Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kampung Cigangsa, Desa, Situsari, Kec. Cisurupan, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Menjadi hal yang menarik ketika menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi objek wisata alam. Dari banyaknya destinasi wisata yang ada di Jawa Barat, Buffalo Hill Garut sepertinya cocok bagi anda yang ingin melihat indahnya hamparan rumput disertai pemandangan gumpalan awan.

Objek wisata di Garut ini berada di ketinggian 1000 mdpl, jadi pastinya cuaca yang diberikan sejuk dan nyaman. Pemandangannya juga luar biasa, bukan hanya terdiri dari pepohonan, namun juga beberapa Gunung yang berdiri kokoh. Meskipun cukup sulit untuk menjangkaunya karena harus melakukan perjalanan kaki, namun tidak menyurutkan langkah dari sebagian besar wisatawan.

Lokasi Buffalo Hill berada di kawasan Gunung Puntang, yakni sebuah gunung yang tidak jauh jaraknya dari Gunung Papandayan. Secara geografis, objek wisata cantik ini merupakan hamparan rumput hijau yang menghiasi hampir seluruh permukaan tanah. Di beberapa titik dipenuhi pohon rindang yang menjadikan suasana semakin asri dan nyaman.

Daya Tarik yang Dimiliki Buffalo Hill

Daya Tarik Buffalo Hill
Image Credit: Google Maps Cahya Nugraha supriyatna

Buffalo Hill merupakan julukan yang diberikan wisatawan dari luar Garut. Hal ini dikarenakan hamparan rumput hijau tersebut sebagai tempat untuk menggembala kerbau, dimana merupakan tempat untuk mencari makan. Warga setempat lebih mengenalnya sebagai Tegal Munding dengan pesona dan daya tariknya.

1. Hamparan Rumput Hijau Luas

Tidak begitu mengherankan bagi warga lokal, namun untuk wisatawan yang berkunjung menjadikan daya tarik tersendiri, apalagi bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Hamparan rumput membentang luas sejauh mata memandang. Warnanya yang hijau dipastikan menyejukkan mata dan menenangkan pikiran.

Udara yang ada di sekitar lokasi pastinya sejuk dan menyegarkan karena bebas dari polusi asap pabrik dan kendaraan. Tumbuhnya pohon liar dengan ukuran bervariasi menjadikan pemandangan tersendiri bagi pengunjung. Jika anda beruntung, terdapat gerombolan kerbau yang mencari makan dan minum di sungai kecil di tengah padang rumput.

2. Pemandangan Indah Buffalo Hill

Sebagian besar daya tarik Buffalo Hill terletak pada pesona alamnya. Selain bisa melihat hamparan rumput luas, pengunjung dimanjakan dengan adanya deretan gunung yang menghiasi. Beberapa gunung yang terlihat jelas yaitu Gunung Galunggung, Gunung Karacak, dan Gunung Cikuray.

Dari ketiga gunung tersebut, yang paling jelas menampakkan keindahannya adalah Gunung Cikuray dengan bentuk mirip tumpeng. Terlihat jelas kontur gunung yang landai di sebelah kiri dan kanannya. Di sisi lain, pemandangan indah dari Kota Garut terlihat jelas dari atas ketinggian yang berada persis di bawah kaki Gunung Cikuray.

Daya Tarik Dimiliki Buffalo Hill
Image Credit: Facebook Hanz Tzy

3. Pesona Kabut Tebal

Lokasinya yang berada di ketinggian sangat memungkinkan untuk menyaksikan awan tebal yang menyelimuti lokasi. Buffalo Hill semakin eksotis dengan daya tarik ini. Keindahannya tidak dapat terlupakan setelah anda pergi meninggalkan lokasi. Apalagi jika matahari sedang berusaha menembus sekumpulan awan, pesonanya pasti lebih luar biasa.

Tampak jelas kumpulan awan dari dekat yang seolah menutup pemandangan dari deretan gunung. Namun ternyata bukan menghilangkan, justru kehadiran awan tersebut menjadikan pemandangan semakin indah. Untuk mendapatkan pemandangan yang dimaksud, disarankan agar anda datang pada pagi atau sore hari.

4. Terdapat Banyak Gerombolan Kerbau

Sudah sewajarnya jika Buffalo Hill Garut terdapat banyak kerbau karena memang lokasi wisata ini dijadikan sebagai tempat menggembala kerbau. Siapa sangka jika kehadiran mereka memberikan pemandangan unik tersendiri. Tidak sedikit wisatawan yang mendekat dan menggunakannya untuk objek foto.

Ada kalanya mereka berendam di sebuah kubangan air yang mirip dengan sungai kecil. Lokasinya yang dikelilingi dengan rumput hijau menjadikan sungai tersebut lumayan indah. Sebaiknya anda berhati-hati ketika berjalan menyusuri objek wisata eksotis ini karena banyak kotoran kerbau dimana-mana.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Buffalo Hills
Image Credit: Facebook Henhen Suhendro

Buffalo Hill ini terletak di Jl. Cigangsa Situsari, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tidak sulit menemukan lokasi wisata ini karena terdapat tiga jalur yang bisa ditempuh. Ketiga jalur yang dimaksud yakni melalui Bayongnbong, Jalur Cisurupan dan Sukaresmi. Dari ketiganya, sangat disarankan untuk mengambil rute ke kawasan Sukaresmi.

Bagi yang datang dari luar Kota Garut dan menggunakan kendaraan umum, awali perjalanan anda menuju ke Alun-Alun Tarogong. Lanjutkan dengan mengambil angkutan umum yang menuju ke Pasar Samarang. Setelah itu, naik lagi angkot dengan jurusan Kampung Dangdeur dan silahkan turun di kawasan tersebut. Dari titik tersebut, silahkan cari tukang ojek yang mengantarkan anda hingga ke lokasi wisata.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, silahkan mengambil jalur yang sama dengan angkutan umum yang dijelaskan diatas. Namun setibanya anda di lokasi pangkalan ojek, lanjutkan perjalanan hingga menuju ke Kampung Pelag Desa Sukalilah. Jalannya tidak terlalu bagus dan banyak tanjakan yang harus dilalui. Jika dirasa masih bingung, silahkan menggunakan aplikasi Google Maps.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket di Buffalo Hill
Image Credit: Facebook Charlie

Seperti halnya objek wisata pada umumnya, Buffalo Hill juga membebankan tarif masuk bagi wisatawan yang berkunjung. Namun bisa dipastikan harga tiket masuk sangat murah jika dibandingkan dengan pesona alam yang dimiliki. Untuk satu orang berlaku 10.000 rupiah, namun belum termasuk biaya parkir.

Bagi yang membawa kendaraan roda dua atau motor, siapkan uang parkir sebesar 5.000 rupiah. Sedangkan untuk mobil biayanya dua kali lipat, yaitu 10.000 rupiah. Tidak perlu khawatir akan kendaraan di lokasi wisata ini karena terjamin keamanannya. Bahkan banyak pengunjung yang menitipkannya seharian karena mereka harus bermalam dengan cara camping.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Buffalo Hill

Aktivitas di Buffalo Hill
Image Credit: Twitter Tongsekar

Mengunjungi Buffalo Hill menjadi semakin menarik karena banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Faktor ini menjadi salah satu alasan bagi sebagian pengunjung yang datang. Mulai dari menikmati pemandangan alam hingga camping, semua bisa anda lakukan di lokasi wisata cantik ini. Selengkapnya mengenai daya tarik, silahkan simak ulasan berikut!

1. Tracking Menuju Lokasi

Perjalanan yang anda lakukan dengan kendaraan bermotor hanya sampai di kawasan parkir saja. Artinya, anda harus menempuh perjalanan kaki untuk bisa di tempat wisata utama Buffalo Hill. Setidaknya, diperlukan waktu sekitar 2 jam berjalan kaki dengan medan yang tidak terlalu baik. Aktivitas ini memang berat, namun cukup menarik dilakukan bagi mereka yang suka tantangan.

Medan pertama yang harus dilalui yakni batuan dan tanah yang menghiasi setiap perjalanan. Kondisi ini sangat memungkinkan terpeleset jika anda tidak berhati-hati, terutama ketika datang di musim hujan. Pemandangannya tidak terlalu bagus karena hampir didominasi pemukiman warga.

Setelah menempuh jarak lumatan jauh, pemandangan berubah menjadi area perkebunan warga. Saat inilah yang paling banyak ditunggu wisatawan karena aktivitas pendakian tidak begitu terasa. Bagaimana tidak, berbagai tanaman yang kebanyakan sayuran bisa anda saksikan dengan keunikan masing-masing.

2. Camping Seru Bersama Rombongan

Aktivitas seru di Buffalo Hill berikutnya adalah camping yang pastinya seru jika dilakukan bersama rombongan. Mereka yang melakukan aktivitas ini pada umumnya ingin merasakan sensasi di alam terbuka pada malam hari. Selain itu, tujuan lainnya yakni menunggu matahari terbit dengan pesonanya yang indah.

Meskipun indahnya pemandangan gunung tidak lagi terlihat, namun adanya bintang dan bulan menjadi pemandangan lain yang bisa dinikmati. Cukup banyak suara alam yang menghiasi ketika di malam hari, terutama dari jenis hewan serangga. Tidak lupa suara pohon yang tertipu angin juga menjadi musik malam yang layak didengar.

Perlu diketahui, tidak boleh sembarang mendirikan tenda ketika berada di Tegal munding. Ada tempat khusus yang disediakan bagi wisatawan yang ingin bermalam. Lokasinya dikenal sebagai Tegal kedua, dimana letaknya tidak jauh dari lokasi utama. Bagi Pecinta alam, aktivitas ini tentunya wajib dilakukan.

3. Melihat Matahari Terbit dan Tenggelam

Melihat matahari terbit adalah aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan ketika mengunjungi Buffalo Hill. Wajar saja jika keindahan dari matahari yang sedang memulai aktivitasnya menjadi jelas terlihat karena ketinggiannya yang lumayan. Perlahan tetapi pasti, sinar mulai naik tinggi dan merambat ke permukaan bentangan rumput hijau.

Pengunjung yang datang untuk menyaksikan panorama alam yang cantik dan disarankan menginap sebelumnya. Bukan tanpa alasan, perjalanan jauh yang harus ditempuh kemungkinan besar membuat anda terlambat untuk menyaksikannya. Jika memang tidak memungkinkan, menikmati matahari tenggelam juga layak.

Anda bisa datang pada sore hari setelah matahari tidak lagi terik untuk memulai perjalanan. Waktu terebut sekiranya tepat untuk bisa menyaksikan indahnya matahari yang sedang undur diri. Pasalnya, waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam, itu pun tergantung dari perjalanan yang anda lakukan. Jika sering berhenti, dipastikan lebih lama lagi untuk mencapai puncaknya.

Aktivitas Menarik di Buffalo Hill
Image Credit: Facebook Hedi Nrljzamil

4. Berburu Spot Foto

Berburu spot foto di Buffalo Hill dipastikan cocok bagi anda yang ingin mengabadikan momen. Banyak wisatawan yang melakukan aktivitas ini dengan alasan untuk dipamerkan di media sosial, terutama kaum muda. Hampir semua titik menyajikan panorama alam yang indah. Sebut saja deretan gunung, cocok dijadikan latar belakang foto yang indah.

Apabila terdapat awan tebal, jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan ini untuk foto. Pantulan sinar dari matahari menambah kesan eksotis dari jepretan yang anda ambil. Tidak lupa hamparan rumput luas yang cocok dijadikan background. Tidak perlu skill khusus untuk menghasilkan foto menarik karena pada dasarnya lokasi wisata ini indah.

5. Menikmati Pemandangan Alam

Setiap pengunjung yang datang dipastikan ingin menikmati pemandangan alam di sekitar lokasi Buffalo Hill Garut. Aktivitas ini terbukti mampu menghilangkan suasana hati yang sedang risau, dan bahkan membuat pikiran lebih segar. Rumput hijau, gunung, pepohonan, dan awan tebal adalah beberapa pemandangan yang bisa dinikmati.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Buffalo Hills
Image Credit: Facebook Charlie

Sayangnya, Buffalo Hill masih kurang dalam hal fasilitas yang tersedia. Hingga saat ini masih belum ada toilet yang bisa anda gunakan untuk keperluan buang air di sekitar lokasi. Anda bisa menemukannya di dekat rumah warga atau ketika berada di tempat parkir. Fasilitas yang bisa ditemui yakni gazebo yang ada di beberapa titik sebagai tempat istirahat.

Dalam hal keamanan, objek wisata eksotis ini sudah cukup mumpuni. Sewaktu-waktu ada patroli yang mengecek keamanan dari pengunjung yang datang. Selain itu, ada juga penggembala kerbau yang bersedia dimintai tolong ketika anda membutuhkan sesuatu. Tempat parkir juga tersedia dengan harga tiket yang telah disebutkan sebelumnya.

Luas lokasi dari Buffalo Hill Garut setidaknya dua kali lipat dari lapangan sepak bola. Dengan luas tersebut, banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu liburan. Namun sebelumnya, pastikan kondisi kesehatan prima karena perjalanan yang harus dilalui nantinya lumayan panjang.