluarganya. Walaupun terlihat sederhana, namun kegiatan ini mampu membuat badan terasa rileks dan pikiran semakin tenang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Wisata
Image Credit: Google Maps Jesmendi Weheb

Pihak pengelola sudah melengkapi kawasan rekreasi di Citraland Waterpark dengan berbagai macam fasilitas yang ramah untuk pengunjung. Di sekitar area waterpark sudah disediakan gazebo sebagai tempat untuk istirahat sekaligus berteduh untuk pengunjung. Namun, terdapat pula beberapa gazebo yang bisa digunakan apabila Anda sudah menyewanya terlebih dahulu.

Ruang ganti dan ruang bilas untuk pengunjung yang selesai bermain air juga ada dengan kondisi yang cukup nyaman dan bersih. Ruangan tersebut bahkan juga dilengkapi dengan fasilitas loker yang bisa Anda nikmati dengan membayar uang sewa dahulu. Tenang saja karena biaya sewa yang ditawarkan masih tergolong murah.

Keamanan setiap pengunjung yang ada di sana cukup terjamin karena terdapat pengawasan khusus dari pihak pengelolanya. Selain itu, juga sudah disediakan beberapa petugas medis yang selalu siap menangani keselamatan jiwa pengunjung apabila terjadi sesuatu yang buruk.

Nah, itu tadi hal-hal yang berkaitan dengan Citraland Waterpark Manado yang sayang dilewatkan oleh siapapun. Wisata ini dijamin tidak akan mengecewakan dan mampu membuat Anda betah ada di sana.