Pantai Losari yang dikenal menjadi ikon Kota Makassar memiliki pesona yang mampu memikat hati pengunjung. Beragam aktivitas menarik dapat dilakukan di pantai cantik ini.

Lokasi: Jl. Somba Opu No.57, Maloku, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.
Map: Cek Lokasi

Makassar sebagai salah satu kota besar di Indonesia, pasti memiliki banyak pesona yang dihadirkan. Banyak orang yang datang ke kota ini untuk keperluan pekerjaan bahkan keperluan liburan. Tak mengherankan, karena Makassar memang menyimpan berjuta kekayaan alam yang memukau dan tempat indah yang layak jadi tujuan wisata.

Salah satu kekayaan alam Makassar adalah pantai. Pantai paling populer bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara adalah Pantai Losari. Pantai ini sukses membuat orang berdecak kagum dan berkunjung berkali-kali untuk berlibur dan menikmati akhir pekan. Suasananya cocok merubah mood yang jelek menjadi bahagia.

Pantai cantik yang menjadi ikon Kota Makassar sejak lama. Pemandangan alamnya memang terbukti sangat memukau. Berbagai keunggulan hadir untuk memberikan sajian istimewa pada pengunjung. Berikut akan dibahas berbagai serba-serbi terkait Pantai Losari, mulai dari daya tarik yang dimiliki, akses, harga tiket, hingga fasilitas pendukung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Losari

Daya Tarik Pantai Losari
Image Credit: Kompas.com

Daya tarik Pantai Losari sangat banyak, satu diantaranya adalah pengunjung bisa menikmati matahari terbenam di sore hari dan matahari terbit di pagi harinya. Spot terbaik menikmati pesona sunrise dan sunset di Makassar memang dipegang oleh pantai ini. Banyak yang terpesona dengan menikmatinya bersama orang tercinta.

Terdapat masjid menarik dan unik di wilayah pantai ini, dikenal dengan Masjid Amirul Mukminin. Masjid tersebut mempunyai 2 kubah dan 2 menara. Uniknya lagi, masjid dibangun terapung di atas pantai. Masjid yang bisa menampung kurang lebih 400 orang jemaah ini didesain di atas pantai dan dipancang dengan bahan yang kokoh.

Ada wahana permainan yang bisa dimanfaatkan untuk bersenang-senang dengan keluarga. Anak-anak akan bahagia karena bisa bermain sepuasnya di sekitar pantai. Ayah dan ibu juga bisa menikmati beberapa permainan yang disediakan. Dijamin liburan akan semakin berkesan dan membuat hati semakin bahagia.

Daya Tarik dari Pantai Losari
Image Credit: Makassarkota.go.id

Ketika malam tiba, Pantai Losari akan menghadirkan view yang tak kalah cantik dari siang hari. Hadirnya cahaya terang dari lampu-lampu yang di pasang mengelilingi anjungan, membuat area pantai terlihat indah dan eksotis. Kerlap-kerlip lampu akan memberikan suasana romantis untuk pengunjung. Hal ini akan jadi momen yang seru.

Ada tulisan letter besi yang bisa dijadikan teman berfoto. Tulisan itu dipasang dalam tiga tempat yang berdekatan dengan penempatan yang simetris. Pertama bertuliskan MAKASSAR, kedua CITY OF MAKASSAR dan terakhir BUGIS. Bukan hanya itu saja, pengunjung juga bisa berfoto di tulisan PANTAI LOSARI di area lain.

Di Pantai Losari terdapat anjungan-anjungan yang bisa difungsikan sebagai ruang publik bagi pengunjung. Anjungan tersebut dibuat sesuai dengan nama suku yang terdapat di Makassar yaitu Makassar, Bugis, Mandar dan Toraja. Di samping itu, dibangun pula monumen patung pahlawan dari Sulawesi Selatan, contohnya Sultan Hasanuddin.

Meskipun tidak ada hamparan pasir, tapi area pantai ini sangat luas. Wisatawan yang membawa anak-anak akan tenang, karena anak-anak leluasa dalam bermain. Di pinggir pantai ada bebatuan yang difungsikan sebagai pemecah ombak dan pembatas antara daratan dan lautan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Losari

Alamat Pantai Losari
Image Credit: Tripadvisor.com

Alamat lengkap Pantai Losari di Desa Maloku tepatnya di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar. Lokasinya sangat strategis dan mudah diakses oleh siapa saja. Tak perlu khawatir salah jalan, karena hampir semua orang di sekitar wilayah tersebut bisa memberikan arahan yang tepat, bahkan saat ini ada aplikasi yang memudahkan.

Jika wisatawan berasal dari luar Sulawesi dan menggunakan transportasi udara seperti pesawat, maka bisa turun di Bandara Hasanuddin. Rute dari Bandara Hasanuddin terbilang mudah dilalui. Wisatawan bisa menaiki kendaraan umum atau moda transportasi lain dengan jarak tempuh sekitar 1 jam dari bandara.

Perjalanan akan semakin cepat dan efisien jika menggunakan jalan tol, yaitu hanya sekitar 30 menit saja. Jalan bebas hambatan ini sangat bermanfaat untuk menghemat waktu, sehingga waktu lainnya bisa digunakan untuk beristirahat sambil menikmati keindahan pantai dengan beribu pesonanya yang menakjubkan.

Jika wisatawan menggunakan transportasi laut seperti kapal, maka bisa turun di Pelabuhan Soekarno Hatta di daerah Wajo, Kota Makassar. Selanjutnya dari pelabuhan menuju pantai cukup ditempuh dengan waktu 20 menit perjalanan. Jalan menuju Pantai Losari sudah diperbaiki sedemikian rupa sehingga nyaman dilalui.

Harga Tiket Masuk Pantai Losari

Harga Tiket Pantai Losari
Image Credit: Instagram.com @khaidirr_

Kabar gembira bagi wisatawan yang berniat berkunjung ke Pantai Losari. Tempat ini terbuka bagi umum tanpa dipungut biaya apapun. Dari pagi hingga malam semua pengunjung bebas menikmati pantai sepuasnya. Momen menyenangkan ini harusnya dimanfaatkan dengan baik bersama keluarga untuk melepas penat rutinitas mingguan.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi cukup membayar biaya parkir dengan nominal tidak sampai Rp 10.000,-. Parkiran yang disediakan juga luas dan nyaman ditempati. Kendaraan yang terparkir akan aman dari tindak kejahatan.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Losari

Kegiatan di Pantai Losari
Image Credit: Bola.com

1. Bermain Wahana Air

Pantai Losari menyediakan berbagai permainan air yang bisa dicoba oleh pengunjung. Permainan air tersebut meliputi sepeda air, banana boat dan perahu bebek. Meskipun tidak bisa berenang karena kedalaman laut yang sangat dalam, tapi wisatawan bisa mencoba berbagai wahana dengan keluarga. Dijamin asyik dan menyenangkan.

2. Futsal

Pantai ini cukup unik karena menyediakan lapangan futsal outdoor. Permainan futsal akan semakin seru karena ada angin sepoi-sepoi yang menghembus ke badan. Keringat dan suhu panas saat bermain akan sirna seketika. Di sampingnya juga terhampar lautan indah untuk mengobati keseriusan saat bermain.

3. Memancing

Di pinggir pantai disediakan space untuk memancing bagi para pengunjung dengan hobi memancing. Ikan yang ada di sekitar pantai memang banyak dan berukuran lumayan besar. Di bagian tanggul pemecah ombak yang berbentuk batu, para pemancing akan merasa enjoy dengan aktivitas mencari ikannya.

4. Jogging

Selain berwisata, pengunjung juga bisa berolah raga di area Pantai Losari. Olah raga yang kerap dilakukan adalah jogging. Tempatnya yang luas memungkinkan pengunjung untuk jogging dengan leluasa. Kalori akan terbakar dan tubuh akan kembali bugar dan kuat. Badan sehat dan segar akan dirasakan selepas jogging dengan view pantai.

5. Bersepeda

Saat ini orang tengah gemar bersepeda di mana saja, tak terkecuali di Pantai Losari. Wilayahnya sangat mendukung untuk digunakan sebagai area bersepeda. Akan tetapi perlu diingat untuk menjaga keselamatan dan ketertiban serta tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lain.

6. Hunting Foto

Beragam keindahan yang dihadirkan di pantai ini membuat penyuka fotografi tergerak untuk mengambil kameranya dan mengabadikan setiap momen yang ada. Berbagai teknik foto diasah untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik. Berbagai sudut pandang diolah sehingga hasrat berburu foto bisa terpenuhi secara maksimal.

7. Bersantap Kuliner

Ada banyak warung makan yang tersebar di kawasan Pantai Losari. Berbagai kuliner enak dan lezat dihadirkan untuk para wisatawan. Kuliner yang bisa dicoba adalah kuliner khas Makassar. Tak jarang untuk menambah kelengkapan dalam berwisata, pengunjung menikmati kuliner di sekitar pantai dengan hembusan angin yang menyejukkan.

8. Belajar Kebudayaan Makassar dan Sejarah Tokoh

Pengelola Pantai Losari membuat berbagai anjungan suku di wilayah Makassar. Dari sini pengunjung bisa menambah wawasan tentang suku apa saja yang ada di Makassar. Di sisi lain ada juga patung tokoh dan pahlawan nasional yang dibangun untuk mengenang perjuangannya. Di sana tertulis nama dan tahun kelahiran serta wafatnya.

Penginapan di Sekitar Pantai Losari Makassar

Penginapan di Sekitar Pantai Losari
Image Credit: Tribunnews.com

1. Losari Beach Hotel

Hotel berbintang tiga ini terletak dekat sekali dengan Pantai Losari. Fasilitas penunjang yang ditawarkan meliputi lemari es, AC, televisi, brankas, pusat kebugaran dan ruang karaoke. Ada akses WIFI yang bisa dimanfaatkan untuk berselancar maya. Di samping itu letaknya strategis karena dekat dengan objek wisata lain di Makassar.

2. Ibis Makassar City Center Hotel

Ibis Makassar City Center Hotel memberikan keuntungan tersendiri karena berada diantara Pantai Losari, Pelabuhan Makassar dan Benteng Rotterdam. Wisatawan akan puas menjelajahi setiap destinasi wisata yang ada. Harga yang terjangkau dengan pelayanannya yang murah akan memberikan kepuasan tersendiri bagi wisatawan.

3. Hotel Aryaduta

Hotel Aryaduta tergolong hotel yang memiliki fasilitas yang lengkap dengan harga yang standar. Fasilitas yang diberikan mencakup TV kabel berlayar datar, kolam renang hingga pusat kebugaran. Warna luar hotel merah-putih dengan lantai yang banyak membuatnya terlihat mencolok dari Pantai Losari. Desainnya juga bagus dan elegan.

4. Quality Plaza Hotel Makassar

Hotel ini menawarkan fasilitas yang lengkap seperti ruang karaoke, pusat kebugaran, AC, meja kerja, TV layar datar, kamar mandi bershower serta brankas pribadi. Jumlah kamar yang disediakan mencapai 90 kamar dengan desain yang bagus. Selain dekat dengan Pantai Losari, hotel ini dekat pula dengan Taman Pattimura.

5. Hotel Asyra Makassar

Hotel Asyra Makassar bisa dijangkau dengan berjalan kaki selama 5 menit dari Pantai Losari. Jumlah kamar yang tersedia sebanyak 45 kamar. Setiap kamar dilengkapi dengan tempat duduk, WIFI, AC serta televisi. Biaya masing-masing kamar bisa dibilang terjangkau untuk satu malamnya.

6. Pod House Losari

Pod House Losari menawarkan harga yang sangat terjangkau untuk menginap. Satu malamnya hanya dibandrol sekitar 141,000 rupiah. Jumlah kamar yang disediakan juga cukup banyak, yaitu 59 kamar tidur.

Meskipun harganya terjangkau tapi fasilitas penunjangnya tak kalah banyak, diantaranya AC, televisi, loker, perlengkapan mandi serta kamar tidur bebas rokok. Tak lupa disediakan pula jaringan internet gratis.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Losari

Fasilitas di Pantai Losari
Image Credit: Google Maps (Candra Wilwatikta)

Fasilitas yang tersedia di Pantai andalan Makassar ini sangat banyak, diantaranya toilet umum, warung makan, mushola, area parkir yang luas, papan informasi untuk pengunjung dan tempat sampah. Di sisi lain, disediakan pula banyak spot foto untuk mengabadikan momen selama liburan di Pantai Losari.

Selain itu, pengelola juga memberikan fasilitas penunjang untuk bermain air dan fasilitas olah raga yang sayang sekali jika tidak dimanfaatkan. Jaringan internet gratis juga bisa diakses oleh seluruh pengunjung Pantai Losari.

Demikian berbagai daya tarik, fasilitas penunjang, penginapan terdekat serta info penting dan menarik lainnya dari Pantai Losari Makassar. Semoga bisa memberikan referensi bagi para wisatawan yang sudah berencana mengunjungi pantai favorit ini.