Inilah List Tempat Wisata Populer di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Terindah & Paling Hits Dikunjungi untuk Petualangan Liburan yang Lebih Berkesan.

 Jeneponto adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten ini berbatasan dengan Bantaeng dan Takalar. Berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi terdapat di kabupaten dengan julukan Bumi Turatea ini.

Keindahan alam yang dimiliki Jeneponto pun bisa dikatakan sebagai surga yang tersembunyi. Baik wisata yang berada di dataran tinggi maupun yang berada di dataran rendah. Semuanya memang menarik untuk dikunjungi.

Bagi Anda yang berlibur ke daerah Jeneponto, silahkan siapkan secarik kertas untuk menulis daftar destinasi wisata yang akan dikunjungi. Tempat wisata di Jeneponto ini sangatlah instagramable bagi para kaum milenial. Maka jangan lupa untuk mengabadikan momen Anda.

1. Air Terjun Tama’lulua

Air Terjun Tama’lulua
Image Credit: Google Maps (Marco Lois)

Destinasi wisata pertama di Jeneponto, Sulawesi Selatan kali ini yaitu Air Terjun Tama’lulua. Nama air terjun ini bisa dibilang panjang. Akan tetapi air terjun ini biasa disebut oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Air Terjun Bossolo.

Bagi Anda para pecinta alam yang menyukai kegiatan trekking, maka air terjun ini bisa menjadi referensi wisata yang perlu disinggahi. Pasalnya, aksesibilitas menuju Air Terjun Tama’lulua sangatlah menantang. Selain lokasinya yang memang jauh dari pusat kota, untuk sampai di air terjun ini para wisatawan diharuskan memiliki tenaga yang ekstra.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bontomanai, Kec. Rumbia, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan.

2. Pantai Garassikang

Pantai Garassikang
Image Credit: Google Maps (Didit Aja)

Destinasi wisata bahari kedua kali ini yaitu Pantai Garassikang. Pantai ini keberadaannya dapat dikatakan jauh dari pusat kota.

Yang menjadikan pantai ini berbeda yaitu tidak adanya pasir maupun bibir pantai. Yang terdapat di pantai ini hanyalah jembatan dan juga tebing batu dengan warna putih yang dapat dimanfaatkan untuk mengabadikan momen.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Garassikang, Kec. Bangkala Barat, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan.

3. Bukit Sinalu Bulu Jaya

Bukit Sinalu Bulu Jaya
Image Credit: Google Maps (Andi Arum Islami)

Bukit Sinalu Bulu Jaya merupakan salah satu bukit di daerah Jeneponto yang wajib untuk dikunjungi. Bukit merupakan gunung yang kecil. Nah, para wisatawan yang berkunjung ke Bukit Sinalu Bulu Jaya maka akan dimanjakan dengan hijaunya bukit ini yang menyejukkan mata.

Bukit ini sangat cocok untuk dijadikan tempat swafoto bagi Anda yang menyukai fotografi. Pasalnya, di dekat bukit ini juga terdapat danau yang masih terjaga keasriannya. Untuk masuk ke objek wisata satu ini, Anda tidak perlu menguras kantong lebih, pasalnya tarif masuk bukit ini dipatok dengan harga yang sangat merakyat. Dengan kisaran lima ribu rupiah per orang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bulujaya, Kec. Bangkala Barat, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan.

4. Pulau Libukang

Pulau Libukang
Image Credit: Instagram.com @jjs_jeneponto

Nah, kali ini para wisatawan akan diperkenalkan dengan salah satu pulau yang indah di Jeneponto, yaitu Pulau Libukang. Percaya atau tidak, Pulau Libukang ini memiliki panorama yang sangat menawan ditambah keindahan pasir putihnya dan juga air yang jernih sangatlah memukau mata dan hati para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Selain panorama alam yang menarik tadi, di Pulau Libukang ini juga terdapat pemakaman leluhur yang biasa disebut dengan Puang Hawang.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bontorannu, Kec. Bangkala, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan.

5. Batu Siping

 Batu Siping
Image Credit: Google Maps (Ferri Yanto)

Destinasi wisata selanjutnya bukan lagi pantai atau air terjun, akan tetapi batu. Lebih tepatnya yaitu Batu Siping. Batu Siping menjadi daya tarik wisata setempat dikarenakan bentuk batu ini yang cukup unik. Batu Siping berarti batu yang sempit. Batu ini terbentuk ari adanya abrasi laut. Maka, batu ini berlokasi tidak jauh dari pesisir laut.

Untuk bentuk dari Batu Siping ini biasanya hampir mirip dengan bentuk tumbuhan maupun hewan. Sangat menarik jika tempat ini digunakan untuk berburu foto. Jangan ragu untuk mengunjungi objek wisata ini karena harga masuknya sangat ramah di kantong.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Garassikang, Kec. Bangkala Barat, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan.

6. Air Terjun Tuang Loe

Air Terjun Tuang Loe
Image Credit: Google Maps (Ichsanul Alifwan)

Air terjun selanjutnya yang harus Anda kunjungi yaitu Air Terjun Tuang Loe. Air terjun ini masih terjaga keasriannya. Meski tidak terlalu tinggi, akan tetapi air terjun ini mampu memikat hati para wisatawan.

Debit aliran air terjun ini bisa dikatakan deras. Meski deras, para wisatawan pun ada yang berenang maupun hanya bermain air saja. Tentunya para wisatawan diharapkan agar tetap hati-hati dan juga waspada.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bontomanai, Kec. Rumbia, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan.

7. Pantai Britaria Kassi

Pantai Britaria Kassi
Image Credit: Google Maps (Dhede’ Izzah-)

Berbicara tentang pantai di Jeneponto memang tidak ada habisnya. Seperti pantai yang akan dibahas kali ini yaitu Pantai Britaria Kassi. Objek wisata yang harus masuk ke dalam daftar list liburan Anda selanjutnya.

Satu hal yang menjadikan tempat ini menarik untuk dikunjungi yaitu, dari bibir pantai dapat ditemukan adanya aliran air tawar. Padahal jika menurut logika, maka air pantai itu mempunyai rasa asin. Hal inilah yang menjadikan banyak orang ingin mengunjungi pantai ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tonro Kassi Barat, Kec. Tamalatea, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan.

8. Makam Raja-Raja Binamu

Makam Raja-Raja Binamu
Image Credit: Google Maps (IWAN MAKHWAN Hambali)

Ragam destinasi wisata selain pantai, danau, air terjun,maupun bukit yaitu objek sejarah berupa Makan Raja-Raja Binamu. Bagi Anda para pecinta sejarah, tempat ini patut untuk dikunjungi. Anda bisa melakukan observasi mengenai makam para raja terdahulu yang tentunya merupakan raja-raja dari Kerajaan Binamu.

Berbagai macam nisan pun terdapat di makam raja ini. Dan setiap nisan tersebut pun memiliki filosofi tersendiri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bontoramba, Kec. Bontoramba Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan.

9. Pantai Karsut

Pantai Karsut
Image Credit: Instagram.com @sigitjuprihartoro

Pantai selanjutnya yang akan dibahas yaitu Pantai Karsut. pantai ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berlibur tanpa membayar. Pasalnya di Pantai Karsut ini para wisatawan dapat masuk tanpa membayar sepeser pun. Pembayaran hanya dilakukan jika Anda menyewa fasilitas yang ada di Pantai Karsut ini.

Pantai ini biasanya rame wisatawan pada saat sore hari. Hal tersebut dikarenakan matahari yang perlahan akan terbenam tidak membuat udara terasa panas. Bahkan sangat cocok untuk berfoto-foto dengan senja. Banyak hal yang dapat dilakukan di pesisir pantai ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kampala, Kec. Arungkeke, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan.

10. Air Terjun Punagaya

Air Terjun Punagaya
Image Credit: Facebook.com @sulaiman.nai

Wisata Air Terjun Punagaya ini wajib untuk dikunjungi ketika sampai di daerah Jeneponto. Air terjun ini dapat dikatakan sebagai surga yang tersembunyi dari Jeneponto. Pasalnya aliran air yang deras dan masih terjaga keasriannya dengan adanya pepohonan yang menghijau ini menjadikan air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri.

Air terjun ini tidaklah terlalu tinggi,dengan kisaran tinggi 20 meter. Aksesibilitas menuju air terjun ini tidaklah mengerikan. Akan tetapi untuk jarak tempuh dari kota memang membutuhkan waktu yang cukup lama hingga berjam-jam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bontorappo, Kec. Taroang Kab. Jeneponto Sulawesi Selatan.

11. Bukit Bossolo

Bukit Bossolo
Image Credit: Google Maps (Ardhy Juple)

Jika tadi sempat membahas mengenai Air Terjun Tama’lulua, maka kini akan dibahas destinasi wisata yang terletak dekat dengan air terjun tersebut. Wisata tersebut yaitu Bukit Bossolo. Bukit ini tentunya sangatlah dekat dengan Air Terjun Tama’lulua. Bahkan kebanyakan orang senang jika melihat indahnya air terjun lewat puncak bukit ini.

Ketika Anda telah sampai di Bukit Bossolo, maka tentunya akan disambut dengan tulisan “Bossolo” di depan objek wisata. Keistimewaan yang dimiliki selain dekat dengan air terjun yaitu panorama yang tentunya menarik wisatawan, kemudian anginnya sudah pasti sepoi-sepoi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bontomanai, Kec. Rumbia, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan.

12. Pantai Ujung Timur

Pantai Ujung Timur
Image Credit: Facebook.com @anchy.po

Pantai Ujung Timur merupakan salah satu pantai yang terkenal di daerah Jeneponto. Pantai terkenal dengan sebutan pantai kelapa muda. Julukan kelapa muda ini pun tentunya juga dikarenakan sebuah sebab. Di pantai ini akan banyak ditemukan pedagang kelapa muda di sepanjang jalannya.

Pantai Ujung Timur ini sangatlah cantik dengan didukung adanya pasir putih di pesisir pantai dan juga panorama yang tentunya sangatlah menawan. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pesisir pantai ini. Dan bahkan akan semakin ramai jika sore telah menjelang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jeneponto-Bantaeng, Desa Ujung Timur, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan.

13. Danau Bulu Jaya

Danau Bulu Jaya
Image Credit: Instagram.com @rullyarchipelago

Destinasi selanjutnya yaitu Danau Bulu Jaya. Tempat ini sangat cocok bagi Anda para pemburu foto dengan latar belakang alam. Pasalnya, Danau Bulu Jaya ini memiliki air yang tenang dan juga bersih serta dikelilingi oleh pemandangan yang eksotis.

Untuk masuk di Danau Bulu Jaya ini tidak perlu sampai menguras saku. Harga yang ditawarkan sangatlah ramah dengan kisaran delapan ribu saja per orang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bulujaya, Kec. Bangkala Barat, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan.

14. Lembah Hijau Rumbia

Lembah Hijau Rumbia
Image Credit: Google Maps (Under Rock)

Masih ingat dengan pembahasan Air Terjun Tama’lulua tadi? Nah, kali ini akan dibahas mengenai pelengkap dari Air terjun Tama’lulua tadi, yaitu Lembah Hijau Rumbia. Lembah Hijau Rumbia ini menawarkan para wisatawan dengan adanya kolam pemandian buatan yang patut untuk dicoba.

Sesuai dengan namanya yaitu Lembah Hijau Rumbia, maka sudah dapat dipastikan bahwa tempat ini memiliki udara yang sejuk dan juga tentunya pepohonan yang menghijau di sekitarnya. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tompobulu, Kec. Rumbia, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan.

15. Pantai Bringkassi

Pantai Bringkassi
Image Credit: Investasiwisatajeneponto.blogspot.com

Destinasi wisata alam kali ini masih tentang wisata bahari di Jeneponto, yaitu Pantai Bringkassi. Salah satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini yaitu adanya jembatan panjang. Sehingga dengan adanya jembatan panjang tersebut, maka dapat membantu wisatawan dalam menikmati pemandangan Pantai Bringkassi ini.

Meski tak dapat menikmati pasir pantai di tempat ini, namun melewati jembatan pun sudah cukup. Harga masuk pantai ini tentunya sangat ramah di kantong para wisatawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. HV. Worang, Kec. Binamu, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Itulah beberapa referensi tempat wisata hits di Jeneponto yang wajib Anda kunjungi ketika musim liburan tiba. Jangan lewatkan segala keindahan alam maupun yang lainnya tanpa mengabadikan momen di dalamnya!