Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Wiloso, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Gunung Kidul yang ada di bagian selatan Provinsi Yogyakarta memang merupakan surganya pantai yang ada di sebelah selatan Pulau Jawa. Bahkan, bisa dikatakan dari sekian banyak lokasi di pulau tersebut, kabupaten inilah yang menyumbang begitu banyak objek wisata bahari tersebut. Pantai Wohkudu dengan sekian banyak keindahannya menjadi salah satu tujuan yang wajib disinggahi.

Tidak hanya menampilkan kawasan wisata berpasir lembut dengan diselingi karang-karang yang menjadi ciri umum daerah itu, namun ada juga beberapa vegetasi alam yang siap untuk menyambut turis dari berbagai tempat. Tidak hanya wisatawan lokal, namun ternyata beberapa juga didapati berasal dari mancanegara.

Pantai tersebut cukup banyak ditumbuhi oleh rerumputan hijau yang begitu segar dipandang oleh mata. Selain itu, penampakan sekitarnya juga tidak kalah indah dari beberapa objek di sekitarnya. Lokasinya juga tidak terlalu jauh, cukup dekat dengan tempat wisata lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Wohkudu

Daya Tarik Dimiliki Pantai Wohkudu
Image Credit: Instagram.com @zeewannawalk

1. Dekat dengan Beberapa Tempat Wisata Lainnya

Inilah yang menjadikan Pantai Wohkudu cukup menarik minat para wisatawan. Ketika datang ke sana, tidak perlu terlalu jauh jika bertolak dari beberapa pantai di sekitarnya. Kawasan Gunung Kidul memang mempunyai banyak sekali pantai, sehingga ketika ke sana tidak hanya mengunjungi satu pantai saja, akan tetapi beberapa pantai di sekaligus.

Beberapa objek wisata di sekitarnya yang berada cukup dekat yaitu Pantai Kesirat. Jarak antara keduanya bisa ditempuh sekitar sepuluh menit perjalanan saja. Selain itu, ada pula Pantai Sandak yang sudah cukup dikenal oleh orang-orang. Mengunjungi tempat yang satu ini memang terbilang praktis lantaran sejalur dengan banyak pantai lainnya.

Tempat ini juga dekat dengan Celeng Tibo, salah satu pantai yang masih alami di daerah sana. Jalur untuk menuju tempat ini jika dilanjutkan ke arah timur beberapa kilo lagi, akan tiba di Indrayanti. Hal inilah yang menjadi pertimbangan ketika orang-orang memutuskan untuk datang ke tempat wisata yang satu itu.

2. Keadaan Pantai yang Masih Terjaga Kealamiannya

Mengunjungi Pantai Wohkudu, maka wisatawan akan dibawa menuju ke sebuah tempat yang masih sangat terjaga. Titik tersebut tak ubahnya seperti zona yang banyak ditumbuhi oleh vegetasi liar yang hidup bersama dengan beberapa bentangan alam seperti batu dan karang-karang besar. Suasana di sana juga terkesan tertutup lantaran karang-karangnya tergeletak menyelubunginya.

Karang memang menjadi ciri tersendiri dari kawasan di sana. Namun, karang yang ada di tempat tersebut cukup berbeda lantaran bentuknya memanjang dari dalam pulau menuju lautan pada kedua ujungnya. Hal ini seolah membuatnya seperti hamparan pasir yang terselubungi oleh karang-karang tinggi menjulang ke atas.

Nampak juga beberapa vegetasi alam tumbuh di areanya. Pepohonan kelapa tumbuh tinggi menjulang ke atas menghiasi penampilan pantai tersebut. Tumbuh-tumbuhan yang lain juga terlihat hidup di atas karang-karangnya. Hal tersebut membuat view yang cukup indah untuk dipandangi oleh para wisatawan.

Di bagian perbatasan antara pasir dengan air laut, bebatuan karang kecil terlihat muncul dari bawah seolah menjadi benteng alami untuk menjaga tempat tersebut. Secara keseluruhan, pantai ini memang masih terjaga keasliannya sehingga cocok jika ingin mencoba sensasi baru dari objek wisata bahari di bagian selatan Yogyakarta tersebut.

Daya Tarik Pantai Wohkudu
Image Credit: Twitter.com @JogjaUpdate

3. Pemandangan Mempesona yang Tersaji

Kenampakan alam yang ada di sekeliling tempat tersebut cukup menarik masyarakat. Perpaduan karang yang ada di dua sisinya dengan lautan di depannya nampak seperti view pada gambaran negeri yang ada di kisah-kisah dongeng. Inilah sebabnya Pantai Wohkudu begitu mempesona banyak pihak.

Jernihnya air laut seolah menyatu apik dengan birunya cakrawala di atasnya. Objek mempesona tersebut begitu apik dijadikan sebagai tempat singgah yang sangat nyaman bagi banyak orang. Dengan adanya pepohonan yang tumbuh subur di pinggir pantainya, turis yang datang dapat singgah dengan leluasa di bawahnya.

Nyiur hijau akan melambai karena terpaan angin tersebut. Suasana pun menjadi semakin syahdu dan inilah sensasi yang diidam-idamkan oleh semua orang yang hendak berlibur di kawasan pantai. Bagian tepi daratan yang berbatasan langsung dengan laut memang menjadi titik yang sempurna bagi siapapun yang ingin mendapatkan suasana damai nan teduh.

4. Pasir Putih yang Lembut

Pantai Wohkudu memiliki hamparan pasir berwarna putih cerah yang seakan memantulkan sinar matahari yang menerpa. Luas area ini juga cukup besar dari pinggir daratan bertanah keras dengan air laut dengan serangkaian ombaknya. Oleh sebab itulah banyak turis yang senang ketika datang ke sana lantaran dapat bermain-main dengan leluasa di area pasirnya yang lembut.

Tidak perlu khawatir jika datang ke tempat wisata tersebut, luas daerah pasirnya cukup besar untuk dijadikan area bermain. Pada bagian ujung yang seringkali dibilas oleh ombak laut memang memiliki banyak karang. Hal itulah yang mengharuskan pengunjung berhati-hati dan memakai alas kaki sebagai langkah perlindungan.

Namun, pada ujung lainnya hanya sedikit karang dijumpai. Bahkan, hampir tidak ada pengganggu yang bisa saja melukai kaki jika secara langsung menyentuh pasir ini. Dengan begitu, wisatawan bisa dengan leluasa menikmati lembutnya pasir putih dan dapat mengajak anak kecil bermain-main dengan bebas dengan membentuknya menjadi berbagai hal.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Wohkudu

Alamat Pantai Wohkudu
Image Credit: Google Maps (Diy Hajar)

Objek wisata yang memukau ini berada di kecamatan Panggang, kabupaten yang dijuluki “surga pantai” itu. Untuk menuju ke sana cukup mudah untuk dilakukan. Dari kawasan Wonosari, pengunjung harus menuju ke Piyungan dan mengarah ke daerah Patul.

Di sana akan ditemui Lapangan Terbang Gading, dan belok ke kanan menuju ke Pasar Playen. Perjalanan dilanjutkan menuju ke Paliyan dan terus hingga sampai ke Girikarto. Dari sanalah pengunjung dapat dengan mudah menemukan papan penunjuk jalan yang mengarahkan tepat ke Pantai Wohkudu tersebut.

Agar dapat mengakses pantai ini lebih jauh lagi, maka sebelum masuk ke dalamnya perlu untuk membayar retribusi. Sama seperti kebanyakan tempat wisata di sana, retribusi tersebut sangat murah. Yakni sebesar 3000 saja untuk mereka yang memakai kendaraan roda dua ketika ke sana. Sedangkan untuk yang memakai mobil harus membayar sebesar 5000.

Petugas yang menarik “tiket” tersebut berjaga pada pos-pos yang ada pada jalur menuju ke sana. Nominal tersebut sangat murah karena tidak perlu lagi membayar biaya parkir kendaraan. Lantaran tidak banyak fasilitas bisa dinikmati, tempat parkirnya pun juga sederhana.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Wohkudu

Kegiatan di Pantai Wohkudu
Image Credit: Google Maps (Peralta)

1. Camping

Ternyata tempat ini juga menjadi salah satu tujuan yang banyak digemari oleh para traveler yang suka berkemah untuk menginap di suatu tempat. Pantai Wohkudu dapat menjadi alternatif yang sangat cocok untuk melakukan hal tersebut. Hal ini lantaran bentukan alamnya relatif datar dan tidak terlalu curam.

Para wisatawan yang datang bisa mendirikan tenda-tenda di seluruh areanya. Pada bagian dalam jauh ke daratan, yang memiliki banyak vegetasi alam tumbuh di sana, bisa dijadikan area yang sangat pas untuk melakukan hal tersebut. Selain itu, pada kawasan pasirnya juga tak kalah menarik untuk menjadi alas tidur yang nyaman.

Pasirnya cukup nyaman untuk menjadi dasar dari tenda yang dibentuk. Tidur di sana dengan melakukan camping dapat membuat perapian.

2. Menikmati Keindahan Alamnya

Dengan panorama yang begitu disayangkan jika hanya dibiarkan begitu saja, menikmati setiap momen berada di sana benar-benar menjadi sesuatu yang perlu dilakukan oleh siapapun yang berkunjung. Wisatawan bisa saja menikmati air lautnya yang sejuk atau pasir putihnya yang lembut.

Selain itu, bebatuan karang yang nampak menjulang tinggi juga menjadi salah satu bentangan alam yang dapat menjadi pijakan tatkala berusaha menikmati hembusan angin yang datang. Ini juga titik yang pas untuk pengunjung melakukan aktivitas fotografi.

Vegetasi hijau yang nampak hidup asri di sana juga menjadi komponen penting. Hal itu karena tumbuhan membawa suasana rindang yang akan meneduhkan hati dan pikiran sehingga menjadi lebih jernih lagi.

Kegiatan Menarik di Pantai Wohkudu
Image Credit: Twitter.com @detikcom

3. Melihat Keindahan Matahari Tenggelam

Tergelincirnya sang surya memang pasti akan dapat dinikmati di sebuah pantai, salah satunya di tempat tersebut. Jika cuaca cerah dan tidak banyak awan yang menutupi angkasa di atasnya, maka hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilihat oleh para pengunjung.

Semburat cahaya jingga menjadi sesuatu yang akan menyapa para pengunjung ketika senja sudah mendekati. Dan inilah yang seringkali menarik minat beragam orang lantaran pemandangan akan jauh lebih indah. Seakan-akan tempat ini menjadi semakin apik dua kali lipat dari sebelumnya.

4. Berburu Potret Foto yang Indah

Seperti tempat wisata lainnya, mengabadikan momen menjadi sesuatu yang wajib dilakukan oleh semua orang. Tak terkecuali ketika mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Dengan bentangan alam yang begitu apik, sayang jika tak digunakan untuk latar belakang foto-foto yang diambil. Selain itu, ketika matahari tergelincir, saat itulah momen yang luar biasa untuk diabadikan.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Penginapan Terdekat dari Lokasi Pantai
Image Credit: Pegipegi.com

1. Greenhouse at Pantai Kukup

Letaknya memang tidak terlalu dekat dengan pantai Wohkudu, namun bisa menjadi pilihan yang tepat jika hendak bermalam. Harga sewa semalamnya tidak terlalu mahal dengan beberapa fasiltias yang memadai meskipun sederhana.

2. Pandan Wangi Villa

Sama seperti penginapan sebelumnya, tempat ini juga berada dekat dengan objek wisata lainnya, yakni Pantai Kukup. Pun demikian, tempat ini menjanjikan sebab harganya cukup rendah namun fasilitasnya cukup berkualitas.

3. Hotel Bintang Baron

Meskipun letaknya terlempar cukup menjauh dari pantai tersebut, akan tetapi tetap dapat menjadi pilihan tatkala singgah ke sana. Harga sewa tiap malamnya cukup murah dengan beberapa sarana yang bisa dipakai dengan bebas oleh para tamunya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Wohkudu

Fasilitas di Pantai Wohkudu
Image Credit: Google Maps (Diy Hajar)

Beberapa fasilitas yang bisa dipakai oleh para pengunjung yaitu beberapa bilik toilet. Selain itu, ada pula beberapa tempat makan yang siap untuk menjamu para tamunya. Beberapa olahan kuliner khas laut menjadi menu yang seringkali dipesan. Memang belum banyak fasilitas, akan tetapi pengunjung tidak perlu terlalu khawatir sebab kebutuhan dasar tersedia di sana.

Gunung Kidul memang menjadi salah satu kawasan yang begitu mempesona dengan banyak sekali pantai di dalamnya. Dari sekian banyak objek wisata tersebut, Pantai Wohkudu menjadi salah satu alternatif yang menjanjikan dengan bentangan alam yang akan membuat siapapun terpukau.