Taman Nasional Bunaken menjadi destinasi wisata bahari yang terkenal di Sulawesi Utara. Surga bawah laut yang menarik dikunjungi untuk mengisi waktu liburan.

Lokasi: Liang Beach Bunaken, Kec. Wori, Kab. Minahasa.
Map: Cek Lokasi

Provinsi Sulawesi Utara terkenal akan bentangan alamnya yang menyimpan berbagai keindahan dan panorama yang alami. Provinsi ini terdiri dari berbagai kota dan kabupaten yang memiliki keindahan alam tersendiri yang tak kalah mempesona, salah satunya yaitu Kota Manado.

Kota Manado menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang kerapkali dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kota ini dikelilingi oleh pegunungan, perbukitan yang hijau nan asri, dan beberapa daerah pantai. Salah satu destinasi wisata yang paling terkenal yaitu wisata bahari Taman Nasional Bunaken.

Taman Laut Bunaken menjadi ikon destinasi wisata bahari di Sulawesi Utara yang terkenal sampai ke tingkat internasional. Jadi tidak heran jika tempat wisata ini menjadi tujuan utama para pelancong yang ingin menikmati suasana alam yang berbeda.

Taman Nasional Bunaken, Surga Bawah Laut Favorit Wisatawan

Taman Nasional Bunaken, Surga Bawah Laut
Image Credit: Limakaki.com

Taman Nasional Bunaken terdiri dari lautan dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Pulau-pulau tersebut yaitu Pulau Siladen, Pulau Bunaken, Pulau Nien, Pulau Mantehage, dan Pulau Manado Tua yang memiliki bentangan alam yang begitu mempesona dan dikelilingi oleh lautan yang jernih.

Tempat ini menjadi salah satu taman nasional dengan biodiversitas kelautan tertinggi di dunia. TN Bunaken terdiri dari beberapa ekosistem, seperti ekosistem pesisir dan pantai, ekosistem terumbu karang, ekosistem padang lamun, dan ekosistem hutan mangrove.

Wisata bahari ini terletak pada coral triangle atau bisa disebut dengan segitiga karang. Hal inilah yang menjadikan Taman Nasional Bunaken memiliki kekayaan laut yang indah dan melimpah. Terumbu karang pada tempat ini terdiri dari sekitar 390 spesies karang hidup dengan 13 genus yang didominasi oleh terumbu karang penghalang dan terumbu karang tepi.

Ekosistem terumbu karang yang luas menjadikan tempat ini dihuni oleh aneka macam ikan dan mamalia laut. Disini terdapat sekitar 91 jenis ikan dengan warna yang indah dan memanjakan mata. Terdapat pula hamparan padang lamun yang dipenuhi oleh beragam spesies. Taman Nasional Bunaken memiliki hutan mangrove dengan area yang luas yang dijaga dengan baik.

Taman Laut Bunaken telah didaftarkan ke UNESCO untuk dimasukkan ke dalam salah satu situs warisan dunia pada tahun 2005. Sebab itu, tempat satu ini sangat terkenal sampai ke mancanegara. Banyak para wisatawan yang berbondong-bondong ke tempat ini untuk sekadar menikmati keindahan surga bawah lautnya.

Taman Nasional Bunaken menjadi surga bawah laut andalan yang patut dikunjungi bersama keluarga, pasangan, maupun teman. Anda akan disuguhi pesona alam bawah laut dengan air yang jernih dan begitu memanjakan mata.

Aktivitas Wisata Menarik di Taman Laut Bunaken

Aktivitas di Taman Laut Bunaken
Image Credit: Paketwisata.id

Taman Nasional Bunaken menawarkan berbagai aktivitas wisata yang wajib Anda coba. Disini Anda dapat melakukan kegiatan diving dan disuguhi pemandangan bawah laut yang tidak dapat Anda jumpai selain di TN Bunaken. Taman ini memiliki sekitar 20 spot diving dengan keindahan alam yang luar biasa.

1. Diving

12 dari 20 spot dive terdapat di Pulau Bunaken sendiri yang berjajar mulai dari tenggara pulau sampai bagian barat pulau. Titik-titik penyelaman di Taman Nasional Bunaken terdapat under great walls. Under great walls adalah dinding vertikal yang melengkung ke atas.

Bagi para penyelam, Anda dapat menikmati pemandangan bawah laut ini dengan jarak yang lumayan yakni 20 meter, bahkan bisa sampai 35 meter. Hal ini dikarenakan kondisi air di Bunaken masih sangat jernih.

2. Snorkling

Bagi Anda yang tidak menyukai kegiatan diving, Anda bisa melakukan kegiatan snorkling yang tak kalah seru. Disini Anda dapat menyaksikan beragam aneka biota laut yang hidup di ekosistem terumbu karang. Anda juga dapat memberi makan sambil berenang di permukaan laut. Jangan lupa membawa kamera underwater untuk mengabadikan momen berharga tersebut.

Di Taman Nasional Bunaken ini juga terdapat spesies langka yang hanya terdapat di pulau ini saja. Salah satunya adalah spesies penyu sisik hawksbill. Penyu ini hampir setiap harinya berkeliling dan bermain di sekitaran terumbu karang.

3. Berkeliling Dengan Perahu

Taman Nasional Bunaken memiliki beragam jenis ikan maupun mamalia laut, salah satunya yaitu lumba-lumba dan paus yang menjadi spot wisata favorit. Disini Anda bisa menyewa perahu yang akan membawa Anda ke tengah laut. Anda akan merasakan sensasi unik tersendiri saat menyaksikan paus yang berenang di permukan dan lumba-lumba yang melompat ke udara.

4. Mengunjungi Pulau Manado Tua

Selain wisata bahari, Anda juga dapat mengunjungi Pulau Manado Tua yang memiliki pesona alam yang tak kalah indah. Pada bagian tengah pulau terdapat gunung berapi yang telah mati atau tidak aktif. Anda harus menaiki perahu selama kurang lebih 30 menit untuk sampai ke pulau ini. Anda dapat dengan mudah menemukan pemandu wisata yang siap mengantar untuk menjelajahi pulau ini.

5. Berjemur

Anda juga dapat melakukan aktivitas berjemur diatas lembutnya pasir dengan sinar matahari yang terik pada siang hari. Pada sore harinya, Anda dapat menyaksikan pesona alam berupa sunset yang begitu menakjubkan. Langit berwarna orange kemerahan dengan angin yang sejuk menjadikan spot ini sebagai incaran para wisatawan.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Nasional Bunaken

Fasilitas Taman Nasional Bunaken
Image Credit: Sukanyasar.com

Taman Nasional Bunaken menyediakan beragam fasilitas yang sudah tergolong lengkap. Disini Anda dapat menyewa berbagai perlengkapan diving maupun snorkling. Anda juga dapat menyewa kamera underwater untuk mengabadikan setiap momen di bawah laut. Selain itu, Anda dapat menyewa perahu ataupun speedboat untuk menjelajahi seluruh penjuru kawasan taman nasional.

Tempat wisata satu ini juga menawarkan pelajaran selam bagi para pemula. Anda akan diajarkan oleh instruksi selam yang telah memiliki sertifikat SDI atau Scuba Diving International. Instruksi selam dapat mengajar dalam berbagai bahasa, seperti Inggris, Prancis, Belanda, Jerman, dan lain-lain.

Pelajaran selam yang diajarkan antara lain yaitu ear equalization, mask clearing, buoyance control, breathing, dan lain-lain. Anda juga akan diajak menyelam selama 45 menit sampai pada kedalaman 6 meter.

Disini Anda juga dapat menyewa tour guide untuk menemani dan mengantarkan Anda saat berkunjung ke Taman Nasional Bunaken. Anda dapat dengan mudah melalukan aktivitas tour di seluruh pulau yang ada di taman nasional. Tour guide akan mengajak Anda menjelajahi seluruh spot-spot menakjubkan di tempat ini.

Anda juga dapat menyewa sebuah perahu maupun speedboat untuk bisa menjelajahi seluruh kawasan Taman Nasional Bunaken. Pemandangan alam berupa pulau-pulau dan hamparan laut yang biru menjadikan para wisatawan betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Di tempat ini juga terdapat pohon-pohon besar yang dapat menyejukan sekaligus sebagai tempat berteduh seperti pohon palem, sagu, kelapa, woka, dan lain sebagainya. Pohon-pohon ini dapat memberikan nuansa angin sejuk yang berhembus yang tidak akan pernah berhenti pada saat matahari sedang bersinar.

Tidak hanya wisata alamnya yang menakjubkan, disini Anda juga bisa menikmati wisata kuliner yang ada di sekitar lokasi. Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner khas Manado yang pastinya sangat jarang dijumpai di daerah lain.

Akses Menuju Kawasan Taman Nasional Bunaken

Akses Menuju Taman Nasional Bunaken
Image Credit: Detik.com

Untuk menuju Taman Nasional Bunaken bisa ditempuh dengan beberapa jalur. Bagi Anda yang berasal dari luar daerah maupun dari luar negeri yang menggunakan jalur udara, Anda akan transit di Bandara Sam Ratulangi Manado. Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan taksi selama kurang lebih 30 menit untuk sampai ke teluk Manado.

Teluk Manado memiliki beberapa tempat yang dapat diakses untuk bisa sampai ke Taman Laut Bunaken. Diantaranya yaitu Marina Blue Banter, Pelabuhan Manado, dan juga Nusantara Diving Centre (NDC). Disini Anda akan dibawa ke taman nasional menggunakan kapal maupun perahu motor bersama para wisatawan lain.

Untuk sampai ke Taman Nasional Bunaken menggunakan jalur Marina Blue Banter, Anda akan menaiki kapal pesiar selama 10-15 menit. Jalur Pelabuhan Manado membutuhkan waktu selama kurang lebih 30 menit untuk sampai ke Pulau Bunaken, 20 menit untuk sampai ke Pulau Siladen, dan 60 menit untuk sampai ke Pulau Naen dengan menggunakan perahu motor.

Sedangkan untuk jalur Nusantara Diving Centre membutuhkan waktu selama 20 menit untuk menggunakan kapal pesiar. Anda akan disuguhi pemandangan alam yang hijau dengan air laut yang sangat jernih dan cukup tenang.

Jika Anda menginginkan perjalanan yang cepat dan singkat, Anda dapat menaiki speedboat yang tentunya dibandrol dengan harga yang lebih mahal, sekitar Rp 800.000 sampai dengan Rp 1.300.000. Seperti namanya, kapal ini memiliki kecepatan layar yang lumayan tinggi dengan kapasitas 6-30 orang.

Anda juga dapat menaiki kapal taksi yang dibandrol dengan harga yang lebih murah daripada menaiki speedboat. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 30.000 untuk per penumpang. Di pulau Bunakan terdapat gojek yang dapat mengantar Anda harganya sebesar Rp 15.000.

Biaya Wisata ke Taman Laut Bunaken

Biaya ke Taman Laut Bunaken
Image Credit: Okezone.com

Harga tiket yang ditawarkan destinasi wisata ini dibandrol dengan harga yang bisa dikatakan cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 5000 untuk wisatawan lokal. Sedangkan untuk wisatawan asing, harga tiket masuk dibandrol dengan harga Rp 150.000. Namun, harga tiket masuk tentunya berbeda dengan harga fasilitas-fasilitas lain yang disediakan di dalamnya.

Meski demikian, fasilitas yang disediakan di Taman Nasional Bunaken disewakan dengan harga yang terjangkau. Untuk menyewa perlengkapan snorkling, Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 150.000. Sedangkan untuk menyewa perlengkapan diving, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 350.000.

Perahu dan speedboat yang disewakan dibandrol dengan harga mulai dari Rp 1.500.000 sampai dengan Rp 2.000.000. Agar lebih terjangkau, Anda bisa menyewa secara rombongan agar biayanya bisa dibagi merata. Untuk penyewaan tour guide sendiri dibandrol dengan harga kurang lebih Rp 150.000.

Sebagai informasi, harga tiket bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola. Namun, harga diatas bisa menjadi gambaran Anda sebelum mengunjungi Bunaken.

Taman Nasional Bunaken memang menjadi ikon wisata Sulawesi Utara yang sudah mendunia. Tidak hanya turis lokal saja yang ramai datang ke destinasi ini, tetapi wisatawan mancanegara juga sangat banyak. Anda dapat mengunjunginya di sela-sela waktu berlibur ataupun saat waktu luang. Semoga informasi di atas dapat semakin menambah wawasan dan pengetahuan Anda.