Kawah Kamojang Garut, Wisata Alam yang Memukau

Kawah Kamojang Garut

Lokasi: Gunung Kamojang, Loa, Kec. Paseh, Kab. Bandung.
MapCek Lokasi

Mengunjungi tempat wisata selalu menjadi aktivitas yang seru. Apalagi di beberapa tempat di Indonesia khususnya di Garut menampilkan pesona alam yang memukau. Nuansa alam sekitar yang masih asri dan begitu menyejukan tentu membuat segala rasa penat aktivitas sehari-hari hilang seketika.

Garut selain dikenal akan dodolnya yang enak ternyata menyimpan destinasi wisata yang menarik perhatian. Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah nan suatu tempat yang menyejukan. Setiap pengunjung akan semakin betah dengan serta merasa rileks ketika mengunjunginya.

Beberapa tempat wisata di Garut memiliki keunikan tersendiri. Salah satu tempat wisata yang paling populer di sini ialah Kawah Kamojang. Kawah Kamojang merupakan destinasi wisata berupa kawah yang indah yang ada juga yang membentuk seperti danau. Di bawah ini informasi lengkapnya:

Hal Menarik dari Kawah Kamojang Garut

Hal Menarik dari Kawah Kamojang Garut

Image Credit: Pergidulu.com

Kawah Kamojang merupakan destinasi wisata alami yang ada di perbatasan Garut-Bandung. Destinasi ini merupakan tempat dambaan bagi Anda yang ingin melihat keindahan alam disertai udara yang sangat sejuk. Hal itu tak lain disebabkan karena lokasinya yang berada di jalur gunung Kamojang sehingga udara di sekitar sangat segar.

Kawah Kamojang sudah dikenal banyak wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara. Anda dapat menghabiskan waktu dan melakukan beragam aktivitas seru di area lokasi wisata. Bila ingin menambah keseruan maka ada baiknya pengunjung mengajak rekan maupun keluarga. Setelah mengunjungi Kawah Kamojang ini dijamin Anda akan merasa enggan untuk meninggalkan tempat ini.

Tidak hanya pemandangan dan nuansa alamnya yang indah, Kawah Kamojang juga di percaya bagus untuk kesehatan. Bau uap yang dikeluarkan kawah dikenal sangat baik untuk pernapasan. Di destinasi favorit ini juga tersedia lebih dari 23 kawah yang tentunya siap Anda jelajah. Beberapa di antaranya bahkan sangat indah sehingga sayang apabila dilewatkan begitu saja.

BACA:  15 Air Terjun (Curug) di Garut Paling Hits Dikunjungi

Daya Tarik Wisata Kawah Kamojang

Daya Tarik Wisata Kawah Kamojang

Image Credit: Digarut.com

Setiap tempat wisata yang ciamik pasti memiliki daya tarik kuat untuk dikunjungi. Berbeda dari destinasi wisata lain, Kawah Kamojang tidak hanya dimanfaatkan untuk berwisata melainkan juga untuk pembangkit listrik tenaga bumi. Tak destinasi menarik ini kini dikelola oleh beberapa perusahaan besar seperti pertamina. Maka kelestarian alam dan kebersihan patut untuk selalu dijaga.

Ketika berkunjung di Kawah Kamojang, mata Anda tidak akan berkedip melihat keelokan pemandangan yang ada. Destinasi ini memiliki 23 kawah yang memiliki pesona alam berbeda. Bila Anda yang suka berswafoto, wajib mampir di kawah kereta. Kawah ini dikenal populer akan keindahan pemandangannya dan juga memiliki bunyi unik yang keluar dari gelembung-gelembung uap.

Beberapa kawah lain juga layak untuk di jelajah. Seperti halnya di kawah brecek dan juga kawah hujan. Di kawah hujan, uap yang dikeluarkan bisa menjadi sauna. Tentu membuat Anda akan semakin tenang ketika berkunjung. Belum lagi terkadang terlihat beragam flora dan fauna yang menambah cantik suara dan keindahan di kawasan wisata Kawah Kamojang.

Di Kawah Kamojang, Anda akan menemui banyak sekali pengujung lain. Apalagi saat sedang musim liburan. Banyak pengunjung memiliki alasan tersendiri ketika datang. Ada yang memilih untuk melihat keindahan alam serta ada pula yang wisatawan yang datang untuk berobat. Sebab berendam di sauna yang telah tersedia dipercaya dapat mengatasi beragam penyakit seperti flu dan asma.

Fasilitas yang Tersedia di Kawah Kamojang

Fasilitas yang Tersedia di Kawah Kamojang

Image Credit: Pergidulu.com

Kawah Kamojang dikelola oleh beberapa perusahaan besar milik pemerintah. Oleh karena itu, mengenai fasilitas yang tersedia jangan diragukan lagi kelengkapannya. Anda dapat memanfaatkan beragam fasilitas yang ada untuk menunjang aktivitas selama berkunjung. Beberapa fasilitas umum yang ada antara lain toilet, tempat parkir luas, tempat duduk di area wisata/gazebo dan lain-lain.

BACA:  Wisata Edukasi Seru Desa Kampung Bambu Bogor

Bagi Anda yang datang untuk merilekskan diri, dapat menikmati fasilitas pemandian air panas. Beberapa kolam air panas dapat di akses untuk pengunjung agar semakin nyaman. Sumber air datang secara alami sehingga kebersihan terjaga dengan baik. Pengunjung dapat menikmati ketenangan saat berendam selagi baik untuk kesehatan dan sembari melihat pemandangan.

Jika Anda berniat datang untuk menginap tak perlu risau. Tersedia pula bumi perkemahan di lokasi wisata Kawah Kamojang. Area bumi perkemahan sangat indah dan juga memiliki banyak fasilitas lengkap mulai dari MCK, mushola, rumah pohon dan saung. Pengunjung juga dapat menikmati aktivitas outbond seru dengan menaiki flying fox.

Di Kawah Kamojang, Anda juga dapat berwisata kuliner. Ada beragam sajian yang tersedia di warung-warung terdekat. Harga yang ditawarkan juga begitu bersahabat dan ramah di kantong. Pengunjung juga bisa merebus langsung telur di lokasi kawah. Aktivitas tersebut sangat sering dilakukan pengunjung. Selain seru, telur rebusan itu juga bisa mengganjal rasa lapar wisatawan.

Akses Menuju Lokasi Kawah Kamojang

Akses Menuju Lokasi Kawah Kamojang

Image Credit: Steemit.com

Akses jalan menuju Kawah Kamojang sangatlah mudah dijangkau. Akses jalan sudah dibuat sedemikian rupa sehingga pengunjung akan mudah mengikuti. Ada baiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi agar perjalanan lebih lancar. Pengunjung sebenarnya bisa menggunakan transportasi umum tapi masih masih jarang ditemui. Paling dengan menunggu angkot ataupun ojek.

Bagi Anda yang datang dari Bandung, akses jalan yang dapat ditempuh kini lebih mudah. Mengingat lokasi kedua tempat tersebut berdekatan. Jarak dari Bandung ke Kawah Kamojang pun hanya sejauh 30 km. Pengunjung dapat menempuh jalur Majalaya Ibun Kamojan melewati jalan alternatif Kamojan Hill Bridge agar semakin dekat.

BACA:  15 Mall Favorit di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Jika melewati rute kota Garut, Anda akan terpesona sepanjang jalan. Pengunjung akan melewati beragam destinasi wisata lain. Pemandangan alam yang terhampar juga sangat cantik sehingga menambah seru perjalanan. Anda tidak akan pernah bosan selama di perjalanan. Jarak yang ditempuh ialah melalui pusat kota menuju ke Kamojan secara langsung.

Harga Tiket Masuk Kawah Kamojang Garut

Harga Tiket Masuk Kawah Kamojang Garut

Image Credit: Detik.com

Melihat keindahan alam indah yang ada di Kawah Kamojang tentu membuat pengunjung betah. Apalagi harga tiket masuk tergolong terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek seharga Rp 5000 sampai dengan Rp 10.000 untuk menikmati beragam fasilitas dan keindahan alam yang ada di Kawah Kamojang.

Bagi pengunjung yang datang dari mancanegara atau warga asing, harga yang berlaku berbeda. Pengunjung non lokal dikenakan tarif masuk setidaknya lebih besar dari Rp 10.000. Kebijakan demikian sudah ditentukan oleh pihak pengelola sejak lama. Bagaimanapun harga tersebut masih tergolong murah mengingat lengkapnya fasilitas dan pra-sarana.

Perlu diketahui bahwa harga tiket masuk yang diberlakukan bisa saja mengalami perubahan. Perubahan harga demikian merupakan kebijakan pengelola yang mengatur tempat wisata. Maka dari itu, pastikan Anda selalu mengecek update terbaru mengenai biaya tiket memasuki kawasan Kawah Kamojang.

Itulah ulasan mengenai wisata Kawah Kamojang di Garut yang bisa Anda ketahui. Jangan lupa pula untuk selalu menjaga kebersihan agar alam sekitar tetap terjaga.