15 Tempat Wisata di Batang

Batang secara administratif merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Daerah ini sebagian besar terdiri dari pegunungan dan perbukitan, dengan sedikit dataran rendah di bagian utara.

Dengan relief bumi yang demikian tidak mengherankan jika Batang kaya akan potensi wisata alam. Ada beragam destinasi menarik di Batang yang wajib kamu kunjungi, mulai dari wisata pantai, air terjun, agrowisata bahkan pemandian air hangat, semua komplit dimiliki Kabupaten Batang.

Berikut rekomendasi 15 tempat wisata terbaik yang bisa kamu jadikan referensi saat mengunjungi Kabupaten Batang. Karena sebagian besar merupakan daerah yang masih alami, pastikan kamu selalu memperhatikan kebersihan dan keasrian lokasi-lokasi tersebut.

1. Desa Wisata Pranten

Desa Wisata Pranten

Lokasi: Pranten, Kec. bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Batangkabupaten.blogspot.com

Desa Wisata Pranten terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Kecamatan Bawang yang menawarkan keindahan alami desa di atas awan. Bagi kamu yang ingin refreshing di tempat sejuk dan damai, desa ini menjadi rekomendasi terbaik.

Kamu bisa mengabadikan panorama lanskap sembari menikmati kehidupan desa yang menentramkan. Akses menuju Desa Pranten tidak susah dijangkau dengan kendaraan umum atau pribadi. Fasilitas yang tersedia pun relatif lengkap, mulai dari penginapan, tempat ibadah, MCK, dan sebagainya.

2. Curug Gombong

Curug Gombong

Lokasi: Gombong, Silombang, Kec.  Pecalungan, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Pegipegi.com

Bagi kamu yang ingin menyegarkan diri dengan bermain-main air sejuk, Curug Gombong yang terletak di Kecamatan Pecalungan ini bisa dijadikan referensi tempat wisata wajib dikunjungi. Dengan ketinggian 15 meter, Curug Gombong mengalir di antara bebatuan lapis yang unik dan eksotis.

Air terjun ini sering dijadikan wisata edukasi untuk mengkaji jenis-jenis batuan alam yang ada di sana. Jadi, kamu bisa berwisata sekaligus belajar mengenal alam. Kamu tidak perlu khawatir dengan akses menuju lokasi karena mudah dijangkau. Fasilitas untuk pengunjung pun sudah lumayan lengkap.

3. Pantai Jodo Gringsing

Pantai Jodo Gringsing

Lokasi: Sikluyu, Sidorejo, Kec. Gringsing, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Eksapedia.com

Pantai Jodo Gringsing telah memiliki nama di hati para pelancong lokal maupun luar daerah. Pantai yang terletak di Kecamatan Gringsing ini menyajikan pemandangan tepi laut yang asri dipadu pasir kecoklatan. Bagian terbaiknya adalah kamu bisa menyaksikan golden sunset yang menakjubkan di tempat ini.

Meskipun belum mengalami pembangunan yang begitu banyak, kamu tidak perlu khawatir karena fasilitas pengunjung sudah relatif lengkap. Kamu juga bisa menikmati berbagai kuliner khas yang dijual di sana.

4. Curug Agung

Curug Agung

Lokasi: Purbo, Candirejo, Purbo, Pasusukan, Kec. Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah.  – Image Credit by Youtube.com (Nur Haris)

Air terjun yang memiliki pesona bebatuan eksotis ini terletak di Kecamatan Bawang dan dikenal sebagai salah satu curug dengan panorama mengagumkan. Spesial untuk kamu yang menggemari fotografi alam atau hobi berburu spot selfie, Curug Agung wajib dikunjungi.

Kamu bisa merasakan segarnya air terjun yang mengalir bebas dari atas tebing sembari berenang santai di hilir curug. Kamu juga bisa camping di lokasi curug dengan izin dari pengelola. Untuk menuju ke curug kamu harus berhati-hati karena jalan yang masih setapak.

5. Curug Sodong

Curug Sodong

Lokasi: Komplek Geopark Ciletuh, Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. – Image Credit by Ladypinem.com

Batang memang memiliki banyak potensi wisata air terjun alami yang menakjubkan. Selain Curug Agung, ada juga Curug Sodong yang sama memukaunya. Arus di curug ini lumayan deras dan mengalirkan air yang kadang berwarna kecoklatan karena sedimentasi lumpur.

Suasana di Curug Sodong masih sangat alami sehingga sangat sesuai bagi kamu yang ingin bersantai merasakan keasrian. Kamu juga bisa membeli buah salak Sodong yang khas di tempat ini dengan harga terjangkau.

6. Telaga Dringo

Telaga Dringo

Lokasi: Kec. Blado, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Yukpiknik.com

Destinasi wisata yang berada di Kecamatan Blado ini siap memberikan nuansa asri yang tidak akan kamu lupakan. Di Telaga Dringo kamu bisa menikmati pesona alam yang menakjubkan berupa telaga alam dan pepohonan hijau di kejauhan yang memanjakan mata.

Kamu bisa mendapatkan spot foto terbaik di tempat ini, atau hanya sekadar duduk santai di tepi telaga yang alami. Ada pula berbagai aktivitas alam yang bisa kamu lakukan seperti camping atau outbond. Penduduk sekitar yang ramah juga akan membuatmu semakin betah berada di tempat ini.

7. Kebun Teh Pagilaran

Kebun Teh Pagilaran

Lokasi: Keteleng, Kec. Blado, Keteleng, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Travel.kompas.com

Bagi kamu yang ingin memanjakan mata dengan hijau royo-royo perkebunan teh, tempat yang terletak di Kecamatan Blado ini wajib dikunjungi. Kamu juga bisa menemukan beberapa bangunan kuno dengan arsitektur Eropa klasik yang estetik dan bisa dijadikan spot foto menarik.

Di Kebun Teh Pagilaran kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti outbond, flying fox, atau berjalan mengelilingi perkebunan sambil menyapa penduduk setempat. Terdapat juga jembatan gantung yang cukup menantang nyalimu untuk menyeberanginya.

8. Pantai Ujung Negoro

Pantai Ujung Negoro

Lokasi: Ujungnegoro, Kec. Tulis, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Foati.com

Bagian utara wilayah Batang memang memiliki banyak pesona pantai alami yang memikat, salah satunya Pantai Ujung Negoro yang terletak di Kecamatan Tulis. Pantai ini sudah banyak dikenal di kalangan wisatawan akan eksotisme hamparan pasirnya yang berpadu dengan batuan karang.

Lingkungan pantai yang masih alami memberikan nuansa asri. Kamu bisa berjalan-jalan di tepi pantai sambil menikmati ombak yang tenang atau menyewa perahu untuk berkeliling. Tidak jauh dari pantai, kamu juga bisa singgah di Gua Aswatama.

9. Puncak Patran

Puncak Patran

Lokasi: Kebaturan, Bawang, Mulyosari, Jambangan, Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Kampusnesia.com

Puncak Patran menawarkan spot terbaik untuk menikmati panorama lanskap dari ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut. Destinasi wisata yang terdapat di Kecamatan Bawang ini mendapat julukan negeri atas awan karena menyajikan pemandangan indah seolah berada di atas awan.

Di sini ada berbagai fasilitas untuk hasil foto terbaik kamu, seperti gardu pandang, rumah pohon, dan sebagainya. Ada juga wisata edukasi penangkaran rusa yang memberikanmu pengalaman berinteraksi dengan binatang langka ini.

10. Curug Botoh

Curug Botoh

Lokasi: Kebadoran, Purbo, Kec.  Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Simplephotoart.blogspot.com

Air terjun eksotis lainnya di Batang yaitu Curug Botoh yang berada di daerah Kecamatan Tersono. DI tempat ini kamu bisa berbasah ria ataupun mandi di bawah segarnya air terjun. Meskipun belum banyak wisatawan yang familiar dengan tempat ini, namun keindahan panoramanya tidak diragukan lagi.

Suasana lingkungan curug yang alami dan asri akan memberikan ketenangan dan kedamaian. Untuk menuju Curug Botoh kamu perlu berhati-hati karena jalannya berupa bebatuan licin.

11. Green House Sri Tani Lestari

Green House Sri Tani Lestari

Lokasi: Keteleng, Kec. Blado, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Batanguntukindonesia.blogspot.com

Tempat wisata di Kecamatan Blado ini sangat cocok kamu kunjungi jika suka warna-warni bunga bermekaran. Orang-orang sering menyebut tempat ini sebagai Taman Bunga Krisan karena memang banyak membubidayakan bunga krisan beragam variasi. Selain krisan, banyak juga jenis bunga lain.

Tempat satu ini memiliki berbagai spot foto instagenic yang memberikan nuansa kebun bunga di luar negeri. Akses untuk menuju lokasi sangat mudah karena tidak terlalu jauh dari pusat kota.

12. Ecopark Bandar

Ecopark Bandar

Lokasi: Jl. Raya Sidomulyo No.KM 1, Karetan, Wonokerto, Kec. Bandar, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Youtube.com (Ifan Prasetiyo)

Selain kaya akan potensi wisata alam, di Batang, tepatnya di Kecamatan Bandar terdapat wisata ekologi bernama Ecopark Bandar. Di tempat ini kamu bisa menghabiskan waktu bersantai dengan keluarga atau kawan-kawan.

Wahana yang ada di Ecopark beragam, meliputi kolam renang alami, perosotan air, dan sebagainya. Kamu bisa berenang atau sekadar bersantai di gazebo yang disediakan. Fasilitas pengunjung di tempat ini juga lumayan lengkap.

13. Agrowisata Salak Pondoh Sodong

Agrowisata Salak Pondoh Sodong

Lokasi: Jl. Desa Sodong, Sodong, Kec. Wonotunggal, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Tripadvisor.com

Batang juga memiliki potensi wisata agrowisata yang wajib kamu kunjungi, salah satunya Agrowisata Salak Pondoh yang terletak di Kecamatan Wonotunggal. Tempat ini tidak jauh dengan Curug Sodong, dan sama-sama menawarkan panorama alam yang asri.

Kamu bisa menyaksikan kebun salah penduduk setempat yang sangat banyak. Kamu juga bisa berkesempatan memetik langsung salak pondoh khas dari pohon.

14. Pemandian Air Hangat Sangubanyu

Pemandian Air Hangat Sangubanyu

Lokasi: Pesanggrahan, Sangubanyu, Kec. Bawang, Kab. Batang, Jawa Tengah. – Image Credit by Youtube.com (B Chanel)

Di tempat ini kamu bisa bersantai ria sembari berendam di pemandian air hangat yang memberikan efek relaksasi. Jika kamu menginginkan tempat bersantai sekaligus bermanfaat untuk kesehatan, wajib mencoba pemandian air hangat yang masih alami ini.

Terletak di Kecamatan Bawang yang merupakan lereng pegunungan, kamu akan merasakan hawa sejuk yang asri. Akses menuju lokasi juga relatif mudah dijangkau dengan kendaraan umum atau pribadi.

15. Sungai Lampir

Sungai Lampir

Lokasi: Pujut, Kec. Tersono, Kab. Batang, jawa tengah. – Image Credit by Jatengprov.go.id

Sungai Lampir sangat pas dimasukkan dalam daftar destinasi terbaik jika kamu menggemari olahraga pemacu adrenalin seperti tubing. Kamu bisa merasakan pengalaman tubing yang menantang di aliran Sungai Lampir.

Kamu bisa tubing sambil menikmati pemandangan lingkungan sekitar sungai yang masih alami. Bagi pemula tidak perlu khawatir karena tubing di sungai ini masih tergolong aman.

Itulah 15 destinasi wisata di Batang yang harus kamu singgahi jika berkunjung. Dengan panorama alamnya yang masih asri, tempat-tempat tersebut sangat tepat untuk kamu menghabiskan waktu liburan atau sekadar mengisi waktu luang. Selamat berpetualang!