Jika membahas tentang destinasi wisata, kebanyakan pasti akan membahas mengenai Bali, Jogja, maupun Jakarta. Namun, tahukah kamu jika Ngawi juga merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang menyimpan banyak sekali destinasi wisata?

Destinasi wisata yang ada di Ngawi sangatlah beragam, mulai dari waduk, air terjun, danau, hingga gunung, semuanya bisa kamu temukan apabila mengunjungi tempat ini. Bahkan tak hanya memberikan hiburan saja, beberapa tempat wisata yang ada di Ngawi juga ada yang merupakan jenis wisata edukasi.

Jika kamu belum mengetahui destinasi wisata mana saja yang sangat recomended untuk dikunjungi saat pergi ke Ngawi, maka sebaiknya simak beberapa ulasan berikut. Yang terpenting jangan lupa untuk selalu menjaga kelestarian alam dan lingkungan saat mengunjungi tempat wisata manapun.

1. Taman Wisata Tawun

Taman Wisata Tawun
Image Credit: Budayajawa.id

Destinasi wisata yang satu ini sama seperti namanya, yakni terletak di desa Talun. Hampir seperti taman pada umumnya, Tawun juga memiliki pemandangan lingkungan yang asri dan sangat cocok apabila dikunjungi bersama keluarga maupun orang-orang tersayang.

Tidak hanya menyuguhkan pesona alam yang asri, petugas pengelola taman ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang mampu menambah daya tarik para wisatawan. Fasilitas tersebut seperti kolam renang, kebun binatang mini, dan juga kolam pemancingan yang sangat seru.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sunan Lawu, Tawun, Kec. Kasreman, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

2. Air Terjun Srambang

Air Terjun Srambang
Image Credit: Wirafokus.com

Berwisata di tempat terbuka memang seringkali menjadi agenda utama ketika liburan. Jika Anda termasuk orang yang suka berwisata air terjun, Ngawi punya Air terjun Srambang yang kaya akan spot foto menarik. Tidak hanya itu, di tempat ini juga telah dibangun berbagai fasilitas umum.

Sampai di air terjun, pengunjung akan segera takjub akan suasanya. Suara air yang segar, udara sejuk, deretan pohon rindang seakan menambah syahdu. Terdapat pula spot menarik untuk sekedar berfoto, seperti balon warna-warni yang menggantung, tangga berkelok dengan warna-warna cantik, tidak lupa pula tiga patung wanita berwarna keemasan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Girimulyo, Hutan Jogorogo, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

3. Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin
Image Credit: Gotravelly.com

Wisata Air Terjun Pengantin cukup populer di kalangan masyarakat. Bukan hanya karena pemandangannya yang eksotis dan memiliki kesan sejuk, air terjun bisa populer juga karena pernah menjadi salah satu latar yang ditampilkan pada film horor di Indonesia.

Menilik dari namanya, memang air terjun ini mengandung mitos yang dipercayai oleh sebagian besar masyarakat. Mitos tersebut misalnya seperti apabila ada pasangan kekasih yang mengunjungi air terjun ini, nantinya hubungan mereka bisa langgeng dan terus menerus merasa bahagia.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sabrang RT.03 / RW.01, Besek, Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

4. Pesanggrahan Srigati

Pesanggrahan Srigati
Image Credit: Candradityaa.blogspot.com

Pesanggrahan Srigati dikenal sebagai lokasi yang menyimpan nilai mistis. Hal ini bisa diketahui dari latar belakang tempat tersebut. Pasalnya tempat ini disebut sebagai pesanggrahan Raja Brawijaya yang waktu itu merupakan kerajaan untuk makhluk gaib.

Tidak hanya itu, sejarah kota Ngawi pun bisa ditelisik melalui Pesanggrahan ini. Meski sarat akan cerita mistis, tempat tersebut masih menjadi lokasi yang diburu pengunjung. Sehingga tidak ada salahnya Anda berkunjung ke Pesanggrahan Ngawi untuk belajar sejarah tentang keraton jaman dulu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Brendil, Babadan, Kec. Paron, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

5. Museum Trinil

Museum Trinil
Image Credit: Situsbudaya.id

Destinasi wisata sejarah yang ada di Ngawi satu ini sudah sangat terkenal di kalangan siswa-siswi maupun para orang tua. Hal tersebut karena di dalam museum ini tersimpan kekayaan sejarah berupa penemuan fosil-fosil zaman dahulu yang hingga sekarang oleh pemerintah masih dijaga kelestariannya.

Hal yang istimewa dari museum ini adalah pengunjung diberi kesempatan untuk menyaksikan penemuan fosil purba pertama hasil dari pengamatan seorang tokoh sejarah yang terkenal, yakni Eugene Dubois. Nama hasil temuan tersebut kemudian dikenal dengan sebutan Phitecantropus Erectus.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pilang, Wonokerto, Pilang, Kawu, Kec. Kedunggalar, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

6. Taman Hutan Segawen

Taman Hutan Segawen
Image Credit: Dimdimas06.blogspot.com

Berada di Kecamatan Jogorogo, Taman Hutan Segawen memiliki panorama tumbuhan hijau yang sejuk. Suasananya masih sangat asri dan terjaga betul keindahannya. Tidak salah jika Anda menjadikannya spot menarik untuk berfoto. Pasalnya taman yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas kekinian seperti rumah pohon.

Terdapat pula gardu panda dan gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Anda pun dapat mengajak keluarga, teman, ataupun pasangan untuk piknik. Wisata Taman Hutan Segawen berada di tanah yang luasnya 3 hektare.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Hutan Jogorogo, Kec. Jogorogo, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

7. Benteng Pendem Ngawi

Benteng Pendem Ngawi
Image Credit: Situsbudaya.id

Dulunya sebelum dinamakan Benteng Pendem, tempat wisata ini sempat disebut sebagai Benteng Van den Bosc. Hal tersebut karena benteng ini merupakan salah satu kenang-kenangan yang berasal dari masa pemerintahan colonial Belanda yang masih terus dijaga kelestariannya hingga sekarang.

Jika mengunjungi Benteng Pendem ini, kamu akan dimanjakan dengan pesona arsitektur bangunan yang sangat indah. Selain itu, ada juga beberapa peninggalan masa kolonial seperti penjara bawah tanah, barak tentara, hingga beberapa senjata yang bisa dicari informasinya melalui petugas di sana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Untung Suropati No.II, Pelem II, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

8. Bukit Kerek Indah

Bukit Kerek Indah
Image Credit: Travelblog.id

Ngawi masih punya destinasi wisata yang cantik yaitu Bukit Kerek Indah. Bukit yang satu ini berada di desa Kerek, Kecamatan Ngawi. Anda bisa melakukan pendakian agar bisa sampai pada puncaknya. Ketika sampai di area paling atas Anda akan melihat penampakan alam yang begitu memukau. Di mana jajaran pohon yang menghijau, suasana alam perbukitan juga sungai bengawan solo yang cukup megah.

Selain itu, Bukit Kerek Indah juga menawarkan spot foto yang epik. Mulai dari taman dengan deretan bunga berbagai warna, jembatan kayu, serta kata-kata unik yang dituliskan pada plang-plang jalan. Langit biru, pepohonan hijau, suasana yang sejuk akan membuat liburan Anda lebih mengesankan.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bojonegoro–Ngawi, Napel, Kerek, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

9. Monumen Soerjo

Monumen Soerjo
Image Credit: Jejakpiknik.com

Destinasi wisata di Ngawi yang satu ini merupakan wisata edukasi sejarah yang dikutip namanya dari mantan Gubernur Jawa Timur yang gugur akibat dari tragedi PKI tahun 1998. Maka monumen ini sengaja dibangun untuk mengingat jasa beliau pada masa tragedi tersebut.

Lokasi monumen ini terletak sangatlah nyaman karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang serta teduh sehingga menimbulkan kesan asri dan sejuk. Di sana, kamu juga bisa menggali beberapa informasi mengenai tragedi PKI tahun 1998.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Solo-Ngawi, Banjarejo, Pelang Lor, Tambakselo Barat, Kec. Kedunggalar, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

10. Omah Watu

Omah Watu
Image Credit: Google Maps (Uthukz 93)

Bagi Anda yang suka dengan hal-hal langka dan unik, Omah Watu Ngawi bisa menjadi tujuan yang tepat. Selayaknya Candi Borobudur yang merupakan situs keajaiban dunia, Ngawi juga punya bangunan kuno yang dibuat dari benda sederhana. Seperti namanya, Omah Watu yang berarti Rumah batu pesona utamanya memang tumpukan batu yang disusun begitu rapi.

Omah Watu ternyata sudah mulai dibangun sejak tahun 1970. Namun hingga sekarang tempat tersebut selayaknya bangunan yang belum selesai. Namun kini sudah ada jalur untuk para pengunjung agar bisa sampai di bagian atas.

Dulu Omah Watu hanyalah tumpukan batu yang tersusun terbengkalai. Namun seiring waktu tempat ini menjadi target kunjungan wisatawan. Oleh karenanya dibangun sebuah jembatan untuk memudahkan pengunjung agar sampai ke tempat yang lebih tinggi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ngroto, Ngendut, Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

11. Pemandian Tawun

Pemandian Tawun
Image Credit: Ngawitawun.blogspot.com

Tawun tidak hanya memiliki destinasi berupa taman yang indah saja, melainkan juga ada area pemandian yang memiliki air sejuk. Tidak heran jika Tawun mampu menghilangkan rasa penatmu setelah lelah beraktivitas selama sepekan.

Selain menyediakan kolam pemandian yang sejuk, tempat ini juga mempunyai ritual unik yang diberi nama Keduk Beji Tawun. Ritual tersebut bertujuan untuk membersihkan mata air, jadi jika kamu ingin menyaksikannya sebaiknya datang pada hari Selasa Kliwon.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tawun, Kec. Kasreman, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

12. Wisata Watu Jonggol

Wisata Watu Jonggol
Image Credit: Wonderfulngawi.wordpress.com

Ngawi dengan berbagai keindahan alamnya tidak henti-hentinya menyuguhkan pengalaman wisata yang mengesankan. Seperti yang ada di Desa Pandansari, di mana Anda bisa menikmati dua penampakan air terjun sekaligus. Wisata Watu Jonggol memadukan antara alam dengan trend masa kini.

Di tempat wisata ini Anda bisa menikmati jernihnya air kolam yang bersumber dari air terjun . Di sekelilingnya dipenuhi dengan aneka pepohonan rindang. Terlebih lagi wisata yang satu ini berada tepat di lereng Gunung Lawu.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini seperti bermain air, berendam di dalam kolam, menikmati suasana alam, atau hanya mengabadikan momen dengan berfoto ria. Fasilitas untuk pengunjung pun sudah cukup memadai mulai dari tempat parkir, food court, penginapan, toilet, mushola, dan area berkemah yang strategis.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pandansari, Kec. Sine, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

13. Agrowisata Kebun Teh Jamus

Agrowisata Kebun Teh Jamus
Image Credit: Travelspromo.com

Kali ini wisata alam lainnya yang patut untuk dikunjungi adalah Agrowisata Kebun Teh Jamus. Saat memasuki area kebun teh, kamu akan dimanjakan dengan aroma teh yang sangat harum dan menyegarkan, apalagi pemandangan yang dimiliki oleh kebun ini juga sangat mempesona.

Di sekitar kawasan kebun teh ini, terdapat perbukitan dengan bentuk seperti undakan yang sangat menarik untuk dilihat. Beberapa masyarakat yang datang berkunjung sering kali menyebut bukit tersebut mirip seperti candi Borobudur yang ada di Yogyakarta.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Girikerto, Kec. Sine, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

14. Taman Wisata Banyu Redjo

Taman Wisata Banyu Redjo
Image Credit: Datawisata.com

Taman Wisata Banyu Redjo tidak hanya menyuguhkan tempat yang epik untuk berlibur. Tapi juga pemandangan yang begitu menarik. Di tempat ini Anda bisa menikmati berbagai aktivitas mulai dari wahana air mancur, seluncur air, juga kolam renang sesuai usia.

Tidak hanya menjadi wisata anak saja, tapi juga bisa menjadi tempat liburan orang dewasa. Taman Wisata Banyu Redjo bisa dibilang tergolong baru, oleh karenanya penampakannya masih begitu bersih. Terdapat pula sebuah taman hijau mini yang bisa menjadi spot foto.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Kedunggalar No.KM.3, Ngarengan, Jenggrik, Kec. Kedunggalar, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

15. Srambang Park

Srambang Park
Image Credit: Explorewisata.com

Ngawi memang memiliki banyak sekali destinasi wisata taman, namun Srambang Park cukup berbeda karena di kelilingi oleh hutan pinus yang sangat indah. Tak hanya itu, adanya tanaman-tanaman hias lainnya juga semakin menambah pesona keindahan taman ini.

Sebelumnya tempat wisata ini tidak dinamakan Srambang Park melainkan Air Terjun Srambang, hal tersebut memang karena tempat wisata ini berkaitan erat dengan legenda kisah Jaka Tarub. Selain itu, dulunya tempat ini memang memiliki sungai kecil yang airnya berasal dari air terjun dekat dengan objek wisata.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Girimulyo, Kec. Jogorogo, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

16. Ngawi Agro Techno Park

Ngawi Agro Techno Park
Image Credit: Spektroem.com

Bosan dengan kunjungan wisata yang itu-itu saja, mungkin Anda bisa melipir sejenak ke Ngawi Agro Techno Park. Di sini Anda tidak hanya bisa berswafoto dengan background yang bagus tapi juga belajar tentang ilmu pertanian.

Bahkan wisata yang satu ini juga menjadi pusat IPTEK. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota membuat Ngawi Agro Techno Park sangat mudah ditemukan. Tempatnya di bangun begitu terstruktur. Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan sekitar yang menawan.

Kolam renang, patung emas, bunga warna-warni, fasilitas foto, dan tangga yang berkelok menjadi perpaduan yang sempurna.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ngelo, Wakah, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

17. Kediaman Dr. Radjiman Wedyodiningrat

Kediaman Dr. Radjiman Wedyodiningrat
Image Credit: Tribunnews.com

Siapa sih yang tidak mengetahui nama tokoh terkenal tersebut? Tentunya semua orang sudah mengetahui jika orang tersebut adalah tokoh yang dulu berhasil mendirikan BPUPKI (Badan Pergerakan Usaha Persiapan Kemerdekaan.

Kini, rumah kediaman Dr. Radjiman dijadikan sebagai objek wisata yang menarik oleh sebagian masyarakat. Apalagi di dalamnya semua orang bisa menikmati berbagai koleksi yang sebelumnya dimiliki oleh beliau. Penasaran sekali bukan?

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Walikukun, Kec. Widodaren, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

18. Air Terjun Suwono

Air Terjun Suwono
Image Credit: Wisataterbaru27.blogspot.com

Ngawi memang memiliki sejuta pesona keindahan alam yang terpancar di setiap tempat wisatanya, seperti Air terjun Suwono. Karena liburan tidak harus selalu ke mall atau taman bermain. Berdamai dengan alam sambil menikmati suasana tenang bisa menjadi objek wisata yang layak dikunjungi.

Di sinilah Anda akan mendapati bebatuan besar alami serta pemandangan air terjun yang mengagumkan. Lokasinya yang berada di dalam hutan membuat Air Terjun Suwono terbilang sepi pengunjung. Oleh karenanya cocok untuk anda yang suka akan kedamaian seperti berada di air terjun pribadi.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Punen, Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

19. Waterboom Tirto Nirmolo

Waterboom Tirto Nirmolo
Image Credit: Tripjalanjalan.com

Meskipun tempat wisata ini terbilang cukup baru, sudah banyak masyarakat yang tertarik untuk mengunjungi taman air ini. Hal tersebut karena adanya berbagai fasilitas menarik yang bisa kamu nikmati bersama dengan keluarga.

Tak hanya menyediakan kolam renang dengan berbagai kedalaman, tempat wisata ini juga memiliki area khusus outbond, kereta gantung, dan juga beberapa perahu air yang banyak dipilih oleh para wisatawan. Selain itu, di dekat tempat wisata ini juga bisa ditemukan beberapa rumah makan yang murah dan lezat.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Ngawi-Madiun No.KM. 7, Sambi, Tempuran, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

20. Hutan Pinus Suwono

Hutan Pinus Suwono
Image Credit: Google Maps (Damas Prasetya)

Angin sepoi serta suara dedaunan dari pohon yang menjulang tinggi menjadi daya tarik alami yang dimiliki oleh Hutan Pinus Suwono. Bahkan untuk pohonnya sendiri tingginya kurang lebih mencapai 10 meter.

Kicauan burung pun terdengar lirih bersahutan bersama dedaunan yang seakan menjadi payung daratan. Setelah berada di Hutan Pinus Anda bisa melipir sejenak ke Air Terjun suwono setelah melewati jalan setapak.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Punen, Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

21. Waduk Pondok

Waduk Pondok
Image Credit: Radardjowo.blogspot.com

Waduk Pondok adalah salah satu destinasi wisata di Ngawi yang memiliki pemandangan sangat indah. Meskipun tidak terlalu luas, air yang ada di waduk ini sangatlah jernih sampai-sampai kamu bisa berkaca di riaknya air.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan pohon jati yang besar-besar saat duduk-duduk bersantai di tempat yang sudah disediakan. Bahkan, pihak wisata juga menyediakan spot foto khusus agar pengalaman liburanmu semakin mengesankan.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Waduk Pondok, Kec. Bringin, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

22. Gapura Mushola Ponpes Pak Soli

Gapura Mushola Ponpes Pak Soli
Image Credit: Instagram.com @chii_noel

Jika dilihat sekilas dari namanya mungkin yang terlintas di benak adalah sebuah bangunan sebagai tempat ibadah ritual umat Muslim. Namun nyatanya Gapura Mushola Ponpes Pak Soli ini juga dipenuhi sulur-sulur cantik yang menarik sebagai spot foto.

Berada satu lokasi dengan pondok pesantren, Gapura Mushola Ponpes Pak Soli mulai dikenal karena bentuk gapuranya yang unik. Namun Anda dilarang mengambil ataupun menarik sulur-sulur yang tumbuh dari padanya.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dukuh Jubleg Desa Gerih, Gentong, Kec. Gerih, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

23. Kerajinan Jati Gembol

Kerajinan Jati Gembol
Image Credit: Ngawikabmuseumjatim.wordpress.com

Jika bosan dengan beberapa destinasi wisata alam, kamu bisa beralih melihat berbagai seni kerajinan kreatif yang ada di Desa Gembol. Memiliki cukup banyak pohon jati, membuat desa ini terpikirkan untuk mengelolanya menjadi sesuatu yang unik serta memiliki nilai jual tinggi.

Sebelum pulang dari Ngawi tidak ada salahnya kamu mengunjungi tempat wisata ini agar bisa membeli oleh-oleh yang nantinya diberikan untuk keluarga maupun kerabat dekat. Mulai dari replika-replika mini sampai dengan miniatur semuanya bisa kamu dapatkan dari tempat wisata ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gembol, Kec. Karanganyar, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

24. Air Terjun Teleng

Air Terjun Teleng
Image Credit: Wisatakotangawiku.blogspot.com

Tak hanya memiliki Air Terjun Pengantin, Ngawi juga memiliki Air Terjun Teleng yang indah dan mempesona. Selain itu, kamu juga bisa menikmati asyiknya bermain kera yang sudah jinak serta memberi makan mereka dengan kacang-kacangan.

Ketinggian yang dimiliki air terjun ini cukup sedang sehingga menimbulkan debit air yang tidak terlalu deras, bahkan, banyak para wisatawan yang berani untuk mandi di air terjun tersebut. Memang, selain airnya yang jernih, tempat ini juga memiliki panorama yang sangat asri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngrayudan , Kec. Jogorogo , Kab. Ngawi, Jawa Timur.

25. Pemandian Hargo Dumilah

Pemandian Hargo Dumilah
Image Credit: Blogger.com

Satu lagi pemandian yang dimiliki oleh Ngawi, yakni Hargo Dumilah. Pemandian ini sangat banyak dipilih oleh para pengunjung karena memiliki mata air yang tidak ada habisnya dan juga sangat jernih.

Selain mandi, kamu juga bisa menikmati beberapa wahana seru seperti seluncuran dan juga perahu air. Tak hanya itu, jika ingin berenang, petugas juga menyediakan pelampung atau ban yang bisa membantu agar yang tidak bisa renang tetap dapat mencobanya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ngrambe-Jogorogo, Soko, Setono, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

Nah, itulah 25 tempat wisata di Ngawi yang sangat rekomended untuk dikunjungi. Berbagai tempat wisata tersebut bisa kamu masukkan list agar nantinya saat sudah sampai di Ngawi kamu tinggal membuka list daftar tempat yang harus dikunjungi.