Wisata Pantai Ngandong berada tepat di sebelah Pantai Sundak. Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan, tak terkecuali snorkling dan permainan kano.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Ngandong adalah salah satu dari banyak pantai yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Bersebelahan langsung dengan Pantai Sundak dan berhadapan dengan Samudra Hindia, Ngandong memiliki pesona pantai yang indah dengan jernihnya perairan yang bening dan cantik. Tentu pengunjung yang datang akan dibuat takjub.

Meski keberadaannya tidak terlalu diketahui dan namanya tak seterkenal Sundak, namun dijamin Anda tidak akan menyesal saat memutuskan berlibur kemari. Deretan perahu nelayan yang berjejer rapi di area bibir pantai menjadi panorama khas Ngandong. Pemandangan ini bisa dijumpai di pagi hari saat nelayan pulang sehabis melaut.

Selain itu, terdapat sebuah pulau yang berada tepat di tengah laut. Jika kondisi perairan pantai tidak terlalu pasang, atau bahkan surut, pulau ini bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki. Area sekitaran pantai Ngandong juga banyak ditemui bebatuan yang biasa dijadikan spot foto pengunjung atau sekadar merendam kaki sambil duduk di bebatuan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ngandong

Daya Tarik Dimiliki Pantai Ngandong
Image Credit: Google Maps (Adisya Lina)

Pantai ini adalah salah satu destinasi wisata pantai yang berlokasi di Jogja. Menyuguhkan pemandangan air pantai yang berwarna kebiruan dan bening, serta dipadukan dengan putihnya pasir pantai, menjadikan Ngandong begitu diminati wisatawan. Tak heran di musim liburan, Ngandong akan padat pengunjung.

1. Terdapat Bukit Pembatas

Sudah menjadi rahasia umum jika letak Ngandong berdekatan, bahkan bersebelahan langsung dengan Pantai Sundak. Sebagai pembatas antara Ngandong dan Sundak, terdapat sebuah bukit yang terbentuk secara alami di tengah-tengah kedua pantai ini. Keberadaannya menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki Ngandong.

Tak jarang, pengunjung menjadikan bukit ini sebagai spot foto menarik. Hal ini memungkinkan kedua pantai ikonik Gunung Kidul ini, akan terlihat luas dari ketinggian bukit tersebut. Itulah mengapa banyak wisatawan yang berebut untuk bisa mengabadikan moment di bukit ini. Bahkan banyak fotografer yang memilih bukit ini sebagai spot foto.

2. Dijadikan Sebagai Pelabuhan Para Nelayan

Daya tarik Pantai Ngandong selanjutnya adalah digunakannya sebagai tempat berlabuh para nelayan. Mungkin hal ini terdengar umum, namun siapa sangka bahwa sebenarnya baik Ngandong maupun Sundak adalah tempat berlabuh nelayan. Tentu hal ini lumrah terjadi di semua wisata pantai seluruh Indonesia.

Tapi dikarenakan padatnya pengunjung di Pantai Sundak, menjadikannya difokuskan sebagai tempat wisata saja. Akhirnya hampir semua nelayan Sundak, memilih berlabuh ke Ngandong. Dengan banyaknya nelayan yang berlabuh ke Ngandong, pengelola memperbolehkan pengunjung yang bersedia untuk ikut nelayan berburu ikan.

Daya Tarik Pantai Ngandong
Image Credit: Google Maps (Shakti Rahadiansyah)

3. Adanya Tebing Karang

Spot foto menarik lainnya yang tak kalah cantik dari bukit adalah adanya tebing yang berada di sisi kanan dan kiri pantai. Kedua tebing ini seakan menjadi pengapit area perairan pantai. Tebing ini cukup tinggi dengan banyaknya batu-batu karang yang terletak di bawah tebing dan sangat indah jika dilihat dari atas tebing.

Biasanya kawasan tebing ini sering dijadikan spot foto menarik, indah, dan instagramable abis. Jika Anda mengambil foto dari angle yang paling tepat, ini akan membuat tebing seperti terapung di atas air. Untuk itu selalu sempatkan mengabadikan moment selama di Ngandong dengan membawa kamera yang memadai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Ngandong

Alamat Pantai Ngandong
Image Credit: Facebook.com @dana.nurhasim

Destinasi wisata perairan Pantai Ngandong berada di Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Lebih tepatnya berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Untuk bisa mengunjungi Ngandong, terdapat beberapa rute yang biasa digunakan oleh pengunjung. Kebanyakan pula memilih berangkat dari pusat Jogja karena dirasa lebih mudah.

Sesampainya di Jogja, Anda bisa langsung ke arah Piyungan, lalu menuju daerah Patuk. Sesampainya di Patuk, arahkan kendaraan ke Sambipitu sampai dengan pertigaan Landasan Udara TNI Gading dan berbelok ke kanan. Selanjutnya lewati Jalan Playen, Paliyan, dan Saptosari, lalu tinggal mengikuti penunjuk arah yang tersedia.

Untuk mempersingkat waktu, Anda juga bisa memilih rute perjalanan yang lebih pendek, yaitu rute Imogiri. Anda akan berangkat dari Imogiri dan diharuskan menuju kawasan Panggang. Sesampainya di Panggang, pergi ke Saptosari, dan Anda akan sampai di kawasan Pantai Baron. Anda tinggal pilih jalur yang menuju Ngandong.

Jalur yang biasa diakses wisatawan untuk bisa sampai di pantai ini, dalam kondisi yang baik dan aman. Maka sangat diperbolehkan bagi Anda yang ingin membawa kendaraan pribadi. Selain itu, untuk menghindari kemacetan karena padatnya pengunjung, Anda bisa mengunjungi Ngandong di hari biasa atau berangkat lebih awal.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngandong Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Ngandong
Image Credit: Google Maps (Denny Iskandar)

Liburan murah meriah, tapi dengan view pemandangan yang indah tentu bisa Anda dapatkan di Pantai Ngandong. Menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indahnya bisa Anda nikmati dengan biaya yang murah. Biaya masuk yang diperlakukan di pantai ini cukup terjangkau, yakni Rp 10.000,00 per orang.

Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi pun tidak perlu khawatir, karena lahan parkir juga disediakan pengelola Ngandong. Biaya parkir yang ditetapkan pun cukup terjangkau, yakni Rp 3.000,00 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000,00 untuk kendaraan roda empat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Ngandong

Kegiatan Pantai Ngandong
Image Credit: Google Maps (Catur Mukha)

1. Berburu Ikan dengan Nelayan

Di waktu pagi biasanya banyak nelayan yang berlabuh di Pantai Ngandong setelah semalaman berburu ikan. Karena banyaknya nelayan yang sering berlabuh di pantai ini, pengunjung juga diberi akses untuk ikut berburu ikan dan menaiki perahu milik nelayan. Anda bisa menaiki perahu ini saat nelayan hendak berangkat melaut.

Sambil menaiki perahu, Anda bisa menikmati keindahan Ngandong dengan berkeliling di area pantainya yang begitu luas. Anda juga bisa melihat cantiknya Pantai Sundak. Semilir angin sepoi pantai pun akan membuat Anda nyaman. Jangan lupa untuk mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan.

2. Bermain Snorkeling

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan adalah snorkling. Pengunjung yang menyukai kegiatan ini bisa melakukannya juga di pantai satu ini. Anda bisa menikmati indahnya pemandangan kehidupan bawah laut Ngandong yang cantik. Pasti Anda akan menemui beragam jenis ikan yang hidup di perairan ini.

Pengelola pantai memberi fasilitas penyewaan perlengkapan snorkling. Biaya yang dibandrol pun cukup terjangkau, yakni sekitar Rp. 50.000,00 per orang. Perlengkapan yang didapat pun sudah lengkap, yaitu snorkel yang sudah dilengkapi dengan masker, sepatu khusus yang dipakai untuk snorkling.

Kegiatan di Pantai Ngandong
Image Credit: Google Maps (Ikan Besar3)

3. Menikmati Olahraga Kano

Perairan pantai yang berdekatan dengan Sundak ini, memiliki jenis perairan yang tenang dan berombak kecil. Ombak semacam ini, memungkinkan pengunjung untuk bisa melakukan permainan kano. Anda bisa memainkannya di sekitaran bibir pantai atau di sekitaran pantai karena Ngandong mempunyai garis pantai yang cukup panjang.

Tidak berbeda jauh dengan snorkling, penyedia persewaan kano juga menarik tarif sebesar Rp 50.000,00 per kano dengan sepuasnya dan tanpa minimal waktu sewa. Ini akan menjadi kegiatan yang sangat mengasyikkan dan seru selama menghabiskan waktu liburan di wisata air Ngandong.

4. Menikmati Panorama Sunset

Kegiatan terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menikmati panorama sunset di pantai menjelang sore hari. Kegiatan satu ini sudah menjadi aktivitas yang lumrah dilakukan saat berlibur ke pantai, tak terkecuali saat berada di Ngandong. Sembari menikmati indahnya sunset, Anda bisa menyantap masakan khas masyarakat sekitar.

Pemandangan Ngandong sendiri sudah sangat indah dengan dipadu dengan bebatuan dan tebing karang yang terbentuk secara alami. Dengan adanya panorama sunset tentu akan menambah keindahan Ngandong itu sendiri. Ini akan menjadi spot foto yang sangat ciamik. Jangan lupa untuk mengabadikan sunset Ngandong saat sore hari.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai
Image Credit: Booking.com

1. Barokah Pantai Kukup

Barokah Pantai Kukup menyediakan fasilitas yang sangat lengkap. Ada lahan parkir, Wifi 24 jam, hingga persewaan alat snorkling. Kondisi kamar pun sangat bersih dengan pelayanan customer yang baik dan sangat ramah pasti akan membuat Anda nyaman.

2. Sea View Sundak Indraprastha

Penginapan sekitar pantai selanjutnya adalah Sundak Indraprastha. Penginapan satu ini memberi akses langsung ke pantai yang menjadi daya tariknya. Pengelola juga memberi fasilitas room service dan pelayanan selama 24 jam penuh.

3. The Royal Joglo

The Royal Joglo menjadi penginapan yang mendapat rating cukup tinggi. Banyak fasilitas menarik yang memang tersedia di penginapan ini. Pelayanan staff pun sangat ramah sehingga membuat penginap nyaman dan betah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Ngandong Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Ngandong
Image Credit: Twitter.com @lan_jalan

Terdapat berbagai fasilitas yang memang disediakan pengelola Pantai Ngandong yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Berbagai persewaan snorkling atau kano pun juga disediakan demi kenyaman pengunjung yang datang ke mari.

Fasilitas pendukung lainnya, seperti musholla, toilet, dan rumah makan bahkan juga banyak disediakan dan tersebar luas hampir di seluruh area pantai. Dijamin Anda tidak akan menyesal sudah mengunjungi pantai Kabupaten Gunung Kidal ini.

Itu berapa informasi singkat mengenai Pantai Ngandong yang ada di Gunung Kidul. Rangkuman informasi di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi sebelum memilih Ngandong sebagai destinasi liburan Anda bersama dengan keluarga.