Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sancang, Kec. Cibalong, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Jawa Barat mempunyai berbagai daerah yang masih menyimpan banyak destinasi wisata menarik, jarang terjamah oleh manusia. Salah satunya yang berada di Garut. Pantai Sancang merupakan salah satu pantai yang masih jarang terjamah, padahal keindahan yang dimiliki pantai begitu memukau mata.

Awal mulanya pantai ini adalah berupa kawasan hutan lindung yang memiliki kawasan hutan dan pantai, tetapi lama kelamaan pihak pengelola membuka pantai sebagai salah satu destinasi wisata Garut. Pantai terletak di tempat yang tersembunyi, sebelum memasuki lokasi pantai anda harus terlebih dahulu menjelajahi kawasan hutan.

Pemandangan Pantai Sancang sangat sempurna, bahkan sebelum memasuki lokasi pantai, pengunjung akan disuguhkan panorama hutan yang masih asri dan alami. Terdapat banyak flora dan fauna di kawasan hutan lindung. Selain itu, udara sejuk yang jauh dari polusi membuat siapa saja yang ke pantai akan merasa nyaman dan betah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sancang

Daya Tarik Pantai Sancang
Image Credit: Google Maps Damval

1. Peninggalan Sejarah

Legenda peninggalan sejarah yang terkenal di Pantai Sancang ini berasal dari perselisihan antara anak dan ayah yaitu Raden Kiansantang dan Prabu Siliwangi. Prabu Siliwangi adalah salah seorang raja yang sangat terkenal di kawasan Jawa barat yang memerintah kerajaan padjadjaran.

Raden mengajak ayahnya untuk memeluk agama Islam, hingga akhirnya sang ayah mengikuti keinginan anaknya dan memeluk agama Islam. Untuk memenuhi salah satu syarat dari memeluk Islam adalah melakukan sunat atau khitan, akan tetapi Prabu tidak mau disunat sampai terjadi peristiwa kejar-kejaran antara anak dan ayah.

Pantai Sancang adalah tempat singgah pelarian dari Prabu Siliwangi dan para pengikutnya yang tidak ingin disunat. Saat sampai di kawasan hutan lindung sebelum memasuki lokasi pantai, menurut masyarakat konon Prabu Siliwangi berupa menjadi Harimau putih.

Di sekitar pantai juga terdapat Pohon Kaboa yang keramat, konon menurut masyarakat setempat pohon ini merupakan wujud dari keberadaan Prabu Siliwangi oleh karena itu tidak ada yang berani untuk merusak semua pohon Kaboa, karena pohon ini hanya hidup di kawasan pantai. Selain itu pohon ini juga merupakan wujud dari pengikutnya.

Setelah mengalami semua kejadian, Raden Kiansantang mengeluarkan perintah untuk membagi dua kubu. Pengikutnya dan pengikut ayahnya. Pengikut Raden Kiansantang akan terus menjadi manusia sedangkan pengikut ayahnya Prabu Siliwangi akan menjadi pohon kaboa.

Selain pohon kaboa, terdapat juga mitos seperti Karang Gajah, dan Batu Cikajayaan yang dianggap sebagai tempat suci dan tidak ada yang berani untuk merusaknya. Berbagai mitos ini menjadi salah satu daya tarik pantai. Banyak pengunjung yang ingin menyaksikan petilasan dari raja yang memiliki kekuatan terbesar itu.

2. Kawasan Hutan

Sebelum memasuki lokasi Pantai Sancang, pengunjung akan menyusuri kawasan hutan lindung. Hutan tersebut termasuk dalam hutan tropis yang masih sangat segar, sejuk dan bebas dari polusi. Hutan ini memiliki bentangan yang luas sehingga membuatnya terbagi menjadi 3 kategori yaitu hutan magrove, hutan dataran rendah dan pantai.

Akses untuk menyusuri hutan sudah diberikan dengan bagus yaitu memiliki jalanan setapak yang bahkan dapat dilalui oleh kendaraan beroda dua. Kawasan hutan mempunyai banyak flora dan fauna yang akan anda temui. Diantaranya seperti flora tanaman-tanaman yang tumbuh alami secara subur.

Tanaman tersebut seperti tumbuhan pakis, raflesia, tumbuhan paku-pakuan, jamur, lumut, serta pepohonan-pepohonan besar hutan yang tumbuh secara berurutan tertata dengan rapi. Terdapat juga beberapa fauna yang menambah keragaman ekosistem kawasan hutan.

Fauna seperti serangga-serangga hutan, kicauan burung bersama dengan kawanannya. Wisatawan akan menyaksikan beberapa sarang burung di pepohonan-pepohonan yang tinggi. Bahkan anda harus tetap waspada karena lokasi kawasan hutan yang masih asri, tetap ditemukan beberapa jenis ular yang hidup bebas di hutan.

Kawasan hutan sancang memiliki luas sekitar 2.913 hektar, dengan memiliki keluasan yang membentang, pengunjung lebih disarankan untuk menyusuri hutan bersama rombongan dan menyewa pemandu agar perjalanan menjadi lebih terarah tidak tersesat dan aman.

3. Keindahan Pantai

Pantai Sancang mempunyai luas sekitar 200 hektar, pemandangan di kawasan pantai sangat indah dan eksotis. Ketika memasuki lokasi pantai, terdapat hamparan pasir coklat yang keputihan di balut dengan bentangan air laut yang kebiruan. Air laut sangat jernih bahkan terlihat panorama dasar laut.

Pantai ini adalah bagian dari salah satu cagar alam Garut yang berupa laut, hutan dan sungai dengan keanekaragaman hayati yang lebih dikenal dengan Leuweung Sancang. Udara pantai masih sangat segar dengan panorama keindahan yang menenangkan batin.

Di setiap sisi pinggir Pantai Sancang, terdapat batu karang yang berwarna kehitaman. Batu karang ini berdiri dengan kokoh walaupun diterjang ombak. Deburan ombak laut di kawasan pantai memiliki frekuensi yang kecil dengan tinggi ombak kurang dari satu meter di atas permukaan air.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Sancang
Image Credit: Instagram Galih Famallina

Wisata alam perairan yang eksotis ini hanya dapat dikunjungi jika anda berada di Jawa Barat, tepatnya terletak di Kabupaten Garut, serta merupakan bagian dari Kecamatan Cibalong. Pantai ini merupakan salah satu cagar alam yang sangat dilindungi oleh pemerintah.

Lokasi Pantai Sancang cukup jauh dengan perjalanan yang panjang. Jarak tempuh dari titik pusat kota Bandung sekitar jarak 176 kilometer. Sebelum memasuki lokasi pantai, pengunjung akan menyusuri kawasan hutan terlebih dahulu dan melewati pantai Cijeruk.

Rute perjalanan menuju ke lokasi pantai dari titik pusat kota Bandung memiliki waktu tempuh sekitar 7 jam dalam perjalanan. Dengan mengambil rute menuju ke daerah Pangalengan mengambil arah sampai ke jalan Cisewu. Setelah itu memasuki kawasan Rancabuaya menuju ke Pameungpeuk, sampai ke Kecamatan Cibalong.

Setelah sampai ke Cibalong, anda dapat menyusuri kawasan hutan terlebih dahulu sampai menuju ke lokasi pantai. Perjalanan dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti kendaraan beroda dua maupun beroda empat, tetapi disediakan juga jalur alternatif untuk angkutan umum.

Pengunjung dapat menaiki kendaraan umum dimulai dari Terminal garut dengan memakai angkot. Selanjutnya, anda dapat melanjutkan perjalanan dengan bus dari Pameungpeuk menuju ke kawasan perkebunan Mira Mare. Selain itu pengunjung juga dapat memakai jasa angkutan khusus kota yang mengantar langsung ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Sancang
Image Credit: Google Maps Ridwan Setiawan

Wisata alam yang termasuk dalam cagar alam ini tidak dibanderol biaya retribusi tiket masuk sama sekali, alias gratis. Pengunjung dapat menyaksikan keindahan pemandangan yang ditawarkan dengan gratis di kawasan Pantai Sancang yang memiliki luas 200 hektar.

Adapun untuk biaya parkir kendaraan, anda hanya dikenai parkir kendaraan sebesar Rp 10.000 per kendaraan. Sementara itu untuk waktu operasionalnya, pantai ini dibuka selama 24 jam setiap hari tanpa hari libur. Tersedia juga area khusus yang diberikan pihak pengelola bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu bermalam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sancang

Aktivitas di Pantai Sancang
Image Credit: Google Maps glanet jaya

1. Hunting Foto

Kegiatan yang wajib dilakukan adalah mengabadikan berbagai foto-foto di kawasan Pantai Sancang Garut. Banyak tempat yang menarik untuk diabadikan seperti di kawasan hutan, pinggir pantai bahkan di tengah perairan pantai.

2. Memancing

Pantai di Garut ini memiliki banyak jenis ikan-ikan yang dapat ditangkap. Anda bisa memancing di pinggiran pantai ataupun di atas batu karang. Disarankan untuk membawa alat pancing atau jika enggan, pengunjung dapat menyewa beberapa peralatan pancing lengkap dari pihak pengelola.

Aktivitas Menarik di Pantai Sancang
Image Credit: Google Maps Apud Channel

3. Snorkeling

Aktivitas di dalam air ini sangat seru. Anda dapat menyewa peralatan snorkeling dengan pihak pengelola di Pantai Sancang. Berenang dengan menyelam ke kedalaman laut. Menyaksikan ekosistem bawah laut yang indah. Terdapat terumbu karang dibalut dengan beberapa rumput laut yang menghijau. Terlihat juga kawanan ikan yang berenang-renang.

4. Menyusuri Kawasan

Aktivitas lainnya adalah menyusuri kawasan. Sebelum memasuki lokasi pantai. Terbentang kawasan hutan lindung, pengunjung dapat menyusuri hutan lindung yang memiliki berbagai macam flora dan fauna. Setelah memasuki pantai, pengunjung dapat berkeliling pantai yang luas, menyaksikan panorama indah pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Sancang
Image Credit: Google Maps Khairidda Nurfaidi

Memang untuk fasilitas, Pantai Sancang belum terlalu lengkap, tetapi kawasan ini tetap memberikan fasilitas yang nyaman bagi para wisatawan. Di sekitar kawasan disediakan beberapa toilet dan kamar ganti bagi pengunjung yang bermain air maupun berenang.

Kawasan juga menyediakan beberapa warung-warung lengkap dengan makanan dan minuman yang lezat dengan menu-menu dari khas daerah. Area juga menyediakan kawasan khusus untuk lahan parkir kendaraan yang luas dengan keamanan yang ketat.

Pantai ini juga menyediakan peralatan untuk berenang seperti snorkeling maupun ban yang disewakan untuk wisatawan. Terdapat juga beberapa pondok kecil di pinggiran pantai sebagai tempat istirahat dan bersantai sambil menikmati keindahan pantai.

Pantai Sancang merupakan salah satu pantai yang berada di kawasan Garut, sebagai bagian dari cagar alam, pantai ini sangat layak dikunjungi dengan panorama hijau hutan dan pemandangan perairan pantai yang indah.