13 Tempat Wisata di Tuban Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Tuban

Tuban merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Timur. Kota yang terkenal dengan sebutan Bumi Wali ini menyimpan banyak objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam seperti pantai, air terjun, goa hingga wisata religi dan wisata sejarah.

Kota yang terletak di wilayah pesisir pantai ini memang menyimpan banyak keindahan alam yang tak kalah elok dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia. Sehingga tidak mengherankan apabila Tuban selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan dalam kota maupun luar kota.

Bagi Anda yang sedang merencanakan sebuah kunjungan atau liburan ke Tuban. Tidak lengkap rasanya kalau tidak mampir ke objek-objek wisata yang ada di sana. Berikut merupakan tempat wisata di Tuban yang sayang jika Anda lewatkan saat musim liburan telah datang.

1. Goa Akbar

Goa Akbar

Lokasi: Semanding, Jarkali, Gedongombo, Kec. Tuban, Kab. Tuban. – Image Credit by Watulimopunya.wordpress.com

Tempat wisata yang pertama adalah sebuah goa eksotis yang berada di tengah kota. Menurut masyarakat goa ini dulunya dijadikan sebagai pertemuan para wali. Di dinding-dinding pintu masuk menuju goa, terdapat relief yang menggambarkan kehidupan masyarakat Tuban pada zaman dahulu.

Anda bisa menyusuri megahnya Goa Akbar dengan mengikuti jalur yang telah disediakan. Di dalam Goa ini, Anda bisa melihat stalagtit dan stalagmit yang masih aktif. Anda juga bisa berfoto di dalam sana untuk mengisi feed di instagram Anda agar memberi kesan liburan yang berbeda.

2. Pantai Boom

Pantai Boom

Lokasi: Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban. – Image Credit by Timesindonesia.co.id

Pantai Boom merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Tuban. Letaknya yang berada di dekat alun-alun serta masjid Agung membuat lokasi ini sangat strategis dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pemandangan yang ditawarkan juga sangat eksotis dan akan memanjakan mata.

Banyak fasilitas yang bisa Anda temui di sana, mulai dari area parkir, toilet, area bermain anak, musik, warung makan, bianglala serta spot-spot foto yang menarik. Sembari menikmati angin pantai di bawah pepohonan yang rindang, Anda bisa melihat para nelayan yang sedang sibuk mencari ikan.

BACA:  16 Tempat Wisata di Lamongan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

3. Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip

Lokasi: Nglirip, Tingkis, Kec. Singgahan, Kab. Tuban. – Image Credit by Piknikasik.com

Pesona yang ditawarkan oleh air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter ini akan membuat Anda betah berada di sana. Hijaunya pepohonan yang ada di sekitar Air Terjun Nglirip membuat udara di sana terasa sejuk dan segar.

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin merilekskan badan serta fikiran sembari menikmati panorama alam. Saat berada di sana Anda tidak perlu takut merasa lapar, karena terdapat warung-warung makan yang akan mengenyangkan perut Anda.

4. Goa Putri Asih

Goa Putri Asih

Lokasi: Nguluhan, Kec. Montong, Kab. Tuban. – Image Credit by Phinemo.com

Selain Goa Akbar, terdapat pula Goa Putri Asih yang tak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi. Objek wisata yang berada di kecamatan Montong ini menawarkan mutiara goa yang sangat menawan, stalaktit, stalagmit, flow stone dan soda traf di dalamnya.

Sorotan-sorotatn cahaya matahari yang masuk ke dalam goa, benar-benar menambah kecantikannya. Saat menempuh perjalanan ke objek wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan banyak pepohonan jati yang rindang sehingga membuat perjalanan Anda terasa menyenangkan.

5. Pantai Kelapa

Pantai Kelapa

Lokasi: Jl. Gresik No.KM.1, Kepoh, Panyuran, Kec. Palang, Kab. Tuban. – Image Credit by Youtube.com (Dhany Khapoor)

Sesuai dengan namanya, pantai ini dikelilingi oleh banyak pohon kelapa yang berbaris rapi di sepanjang bibir pantai. Tempat yang biasa dijadikan sebagai bumi perkemahan ini menyajikan nuansa pantai yang elok dan pastinya akan membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Fasilitas yang bisa Anda temui ketika berkunjung ke sana seperti ayunan, flying fox, toilet, area parkir dan warung-warung makan yang siap mengenyangkan perut. Anda juga bisa bersantai sembari menikmati sepoi angin pantai di bawah pohon kelapa dengan menyantap segarnya buah kelapa.

6. Klenteng Kwan Sing Bio

Klenteng Kwan Sing Bio

Lokasi: Jl. R.E. Martadinata No.1, Karangsari, Kec. Tuban, Kab. Tuban. – Image Credit by Visitingtuban.blogspot.com

Objek wisata yang selanjutnya adalah Klenteng Kwan Sing Bio. Satu-satunya klenteng di Indonesia yang menghadap ke arah laut ini memiliki ornamen bangunan yang indah dan unik. Terdapat sebuah patung dan lilin berukuran besar yang bisa Anda lihat di sana.

BACA:  17 Tempat Wisata di Magetan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Indahnya arsitektur khas negara Tiongkok yang sebagian besar berwarna merah ini menjadi daya tarik utama Klenteng Kwan Sing Bio. Anda bisa mengambil foto dengan spot-spot yang menarik di dalamnya. Untuk bisa masuk ke sana Anda tak dipungut biaya tiket sepeser pun.

7. Museum Kambang Putih

Museum Kambang Putih

Lokasi: JL. Kartini No.03, Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban. – Image Credit by Situsbudaya.id

Nah, wisata yang satu ini akan membuat Anda bertemu dengan benda-benda bersejarah yang ada sejak zaman dahulu. Selain berwisata, Anda juga bisa menambah pengetahuan di sana. Museum ini berada di kompleks alun-alun kota, sehingga mudah dijangkau oleh para wisatawan.

Koleksi benda yang bisa Anda temui di sana berjumlah sekitar 600 buah. Koleksi tersebut seperti seperti peralatan melaut dari berbagai negara yang ditemukan sejak puluhan tahun lalu ketika Tuban menjadi sebuah pelabuhan besar, serta batu tiban yang menjadi asal-muasal nama kota Tuban.

8. Air Terjun Bongok

Air Terjun Bongok

Lokasi: Jetak, Montong, Kebonagung, Kec. Rengel, Kab. Tuban. – Image Credit by Setapakkecil.com

Objek wisata yang tersembunyi di Tuban ini menyimpan kecantikan yang begitu mempesona. Air terjun yang berada di tengah perbukitan kapur serta rindangnya hutan jati ini akan merilekskan pikiran dan badan Anda setelah lelah beraktivitas seharian.

Tebing-tebing serta bebatuan yang ditumbuhi tanaman seolah mempercantik objek wisata yang terletak di kecamatan Montong ini. Anda bisa merasakan segarnya mandi di bawah air terjun yang tak pernah kering di musim kemarau.

9. Masjid Aschabul Kahfi

Masjid Aschabul Kahfi

Lokasi: Jl. Gedongombo, Wire, Gedongombo, Kec. Semanding, Kab. Tuban. – Image Credit by Visitingtuban.blogspot.com

Masjid Aschabul Kahfi dulunya merupakan sebuah goa yang kini diubah menjadi sebuah masjid yang megah dan sangat mempesona. Masjid ini memiliki keunikan, yakni letaknya yang berada di bawah tanah, berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya.

BACA:  19 Tempat Wisata di Blitar Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Saat memasuki masjid ini, Anda akan dibuat terpesona dengan ornamen bangunannya yang unik dan juga indah. Di dalamnya terdapat stalagtit dan stalagmit yang mengering, replika candi berbentuk Ka’bah, serta banyak marmer yang tentunya semakin menambah keelokan masjid bawah tanah ini.

10. Pantai Pasir Putih Remen

Pantai Pasir Putih Remen

Lokasi: Remen, Kec. Jenu, Kab. Tuban. – Image Credit by Esokharinanti.com

Pantai yang memiliki hamparan pasir berwarna putih, dengan dihiasi deretan pohon cemara, serta air pantai yang berwarna kebiruan benar-benar akan memanjakan mata Anda ketika berlibur ke sana bersama teman maupun keluarga.

Untuk bisa masuk ke sana Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 10.000 saja, harga yang cukup terjangkau, selain menyuguhkan pemandangan yang elok di sana juga terdapat kios-kios penjual souvenir khas Pantai Remen, seperti kaos bertuliskan “Pantai Pasir Putih Tuban”.

11. Mangrove Center

Mangrove Center

Lokasi: Jl. Raya Tuban – Semarang KM.6, Kajenom, Kec. Jenu, Kab. Tuban. – Image Credit by Mangrovetuban.wordpress.com

Mangrove Center merupakan sebuah destinasi wisata berwawasan lingkungan yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Di sana Anda bisa belajar dan mengenal budidaya menanam tumbuhan mangrove. Selain itu Anda juga bisa mencari kerang yang ada di sekitar bibir pantai.

Banyak fasilitas yang disediakan oleh pengelola di sana seperti area outbond, area perkemahan, balai pertemuan, balai workshop, lokasi pembibitan, green house, serta pos pelayanan untuk kesehatan. Anda juga bisa melihat indahnya sunset maupun sunrise di sana.

12. Taman Air Ngerong

Taman Air Ngerong

Lokasi: Jl. Raya Barat No.155, Gembong, Kec. Rengel, Kab. Tuban. – Image Credit by Tubannow.com

Taman Air Ngerong merupakan sebuah sungai yang memiliki air jernih dan segar yang terletak di kecamatan Rengel. Aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana adalah berenang, memberi makan ikan-ikan yang hidup di dalamnya dan jika beruntung Anda akan melihat kura-kura putih yang langka.

Fasilitas yang ada di sana meliputi area parkir untuk kendaraan, warung-warung makan, toilet, serta gazebo untuk bercengkerama. Di sisi sungai terdapat sebuah goa yang menjadi tempat tinggal banyak kelelawar.

13. Sunan Bonang

Sunan Bonang

Lokasi: Jl. Kh Mustain, Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Wisata yang terakhir ini merupakan objek wisata religi yang ada di kota Tuban. Objek wisata ini akan membawa Anda berziarah ke salah satu makam wali songo, yang bernama Sunan Bonang. Salah satu penyebar agama Islam di Pulau Jawa.

Objek wisata ini berada di tengah kota, di kawasan pantai boom serta alun-alun kota tempat yang sangat strategis sehingga banyak didatangi oleh para pengunjung dari berbagai kota. Tersedia sebuah rest area, parkir, kamar mandi, kios-kios penjual oleh-oleh serta deretan warung makan.

Itulah 13 tempat wisata di Tuban yang paling populer di kalangan para wisatawan dan yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Bumi Wali. Jangan lupa untuk mengajak teman atau keluarga agar liburan Anda terasa lebih berkesan dan menyenangkan.