Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-20.00 WIB, Alamat: Jl. Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bermula dari warung makan sederhana yang dibangun di atas perbukitan, Taman Pinus Palutungan perlahan menjadi destinasi populer di Kuningan. Objek cantik ini pasalnya menawarkan berbagai macam spot foto Instagenic serta lanskap alam yang menawan pada satu waktu.

Hal itu bermula dari keinginan pemilik warung untuk menambah jumlah kunjungan pelanggan. Dia lantas memanfaatkan keindahan alam di sekitarnya, menyediakan spot foto yang bagus, lalu melakukan publikasi secara besar-besaran. Benar saja, tidak perlu waktu lama hingga membuat kawula muda datang berbondong-bondong ke sini.

Taman Pinus Palutungan ini menyajikan hawa dingin di atas bukit yang bisa membuat Anda merasa segar sepanjang waktu. Di mana pun wajah menghadap maka akan menemukan keindahan di baliknya. Pada pohon-pohon di perkotaan, rumah-rumah warga, mobil yang sedang lalu-lalang, dan masih banyak lagi.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Pinus Palutungan

Daya Tarik Taman Pinus Palutungan Kuningan
Image Credit: Google Maps Maskuroh Kuroh

1. Panorama yang Menawan

Tidak ada seorang pun bisa menyangkal bahwa pemandangan alam akan bertambah semakin indah bila dilihat dari atas bukit. Inilah yang terjadi di Taman Pinus Palutungan, di mana Anda akan disajikan lanskap Kabupaten Kuningan di depan mata.

Ada pohon-pohon pinus yang tumbuh subur di sekitarnya, kendaraan bermotor silih berganti melewati tikungan di dekat taman cantik ini, juga spot foto yang tersebar di sejumlah titik. Anda bisa memilih menikmati pemandangan yang mana saja sambil menyantap kuliner favorit.

Tempat eksotis ini bisa dibilang sangat cocok dijadikan lokasi menongkrong bersama kawan-kawan terdekat. Anda bisa bersama-sama mengobrol tempat berbagai macam hal hingga tak terasa waktu telah berlalu.

Memilih mampir ke taman pinus yang indah ini adalah kesempatan bagus untuk menambah keakraban hubungan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menyingkirkan smartphone sejenak selama mengobrol agar tidak terdistraksi.

Sayang jika keindahan di sini dilewatkan dan hanya fokus pada upaya eksis di media sosial saja. Lakukan apa pun yang mungkin membuat potensi alamnya muncul secara optimal dalam rangka hiburan.

2. Kesempatan Eksis

Sebagai kaum milenial, kurang lengkap rasanya jika datang ke Taman Pinus Palutungan tanpa berfoto terlebih dahulu. Agenda ini bisa dimasukkan di antara kegiatan berkumpul bersama kawan-kawan terdekat.

Apakah di awal waktu sesaat setelah tiba di lokasi, atau di akhir sebelum pulang, pilihlah yang mana pun sesuai kesepakatan. Namun, jangan habiskan waktu untuk sekadar eksis sepenuhnya karena itu bisa sia-sia.

Benar bahwa ada banyak pilihan spot yang menggoda, mulai dari rumah hobbit hingga sangkar burung. Hanya saja, jika datang bersama teman maka sebaiknya jadikan itu waktu menambah keakraban.

Berfotolah jika memang telah menemukan spot yang bagus, lalu habiskan sisa waktu untuk menongkrong saja. Ada banyak hal yang dapat dibicarakan bersama kawan baik, seperti pekerjaan, bagaimana masing-masing menjalani hari, dan sebagainya.

3. Udara yang Bersih

Kabupaten Kuningan secara umum menyajikan udara yang segar di antara pohon-pohon yang dikembangbiakkan di sini. Ini merupakan salah satu lokasi pariwisata populer di Jawa Barat, di mana Anda bisa menjadikannya pilihan sesuka hati.

Termasuk di antara keindahan dan kesejukan alami khas Kuningan yakni Taman Pinus Palutungan. Banyaknya pohon pinus di lokasi cantik ini membuatnya terhalangi dari sinar matahari langsung. Anda tidak perlu khawatir bila datang saat cuaca di luar sana sedang terik sebab sesampainya di sini bisa jadi lebih bersahabat.

Rayakan momen saat Anda berhasil melewati hari-hari yang melelahkan di perkotaan dengan mampir ke sini. Menghirup udara sejuk yang masih asri sedikit banyak akan memberikan kesegaran alami.

Dibandingkan menghabiskan waktu di mal-mal mewah, bukankah pilihan destinasi murah dan sejuk bisa dipertimbangkan? Kebersihan udaranya akan membantu pikiran Anda lebih plong jika sebelumnya merasa suntuk sendiri.

Anda bisa datang sendiri, mencari salah satu bangku warung, menghabiskan makanan sesuai selera. Alternatif lain, datang bersama teman lalu saling bercerita tentang apa yang terjadi selama satu minggu ini untuk membuat beban di hati terasa lebih ringan.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Alamat Taman Pinus Palutungan Kuningan
Image Credit: Google Maps Rian Mulyana

Datanglah ke Kabupaten Kuningan agar bisa melihat bagaimana panorama Taman Pinus Palutungan. Membentang indah di perbukitan di Kecamatan Cigugur, Jawa Barat, tidak sulit untuk mampir ke sini sebab medannya bersahabat bagi segala jenis kendaraan wisata.

Destinasi ini terletak di Desa Cisantana persisnya Jalan Palutungan. Itulah mengapa taman ini mengadopsi nama Palutungan seperti yang dikenal sekarang.

Tarif retribusi tidak akan membebani Anda karena hanya senilai Rp 20.000. Ini memang belum termasuk harga-harga makanan yang ditawarkan di dalamnya.

Namun, Anda selalu punya pilihan untuk memesan menu yang sesuai saldo pribadi. Mulai dari standar Rp 5.000-an hingga puluhan ribu, pilihlah sesuai kemampuan diri.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Pinus Palutungan

Aktivitas Taman Pinus Palutungan Kuningan
Image Credit: Google Maps Dwi Ngimada

1. Wisata Kuliner

Sebagaimana tujuan utama pemilik warung di area bukit ini ketika membangunnya pertama kali, aktivitas kuliner adalah hal yang wajib dilakukan. Jangan lewatkan kesempatan mencicipi aneka makanan khas Nusantara.

Anda bisa memilih membeli kopi atau teh hangat saat merasa udara di Taman Pinus Palutungan terlalu dingin. Menyantap sop kambing atau olahan ikan air tawar apabila datang bersama keluarga besar.

Pastinya harga yang ditawarkan sangat variatif, mulai dari Rp 5.000-an. Artinya, tempat cantik ini memang menyasar kawula muda sebagai pangsa pasar utama mengingat harganya juga tidak begitu mahal.

Ada pula makanan penutup yang bisa dipilih selain menu-menu berat seperti cah kangkung, nasi, dan sebagainya. Jadi, carilah kuliner yang menurut Anda bisa menyenangkan sekaligus mendukung aktivitas di kala senggang. Bagi kawula muda, harga terjangkau jelas adalah aspek pertimbangan utama!

2. Liburan Keluarga

Bukan hanya untuk muda-mudi yang masih haus akan eksistensi diri, Taman Pinus Palutungan juga dapat dijadikan referensi liburan bersama keluarga. Hal ini dibuktikan dengan adanya sejumlah wahana permainan khusus anak kecil, seperti sky bike.

Anak-anak penyuka tantangan biasanya sangat senang jika diajak naik ke atas sky bike. Orang tua bisa menemani mereka sambil menunggu pesanan makanan datang atau menikmati pemandangan di sekitar lokasi.

Keluarga dimungkinkan untuk bersenang-senang selama di sini sekalipun biasanya lebih fokus pada aktivitas kuliner. Tidak mengapa selama itu bisa membantu Anda lebih dekat lagi dengan anggota keluarga.

3. Menyanyi

Apakah Anda punya rasa percaya diri terhadap pesona suara sendiri? Ingin menunjukkan bakat bernyanyi di hadapan banyak orang?

Jika memungkinkan, Anda bisa berkoordinasi dengan pemilik cafe untuk kemudian menyumbangkan minimal satu buah lagu. Jika tidak, cukup nikmati saja suara indah Anda seorang diri sambil mengawasi lalu-lalang orang di sekitar sini.

Menyanyi sebenarnya bisa jadi sarana melepas lelah yang baik sekaligus menyalurkan hobi. Ada kalanya aktivitas ini membuat hati terasa plong, khususnya bila dilakukan bersama orang lain.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Pinus Palutungan Kuningan
Image Credit: Google Maps Diary Mila

Sejak ada inisiatif untuk menjadikan Taman Pinus Palutungan seperti sekarang, fasilitas di dalamnya perlahan dilengkapi. Apalagi, ada retribusi khusus yang harus dibayarkan pengunjung agar bisa sekadar masuk ke sini. Jadi, soal fasilitas tidak perlu Anda ragukan karena seluruhnya telah tersedia.

Fasilitas pelengkap seperti wahana permainan akan ikut memeriahkan liburan Anda. Di lain waktu, pengunjung dapat mencari kuliner sesuai selera mereka, atau duduk bersantai pada spot-spot pilihan.

Bagi pengunjung yang datang bersama anak kecil, mereka bisa mengajaknya bermain di sini pula. Entah menggunakan ayunan, atau mencoba menaiki sky bike, lakukan sesuatu yang bisa membuat si kecil gembira.

Taman Pinus Palutungan hadir untuk menyemarakkan akhir pekan Anda sewaktu liburan di Kabupaten Kuningan. Kombinasi keindahan alam, wahana permainan, spot foto kekinian, seolah semuanya mendukung Anda untuk bersenang-senang.