Wisata bahari di daerah Yogyakarta memang terkenal akan keindahannya yang beragam. Salah satu yang wisata tersebut adalah Pantai Kesirat, yang terletak di wilayah Gunung Kidul.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Tidak seperti kawasan pantai lain yang berada di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta, Pantai Kesirat ini memiliki keunikannya tersendiri yang menjadi daya tarik bagi wisatawannya. Area tebing tinggi yang menjadi lokasi wisata pantai, akan menyuguhkan beragam keindahan pemandangan yang berbeda.

Hal itulah yang membuat wisatawan lokal hingga luar daerah tertarik mendatangi lokasi wisata pantai satu ini. Berbagai kegiatan menarik pun dapat anda lakukan saat berada di pantai tersebut. Salah satu kegiatan yang menjadi favorit para wisatawan adalah berkemah.

Tidak hanya soal kegiatan menarik selama berada di kawasan pantai tersebut, fasilitas memadai pun menjadi nilai lebih yang dimiliki oleh wisata pantai tersebut. Dengan segala keunggulan yang diberikan, maka pantai ini wajib masuk dalam daftar kunjungan anda saat berada di Yogyakarta.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kesirat

Daya Tarik Pantai Kesirat
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja21)

1. Berada di Ketinggian Tebing Laut

Masyarakat di sekitar Pantai Kesirat lebih banyak menyebut tempat wisata tersebut sebagai tanjung daripada sebuah pantai. Hal ini terjadi karena lokasinya sendiri berada di atas tebing yang cukup tinggi. Pemandangan dari lautannya pun terlihat lebih cantik dari atas ketinggian.

Wisatawan yang belum pernah mendatangi lokasi wisata pantai satu ini, pasti akan dibuat penasaran karena tempatnya yang terbilang unik. Walaupun bernama pantai, namun tidak akan anda temui garis pantai dengan hamparan pasir seperti pantai lain pada umumnya.

Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang penasaran dengan lokasi pantai tersebut. Tidak hanya wisatawan lokal yang sering mengunjungi lokasi wisata pantai ini. Wisatawan luar daerah pun rela menempuh jarak yang cukup jauh demi sampai di kawasan pantai unik satu ini.

2. Pesona Keindahan Pemandangan yang Memikat Mata

Walaupun tidak memiliki pemandangan pantai dengan hamparan pasir putih layaknya kawasan pantai di Gunung Kidul lainnya, akan anda temukan keindahan lain dari pantai ini. Dari ketinggian tebing tersebut, anda dapat melihat lautan lepas dengan jarak pandang yang lebih luas.

Tak hanya itu, dataran tebing yang landai akan tampak lebih asri karena banyaknya tanaman yang tumbuh di kawasan tersebut. Jenis tanamannya pun beragam, mulai dari pepohonan yang cukup besar hingga tanaman kecil berwarna hijau dan coklat. Pemandangan ini akan terlihat semakin indah jika kondisi langit sedang cerah dan berawan.

Keindahan tersendiri dari Pantai Kesirat ini, mampu memikat mata siapa saja yang melihatnya. Tak jarang wisatawan yang mendatangi kawasan pantai tersebut, rela menempuh perjalanan yang cukup panjang hanya demi melihat keindahan alam yang mempesona ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Kesirat

Alamat Pantai Kesirat
Image Credit: Google Maps (kiki Nomaha)

Lokasi pantainya sendiri berada di Desa Karang, yang masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Rute perjalanan yang dapat anda ambil untuk mencapai lokasi wisata pantai tersebut, bisa melalui jalanan kota atau daerah pesisir selatan Kota Yogyakarta.

Namun agar lebih mudah dipahami terutama bagi anda yang berangkat dari arah luar daerah, maka rute dari arah pusat kota menjadi pilihan yang tepat. Jika anda berangkat dari kawasan pedestrian Malioboro, anda dapat mengambil arah ke selatan hingga sampai pada sebuah jalan yang cukup lebar bernama Ring Road.

Lalu berbelok ke kiri mengikuti rute jalan tersebut, sampai nanti anda menemukan lampu merah dengan pemandangan perbukitan Gunung Kidul di depannya. Setelah melewati lampu merah tersebut, anda memasuki Jalan Piyungan yang mulai menanjak dan beberapa tikungannya cukup tajam.

Setelah cukup lama melewati jalanan naik turun khas perbukitan, kendaraan anda akan melewati jalanan yang lebih kecil menuju kawasan Saptosari di daerah Playen. Baru kemudian kawasan pedesaan akan mulai terlihat setelah mencapai daerah Kelurahan Girikarto.

Mengikuti jalanan desa yang mengarah ke timur, perjalanan panjang tersebut akan berakhir pada sebuah pintu masuk yang bertuliskan nama pantai yang menjadi tujuan anda. Di pintu masuk tersebut, akan ada petugas penjaga pantai yang memberikan tiket masuk kepada anda.

Untuk dapat memasuki wisata pantai di daerah Gunung Kidul sendiri, wisatawan tidak akan diminta untuk membayarkan tiket masuk dengan harga yang cukup mahal. Salah satu wisata pantainya yakni Pantai Kesirat, wisatawan yang masuk hanya akan dikenai biaya Rp 5.000 saja untuk setiap orangnya. Harga ini terbilang murah, bahkan bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah sekalipun.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Kesirat

Kegiatan di Pantai Kesirat
Image Credit: Google Maps (Anna Widuri)

1. Berkemah

Kawasan pantai satu ini memang terkenal sebagai lokasi yang strategis untuk mendirikan sebuah tenda. Dikatakan strategis karena kondisi dataran dan tanahnya yang terlihat landai, bahkan tidak terjal sama sekali.

Tidak ada biaya sewa tempat yang harus dibayarkan jika anda ingin berkemah di lokasi wisata pantai ini. Segala peralatan dan kebutuhan untuk berkemah, dapat anda persiapkan terlebih dahulu dari rumah. Walaupun tersedia jasa sewa tenda di lokasi tersebut, namun akan lebih baik anda membawanya sendiri agar lebih aman dan nyaman.

Kebutuhan pakaian seperti jaket tebal atau selimut, jangan sampai absen dari dalam tas anda. Karena pada saat malam hari, suhu di tempat tersebut bisa mencapai kurang dari 20° C. Hal tersebut disebabkan oleh angin malam dari arah laut yang membawa tingkat kelembaban yang lebih tinggi daripada angin laut saat siang hari.

2. Rock Fishing

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Rock Fishing ini mempunyai arti memancing di area bebatuan. Ya, memang benar jika anda membayangkan sebuah area batuan karang pantai yang berukuran cukup besar digunakan sebagai lokasi untuk memancing.

Di pantai ini, memang terdapat banyak batuan karang di bagian sisi timurnya. Lokasi tersebut menjadi tempat favorit para wisatawan yang memiliki hobi memancing ikan yang berukuran besar. Lokasi yang terbilang ekstrem tersebut, tak menyurutkan antusiasme para pemancing ini untuk dapat merasakan sensasi memancing yang berbeda di lokasi PantaI Kesirat ini.

Jenis ikan yang sering didapatkan sendiri terbilang cukup beragam. Mulai dari ikan cakalang berukuran lumayan besar, hingga ikan kecil seperti bawal laut dapat anda bawa pulang dan dijadikan sebagai santapan yang lezat. Ikan yang berukuran lebih kecil menjadi pilihan umpan yang tepat, jika anda berencana membawa pulang beberapa ekor ikan besar.

Batuan karang yang menjadi pijakan kaki ini akan terlihat semakin licin saat terkena deburan air ombak yang mencapai ketinggian tertentu. Jadi bagi anda yang tertarik mencoba merasakan sensasi memancing di area tersebut, usahakan untuk menggunakan sepatu yang beralas tebal.

3. Rekreasi Bersama Keluarga atau Teman

Menghabiskan waktu libur bersama keluarga atau teman, menjadi kegiatan menarik yang dapat anda lakukan di kawasan pantai satu ini. Suasana tenang dari pantai tersebut sangat cocok dijadikan lokasi untuk melakukan rekreasi santai bersama keluarga ataupun bersama teman.

Dengan menggelar tikar dibawah pepohonan yang rindang, panasnya sinar matahari tidak akan mengenai kulit anda secara langsung. Tak lupa bekal makanan yang telah anda bawa sebelumnya, menjadi pelengkap rekreasi menyenangkan anda bersama keluarga atau teman.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai
Image Credit: Facebook.com @(Rumajar Everdsen)

1. Truntum Homestay

Penginapan terdekat dari arah Pantai Kesirat adalah Truntum Homestay. Dengan waktu yang dapat anda tempuh sekitar 20-25 menit dari lokasi pantainya. Kawasan penginapan tersebut terlihat lebih asri dengan hadirnya sebuah taman yang terletak di halaman depannya.

2. Wiloso Homestay

Suasana lingkungan sepi yang ditawarkan oleh penginapan Wiloso Homestay ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi anda yang menyukai penginapan yang memberikan ketenangan. Bahkan harga sewa untuk setiap kamarnya dibandrol dengan harga yang cukup murah.

3. Penginapan Pantai Gesing

Memiliki fasilitas berupa gasebo yang dapat menjadi tempat bersantai saat sore hari, menjadi daya tarik tersendiri dari penginapan sederhana satu ini. Walaupun terletak di lokasi wisata pantai lain di daerah Girikarto, namun penginapan ini menjadi salah satu yang terdekat dari kawasan pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kesirat Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Kesirat
Image Credit: Google Maps (Siswana Purwadi)

Untuk fasilitas yang tersedia di kawasan pantai satu ini, sudah bisa dikatakan cukup lengkap. Dengan beberapa rumah makan yang dapat dengan mudah anda temukan di lokasi wisata tersebut. Hindangan yang ditawarkan pun beragam, namun yang menjadi unggulan adalah olahan seafood dengan rasa lezat yang dapat menggoyang lidah anda.

Selain itu, fasilitas lain seperti toilet atau kamar mandi, dapat anda temukan di salah satu area yang dekat dengan pintu masuk. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi saat mengunjungi pantai tersebut, tersedia lahan parkir yang cukup luas untuk menempatkan kendaraan roda empat atau roda dua.

Itulah informasi mengenai Pantai Kesirat yang dapat anda jadikan sebagai lokasi wisata pilihan untuk menghabiskan waktu libur anda. Beragam kegiatan menarik dapat anda lakukan ketika berada di kawasan pantai yang terletak di atas ketinggian ini.