Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Ngasemayu, Salam, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Gunung Kidul, Jogja memang sangat dikenal karena memiliki pantai yang begitu eksotis. Terdapat banyak sekali wisata alam berupa pantai di tempat tersebut. Tapi nyatanya selain wisata berupa pantai, Gunung Kidul juga memiliki salah satu wisata menarik dengan spot foto begitu indah. Tempat tersebut yaitu Taman Bunga Amarilis.

Taman bung aini mempunyai keindahan yang tiada tara dengan bunganya tertata rapi di lahan yang begitu luas. Panorama yang ada di sana tentu akan membuat Anda merasa tertarik untuk segera mengabadikannya. Terlebih lagi tempat tersebut saat ini tengah viral di sosial media Instagram oleh karena foto-foto yang dihasilkan begitu indah.

Tak hanya itu saja, bagi Anda yang sedang memburu tempat-tempat romantis di Kabupaten Gunung Kidul, maka sebaiknya segera datang ke Taman Bunga Amarilis ini. Fasilitas yang sudah tersedia di tempat tersebut begitu lengkap dan memadai. Selain itu harga tiket yang dipatok terbilang sangat murah.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Bunga Amarilis

Daya Tarik Taman Bunga Amarilis
Image Credit: Google Maps Muhamad Yani

1. Spot Foto Indah

Ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan Taman Bunga Amarilis dan salah satu yang pasti adalah spot foto indah di sana. Kebun tersebut berada di depan rumah dengan halaman yang begitu luas. Area lapang itu ditanami dengan Bunga Amarilis dengan warna cerah serta indah.

Saat Anda tiba di sana, maka Anda bisa melihat warna orange yang mendominasi membuat pengunjung yang datang akan tergoda untuk segera menyentuhnya. Keindahan kebun tersebut sudah populer, terlebih lagi bagi masyarakat sekitar.

Gunung Kidul memang dikenal memiliki banyak sekali ragam wisata menarik untuk dikunjungi, salah satunya taman cantik ini. Jika Anda saksikan sekilas, bunga-bunga yang terhampar di sana memang menyerupai seperti Bunga Tulip yang ada di Negeri Kincir Angin.

Taman bunga ini dilengkapi dengan jalanan setapak, hal itu semakin membantu bagi para pengunjung yang ingin mengakses lebih dekat dan menyentuh bunga. Tapi pastikan Anda tidak merusak keindahan bunga-bunga tersebut dengan memetiknya.

2. Bunga Amarilis yang Cantik

Bagi yang belum mengetahuinya, bunga amarilis memiliki nama latin yaitu Hippeastrum Amaryllidaceae. Dalam bahasa jawa sendiri ada beberapa orang yang menyebut bunga tersebut dengan nama Brambang Boncot. Hal itu disebabkan karena akar bunga dari Bunga Amarilis membentuk seperti Bawang Bombay.

Kelopak Bunga Amarilis tampak begitu cantik dan indah, serta warna orange dan lebar menyerupai lampu tidur. Di antara kelopak bunganya Anda akan melihat putik menyembur menjadikan bunga tersebut semakin tampak eksotik. Bunga disangga dengan batangan hijau serta daun yang memanjang.

Bunga tersebut bermekaran bersama ketika menjelang musim penghujan. Namun perlu diketahui, lama mekar untuk bunga amarilis sendiri hanya sekitar 2 hingga 3 minggu saja. Bunga tersebut memang dikenal tidak tahan jika harus menerima banyak air.

3. Alam yang Indah

Mengunjungi Taman Bunga Amarilis Anda akan menemukan kondisi alam yang begitu indah. Daerah tempat kebun tersebut berada memang cukup berada di wilayah pedesaan, sehingga udara yang ada di sana terasa begitu segar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Bunga Amarilis
Image Credit: Google Maps MatemaViki

Lokasi dari Taman Bunga Amarilis berada di Gunung Kidul Regency. Jika pengunjung berangkat dari Kota Jogjakarta, maka dibutuhkan waktu kurang lebih selama 30 menit atau menempuh jarak sejauh 27 km.

Untuk rute paling mudahnya sebaiknya wisatawan berangkat dari arah Kota Jogjakarta. Tak perlu takut kesasar, karena akses untuk menuju ke tempat ini memang cenderung mudah. Jika masih bingung, Anda bisa gunakan bantuan Google Maps untuk mendapatkan rute terbaik.

Wisatawan dapat mengunjungi Kebun Bunga ini pada pukul 06.00 pagi dan tempat tersebut akan ditutup saat menjelang pukul 06.00 sore. Untuk harinya sendiri kebun bunga tersebut dibuka setiap hari.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Amarilis
Image Credit: Google Maps rachmad widjajanto

Mulanya Taman Bunga Amarilis ini hanya ada satu pemilik pada tahun 2015. Namun dikarenakan keindahan dari bunga tersebut, maka tetangga sekitar akhirnya juga berbondong-bondong ikut membuat taman dan menanam bunga tersebut. Karena itulah, akhirnya Wilayah Patuk, Kabupaten Gunung Kidul jadi terkenal karena adanya bunga tersebut.

Viralnya taman bunga di sosial media membuat pengunjung semakin membludak ketika tahun 2015. Tempat tersebut dipenuhi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Menghindari hal itu akhirnya banyak pemilik yang membuat ide untuk membuat pagar di sekeliling hamparan taman bunga.

Gambar bunga yang satu ini memang sangatlah istimewa dan juga populer di Kota Gunung Kidul. Bagi Anda yang berniat untuk mengunjunginya, maka perlu mengetahui informasi mengenai harga tiketnya.

Taman bunga bisa Anda nikmati keindahannya hanya dengan membayar uang sebesar Rp 10.000 saja. Tiket tersebut sudah termasuk ongkos parkir. Yang tak kalah menarik lagi lokasi dari kebun bunga ini berada di area Pantai Gunung Kidul. Sehingga ketika mengunjungi kebun bunga tak ada salahnya Anda mampir ke pantai tersebut.

Aktivitas yang Menarik di Taman Bunga Amarilis

Aktivitas Menarik Taman Bunga Amarilis
Image Credit: Google Maps Ipong Kezia

1. Menikmati Keindahan Bunga

Taman Bunga Amarilis bisa dikatakan sebagai area wisata tahunan karena memang bunga tersebut akan mengalami mekar setiap tahun. Namun, seperti yang sudah disinggung, jangka waktu mekar dari Bunga Amarilis begitu pendek. Karena itu, bagi pengunjung yang tertarik melihatnya, maka harus segera datang ke tempat tersebut.

Jalan setapak di sana sudah rata dengan semen, sehingga wisatawan tak perlu merasa khawatir nantinya kaki kotor atau basah. Taman pun juga dibentuk berkotak-kotak yang membuatnya semakin tampak indah dan rapi. Hal itu pulalah yang akan membuat anjing merasa semakin nyaman ketika mengeksplor area wisata.

2. Berburu Foto

Aktivitas wajib yang pastinya harus dilakukan selama berada di Taman Bunga Amarilis yaitu berburu foto. Pastikan Anda membawa perangkat kamera agar bisa mendapatkan hasil foto terbaik dan Instagramable. Pilih angel yang pas supaya nantinya gambar yang bisa Anda peroleh benar-benar maksimal.

Anda yang tengah mencari lokasi untuk foto prewedding maka di tempat ini pun juga memungkinkan melakukan aktivitas tersebut. Namun, untuk melakukan foto prewedding tentu akan dikenakan tarif tersendiri. Anda bisa menegosiasikan hal itu dengan pihak pengelola wisata untuk mendapatkan harga terbaik.

3. Nikmati Jajanan

Dikarenakan Taman Bunga Amarilis begitu populer dan banyak pengunjung yang berdatangan, maka wajar saja jika tempat tersebut dipenuhi dengan banyak orang berjualan. Aneka jajanan bisa Anda coba sambil lalu berkeliling menikmati keindahan bunga yang ada di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Bunga Amarilis
Image Credit: Google Maps Sunarto Antok

Seperti namanya, fasilitas utama yang ditawarkan oleh Taman Bunga Amarilis yaitu pemandangan taman yang begitu indah. Anda akan menyaksikan bunga bermekaran saat menyusuri jalan setapak yang sudah disediakan oleh pihak pengelola tempat wisata. Dengan adanya fasilitas tak perlu takut kotor ataupun becek.

Taman bunga tersebut memang sangatlah cocok untuk dikunjungi wisatawan yang gemar berfoto. Selain alam sekitarnya yang begitu sejuk dan indah, tempat tersebut memang menyuguhkan spot foto menarik dan cantik. Anda bisa mendapatkan tema foto Bunga Amarilis yang layak untuk Anda pamerkan di sosial media.

Fasilitas lain yang juga telah tersedia yaitu area parkir yang luas serta warung makan yang banyak berdiri di dekat tempat wisata. Berlibur ke tempat ini bersama dengan pasangan Anda merupakan ide menarik yang harus dicoba.

Taman Bunga Amarilis di Kabupaten Gunung Kidul memang tempat yang sangatlah populer. Anda yang tengah mencari tempat wisata indah serta instagenik, maka tak perlu ragu untuk segera meluncur ke kabupaten tersebut. Dengan tiket hanya sebesar Rp 10.000 Anda sudah bisa menikmati keindahan yang ada di sana.