Goa Pindul Yogyakarta, Menyusuri Sungai Bawah Tanah yang Menakjubkan

Goa Pindul Yogyakarta, Menyusuri Sungai Bawah Tanah yang Menakjubkan

Goa Pindul Jogja salah satu objek wisata alam yang populer dan penuh petualangan seru di Yogyakarta. Sensasi menyusuri sungai bawah tanah yang berdidingkan stalaktit dan stalagmit yang memukau.

Lokasi: Gelaran 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul.
Map: Cek Lokasi

Goa Pindul, sebuah destinasi wisata terkenal yang berasal dari Gunungkidul, Yogyakarta. Gua yang sungainya memiliki panjang 350 meter ini sering digunakan untuk cave tubing. Cave tubing sendiri adalah sebuah kegiatan menyusuri sungai bawah tanah dengan dilengkapi helm, ban, dan pelampung. Untuk perlengkapannya sudah disiapkan oleh pihak pengelola.

Gua ini berada di perbukitan berjenis Karst dengan lebar lubangnya sekitar 5 meter. Sungai bawah tanah di gua ini memiliki kedalaman 5 – 12 meter tergantung intensitas curah hujan, dengan tinggi atap gua ke permukaan air hanya 4 meter. Dengan airnya yang hijau cemerlang, Anda akan melihat betapa indahnya sungai bawah tanah di gua ini.

Pemandangan di sini masih tergolong alami dan asri, karena Goa Pindul sendiri berada di perbukitan di tengah hutan. Jika Anda berkunjung kemari, Anda akan menemukan keindahan yang akan membuat Anda rileks sejenak dari kesibukan pekerjaan. Kesejukan di sini sangat direkomendasikan bagi Anda pecinta alam.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Pindul Jogja

Daya Tarik Goa Pindul

Image Credit: Google Maps (Ghina Tsabita Putri)

Objek wisata ini merupakan sebuah gua yang terletak di perbukitan. Kegiatan paling terkenal di daerah itu adalah cave tubing, kegiatan menyusuri sungai bawah tanah gua. Gua ini terletak di tengah hutan sehingga keindahan alamnya tentu masih terjaga. Pemandangan di dalam gua juga tidak kalah menakjubkan.

1. Memiliki Stalaktit Terbesar ke-4 di Dunia

Stalaktit adalah bagian gua yang terbentuk dari endapan kalsium karbonat serta mineral lain yang ikut terendap pada air mineral. Benda ini terdapat pada langit-langit gua. Sementara itu, Stalaktit yang berada di Goa Pindul disebut sebagai Stalaktit terbesar ke 4 di dunia. Butuh tangan lima orang dewasa untuk melingkari benda ini.

Keindahan tempat ini tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Ketika menyusuri sungai bawah tanah, Anda akan melihat banyak Stalaktit dan Stalagmit berjejeran indah dan meneteskan air mereka yang mengandung mineral.

Ada sebuah mitos terkenal di antara warga, pengunjung, serta pengelola tempat wisata. Mitos yang beredar adalah jika Anda terkena tetesan batu tertentu akan menjadi kuat untuk laki-laki, dan awet muda untuk perempuan.

Bentuk aslinya, Stalaktit ini gabungan dengan Stalakmit yang tercipta dan tetap tumbuh selama ribuan tahun. Beberapa Stalaktit di sini memang besar dan panjang, membuktikan bahwa gua ini sudah ada dari jutaan tahun lalu.

BACA:  Candi Prambanan, Candi Megah & Terbesar di Asia Tenggara yang Melegenda

2. Memiliki Tiga Zona di Sepanjang Jalur Sungai

Zona yang dimaksud di sini adalah jalur yang Anda lewati ketika menyusuri sungai bawah tanah Goa Pindul. Zona tersebut terbagi menjadi tiga, zona terang, zona remang, dan zona gelap.

Yang berbeda dari ketiga zona tersebut adalah pencahayaan dalam gua. Jika ketika melewati Zona terang maka Anda tidak akan menemukan sesuatu yang aneh. Anda dapat melihat jelas sekeliling dan ukiran indah alam di gua ini. Sementara kebalikannya, jika melewati zona gelap, tidak ada satupun yang bisa dilihat di sini.

Daya Tarik Goa Pindul Jogja

Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja)

Untuk zona remang, Anda masih bisa melihat, karena cahaya matahari akan menerangi sedikit tempat itu. Dengan adanya tiga zona ini, membuktikan bahwa wisata alam Goa Pindul memiliki memiliki kekayaan yang banyak lewat adanya perbedaan intensitas cahaya di tiap sudut gua.

Untuk penjelasan pendeknya sendiri, dalam zona terang Anda masih aman berenang dan menangkap ikan-ikan kecil. Sementara zona remang adalah sebuah tempat yang memiliki sedikit sisa dari sinar matahari yang memantul dari berkilaunya air.

Dan yang terakhir merupakan zona hitam. Dalam wilayah ini Anda tidak akan menemukan apa-apa karena suasana terlalu gelap. Jangan khawatir, karena tour guide biasanya menjelaskan dan menemani hingga sampai ke pintu keluar.

3. Pesona Sumur Terbalik

Sumur Terbalik adalah sebutan warga sekitar Goa Pindul untuk sebuah lubang besar di langit gua yang memancarkan sinar terang matahari. Pantulan sinar itu pada permukaan air sungai yang hijau menciptakan percikan-percikan indah di dinding.

Lubang itu berada di dalam gua dan akan terlihat ketika Anda menyusuri sungai di bagian tengah. Titik ini biasa dijadikan tempat istirahat sejenak, dan juga termasuk dalam zona terang.

Keindahan di sini tentu sangat menarik . Airnya yang hijau berkilau akan memantulkan cahaya matahari hingga membentuk sebuah sinar indah di dinding gua yang memberkas indah. Sumur Terbalik juga sering digunakan tim SAR untuk latihan mengevakuasi seseorang.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Goa Pindul

Lokasi Wisata Goa Pindul

Image Credit: Google Maps (Deedee Dinz)

Gua yang terletak di Gunungkidul ini merupakan satu dari tujuh gua yang memiliki sungai bawah tanah di Yogyakarta. Ketujuh gua itu memiliki sumber air yang sama, yaitu Air Gedong Tujuh. Bertempat di Desa Gelaran 1, destinasi wisata ini sangat terkenal di sekitar Kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. Sesuai denah yang sudah disediakan, gua ini berjarak 7 kilometer dari Wonosari.

Goa Pindul dapat diakses dari beberapa tempat, salah satunya dari pusat Kota Yogyakarta. Butuh waktu sekitar 2 jam dengan menempuh jarak kurang lebih 43 kilometer. Perjalanan akan terasa nyaman karena jalanan sudah sangat bagus. Walau banyak rute perjalanan menuju lokasi goa, ada satu rute yang tercepat untuk sampai ke sana, yaitu melewati Kota Wonosari.

BACA:  Indahnya Grojogan Sewu, Air Terjun Eksotis di Kulon Progo Jogja

Dengan mengarahkan kendaraan Anda menuju titik 0 kilometer Yogyakarta, Anda akan berjalan lurus dari Panembahan Senopati menuju ke dua jalan selanjutnya yaitu Jalan Sultan Agung dan Jalan Kusumanegara. Anda hanya perlu menjalankan kendaraan Anda ke kawasan Gedongkuning dan dengan jalan tersebut Anda akan sampai di perempatan Gedongkuning PLN.

Setelah dari sana, luruslah menuju Wonosari. Sesampainya nanti Anda di kantor pos Sambipitu. Anda harus melanjutkan laju jalan menuju perempatan Pasar Gading. Teruskan perjalanan sampai di sebelah kiri akan muncul lahan parkir kawasan Goa Pindul.

Atau jika Anda tidak ingin ribet, Anda dapat mengikuti salah satu paket wisata dan tur yang ada di sana. Biasanya mereka menawarkan akan mengantar dari area jemput hingga pulang nantinya. Jenis pelayanan lain dari paket ini adalah memastikan perjalanan Anda serta ikut mengiringi liburan Anda menyusuri Goa Eksotis ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Goa Pindul Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Wisata Goa Pindul

Image Credit: Google Maps (SAMANDALI SPICE)

Goa ini salah satu destinasi yang terkenal baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan keindahannya yang eksotis itu, Goa Pindul juga memiliki tarif yang murah. Murahnya tarif membuat siapapun bisa menikmati keindahan alam goa dan menyusuri sungai bawah tanah.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, ada patokan biaya yang harus Anda keluarkan demi melihat keindahan Goa Pindul. Seperti, ketika Anda memasuki wilayah goa, Anda diharuskan membayar Rp 10.000. Sebelum itu pun ada penarikan biaya parkir, Rp 2.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 5.000 untuk mobil. Rp 15.000 diperlakukan bagi kendaraan besar seperti bus.

Berbeda dengan tiket masuk untuk warga lokal yang berharga Rp 10.000, tarif untuk para wisatawan luar negeri sedikit lebih mahal, yaitu Rp 25.000 per orang. Sementara untuk anak-anak, akan dipatok tarif setengah harga dari orang dewasa.

Pepohonan yang berada di sekitar goa sangat hijau dan rindang. Setelah memasuki wilayah Goa Pindul, Anda diharuskan membayar Rp 40.000 untuk bisa memasuki gua ini. Jangan lupakan bahwa total dari pengeluaran sebelumnya belum termasuk alat-alat Cave Tubing. Peralatan seperti ban, sepatu karet, helm, dan pelampung menjadi satu paket yang harga sewanya sekitar Rp 60.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Goa Pindul

Aktivitas Menarik di Goa Pindul

Image Credit: Google Maps (jannata abdullah)

1. Cave Tubing, Menelusuri Keindahan Sungai

Menyusuri arus sungai bawah tanah yang akan membawa Anda menuju pintu lain gua. Perjalanan tubing ini memakan waktu 40 menit. Dengan waktu sepanjang itu, wisatawan akan memerhatikan pemandangan dalam gua yang tidak kalah cantik. Tidak hanya itu, di dinding-dinding gua terdapat lukisan alam yang sudah tercipta ribuan tahun lalu.

BACA:  15 Cafe Instagramable di Jogja yang Bikin Betah Nongkrong

Air yang ada di tempat ini berwarna hijau tua berkilau. Walau jika hujan air ini akan naik, tetapi pengunjung di sini masih tetap ramai. Banyak keindahan hutan dan gua yang tersedia sebagai hiburan selain cave tubing.

Walau pun begitu, jika debit air sungai bertambah tinggi, pihak pengelola akan memberhentikan sementara cave tubing ini hingga air sungai kembali normal dan aman untuk digunakan.

2. Rafting di Kali Oyo

Wisata ini dapat Anda kunjungi langsung setelah dari Cave Tubing. Kali ini memiliki panjang 1.500 meter, Anda akan menyusuri sungai sama seperti sebelumnya, menggunakan ban dalam. Di wisata kali ini Anda akan berjalan-jalan mengikuti arus air di alam luar. Pemandangan yang segar, asri, dan tidak mudah terlupakan ketika berlibur di tempat ini.

3. Mengabadikan Momen Spesial

Merupakan sebuah hal yang wajib bagi wisatawan untuk mengabadikan momen liburan mereka. Di Goa Pindul ini Anda akan mendapatkan banyak spot foto menarik dan indah. Seperti Sumur Terbalik yang akan sangat eksotis bila difoto atau Stalaktit raksasa yang menakjubkan. Banyak orang ingin menjadikan tempat ini sebagai latar belakang foto mereka.

Pemandangan di sekitar sini sangat indah dan asri. Hutan di sekitar Goa Pindul pun masih bagus dan hijau. Ketika Anda berkunjung ke sini jangan lupa untuk membawa entah itu kamera ponsel atau kamera digital untuk Anda bersama sahabat dan keluarga. Keindahan di sini sayang sekali untuk dilewatkan.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Goa Pindul Jogja

Fasilitas Wisata Goa Pindul Jogja

Image Credit: Google Maps (Izni Indrawati)

Goa ini satu dari sekian destinasi wisata favorit yang ada di Yogyakarta. Walau baru beroperasi dari tahun 2010, ketenaran Goa Pindul sudah dikenal hingga wisatawan luar negeri. Semakin hari, dengan bertambah ramainya pengunjung tidak menutup kemungkinan jika fasilitas di sini akan bertambah.

Untuk fasilitas yang sudah tersedia, meliputi warung makan, mushola, kamar mandi, tempat penitipan barang, serta lahan parkir yang kesemuanya sudah dapat menunjang wisatawan yang berkunjung kemari. Adapun fasilitas hiburan, seperti peralatan tubing, rafting, serta tour guide yang akan menemani ketika melewati sungai.

Itulah beberapa penjelasan mengenai daya tarik, rute, lokasi, hingga fasilitas yang ada di objek wisata alam Goa Pindul. Fasilitas yang ada di sini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan liburan pengunjung. Dengan pengembangan serta penambahan fasilitas akan turut meningkatkan rasa nyaman wisatawan ketika berkunjung ke goa menakjubkan di Jogja.