Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB Alamat: Desa Padabeunghar, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kebun Raya Kuningan merupakan salah satu destinasi dengan berbagai macam bunga langka dan warnanya pun beragam. Sehingga dengan keindahan pemandangannya banyak menarik pengunjung dari berbagai daerah maupun tourist mancanegara. Tempat wisata ini terletak di bawah kaki gunung ciremai, sehingga pemandangan laut jawa maupun kota Cirebon dapat terlihat dengan baik.

Destinasi ini merupakan salah satu keindahan alam terluas di Indonesia. Karena memiliki luas 156 hektar dan terdapat 23.000 jenis tanaman. Serta unik dengan berbagai tematik dari bebatuannya. Ciri khas dari tanaman tersebut adalah berbunga dan berdaun kuning, karena didominasi warna kuning maka disebut juga dengan taman kuningan.

Meskipun destinasi wisata ini masih di fase pengembangan, tetapi kamu jangan khawatir karena disana kamu akan disuguhkan pemandangan yang indah. Banyak pepohonan yang mengelilingi tempat wisata ini, Serta ada cekungan yang disebut juga danau alami. Dan bagian barat Kebun Raya Kuningan ini dialiri oleh sungai Cipari sehingga menambah keindahan wisata tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Raya Kuningan

Daya Tarik Kebun Raya Kuningan
Image Credit: Google Maps (Rifal Mushafa Dzikri)

Kebun raya ini merupakan kebun raya terluas di Inodonesia dan memiliki banyak daya tarik bagi pengunjung. Apabila kamu ke desa kuningan belum mengunjungi destinasi wisata ini rasanya belum lengkap.

1. Tanaman yang Berwarna-warni

Yang menjadi daya tarik dari obyek wisata kuningan ini yaitu banyaknya jenis bunga dengan berbagai macam warna-warni. Serta tempat yang membentang begitu luas dengan banyak spot foto.

2. Bebatuan yang Artistik

Destinasi Kebun Raya di Kuningan ini memilik berbagai jenis bebatuan vulkanik yang besar dan letaknya sangat artistik, sehingga akan tampak lebih bagus untuk dijadikan spot berfoto dan menampilkannya di social media Anda.

Daya Tarik Kebun Raya
Image Credit: Instagram.com @komar_resas

3. Keindahan Pohon dan Aliran Sungai Sekitar

Karena letaknya di kaki gunung maka bayak sawah yang mengelilinginya, serta pepohonan di sekitar dan juga aliran sungai cipari. Hal ini juga bisa menambah keindahan pemandangan dan daya tarik obyek wisata tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Kebun Raya Kuningan

Alamat Kebun Raya Kuningan
Image Credit: Instagram.com @genpikuningan

Untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata ini tetapi tidak tahu jalan, caranya cukup mudah bisa dengan melihat google maps maupun papan penunjuk jalan yang terpasang.

Kebun Raya ini terletak di Jawa Barat desa Padabeunghar kecamatan Pasawahan, kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Setidaknya butuh waktu kurang lebih 20 menit dari kota kuningan dengan jarak tempuh 38 km dan jalannya pun cukup mudah dijangkau bila menggunakan kendaraan pribadi. Untuk kamu yang diluar kota apabila takut kesasar bisa menggunakan google maps.

Rute untuk menuju lokasi ini yaitu dengan melewati kecamatan pasawahan setelah itu jalannya sudah menanjak dan berkelok-kelok. Perjalanan pun membutuhkan tenaga dan sangat melelahkan, akan tetapi akan terobati dengan keindahan panorama sekitar.

Setelah beberapa saat kemudian, jika kamu melihat adanya bebatuan vulkanik yang amat besar di perjalanan. Itu pertanda bahwa sebentar lagi akan sampai di tempat tujuan. Setelah sampai di gerbang masuk, kamu akan memakan waktu yang cukup lama untuk sampai di parkiran wisata.

Transportasi yang bisa digunakan untuk ke Kebun Raya Kuningan ini yaitu kendaraan pribadi seperti mobil dan motor agar perjalananmu lebih menyenangkan. Jika menggunakan transportasi umum juga bisa, akan tetapi hanya sampai berhenti di terminal bus kota maupun desa tujuan.

Karena keadaan jalan yang masih begitu sempit membuat bus itu akan kesulitan dalam melewatinya. Setelah itu bisa menggunakan jasa ojek yang tersedia di sekitar lokasi untuk menuju tempat tujuan.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan

Harga Tiket Kebun Raya Kuningan
Image Credit: Google Maps (Fallen Vengeance)

Untuk menikmati tempat wisata ini kamu jangan khawatir tentang biaya masuknya. Karena sangat terjangkau bagi semua orang. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 10.000 sampai 20.000 saja per orang. Sementara itu, belum mencangkup biaya parkirnya untuk biaya parkirnya sendiri dikenakan tarif 5.000 untuk motor dan 10.000 untuk mobil.

Kamu dapat mengunjungi serta bereksplorasi di semua tempat-tempat menarik yang tersedia di Kebun Raya Kuningan ini pada hari senin sampai dengan minggu. Dan untuk jam bukanya sendiri mulai dari jam 8.00 pagi sampai jam 17.00 baru ditutup. Seharian penuh kamu dapat menikmati keindahan alamnya.

Apabila kamu tidak suka banyak pengunjung maka dapat berkunjung di hari kerja yaitu senin sampai jum’at. Tetapi jika kamu suka keramaian maka pilihlah weekend atau hari Sabtu dan Minggu karena di hari ini pengunjung bisa membludak 2 kali lipatnya atau bahkan lebih.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Raya Kuningan

Kegiatan di Kebun Raya Kuningan
Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

1. Melakukan Piknik

Dengan ketinggiannya yang mencapai 870 mdpl di kaki gunung Ciremai, Kebun Raya Kuningan ini memiliki udara yang sangat sejuk. Dan sangat cocok untuk rekreasi alamnya. Jika kamu berlibur kesini bareng bersama keluarga besar, maka bisa berduduk santai sambil piknik dan menikmati pemandangan dengan mereka.

2. Kegiatan Outbond

Tempat ini dipilih karena terdapat banyak pohon sehingga terlihat seperti hutan dan cocok untuk kegiatan outbond. Untuk kegiatan ini biasanya mereka datang bersama rombongan. Serta sebagai jadwal mereka untuk berwisata maupun untuk melakukan pelatihan dasar dari institusi.

Kegiatan outbond ini selain untuk bersantai dan menikmati pemandangan tetapi juga bisa mempererat tali persaudaraan antara anggota kelompok. Karena akan berisi banyak acara seperti game maupun yang lainnya pasti akan seru.

3. Menginap Camping Ground

Bagi para pengunjung baik dalam maupun luar negeri bisa juga menginap di Kebun Raya Kuningan ini. Karena selain tempat wisata yang indah juga menyediakan camping ground. Selain itu wisata ini cocok buat kamu yang suka bermalam di area terbuka.

Selain itu ada juga cottage-cottage dengan desainnya seperti rumah panggung, serta konsep yang digunakan yaitu eco design. Kumpulan bangunan tersebut sangat unik untuk digunakan sebagai penginapan. Selain itu sangat menarik juga untuk berswafoto.

4. Menjelajahi Aneka Koleksi Tanaman

Dengan menjelajahi tempat wisata ini, para pengunjung akan bertemu dengan 114 petak tanaman dalam pembagiannya. Taman kuningan ini dibagi kedalam sembilan zonasi dengan berbagai macam tanaman. Dan jumlah tanaman yang terdaftar di kawasan obyek wisata ini yaitu sekitar 23.000 spesies.

Kegiatan di Kebun Raya
Image Credit: Twitter.com @CirebonNotes

5. Berfoto di Taman Kuningan

Dengan beragam tanaman yang tersusun rapi dan tematik. Begitupun juga bebatuan vulkanik besar yang artistik. Mengambil foto merupakan hal yang wajib dilakukan bagi para generasi milenial jaman sekarang.

6. Mengagumi Panorama di Sekitar

Saat memandang dalam kejauhan kita bisa melihat bukit-bukit, pepohonan yang banyak serta asri dan rindang mengelilingi taman maupun area tersebut. Misalnya adalah taman endemik ciremai, rock garden dan juga taman awi atau bisa disebut juga taman bambu. Serta area persawahan yang berada di sekitarnya juga bisa menjadi tambahan daya tarik wisata Kebun Raya Kuningan ini.

Saat naik ke spot patung kuda di taman kuningan ini, para pengunjung disuguhkan dengan pemandangan di sekitar taman kuningan ini 360 derajat. Sehingga bisa melihat pemandangan topografinya yang berbukit serta memiliki ketinggian yaitu 490 – 870 mdpl dengan bentangan batu vulkanik. Pada sisi barat kebun raya ini kita bisa melihat aliran sungai cipari.

7. Menghirup Udara Segar

Dengan adanya Kebun Raya Kuningan ini bisa membantu 45% daerah lindung di Jawa Barat. Adanya pepohonan yang asri dan rindang dapat berfungsi sebagai lumbung oksigen untuk kebutuhan oksigen di Indonesia. Selain itu ada satu lagi fungsinya yaitu melakukan penyerapan karbondioksida yang bertujuan untuk mengurangi gas emisi rumah kaca.

Dengan masuk wilayah ini para pengunjung bisa menghirup udara yang segar dan sejuk sehingga memberikan efek relaksasi kepada pengunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Raya Kuningan

Fasilitas di Kebun Raya Kuningan
Image Credit: Instagram.com @kuninganendah

Selain tempat yang estetik, obyek wisata taman kuningan ini juga memiliki fasilitas yang mendukung seperti area parkir kendaraan baik motor maupun mobil, mushola untuk menunaikan ibadah bagi pengujungnya. Toilet umum yang bisa digunakan oleh orang banyak.

Dan tersedia spot foto yang instagramable cocok buat milenial. Ada juga warung di tempat wisata tersebut. Serta camping area yang bisa digunakan untuk acara-acara rombongan dari suatu instansi. Ada juga penginapan jika kamu ingin bermalam di sini. Tersedia juga aula pertemuan dan gazebo serta tempat duduk untuk beristirahat sejenak.

Walaupun tidak banyak fasilitas pendukung yang tersedia di taman kuningan ini. Tetapi masih ada banyak tempat-tempat yang menarik dan indah yang bisa dikunjungi, sehingga dapat memanjakan mata anda disaat melihatnya.

Demikianlah pembahasan mengenai tempat yang instagramable, rute perjalanan menuju lokasi, harga tiket masuk, serta kegiatan yang bisa dilakukan dan fasilitas yang ada di Kebun Raya Kuningan. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang yang suka dengan alam dan bisa untuk melepas penat bersama keluarga, maupun teman.