24 Minuman & Makanan Khas Makassar yang Populer

Minuman Makanan Khas Makassar

Makassar adalah salah satu kota yang ada di pulau Sulawesi. Selain menyajikan keindahan alam dan keragaman budayanya, Makassar juga banyak dikunjungi karena olahan makanan yang tentunya akan selalu membuat Anda ketagihan.

Seperti halnya kota lain yang ada di Indonesia. Setiap kota atau daerah pasti memiliki ciri khas masing-masing yang tentunya membuat keanekaragaman di Indonesia ini semakin nampak nyata. Tidak hanya budaya atau adat istiadat namun sampai olahan pangannya juga berbeda-beda.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya saat Anda berkunjung ke Makassar untuk menyicipi berbagai olahan makanan hingga minuman yang khas. Berikut ini ada 25 jenis makanan dan minuman khas dari Makassar yang bisa Anda coba atau sekedar untuk buah tangan selepas berada di kota ini.

1. Konro

Konro

Image Credit by Makassar.tribunnews.com

Bagi anda pecinta olahan daging makanan ini wajib Anda coba. Pasalnya makanan ini berbahan dasar daging sapi dan iga yang cara pengolahannya akan direbus bersama air asam jawa, kayu manis, kluwak dan bumbu lainnya.

Jika di daerah Jawa Timur Anda pasti mengenal kluwak ini sebagai bumbu rawon, namun disini kluwak berfungsi untuk bahan olahan kunro ini. Mirip dengan sup daging namun sangat kaya rasa rempah dan sangat nikmat disantap saat masih panas.

2. Pallubasa

Pallubasa

Image Credit by Travelingyuk.com

Hidangan pada makanan ini sangat mirip dengan olahan Coto Makassar lengkap dengan jeroan kerbau atau sapi dan bumbu rempah yang meresap.

Namun yang dapat Anda amati perbedaannya dengan Coto Makassar teman makannya. Jika Coto Makassar biasanya dimakan dengan ketupat sedangkan Pallubasa dimakan menggunakan nasi putih.

3. Kapurung

Kapurung

Image Credit by Wikipedia.org

Anda penasara olahan apa kapurung itu? Kapurung adalah olahan daging atau ikan yang sebelumnya sudah dicampur dengan berbagai sayuran dan tepung sagu.

Kapurung ini menjadi salah satu sajian tradisional khas Sulawesi Selatan, terutama di daerah Luwu, Kota Palopo. Walaupun begitu sekarang makanan ini merambah ke berbagai kota termasuk Makassar.

4. Bebek Palekko

Bebek Palekko

Image Credit by Makassarkuliner.com

Bebek Palekko merupakan Makanan khas Makassar dari bahan bebek yang harus Anda coba. Hidangan ini merupakan khas Bugis yang terbuat dari olahan daging bebek cincang.

Walaupun rasanya pedas membuat penikmatnya bercucuran keringat namun makanan ini menjadi favorit sebagian orang. Biasanya harga untuk bebek kecil mulai dari 40 ribu sedangkan per porsi bebek ukuran besar dibandrol 55 ribu.

5. Coto Makassar

Coto Makassar

Image Credit by Bumburesto.com

Bagi yang sedang berkunjung kesana tidak afdhol jika belum menyicipi makanan yang satu ini. Rasanya yang sangat khas karena kaya rempah membuat siapapun yang mencobanya pasti akan mendapatkan kesan yang sangat baik.

Coto Makassar ini memiliki kuah kental dengan potongan daging tentu juga ditambah bawang goreng. Jika Anda menikmati di warung harga yang ditawarkan rata-rata 15 ribuan per porsi.

6. Pallumara

Pallumara

Image Credit by Resepkoki.id

Anda pecinta olahan seafood maka ada makanan khas Makassar yang bisa Anda coba. Makanan ini berbahan dasar ikan dengan kuah kuning yang sangat gurih dan nikmat hampir mirip dengan asam manis.

Pada Pallumara ini yang digunakan sebagai bahan dasar ada berbagai jenis ikan seperti tongkol, kepala kakap, atau ikan bandeng. Makanan ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat.

7. Pisang Epe

Pisang Epe

Image Credit by Resepkoki.id

Makanan berbahan dasar ikan kepok ini memang menjadi makanan khas Makassar. Rasanya yang enak dan unik membuat banyak orang berburu makanan ini.

Pisang Epe adalah pisang kepok yang dibakar diatas bara api saat keadaan pisangnya masih setengah matang. Jadi, saat pisang sudah mulai empuk maka pisang akan dibelah kemudian dipipihkan saat dan dibakar lagi serta diberi topping.

8. Es Palu Butung

Es Palu Butung

Image Credit by Liputan6.com

Es campur ini merupakan salah satu minuman khas ala Makassar. Anda akan merasakan sensasi yang manis yang menyegarkan ada pada semangkuk es ini. Tentunya cocok untuk melepas dahaga saat cuaca panas.

Isian dari Es Palu Butung yang bisa Anda nikmati ada bubur sumsum, potongan pisang manis, kemudian tidak lupa siraman sirup merah, susu kental manis, dan tentunya es serut.

9. Burasa

Burasa

Image Credit by Apabedanya.com

Jika di Jawa Anda tidak asing dengan lontong maka saat pertama melihat Burasa Anda juga akan ingat dengan lontong karena tampilannya yang sama.

Bahannya juga terbuat dari beras yang lembut kemudian dibungkus daun pisang muda. Burasa biasanya akan dihidangkan menggunakan taburan bumbu kelapa kering, kemudian ditambah dengan gula, garam  dan cabai.

10. Pisang Hijau

Pisang Hijau

Image Credit by Resepkoki.id

Salah satu minuman yang jadi favorit masyarakat Makassar adalah minuman segar es pisang hijau. Bahannya hampir sama dengan Palu Butung, akan tetapi perbedaannya terletak pada pisang di dalam seporsi minuman ini.

Dimana pisangnya dibalut adonan tepung beras berwarna hijau. Selain dalam semangkuk es pisang hijau ini ada tambahan kacang tanah yang disangrai tentunya membuat rasanya semakin unik di mulut.

11. Putu cangkiri

Putu cangkiri

Image Credit by Cookpad.com

Merupakan salah satu olahan yang berasal dari ketan dengan bentuk yang mirip dengan bagian bawah cangkir saat posisi makanan ini terbalik.

Pada umumnya Anda bisa memilih dua rasa manis pertama yang berasal dari gula putih dan kedua dengan tambahan merah sehingga warna putu juga merah.

12. Barongko

Barongko

Image Credit by Resepkoki.id

Barongko menjadi salah satu makanan ringan khas dari Makassar dengan cita rasa yang enak. Kue ini dari bahan dasae pisang manis yang memiliki tekstur lembut.

Kemudian dalam proses pengolahannya diletakan pada sebuah cetakan khusus dan pada penyajiannya dibungkus daun pisang Anda bisa menikmati selagi dingin atau saat masih panas.

13. Mie Titi

Mie Titi

Image Credit by Pesona.travel

Jika diantara Anda ada yang berminat untuk merasakan kuliner ala Tionghoa yang ada di Makassar, Maka Mie Titi adalah patut Anda coba. Rasa mie ini gurih.

Selain itu juga diberikan tambahan lauk yang begitu melimpah seperti seafood, sayuran hingga daging akan membuat Anda lahap untuk menyantapnya.

14. Cucuru

Cucuru

Image Credit by Resepkoki.id

Makanan dengan nama yang terkenalnya yaitu cucuru tekne ini menjadi salah satu kue tradisional Makassar. Terbuat dari olahan tepung beras dan gula merah.

Rasanya yang manis dan renyah membuat siapapun yang menyantapnya akan selalu ingin tambah. Kue ini berbentuk lonjong dan mengerucut pada bagian ujungnya sehingga menjadikan kue ini semakin unik.

15. Baje Goreng

Baje Goreng

Image Credit by Tokopedia.com

Makanan ini merupakan salah satu kue tradisional yang ada di Makassar. Kue yang berbahan dasar gula merah dan kacang tanah ini memiliki perpaduan cita rasa manis dan gurih yang pas.

Makanan ini cocok untuk  buah tangan keluarga di rumah atau diluar kota, pasalnya makanan ini sangat awet dan mampu bertahan hingga kurang lebih 1 bulan lamanya.

16. Mocktail ala Makassar

Mocktail ala Makassar

Image Credit by Makassarkuliner.com

Walaupun ini bukan asli dari Makassar namun minuman ini sudah dimodifikasi ala Makassar, Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba Mocktail ala Makassar yang lagi hits dikalangan anak muda.

Penyajiannya juga dikemas plastik dengan cara yang tidak kalah kekinian. Mocktail atau campuran minuman dengan berbagai buah-buahan seperti lemon, strawberi, nanas, dan daun mint ini memang sangat menyegarkan.

17. Sarabba

Sarabba

Image Credit by Beritagar.id

Mungkin minuman ini mirip dengan STMJ, sekoteng, atau wedang uwuh di daerah lain. Dan di Makassar juga menyajikan minuman sejenis namun dengan istilah Sarabba.

Minuman ini terbuat dari kuning telur, campuran jahee, merica bubuk, dan gula aren. Andap pasti akan mendapatkan sensasi yang berbeda saat meneguknya dan tentunya minuman ini mampu menghangatkan badan.

18. Sirup Markisa

Sirup Markisa

Image Credit by Sirup-markisa-aurora.business.site

Salah satu hasil kebun yang tumbuh subur di Sulawesi Selatan ada buah Markisa. Sebagian telah diolah menjadi minuman dengan cita rasa yang nikmat sekali tentunya beda dengan daerah yang lain.

Pada pengolahan Sirup Markisa asli Makassar ini melalui beberapa proses pengolahan. Pertama dimulai dari pencucian, kemudian mengekstraksi sari buah dan selanjutnya pengemasan dalam botol dan terakhir pasteurisasi.

19. Sop Ubi

Sop Ubi

Image Credit by Makassar.tribunnews.com

Olahan makanan dari ubi ini juga wajib Anda coba. Pasalnya rasa yang nikmat memang bisa membuat siapapun akan ketagihan. Jika Anda mampir ke Makassar maka bisa merasakan makanan ini.

Sop ubi ini dilengkapi dengan isian ubi yang dipotong kecil, bihun, telur, tauge bawang goreng daun bawang dan daging semua itu sangat pas dinikmati selagi masih panas.

20. Songkolo Bagadang

Songkolo Bagadang

Image Credit by Blog.misteraladin.com

Olahan makanan ini berasal dari ketan hitam atau putih yang disajikan dengan parutan kelapa diatasnya. Biasanya banyak dijual pada saat malam, jadi makanan ini bisa menemani malam Anda di Makassar.

Selain itu juga diberikan tambahan seperti telur, ikan teri asin dan sambal kuning untuk semakin membuat kenikmatannya bertambah.

21. Barongcong

Barongcong

Image Credit by Pesona.travel

Salah satu makanan khas dari Makassar dengan bentuk yang mirip dengan kue pukis. Bentuknya setengah lingkaran.

Kue Barancong ini berbahan dasar dari adonan tepung terigu, parutan kelapa, serta gula pasir. Anda penasaran bagaimana rasanya? Tidak ada salahnya mencoba makanan yang melegenda ini.

22. Gogoso

Gogoso

Image Credit by Tokopedia.com (Daradaengresto)

Masyarakat Makassar biasanya akan membuat hidangan ini disaat-saat tertentu misalnya saat lebaran. Biasanya gogoso akan dihidangkan dengan telur asin.

Gogoso sendiri merupakan makanan yang terbungkus daun pisang dengan sebelumnya diisi oleh beras ketan kemudian dibakar. Banyak keturunan Bugis-Makassar yang menyukai makanan ini.

23. Doko-Doko Cangkuling

Doko-Doko Cangkuling

Image Credit by Youtube.com (Ayo Masak)

Merupakan olahan kue yang berbahan dasar dari kombinasi kentang, tepung beras, gula tepung, serta santan. Isian pada kue ini ada kelapa parut dan gula merah.

Umumnya dibungkus dengan daun pisang berbentuk kerucut serta Anda akan muda menemukan kue ini di saat acara pesta pernikahan, tidak heran jika kue ini memang menjadi khasnya masyarakat Makassar.

24. Juku Pallu Ce’la

Juku Pallu Ce’la

Image Credit by Cookpad.com

Makanan ini berasal dari bahan dasar ikan layang, ikan cakalang, Sibula’, Tembang dan Bolu. Makanan ini diolah dengan bumbu yang sederhana seperti hanya dengan kunyit dan garam.

Namun, jangan ragu untuk rasanya, karena dengan teknik memasak yang khas dan spesial membuat hasil dari olahan ini akan membuat Anda tidak berhenti untuk terus mencicipinya.

Demikian itu beberapa olahan makanan dan minuman khas dari Makassar yang bisa Anda nikmati kelezatannya. Mulai dari yang berasa manis hingga gurih semua bisa Anda nikmati bersama keluarga atau sendiri saat berkunjung ke tempat ini.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Makan Palembang
16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan
Minuman Makanan Khas Palembang
20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer
Wisata Kuliner Palembang
15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Wisata Kuliner Tasikmalaya
15 Wisata Kuliner di Tasikmalaya yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-oleh Khas Tasikmalaya
9 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya Paling Populer
Tempat Makan Karawang
14 Tempat Makan Enak di Karawang Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata Favorit di Bima
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Tempat Makan Bali
17 Tempat Makan Enak di Bali Favorit Wisatawan
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak