Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pasawahan, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Salah satu objek wisata alam di Indonesia yang sangat populer bahkan sampai ke luar negeri adalah Air Terjun atau yang dikenal dengan sebutan Curug dalam Bahasa Sunda. Di Kabupaten Garut sendiri terdapat sebuah air terjun cantik bernama Curug Citiis dengan alam yang sangat asri ditumbuhi oleh begitu banyak pohon.

Banyaknya pohon yang tumbuh di sekitar wisata air terjun cantik ini karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Galunggung, Jawa Barat. Dengan adanya pepohonan tersebut juga akan membuat anda merasakan udara yang sejuk dan menyegarkan serta sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat relaksasi.

Selain memiliki keindahan yang begitu menakjubkan, lokasi wisata Curug Citiis ini juga memiliki cerita mistisnya. Menurut kepercayaan warga sekitar, lokasi air terjun nan indah ini merupakan lokasi pembuangan mayat bayi oleh dukun beranak jaman dahulu, ada juga yang percaya bahwa di tempat tersebut merupakan lokasi bertemunya raja-raja Bumi Pasundan.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Citiis

Daya Tarik Curug Citiis
Image Credit: Twitter Jelajah Garut

1. Pesona Air Terjun

Daya tarik utama dari Curug Citiis jelas adalah air terjunnya, dimana dengan ketinggiannya yang cukup tinggi ditambah dengan tebing batu yang berada di sisi kiri dan kanan membuat siapa saja akan terpana dengan kecantikannya. Suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian menghantam batu di bawahnya juga membuat ketenangan tersendiri.

2. Hutan Sekitar

Beralih ke daya tarik berikutnya yaitu hutan sekitar air terjun yang memiliki begitu banyak pepohonan. Pohon-pohon tersebut bahkan menjadi penahan sinar matahari jadi walaupun anda berkunjung di saat siang hari udara sekitar tempat wisata alam ini tetap terasa sejuk dan menyegarkan.

3. Kolam Air

Selanjutnya ada kolam air yang terletak tepat dibawah air terjun cantik tersebut. Kolam air ini sering digunakan oleh wisatawan untuk bermain air atau hanya sekedar membasuh wajah. Airnya juga sangat jernih dan segar jadi anda wajib merasakan kesegaran air tersebut jika sudah menginjakan kaki di lokasi wisata alam populer ini.

4. Cerita Mistis

Daya tarik terakhir ini bisa dibilang sebagai tambahan saja karena kebenarannya juga masih belum jelas. Jadi menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat dahulu kala raja-raja dari Bumi Pasundan sering mengunjungi Curug Citiis untuk melakukan pertemuan sekaligus melakukan semedi untuk memperoleh kekuatan.

Hal tersebut bisa terjadi karena lokasi dari air terjun asal Kabupaten Garut ini susah untuk ditemui, sehingga raja-raja dari Bumi Pasundan merasa tempat ini sangat cocok untuk bertemu dan bersemedi. Selain itu, ada juga rumor yang menyebutkan bahwa lokasi air terjun hits ini dahulu merupakan tempat pembuangan bayi oleh dukun beranak.

Cerita itu juga diperkuat dengan beberapa pengakuan wisatawan yang bersaksi bahwa mereka sempat mendengarkan tangisan bayi ketika berlibur. Dengan adanya 2 cerita mistis tersebut membuat beberapa wisatawan sengaja berkunjung ke air terjun indah ini untuk melakukan penelitian hal gaib.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Citiis
Image Credit: Google Maps Iwan Juana

Letak dari Curug Citiis berada di Jawa Barat, Kabupaten Garut, Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler. Kemudian untuk rute perjalanan anda bisa memulainya dari Alun-Alun Garut di Jl. Ahmad Yani no. 22 menuju pertigaan Jl. Pramuka lalu belok kiri dan terus lurus hingga sampai di bundaran.

Dari bundaran silahkan ambil jalur keluar kedua menuju Jl. Perintis Kemerdekaan dan terus lurus sampai anda menemukan pertigaan Jl. Merdeka. Di pertigaan ini anda harus belok kanan lalu terus lurus sampai menemukan pertigaan dekat SMKN 2 Garut kemudian belok kanan menuju Jl. H. Hasan Arif.

Tetap di Jl. H. Hasan Arif sampai anda menemukan pertigaan Jl. Prof. KH. Anwar Musaddad kemudian belok kiri dan terus ikuti jalan tersebut sampai menemukan perempatan Jl. Ibrahim Adjie lalu ambil jalur tengah. Ikuti Jl. Ibrahim Adjie sampai anda menemukan perempatan dekat Jalur Pendakian Gunung Guntur kemudian belok kiri.

Tidak jauh dari belokan sebelumnya anda akan menemukan pertigaan setelah melewati area parkir wisata Gunung Guntur, di pertigaan ini silahkan belok kiri dan terus ikuti jalan utama sampai menemukan lokasi wisata tujuan anda. Panjang rute dari Alun-Alun Garut ke Curug Citiis diperkirakan sekitar 11 km dengan lama perjalanan kurang lebih 38 menit.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Curug Citiis
Image Credit: Google Maps j ferdinan

Untuk sementara bagi wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata alam ini tidak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Meskipun begitu anda bisa memberikan iuran seikhlasnya bagi warga setempat yang menjaga kendaraan pribadi anda di tempat parkir.

Sekedar informasi Curug Citiis buka 24 jam kapan saja. Hal ini karena memang tempat wisata yang satu ini bisa dibilang kurang diperhatikan oleh pemerintah, namun untuk urusan keindahannya sudah tidak bisa diragukan lagi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Citiis

Aktivitas di Curug Citiis
Image Credit: Google Maps Ridho Tadjudin

1. Melihat Keindahan Air Terjun dan Alam Sekitar

Curug Citiis memiliki air terjun yang sangat cantik dan dapat dinikmati oleh setiap orang yang berkunjung. Selain air terjun, hutan sekitarnya juga sangat bagus untuk dinikmati keindahannya bahkan dari kejauhan anda juga bisa melihat indahnya dataran tinggi yang kaya akan warna hijau dari pepohonan.

2. Bermain Air

Kegiatan menarik berikutnya yang bisa anda lakukan ketika sampai di lokasi air terjun cantik ini adalah bermain air. Terdapat sebuah kolam air yang berada dekat dengan lokasi jatuhnya air dari ketinggian, di kolam tersebut wisatawan dapat bermain air sepuasnya. Tidak hanya di kolam tersebut anda juga bisa bermain air di aliran sungai dekat air terjun hits tersebut.

Arus sungai dari air terjun menakjubkan ini juga tidak terlalu kuat jadi aman untuk bermain air. Selain arus air yang kecil, air baik di kolam maupun sungai juga sangat jernih dan segar. Hal tersebut dikarenakan lokasi wisata alam yang berada di tengah hutan sehingga air yang mengalir sudah disaring oleh tumbuhan sekitar.

3. Bersantai

Selain menikmati alam dan bermain air anda juga bisa bersantai sambil melepaskan semua beban pikiran. Kegiatan ini cukup populer terlebih karena lokasi Curug Citiis yang berada di tengah hutan dan jauh dari keramaian. Hal tersebut membuat ketenangan akan sangat terasa disini.

Anda bisa bersantai sambil merasakan sejuknya udara dan mendengarkan suara air terjun, hal tersebut akan membuat perasaan anda akan menjadi lebih tenang. Apalagi jika ditambah dengan suara angin yang berhembus di sela dedaunan, dijamin suasana damai akan sangat terasa.

4. Berfoto

Beralih ke kegiatan menarik berikutnya yang bisa anda lakukan di Curug Citiis yaitu berfoto. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan wajib yang bisa anda lakukan baik sendiri maupun bersama orang terdekat. Terdapat banyak sekali spot foto bagus yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan foto yang instagramable.

Selain berfoto di spot-spot bagus anda juga bisa mengambil foto aktivitas anda dan orang-orang terdekat selama berlibur di wisata air terjun Garut ini. Foto-foto tersebut juga bisa anda upload di sosial media agar bisa tersimpan dengan aman.

5. Camping

Bagi wisatawan yang ingin melakukan camping atau bermalam di alam bebas bisa melakukan kegiatan tersebut di sekitar lokasi wisata alam cantik ini. Namun, pastikan anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada warga sekitar karena lokasinya yang terbilang lumayan jauh dari pemukiman warga.

6. Berburu Hal Mistis

Sebelumnya kita sudah sempat membahas bahwa lokasi wisata populer ini memiliki beberapa cerita mistis yang berkembang di kalangan masyarakat setempat. Jika anda adalah salah satu orang yang ingin mencari kebenaran atau ingin melakukan uji nyali maka mengunjungi lokasi wisata alam ini bisa menjadi pengalaman berburu hal mistis tersendiri.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Citiis
Image Credit: Google Maps Gustian Ajiputra

1. Tempat Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang bisa digunakan oleh wisatawan ketika mengunjungi Curug Citiis adalah tempat parkir kendaraan. Di tempat parkir kendaraan tersebut wisatawan dapat memarkirkan kendaraan pribadi mereka baik itu roda 2 atau roda 4. Demi keamanan pastikan kendaraan anda sudah dikunci ganda meskipun ada petugas parkirnya.

2. Jalan Setapak

Dari tempat parkir kendaraan anda akan menemukan sebuah jalan setapak yang dapat digunakan menuju lokasi air terjun dengan berjalan kaki. Kondisi jalan setapak tersebut sudah cukup bagus namun jika cuaca hujan jalanan akan cukup licin, jadi pastikan anda menggunakan sepatu saat berlibur ke tempat wisata asal Kabupaten Garut ini.

3. Tempat Duduk dan Gazebo

Terakhir ada tempat duduk yang dibuat dari kayu, selain itu ada juga gazebo (tempat duduk yang memiliki atap). Wisatawan dapat menggunakan fasilitas ini untuk menaruh barang bawaan mereka atau duduk bersantai sambil menikmati alam sekitar. Dari tempat duduk dan gazebo tersebut anda juga dapat melihat indahnya air terjun dari kejauhan.

Demikian sedikit review mengenai Curug Citiis yang berlokasi di kaki Gunung Galunggung Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sebuah tips jika ingin berlibur ke lokasi wisata alam ini adalah siapkan fisik sebaik mungkin karena anda akan melakukan perjalanan yang cukup susah, selain itu bawa bekal karena tidak ada warung makan di dalam lokasi wisata cantik ini.