15 Air Terjun (Curug) di Garut Paling Hits Dikunjungi

Curug Garut

Kota Garut merupakan kota yang terkenal akan produksi dodol yang khas. Selain itu, tahukah Anda kalau Kota Garut juga terkenal akan beberapa keindahan alamnya seperti air terjun. Bagi Anda yang mengunjungi kota Garut, Anda dapat menyempatkan diri untuk berwisata ke tempat-tempat yang kaya akan wisata alam.

Berwisata ke air terjun merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berelaksasi sembari menikmati suasana alam. Suasana air terjun yang menyegarkan dan lingkungan yang asri pun dapat Anda nikmati untuk melepaskan penat dari kesibukan sehari-hari.

Bagi Anda yang berada di Garut dan bingung untuk berekreasi dimana, Anda dapat mengunjungi beberapa curug atau air terjun yang ada di Kota Garut. Oleh karena itu Anda dapat menyimak 15 wisata curug di Garut sebagai berikut:

1. Curug Mala

Curug Mala

Image Credit: Curugdigarut2016.blogspot.com

Curug Mala memiliki pesona keindahan air terjun yang menakjubkan dan patut untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan Curug Mala memiliki struktur air terjun yang berundak-undak dari ketinggian. Selain itu di sekitar air terjun juga masih ditumbuhi tetumbuhan hijau yang asri. Menjadikan Anda betah disini.

Saat yang paling tepat untuk mengunjungi Curug Mala adalah ketika musim penghujan. Karena debit air yang mengalir akan lebih deras dibandingkan pada musim kemarau. Sehingga keindahan air terjun akan lebih mempesona.

Lokasi: Girimukti, Kec. Cisewu, Kab. Garut.

2. Curug Nyogong

Curug Nyogong

Image Credit: Ngadem.com

Curug Nyogong merupakan air terjun yang wajib Anda kunjungi terutama bagi pecinta petualangan. Air terjun Nyogong ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Debit air yang terjun sangatlah deras, memberikan kepuasan Anda saat berkunjung. Selain itu kondisi lingkungan yang masih alami dan bersih tentu menjadi alasan pengunjung untuk berdatangan.

Jika Anda ingin mengunjungi Curug Nyogong ini, Anda perlu mempersiapkan mental maupun fisik secara matang. Karena untuk menempuh perjalanan menuju Curug Nyogong ini dapat terbilang cukup menantang. Anda harus melewati perbukitan dan hutan untuk sampai ke lokasi.

Lokasi: Sawahpasir, Mekarwangi, Kec. Cihurip, Kab. Garut.

3. Curug Ngaleng

Curug Ngaleng

Image Credit: Pasindo.com

Curug Ngaleng merupakan air terjun yang memiliki lingkungan yang masih terjaga dan asri. Anda dapat menyaksikan air terjun dari ketinggian yang tentunya sangat memanjakan mata. Selain itu keindahan tebing yang dipenuhi oleh tetumbuhan hijau akan menjadikan suasana yang semakin menyegarkan.

Untuk sampai ke Curug Ngaleng ini Anda harus berhati-hati sebab Anda harus menyusuri sungai terlebih dahulu dengan cara melawan arus. Oleh karena itu saat yang tepat untuk mendatangi kawasan Curug Ngaleng adalah ketika musim kemarau. Karena apabila Anda mengunjunginya di saat musim penghujan, arus akan sangat deras dan membahayakan pengunjung.

Lokasi: Sindangsari, Kec. Cisompet, Kab. Garut.

4. Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Curug Sanghyang Taraje yang berada di Kecamatan Pakenjeng Kota Garut ini merupakan salah satu air terjun yang sangat terkenal akan keindahannya. Sesaat Anda sampai di Curug Sanghyang Taraje ini, Anda akan disuguhkan pemandangan menakjubkan bak surga dunia. Tebing yang asri, rerumputan yang hijau, serta air terjun yang deras akan sangat memanjakan mata anda.

Curug Sanghyang Taraje terkenal juga dikarenakan sebuah legenda yang mengatakan bahwa di lokasi ini harta karun Sangkuriang berada. Hal inilah yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berdatangan kesini.

Lokasi: Kombongan, Pakenjeng, Kec. Pamulihan, Kab. Garut.

5. Curug Cibuni Racun

Curug Cibuni Racun

Image Credit: Useetv.com

Curug Cibuni Racun memiliki nama lain yaitu Cimandi Racun. Lokasinya terletak di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Air terjun ini memiliki keindahan alam yang tak kalah menarik dari air terjun lainnya. Lingkungan air terjun Cibuni Racun ini masih asri dan terjaga. Selain itu air yang mengalir berasal dari mata air Cimalagiri di Gunung Mandalawangi yang tentunya sangatlah menyegarkan.

Sama seperti Curug Sanghyang Taraje, Curug Cibuni Racun ini juga memiliki legenda tersendiri. Yaitu konon katanya disini terdapat putri cantik yang kemudian meninggal karena keracunan. Oleh karena cerita inilah air terjun ini memiliki nama Cibuni Racun. Kisah inilah yang kemudian membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Lokasi: Jangkurang, Kec. Leles, Kab. Garut.

6. Curug Arjuna

Curug Arjuna

Image Credit: Jelajahgarut.com

Curug Arjuna berada di Garut sebelah selatan, lebih tepatnya di Kecamatan Pamulihan. Air terjun ini terlihat sangat megah karena air yang deras mengalir dari ketinggian. Bagi Anda yang hobi menjelajah, Anda dapat mengunjungi Curug Arjuna ini.

Perlu Anda ketahui bahwa Arjuna merupakan tokoh pewayangan yang terkenal akan keahliannya memanah serta wajah yang tampan. Nama ini pun digunakan untuk menamai air terjun ini karena pesona alamnya yang juga ‘tampan’. Maka dari itu jangan ragu untuk mengunjungi Curug Arjuna saat Anda berkunjung ke Garut.

Lokasi: Panawa, Kec. Pamulihan, Kab. Garut.

7. Curug Cihanyawar

Curug Cihanyawar

Image Credit: Twitter.com @Infogarut

Curug Cihanyawar terletak di Garut Selatan, tepatnya di Kecamatan Talegong. Saat Anda mengunjungi Curug Cihanyawar ini, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan air terjun yang mengalir deras serta tebing yang megah dari bebatuan. Anda dapat bermain air atau sekedar menikmati suasanya yang segar disini.

Curug Cihanyawar ini dapat dikatakan masih belum begitu terkenal. Sehingga kawasan ini pun masih sepi pengunjung. Cocok bagi Anda yang ingin berwisata dengan tujuan untuk menenangkan diri dan berelaksasi. Selain itu di sebelah Curug Cihanyawar ini dikatakan terdapat gua. Namun masih belum diketahui pasti apakah itu gua atau hanya lubang akibat dari longsornya batu.

Lokasi: Sukamurni, Kec. Cilawu, Kab. Garut.

8. Curug Salawe

Curug Salawe

Image Credit: Refibezk.blogspot.com

Curug Salawe ini memiliki keindahan air terjun yang sangat memukau karena ketinggiannya. Tinggi air terjun ini dapat mencapai 100 meter. Dinamakan Curug Salawe karena air terjun ini memiliki jumlah air terjun sebanyak dua puluh lima. Yang juga dalam bahasa jawa salawe berarti dua puluh lima. Anda dapat menyaksikan air terjun dengan variasi ketinggian berbeda-beda.

Selain itu Curug Salawe ini masih tergolong belum banyak diketahui orang. Sehingga keindahan yang disimpan masih sangatlah alami dan bersih. Kawasan juga masih sepi pengunjung sehingga suasana sangatlah menenangkan.

Lokasi: Pangrumasan, Kec. Peundeuy, Kab. Garut.

9. Curug Ermat

Curug Ermat

Image Credit: Heikaku.com

Curug Ermat patut Anda kunjungi terutama bagi yang menyukai tantangan. Hal ini dikarenakan sebelum mencapai lokasi Curug Ermat ini, Anda perlu melewati jalur yang tidak mudah. Anda harus menyusuri Sungai Cironggeng dan tebing-tebing yang terkadang menjatuhkan bebatuan dari atas.

Anda perlu mempersiapkan diri dengan matang untuk mengunjunginya. Namun, perjuangan yang Anda kerahkan juga setimpal dengan keindahan Curug Ermat.

Lokasi: Pangrumasan, Kec. Peundeuy, Kab. Garut.

10. Curug Orok

Curug Orok

Image Credit: Pinterest.com @Dharmasapoetra

Memiliki panorama air terjun yang sangat eksotis karena dipenuhi oleh tetumbuhan yang asri dan rindang. Keindahannya dapat Anda manfaatkan sebagai objek fotografi.

Selain itu, air terjun ini juga memiliki legenda yang menyedihkan. Berkisah tentang seorang ibu yang membuang bayinya disini.

Lokasi: Cikandang, Kec. Cikajang, Kab. Garut.

11. Curug Cibadak

Curug Cibadak

Image Credit: Panoramagarut.com

Tidak seperti banyak air terjun yang memiliki akses yang sulit, Curug Cibadak memiliki akses yang mudah dijangkau. Selain itu panorama air terjun juga sangat menakjubkan. Kondisi lingkungan masih terjaga disini. Tetumbuhan hijau yang menutupi tebing menjadikan kawasan ini begitu cantik.

Lokasi: Cisangkal, Kec. Cihurip, Kab. Garut.

12. Curug Luhur

Curug Luhur

Image Credit: Gunung.id

Curug Luhur dapat dikatakan sebagai salah satu surga alam di Garut. Curug Luhur memiliki pesona berupa air yang jernih serta lingkungan yang asri. Anda dapat bersenang-senang di bawah air terjun karena terdapat kolam yang indah. Debit air yang mengalir juga sangatlah deras.

Lokasi: Cisompet, Kec. Cisompet, Kab. Garut.

13. Curug Koncrang

Curug Koncrang

Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Curug Koncrang memiliki tiga tingkatan air terjun. Hal inilah yang menjadikan air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, air terjun ini juga merupakan sumber mata air oleh warga setempat. Anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang masih alami.

Lokasi: Pangrumasan, Kec. Peundeuy, Kab. Garut.

14. Curug Jaga Pati

Curug Jaga Pati

Image Credit: Facebook.com @Jalanjalanah1

Curug Jaga Pati memiliki tiga tingkatan air terjun. Tebing yang dipenuhi tumbuhan paku tentunya menambah keindahan air terjun ini. Air di Curug Jaga Pati ini masih jernih. Sehingga Anda dapat bermain air dan berenang di kolam alami yang ada dibawahnya.

Lokasi: Neglasari, Kec. Cisompet, Kab. Garut.

15. Curug Rahong

Curug Rahong

Image Credit: Maringetrip.com

Curug Rahong merupakan air terjun yang keasriannya masih terjaga. Anda dapat mengunjunginya di sela-sela waktu berlibur anda. Suasana yang alami akan membuat suasana hati Anda sejuk. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai objek fotografi

Lokasi: Jl. Cisewu – Sukarame, Sukajaya, Kec. Cisewu, Kab. Garut.

Itulah 15 rekomendasi curug yang ada di Kota Garut paling hits dikunjungi wisatawan. Anda dapat mengunjunginya saat berlibur yang tentunya akan menjadikan pengalaman yang menyenangkan. Semoga bermanfaat!