37 Tempat Wisata di Manado Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

19 Tempat Wisata di Manado

Manado merupakan sebuah kota menarik yang terdapat di Sulawesi Utara. Manado memiliki daya tarik panorama alam yang indah. Selain itu, di Manado masih banyak tempat-tempat yang memiliki pesona tersembunyi.

Tidak hanya itu, belakangan ini Manado banyak sekali dikunjungi karena memiliki berbagai spot foto yang menarik. Karena banyak pesona yang masih tersembunyi di Manado makanya banyak sekali wisatawan yang datang untuk menggali pesona tersebut.

Di Manado sangat terkenal dengan spot bawah lautnya yang menawan. Anda bisa mendapatkan foto under water yang menarik. Bagi Anda yang belum mengetahui tentang tempat wisata di Manado mari simak ulasan dibawah ini.

1. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua

Image Credit: Pesonawisataindonesia.com

Pulau Manado Tua merupakan pulau yang sangat wajib Anda kunjungi ketika datang ke Manado. Disana Anda bisa menikmati panorama kekayaan laut yang begitu menawan. Anda bisa mengambil foto underwater yang tentu akan sangat indah.

Kebanyakan wisatawan yang datang kesana ingin menyelam dan berenang di laut yang berada di pulau tersebut. Anda bisa menikmati sunset disana jika betah berlama-lama disana. Disana Anda bisa mendapatkan ketenangan pikiran dan hati.

Lokasi: Kep. Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara.

2. Arum Jeram Timbukar

Arum Jeram Timbukar

Image Credit: Klikhotel.com

Bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrim maka Anda harus mencoba wahana arum jeram yang satu ini. Untuk mencapai ke tempat arum jeram ini Anda hanya perlu menempuh jalur darat selama 2 jam.

Disana Anda bisa berolahraga sambil menikmati pemandangan yang indah. Selain seru wahana ini sangat menyegarkan karena Anda bisa merasakan percikan air langsung ketika menjelajahi tempat ini. Akan sangat seru jika Anda mengunjungi tempat ini bersama teman-teman.

Lokasi: Jl. Stadion Klabat, Karombasan, Sario, Wanea, Kota Manado, Sulawesi Utara.

3. Pusat Kerajinan Keramik Pulutan

Pusat Kerajinan Keramik Pulutan

Image Credit: Indonesiakaya.com

Tidak banyak tempat wisata yang membangun pusat kerajinannya sendiri. Namun, di Manado terdapat pusat kerajinan tangan yang dijadikan sebagai tempat wisata. Sehingga Anda bisa melihat kerajinan tradisional apa yang ada di Manado.

Selain itu, disana Anda bisa melihat sebuah corak khusus yang menggambarkan kota Manado. Pusat kerajinan ini bisa disebut juga pusat barang antik yang hanya bisa Anda temukan dk Manado.

Lokasi: Pulutan, Remboken, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara.

4. Bukit Kasih

Bukit Kasih

Image Credit: Triptrus.com

Bukit kasih ini merupakan tempat unik yang ada di Manado. Memang jaraknya cukup jauh dari ibu kota yaitu 55 km. Namun disana Anda akan melihat keunikan dari daerah tersebut. Disana Anda bisa melihat tempat ibadah lima agama resmi yang ada di Indonesia berada dalam suatu kawasan.

Kelima tempat ibadah itu dihubungkan dengan anak tangga yang cukup banyak sehingga ketika Anda ingin mengelilinginya maka Anda bisa naik dan turun dengan anak tangga tersebut.

Lokasi: Jl. Kanonang, Kec. Kawangkoan Barat, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara.

5. Jembatan Soekarno

pesona Jembatan Soekarno

Image Credit: Pegipegi.com

Mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang jembatan Soekarno ini karena ini merupakan tempat wisata yang berada di tengah kota. Selain itu tempat wisata ini merupakan tempat wisata gratis yang bisa dikunjungi siapa pun.

Tempat ini biasanya akan mulai ramai ketika menjelang sore karena kebanyakan orang akan menunggu momen matahari terbenam untuk mendapatkan foto yang menarik. Jembatan ini juga kerap dikunjungi para anak muda untuk sekedar berfoto bersama.

Lokasi: Jl. Boulevard II, Kota Manado, Sulawesi Utara.

6. Taman Kesatuan Bangsa

Taman Kesatuan Bangsa

Image Credit: Wisatasyarta.blogspot.com

Taman satu ini terletak di pusat kota Manado. Taman Kesatuan Bangsa Dotu Lolong Lasut ini telah resmi berdiri pada tahun 198. Dimana ketika anda berkunjung kesini, anda pun akan bisa menikmati beragam hiburan dan fasilitas yang tersedia. Seperti Monumen Dotu Lolong, Teater Terbuka dan juga Pusat Informasi Wisata Manado. Di Taman Terbuka, nantinya anda akan bisa melihat pertunjukan dan kesenian khas budaya Minahasa.

Lokasi: Pinaesaan, Kec. Wenang, Kota Manado.

7. CitraLand WaterPark Manado

CitraLand WaterPark Manado

Image Credit: Befreetour.com

Citraland Waterpark yang ada di Manado ini, dapat menjadi salah satu alternatif bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga. Pasalnya, banyak sekali wahana air yang bisa untuk anda nikmati bersama si kecil. Mulai dari kolam untuk berenang, seluncuran untuk anak dan dewasa dan juga ember air raksasa yang siap untuk mengguyur anda.

Apabila anda merasa lelah dan kelaparan, mak anda pun bisa menikmati makanan yang ada di cafe, serta beristirahat di gazebo yang disediakan.

Lokasi: Jl. Royal Mansion 2, Winangun Satu, Kec. Malalayang, Kota Manado.

8. GPI Waterpark

GPI Waterpark

Image Credit: Travelspromo.com

Taman wisata air yang memiliki berbagai macam wahana menyenangkan ini pun juga dapat anda jadikan tempat berlibur ketika akhir pekan. Disini, anda akan disuguhkan waterboom dengan air tumpah yang akan menarik wisatawan.

Selain itu, anda pun juga bisa bersantai di kolam arus yang akan membawa anda mengalir mengikuti arus. Tak hanya kolam saja, disini pun anda juga bisa mengajak si kecil untuk menikmati wahana outbond air yang memiliki tingkat kesulitan bertahap.

Lokasi: Jl. Akasia, Paniki Bawah, Kec. Mapanget, Kota Manado.

9. Tugu Zero Point

Tugu Zero Point

Image Credit: Wisatasyarta.blogspot.com

Tugu yang terletak di kota Manado ini merupakan salah satu wisata tugu yang menjadi kunjungan bagi wisatawan yang singgah di kota satu ini. Untuk anda yang ingin mampir ke tempat satu ini, maka nantinya anda akan bisa untuk mengenal dan melihat tugu yang menjadi ciri khas dari kota Manado. Penampilan dari tugu ini pun dapat dijadikan patokan bagi para pelancong agar tidak tersesat ketika sedang berjalan jalan di kota ini.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman, Pinaesaan, Kec. Wenang, Kota Manado.

10. Rumah Alam Manado Adventure Park

Credit Image: Tripadvisor.co.id

Rumah alam ini pas untuk Anda yang berkunjung bersama keluarga. Lokasi yang berada di dalam kota Manado menjadi tujuan refreshing nyaman, asri, dekat dengan alam tanpa harus naik gunung. Harga tiket masuknya Rp 35.000.

Anda akan ditawarkan wahana Manado Swing, ayunan ekstrim dengan pemandangan sungai DAS Tondano. Ada juga spot ikonik Angel Wings berbentuk tempat beristirahat dan memiliki sepasang sayap. Selain itu, wahana umum seperti kolam renang dan tersedia gasebo untuk beristirahat.

Lokasi: Jl. Ring Road Manado II, Kairagi Satu, Kec. Mapanget, Kota Manado.

11. Manado Skyline

Credit Image: BeritaManado.com

Manado Skyline menjadi surganya para penikmat paralayang. Skyline disini memiliki tiga titik lepas landas yang memungkinkan plot paralayang terbang ke tiga arah berbeda. Jika ingin mengikuti tantangan ini, Anda harus berkunjung ke Bukit Tetempangan berlokasi di Koha, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa.

Lokasi: Koha, Kec. Pineleng, Kabupaten Minahasa

12. Air Terjun Kima Atas

Air Terjun Kima Atas

Image Credit: Dolandolen.com

Selain keindahan laut, Manado juga memiliki tempat wisata air terjun yang tidak kalah indahnya. Letak air terjun ini juga tidak dari pusat kota hanya berjarak sekitar 15 km. Jika Anda tempuh menggunakan mobil maka kurang lebih Anda sampai kesana selama 20 menit.

Di air terjun Kima ini terdapat banyak pohon rindang yang mengelilingi air terjun sehingga udara disana begitu asri dan segar. Selain itu, air terjun disana memiliki 3 tingkat. Yang tidak berarus, yang berarus sedang dan yang berarus kencang.

Lokasi: Kima Atas, Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara.

13. Gunung Dua Saudara

Gunung Dua Saudara

Image Credit: Superadventure.co.id

Wisata Gunung Dua Saudara ini hanya cocok bagi Anda yang memang menyukai mendaki gunung. Karena gunung ini memiliki tinggi yang cukup jauh dan jalur pendakiannya pun terasa sulit untuk sampai di atas.

Namun, bagi Anda yang menyukai tantangan dan mendaki maka Anda tidak boleh melewatkan tempat wisata yang satu ini. Pendakian Anda juga tidak akan sia-sia karena disana akan menghadirkan panorama alam yang indah dan mempesona.

Lokasi: Kadoodan, Madidir, Kota Bitung, Sulawesi Utara.

14. Kota Bunga Tomohon

Kota Bunga Tomohon

Image Credit: Ksmtour.com

Kota bunga Tomohon ini adalah tempat wisata yang sangat disukai oleh kebanyakan kaum hawa. Disana Anda bisa melihat hamparan bunga yang indah. Terdiri dari berbagai jenis bunga yang indah dan berwarna-warni membuat pemandangan disana semakin menarik.

Karena tanah di Manado juga termasuk tanah yang subur sehingga bunga-bunga bisa tumbuh dengan baik dan subur. Anda bisa melihat bunga saat mekar ketika Anda kesana dalam bulan Juni- Agustus.

Lokasi: Jl. Pasar Paslaten, Talete Satu, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

15. Air Terjun Ratahan Telu

Air Terjun Ratahan Telu

Image Credit: Agendakota.id

Air terjun yang juga sering disebut dengan air terjun desa kali ini berada di dalam hutan. Sehingga bagi anda yang ingin mengunjungi wisata alam dengan suasana sepi, maka anda pun bisa mampir ke tempat satu ini.

Dengan memiliki cipratan air yang cukup deras, maka hal ini pun akan membuat jembatan dan juga sekitarnya menjadi berlumut, dimana akan terlihat lebih artistik.

Lokasi: Wawali Pasan, Kec. Ratahan, Kab. Minahasa Tenggara.

16. Tugu Boboca

Tugu Boboca

Image Credit: [email protected] Adolof Buol

Tugu Boboca sendiri merupakan salah satu tugu yang bentuknya menyerupai Boboca, sehingga dinamakan dengan demikian. Disini, anda pun akan bisa untuk menikmati pemandangan yakni berupa matahari sore dan juga pemandangan Pulau Manado Tua serta pinggiran kota Manado lengkap dengan gedung gedung tinggi yang mempesona.

Lokasi: Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado.

17. Museum Perjuangan Rakyat Sulut

Museum Perjuangan Rakyat Sulut

Image Credit: Idea.grid.id

Museum satu ini pun cocok bagi anda yang ingin mencari wisata dengan tema sejarah. Anda pun juga bisa mengajak si kecil untuk mengunjungi wisata ini untuk memberikan edukasi tentang perjuangan dari rakyat Sulawesi Utara. Tentunya wisata ini pun menjadi salah satu destinasi yang wajib untuk anda singgahi.

Lokasi: Jl. Sam Ratulangi No.27, Wenang Utara, Kec. Wenang, Kota Manado.

18. Pura Jagadhita Taas Manado

Pura Jagadhita Taas Manado

Image Credit: Hindumenulis.com

Ketika anda mencari pura di kota Manado, maka anda pun bisa langsung menuju Pura Jagadhita Taas ini. Ketika berkunjung ke pura ini, maka anda pun nantinya akan bisa menemui jalan sempit dan memiliki lebar yakni sekitar 5 meter saja. Jalannya yang berkelok kelok pun pastinya akan mengingatkan anda akan suasana kawasan Bedugul yang ada di Bali.

Lokasi: Taas, Kec. Tikala, Kota Manado.

19. Waruga Sawangan

Waruga Sawangan

Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Jika Anda menyukai cerita sejarah maka Anda harus datang ke Waruga Sawangan ini. Disini Anda akan mempelajari sejarah dari suku Sulawesi Utara yang bernama suku Minahasa. Suku ini memiliki tradisi yang unik dan diceritakan melalui sejarah.

Pada suku Minahasa ketika orang yang sudah meninggal maka akan dikuburkan dengan cara memasukkan jasadnya kedalam sebuah wadah yang bernama Waruga. Hal ini merupakan salah satu tradisi yang biasa dilakukan disana.

Lokasi: Sawangan, Airmadidi, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

20. Air Terjun Kali Minahasa

Credit Image: Monitorberita.com

Jika Anda berjiwa petualang, maka Air Terjun Kali cocok menjadi tujuan Anda. Lokasi menuju tempat wisata ini harus dilewati dengan berjalan kaki yang cukup jauh. Namun kelelahan itu dapat terbayarkan ketika merasakan sejuknya air terjun Kali di Minahasa. Objek wisata alam ini memiliki fasilitas semacam gasebo untuk beristirahat dan toilet.

Lokasi: Kali, Kec. Pineleng, Kab. Minahasa.

21. Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak

Image Credit: Seputarsulut.com

Jika Anda mencari pemandangan laut yang biru maka Anda harus berkunjung ke Taman Laut Tumbak. Disana Anda akan melihat indahnya biru laut yang dipancarkan dari pemandangan alam yang luas dan mempesona.

Destinasi Wisata di Manado ini belum banyak diketahui oleh wisatawan pada umumnya. Karena jarak tempuhnya juga cukup jauh yang memakan waktu hingga tiga jam menggunakan jalur darat. Namun sampai disana Anda tidak akan kecewa dengan panorama yang menawan.

Lokasi: Tumbak Madani, Pusomaen, Kab. Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara.

22. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Taman Bunaken ini merupakan tempat wisata terfavorite banyak wisatawan. Karena disana memiliki pemandangan bawah laut yang luar biasa. Bahkan tempat ini sudah terkenal hingga seluruh dunia sehingga banyak juga wisatawan asing disana.

Terdapat 39 titik snorkeling yang tentunya memiliki pemandangan yang berbeda-beda. Sehingga ketika Anda sudah masuk ke air maka Anda akan merasa betah bahkan tidak merasakan lelah.

Lokasi: Liang Beach Bunaken, Wori, Sulawesi Utara.

23. Air Terjun Tapahan Telu

Air Terjun Tapahan Telu

Image Credit: Iksanharis.blogspot.com

Air terjun Tapahan Telu ini merupakan panorama keindahan alam yang masih tersembunyi dan belum banyak dijamah orang. Letak air terjun ini berada di dalam sebuah hutan yang lebat. Disana juga terdapat jembatan dari kayu yang menambah kesan tradisional.

Disana Anda Anda bisa melihat lumut hijau yang banyak menempel dibebaruan dinding air terjun. Hal tersebut membuat air terjun semakin menarik dan memiliki gaya artistrik tersendiri. Disana Anda bisa menenangkan diri dan menjernihkan pikiran.

Lokasi: Jl. Pineleng-Kali, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara.

24. Mercusuar Kota Manado

Mercusuar Kota Manado

Image Credit: Wisatasia.com

Ingin mengunjungi bangunan bersejarah di kota Manado? Maka anda pun bisa datang ke tempat wisata satu ini. Wisata ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Manado. Untuk anda yang ingin menaiki wisatawan ini, maka anda pun bisa merasakan suasana layaknya berada di jaman Belanda. Disini anda juga bisa untuk merasakan angin berhembus yang menyegarkan.

Lokasi: Pinaesaan, Kec. Wenang, Kota Manado.

25. Pantai Malalayang

Pantai Malalayang

Image Credit: Ksmtour.com

Selain itu, untuk anda yang ingin menikmati pemandangan alam bagian atas dan bawah laut yang memukau, maka anda pun bisa datang ke Pantai Malalayang. Tempat satu ini merupakan tempat yang cocok bagi anda yang ingin berwisata dengan harga tiket yang terjangka dan juga dekat dengan perkotaan. Disini anda pun bisa menikmati koral warna warni dan ikan dengan berbagai macam spesies.

Lokasi: Jl. Laut Sulawesi, Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado.

26. Pantai Lakban Ratatotok

Pantai Lakban Ratatotok

Image Credit: Ksmtour.com

Ingin berkunjung ke pantai, maka anda pun wajib singgah ke Pantai Lakban yang mengagumkan ini. Di pantai ini, anda pun akan disuguhkan pagar berupa pohon kelapa di sepanjang garis pantai.

Selain itu, anda pun juga bisa untuk menyewa perahu untuk berkunjung ke pulau yang berada di dekat pantai. Fasilitas yang tersedia di pantai ini pun juga cukup lengkap untuk menunjang liburan anda.

Lokasi: Ratatotok, Kec. Ratatotok, Kab. Minahasa Tenggara.

27. Modoinding

Modoinding

Image Credit: Sitaro.wordpress.com

Berkunjung ke Modoinding, maka anda tak hanya akan disuguhkan pemandangan yang indah saja. Melainkan anda pun juga akan bisa untuk menikmati wisata budaya, sejarah dan juga berinteraksi langsung dengan penduduk disana.

Kawasan yang dikenal sebagai penghasil hortikultura ini merupakan tempat untuk memenuhi kebutuhan sayuran bagi warga Sulawesi Utara dan sekitarnya. Sehingga anda pun bisa melihat berbagai sayuran ketika berada disini.

Lokasi: Pinasungkulan, Kec. Modoinding, Kab. Minahasa Selatan.

28. Gunung Mahawu

Gunung Mahawu

Image Credit: Frifqirizky.blogspot.com

Tempat wisata yang satu ini sudah banyak memiliki perubahan. Jika dahulu gunung ini memiliki track yang sulit, sekarang sudah dibangun jalan beton yang bisa ditelusuri oleh para pengunjung dengan mudah.

Gunung Mahawu ini menawarkan pemandangan kawah yang indah. Anda bisa berfoto dari atas puncaknya dan bisa menikmati udara yang begitu segar dan bersih. Berlibur kesana akan sangat menyenangkan.

Lokasi: Kakaskasen Satu, Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

29. Pulau Lihaga

Pulau Lihaga

 Image Credit: Superadventure.co.id

Pulai Lihaga ini merupakan salah satu Objek Wisata di Manado yang belum banyak terjamah wisatawan. Pulau ini memang belum banyak dijamah karena memang belum banyak wisatawan yang mengetahuinya. Sehingga pulau ini memiliki panorama yang indah dan tak terkalahkan.

Karena tidak terlalu banyak wisatawan yang datang maka Anda bisa tenang disana dan menikmati keindahan lautnya hingga puas. Anda bisa duduk di pinggir-pinggir pendopo kayu yang terdapat dipinggir pantai.

Lokasi: Gangga Satu, Likupang Barat, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

30. Danau Tondano

Danau Tondano

Image Credit: Exploremanado.com

Danau Tondano merupakan tempat yang tidak boleh Anda lewatkan ketika ke Manado. Anda bisa mengunjugi tempat ini bersama keluarga. Danau ini berasal dari aktivitas vulkanis yang terjadi pada gunung purba. Di tengah danau ini terdapat pulau kecil.

Anda bisa berkeliling danau tersebut dengan naik perahu. Di atas perahu Anda bisa berfoto dan juga menikmati pemandangan yang sejuk sambil melihat keindahan danau. Anda bisa bersantai dipinggir danau bersama keluarga sambil mengobrol dan bercanda tentu akan sangat menyenangkan.

Lokasi: Jl. Urongo Tondano Selatan, Leleko, Remboken, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara.

31. Pulau Lembeh

Pulau Lembeh

Image Credit: Idntimes.com

Pulau yang satu ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena memiliki pantai dengan pasir putih yang menawan. Selain itu Anda bisa menikmati keindahan alam disana dengan cara berenang ataupun menyelam untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Pemandangan ini tidak akan bisa Anda dapatkan jika berada didaerah perkotaan.

Anda bisa menyewa perahu untuk dapat berkeliling pulau nan indah dan eksotis ini. Disana Anda bisa menikmati air yang jernih. Selain itu Anda juga bisa bermain bersama keluarga atau berjemur. Para wisatawan asing sangat menyukai tempat ini karena memiliki disana memiliki udara yang enak untuk berjemur.

Lokasi: Kota Bitung, Sulawesi Utara.

32. Pantai Ratatotok

Pantai Ratatotok

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Ratatotok ini berada cukup jauh dari pusat kota Manado. Anda harus mengendarai mobil selama 3 jam untuk sampai disana. Pulau ini merupakan kepemilikan dari penambangan emas. Namun meskipun begitu pantai ini masih tergolong bersih dan terawat.

Pantai Ratatotok ini memiliki keindahan laut yang jernih dan indah. Selain itu disana pantainya memiliki pasir yang putih yang membuat Anda akan betah berlama-lama disana. Wisatawan sangat menyukai pantai yang satu ini karena memiliki udara yang bersih yang baik untuk kesehatan.

Lokasi: Ratatotok Timur, Ratatotok, Sulawesi Utara.

33. Gunung Klabat

Gunung Klabat

Image Credit: Ksmtour.com

Ketika anda berada di Manado, jangan lupa untuk mampir ke Gunung Klabat, terutama bagi anda yang memiliki hobi mendaki. Namun, anda pun perlu berhati hati jika ingin mendaki gunung satu ini. Meskipun bukan termasuk gunung yang tinggi namun jalur pendakian di gunung ini pun paling menantang di Sulawesi.

Dengan memiliki puncak sekitar 1995 meter diatas permukaan laut, namun ketika mendaki gunung ini anda akan mengahdapi kemiringan hingga lebih dari 70 derajat di beberapa titik.

Lokasi: Lembean, Kec. Kauditan, Kab. Minahasa Utara.

34. Patung Yesus Memberkati

Patung Yesus Memberkati

Image Credit: Adventurindo.com

Patung Yesus Memberkati adalah salah satu bentuk landmark yang melambangkan kerukunan di Sulawesi Utara. Patung satu ini memiliki tinggi yakni sekitar 30 meter dan telah dibangun sejak tahun 2007. Sehingga Patung Yesus Memberkati ini merupakan salah satu ikon yang ada di kota Manado dan mampu untuk menarik wisatawan.

Lokasi: Winangun Satu, Kec. Malalayang, Kota Manado.

35. Kampung Cina

Kampung Cina

Image Credit: Holamigo.id

Kawasan satu ini memiliki daya tarik yakni berupa wisata sejarahnya. Hal ini dikarenakan di Kampung cina terdapat banyak bangunan kuno yang mempunyai nilai bersejarah. Selain itu, anda pun juga bisa untuk melihat bangunan klenteng yang mempunyai arsitektur khas Tionghoa, dari bentuk atap, ukuran dan juga warna yang khas. Ada dua klenteng yang bisa untuk anda temukan di kawsan ini, yakni Klenteng Kwang Kong dan juga Klenteng Ban Hing Jiong

Ketika memasuki perayaan Cap Gomeh atau Imlek, maka kawasan ini akan menjadi salah satu tempat wisata yang ramai pengunjung. Sehingga nantinya anda pun akan mendapatkan suasana bak sedang berada di China. Untuk itu, saat yang tepat untuk datang ke tempat wisata satu ini adalah ketika saat saat tersebut.

Lokasi: Jl. D. I. Panjaitan No.48-6, Calaca, Kec. Wenang, Kota Manado.

36. Pulau Siladen

Pulau Siladen

Image Credit: Katalogwisata.com

Manado memang sudah terkenal akan kekayaan bawah lautnya, begitu juga dengan pantainya. Pantai ini merupakan surga untuk para pecinta keindahan laut yang menawan. Anda hanya perlu melalukan perjalanan selama 45 menit dengan kapal untuk dapat mencapai pantai ini.

Sepanjang perjalanan Anda akan merasakan hembusan angin yang bersih tanpa polusi yang tentunya akan menyegarkan bagi Anda. Dipinggir pantai tersedia berbagai penginapan berupa villa dan resort yang bisa Anda jadikan tempat beristirahat sambil menikmati udara laut.

Lokasi: Bunaken, Kep. Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara.

37. Gunung Tumpa

Gunung Tumpa

Image Credit: Sulutgogotravel.blogspot.com

Selain panorama laut dan pantai, Manado juga memiliki beberapa wisata gunung yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu gunung yang patut dikunjungi adalah Gunung Tumpa. Anda bisa naik ke atas puncak gunung untuk menikmati panorama indah alam Manado.

Disana Anda akan disuguhkan pemandangan kebun kepala rakyat yang terhampar luas. Bagi Anda yang menggemari fotografi tempat ini sangat cocok bagi Anda untuk mengambil berbagai gambar dan bisa Anda unggah ke sosial media.

Lokasi: Wori, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Itulah 37 tempat wisata di Manado yang sedang ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar negeri. Keindahan alam disana tidak ada tandingannya. Anda akan merasa takjub jika sudah mengunjungi Manado yang kaya akan tempat wisata menarik.