Goa Jomblang salah satu destinasi menantang nan indah di Gunung Kidul, Jogja yang cocok bagi pecinta kegiatan ekstrem. Goa vertikal yang menyuguhkan panorama alam yang indah dan hutan dalam goa yang menarik dieksplor.

Harga Tiket: Rp 450.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jetis, Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Destinasi Goa Jomblang sering pula disebut dengan Goa Vertikal oleh para masyarakat yang ada disekitarnya. Hal tersebut karena goa ini mempunyai mulut yang terdapat di permukaan tanah. Oleh karena itu, untuk dapat masuk ke dalamnya, Anda wajib mempunyai kemampuan “bermain” tali supaya dapat sampai ke sisi dasar goa.

Goa ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai tantangan atau mempunyai adrenalin yang tinggi. Disana, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama yang dapat membuat mata terbelalak dengan panoramanya. Tak heran apabila banyak sekali orang yang mengatakan bahwa Goa tersebut merupakan salah satu tempat wisata yang unik.

Pengunjungnya pun tidak hanya orang yang ada di Indonesia saja. Melainkan banyak pengunjung manca negara yang datang karena penasaran dengan tempat wisata yang satu ini. Bahkan, beberapa artis luar negeri pun dikonfirmasi juga pernah mengisi liburan dengan berwisata ke Goa tersebut. Untuk lebih detailnya, mari kita simak berbagai informasi mengenai tempat tersebut di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Jomblang

Daya Tarik Dimiliki Goa Jomblang
Image Credit: Twitter.com @fnuhaaq

1. Kedalamannya Bervariasi

Kedalaman yang dimiliki goa ini dilengkapi dengan kedalaman yang sangat bervariasi. Bahkan, tidak tanggung-tanggung karena bisa mencapai antara 15 sampai 80 meter. Hal ini merupakan salah satu daya tarik yang jarang dimiliki oleh berbagai goa lainnya. Namun, dengan kedalaman segitu, Anda tentu harus berhati-hati agar tidak jatuh.

2. Tersedia Banyak Jalur Petualangan

Saat ada di wisata goa yang satu ini, pengunjung dapat menikmati serunya petualangan menyusuri kawasan goa dengan aman. Tetapi agar dapat melakukan hal itu, Anda wajib menentukan berbagai paket akses berupa A, B, C, dan VIP.

Akses A memungkinkan pengunjung untuk bisa menyusuri dengan cara jalan kaki serta turun dari ketinggian 80 meter, paket B dengan tinggi 60 meter, paket C dengan tinggi 40 meter, dan paket VIP dengan tinggi 20 meter. Terdapat pula sebuah lorong yang panjangnya sekitar 300 meter dengan dihiasi oleh stalagmt, stalagtit, dan kristal.

3. Pesona Hutan Dalam Goa

Siapa yang sangka bahwa di dalam Goa Jomblang ini terdapat hutan yang rimbun. Masyarakat yang ada disana menyebut hutan tersebut dengan julukan Hutan Purba. Alasannya karena tumbuhan yang ada mempunyai ukuran yang besar terlihat seperti tumbuhan purba.

Hutan tersebut berasal dari tumbuhan yang hidup diatas, tetapi akibat adanya tanah runtuh membuat tumbuhan itu jatuh dan berkembang biak di dalam goa.

Daya Tarik Goa Jomblang
Image Credit: Twitter.com @gummymongie

4. Cahaya Matahari yang Menembus Goa

Tidak hanya Hutan Purba saja, namun cahaya matahari yang masuk ke dalam goa dengan melewati berbagai celah –celah hutan juga menjadikan pemandangan indah di bawah. Momen tersebut sering disebut sebagai “Cahaya dari Surga” oleh para pengunjung yang menyaksikannya. Cahaya matahari tersebut juga membuat nuansa di bawah goa sedikit hangat.

5. Udara yang Segar

Tak diragukan lagi bahwa di tempat wisata yang satu mempunyai alam yang terhampar luas. Oleh karena itu, udara yang akan Anda hirup di tempat tersebut tentunya masih sangat segar.

Hal tersebut tentu mampu membuat liburan atau perjalanan wisata Anda semakin terasa nyaman dan menyenangkan. Apalagi jika Anda merupakan masyarakat perkotaan yang kemungkinan besar berdekatan dengan polusi udara.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Goa Jomblang

Alamat Goa Jomblang
Image Credit: Google Maps (Kunal Golani)

Alamat lengkap dari tempat wisata Goa Jomblang yaitu berada di Dsn Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Sedangkan rutenya sendiri sebenarnya cukup mudah untuk dilalui, hanya saja mempunyai banyak sekali belokan.

Mulai dari pusat nol kilometer Yogyakarta, maka kendaraan Anda hendaklah diarahkan menuju ke Timur melewati Jl. Panembahan Senopati, lalu luruslah hingga ke Jl. Kusumanegara. Setelah sampai di perempatan, belok ke arah Selatan melewati Jl. Gedong Kuning. Sesampai di perempatan lagi, arahkan ke Timur melewati Jl. Wonosari, lurus hingga ke Jl. National RTE 3 dan Jl. Jogja-Wonosari.

Kemudian, luruslah hingga melihat pertigaan, lalu belokkan ke Jl. Kyai Legi. Setelah melewati Jl. KRT Judodiningrat, ikuti jalan hingga melihat papan nama yang bertuliskan Goa Jomlang. Dengan begitu, artinya Anda suda sampai di kawasan yang dekat dengan tempat wisata tersebut.

Waktu yang dibutuhkan dari nol kilometer Yogyakarta sampai ke kawasan tempat wisata ini yaitu sekitar 1 jam 40 menit dengan jarak sekitar 49 kilometer. Jangan khawatir bila tersesat, karena terdapat banyak warga yang bisa Anda tanyai saat ada di perjalanan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi peta yang disediakan oleh smartphone.

Harga Tiket Masuk Wisata Ekstrem Goa Jomblang

Harga Tiket Goa Jomblang
Image Credit: Google Maps (Kunal Golani)

Supaya dapat mengunjungi tempat wisata Goa Jomblang, pengunjung wajib menyiapkan beberapa nominal uang yang jumlahnya tidak sedikit. Biaya yang bisa saja dikeluarkan pun berbeda-beda, mulai dari 450 ribu hingga 1 juta rupiah untuk satu orang.

Perbedaan tersebut karena nantinya tergantung dengan fasilitas apa saja yang dapat Anda peroleh. Misalnya saja akan sedikit mahal apabila Anda menggunakan fasilitas jasa operator dan pemandu wisata.

Meskipun biayanya tergolong mahal, Anda tidak harus khawatir karena pengalaman yang berkesan yang diperoleh saat menyusuri jalur Goa Jamblang. Hal tersebut tentunya sangat sebanding dengan nominal uang yang harus dikeluarkan.

Namun, masih ada biaya lain yang harus dibayarkan berupa parkir apabila pengunjung membawa kendaraan. Biaya parkirnya murah yaitu hanya 3 ribu untuk satu motor.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Goa Jomblang

Kegiatan di Goa Jomblang
Image Credit: Instagram.com @tejawisata.jakbar

1. Explore Goa

Hingga saat ini, aktivitas explore goa masih merupakan salah satu aktivitas alam bebas yang terbilang berbahaya atau ekstrim. Meskipun begitu, pengalaman dalam memacu adrenalin juga menjadi hal yang disukai oleh banyak orang. Menariknya, apabila Anda melakukan explore di goa yang ini, sudah disediakan berbagai macam akses seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

2. Fotografi

Fotografi merupakan kegiatan menarik yang sangat disayangkan apabila Anda lewatkan ketika berlibur ke Goa Jomblang. Pasalnya, keindahan alam di sekitar goa bisa membuat hasil jepretan foto semakin bagus. Tidak hanya itu saja, tebing dan berbagai pemandangan yang ada di bawah goa juga patut sekali untuk diabadikan dalam bentuk foto.

Dijamin Anda tidak akan kehabisan spot atau objek foto apabila melakukan kegiatan fotografi di tempat wisata yang satu ini. Bahkan, sudah terkenal bahwa tempat wisata yang satu ini memperoleh gelar sebagai foto terbaik dalam The Weather Channel.

Para pengunjung dapat mengambil foto di atas stalagmit yang kokoh berdiri pada dasar goa tersebut. Hutan Purba rimbun dengan banyak tumbuhan besar di dalam gua juga cocok dijadikan sebagai objek andalan untuk mengambil foto. Hasil foto juga bisa semakin estetik dengan adanya cahaya yang tepat menyinari sisi atas stalagmite.

Kegiatan Seru di Goa Jomblang
Image Credit: Twitter.com @wtravelmagazine

3. Rapelling

Rapelling merupakan kegiatan yang wajib dilewati untuk bisa menuju ke Goa Jomblang. Kegiatan yang satu ini tentunya dapat menguji nyali para pengunjung. Meskipun begitu menakutkan, akan tetapi apabila dilakukan dengan fokus, tidak grogi, dan rasa tenang bisa menjadi kegiatan yang sangat menarik.

Kegiatan yang satu ini memanfaatkan seutas tali panjang yang digantungkan pada ketinggian sampai pada permukaan tanah di dalam goa. Anda tidak perlu khawatir dan bingung karena segala keamanannya sudah dijamin.

4. SRT (Single Rope Tehnique)

Selain ada rappelling, pastinya juga terdapat aktivitas menarik yang disebut dengan SRT. SRT atau Single Rope Tehnique merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meninggalkan atau keluar dari goa . Para pengunjung tentu juga akan melalui jalan yang sama seperti pada saat rapelling sebelumnya.

Alat yang dipakai pun juga masih sama yaitu berupa seutas tali yang akan dipakai untuk naik menuju ke mulut goa. Apabila jumlah pengunjungnya banyak, maka operator akan memakai teknik hauling yakni menarik beberapa pengunjung hingga ke atas.

Fasilitas yang Tersedia di Goa Jomlang Jogja

Fasilitas di Goa Jomlang
Image Credit: Google Maps (Darshana Herath)

1. Jasa Pemandu

Sama halnya dengan destinasi wisata lain, Goa Jomblang juga sudah menyediakan jasa pemandu wisata untuk para pengunjung. Di tempat wisata alam yang tergolong ekstrim seperti ini, adanya jasa pemandu wisata memang sangatlah diperlukan.

Hal ini tentunya bertujuan untuk membimbing para pengunjung yang ingin memasuki goa tersebut. Pengunjung juga menjadi tidak khawatir mengenai kemungkinan tersesat di dalam goa. Apalagi, sangat berbahaya apabila pengunjung tidak memiliki kemampuan dalam menyusuri goa. Para pemandu juga telah dibekali dengan keahlian dalam menguasai medan goa.

2. Kamar Mandi

Toilet merupakan fasilitas penting yang pasti sangat dibutuhkan oleh para pengunjung suatu tempat wisata. Sama halnya dengan destinasi wisata yang satu ini juga telah menyediakan toilet. Sehingga, para pengunjung tidak perlu bingung jika ingin buang air atau lainnya. Dengan begitu, aktivitas liburan bisa dilakukan dengan nyaman.

3. Tempat Parkir

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan berupa motor, Anda bisa menitipkannya di area parkir yang telah disediakan. Dengan begitu, tidak harus cemas mengenai keamanan kendaraan yang dimiliki. Namun, fasilitas parkir bisa dinikmati dengan membayar sejumlah uang.

4. Tempat Menginap

Penginapan yang aman dan nyaman pun bisa Anda temukan di dekat tempat wisata. Tempat menginap tersebut akan sangat berguna bagi pengunjung yang ingin menginap supaya bisa berlama-lama menghabiskan waktu liburan. Berbagai fasilitas menarik juga bisa Anda nikmati sesuai dengan tempat menginap yang dipilih.

5. Mushola

Jarang sekali menemukan tempat wisata goa yang mempunyai fasilitas berupa mushola. Namun, apabila Anda mengunjungi Goa Jomblang ini, maka akan tersedia fasilitas mushola yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang beragama Islam. Dengan demikian, para pengunjung tetap bisa menjalankan ibadah walaupun sedang melakukan wisata alam.

6. Penitipan Barang

Saat sedang liburan, sering kali kita dibebani oleh terlalu banyaknya barang-barang yang harus dibawa. Hal tersebut kerap kali membuat repot dan menjadi tidak fleksibel saat sedang wisata. Oleh karena itu, ketika sedang berkunjung ke goa yang satu ini, pengunjung dapat menitipkan barang-barangnya di rumah milik Kepala Dukuh.

Bahkan, pemilik rumah pun tidak menentukan tarif tertentu untuk jasa penitipan barang, melainkan pengunjung boleh membayarnya dengan seikhlasnya saja.

Itulah beragam informasi menarik yang berkaitan dengan wisata alam Goa Jomblang di Gunung Kidul, Jogja. Tempat wisata yang satu bisa Anda coba kunjungi untuk mengisi waktu liburan bersama teman-teman. Berbagai keseruan siap membuat para pengunjung akan ketagihan untuk berwisata lagi di tempat tersebut.