Biaya Wisata: Mulai Rp 50.000, Jam Operasional: 24 Jam , Alamat:  Jl. A.E. Suryan, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kepulauan Karimunjawa menjadi salah satu tempat pariwisata yang mempunyai potensi cukup tinggi dalam menarik minat ataupun devisa dari wisatawan luar negeri dan dalam negeri. Tidak jarang apabila saat musim berlibur sudah tiba, maka kepulauan yang menjadi andalan di Jawa Tengah tersebut akan dipenuhi dengan wisatawan yang datangnya dari beragam penjuru dunia.

Tempat wisata yang satu ini terbilang sangat fantastis hingga mampu menyedot banyak wisatawan. Hal tersebut dikarenakan kepulauan tersebut memang mempunyai berbagai macam keunikan serta keindahan panorama alam yang tidak tertandingi. Ketika menghabiskan liburan di sana, maka Anda bisa merasakan ketenangan jiwa dan pikiran.

Sehingga, cocok sekali didatangi oleh orang-orang yang sedang penat atau bosan dengan aktivitas sehari-hari, khususnya yang tinggal di kota besar. Sementara, bagi wisatawan yang sudah memiliki pasangan, maka berkunjung ke Karimunjawa merupakan pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, keindahan dan keasrian yang disajikan akan membuat suasana terasa semakin syahdu.

Daya Tarik yang Dimiliki Kepulauan Karimunjawa

Daya Tarik Kepulauan Karimunjawa
Image Credit: Google Maps Evy Lorini

1. Kesan Mistis

Banyak masyarakat yang telah menyebarkan cerita mengenai destinasi tersebut yang dihubungkan dengan berbagai kejadian yang mistis. Oleh sebab itu, seluruh pengunjung yang ada di sana wajib bersikap secara sopan. Misalnya menjaga diri sendiri dari perilaku-perilaku yang tidak baik agar hal yang tak diinginkan terjadi.

Hal itu memang dapat dibilang benar adanya. Apabila ditinjau dari mitos dan sejarah memang kepulauan ini dulunya dihuni oleh orang-orang yang sakti. Tentang hal tersebut memang semua orang boleh mengutarakan pendapat. Namun, wajib tetap menjunjung tinggi norma-norma yang ada. Sehingga, jangan banyak menceritakan hal-hal yang sebetulnya belum terjadi.

2. Terdapat Hutan Tropis

Daya tarik yang cukup populer di Kepulauan Karimunjawa ini yaitu adanya hutan tropis. Hutan tersebut juga sangat khas dengan pesisir yang isinya sendiri adalah ekosistem dari pohon bakau. Banyaknya pohon bakau yang telah berumur puluhan tahun itu juga disandingkan dengan berbagai jenis pohon lainnya. Hutannya yang asri dan lebat membuat tempat itu memiliki spot yang teduh.

Selain itu, indahnya hutan juga dilengkapi dengan rentetan bukit yang terbilang tinggi dan menyuguhkan suasana yang sejuk. Perbukitan tersebut juga memberikan spot untuk melihat pemandangan laut dan beberapa pulau kecil yang mampu membuat pengunjung akan terkagum-kagum.

Daya Tarik Dimiliki kepulauan karimunjawa1
Image Credit: Twitter #JatengTangguh SWARAGAMA 101.7 FM

3. Budaya Lokal

Banyak sekali pengunjung yang hanya datang ke tempat pariwisata ini untuk melihat dan menghabiskan waktu di pantai maupun lautnya saja. Padahal apabila Anda memperhatikan kehidupan masyarakat lokal, maka akan dapat menemukan budaya lokal yang unik sekali dan belum ditemukan pada daerah lainnya.

Sikap ramah penduduknya yang senantiasa menyambut kepada seluruh wisatawan merupakan ciri khas dan karakter orang-orangnya. Saat ada di sini juga terlihat bahwa kehidupan religius dari masyarakatnya pun masih kental. Profesi yang banyak dilakukan yaitu sebagai nelayan, walaupun saat ini mulai ada yang beralih ke bidang pariwisata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Kepulauan Karimunjawa
Image Credit: Twitter à n d r e y

Lokasi dari Kepulauan Karimunjawa ini terletak di Kec Karimunjawa, Kab Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Untuk bisa tiba di destinasi wisata tersebut, maka ada beberapa rute yang bisa dipilih salah satunya yakni dari Kota Jepara. Untuk sampai di Jepara maka bisa dilakukan melalui jalur darat dengan naik motor, mobil, maupun angkutan umum.

Setelah itu dilanjutkan lagi untuk menuju Pelabuhan Kartini yang berada di Pantai Kartini Kota Jepara. Dari situ, melanjutkan perjalanan lagi dengan kapal feri untuk tiba di Pulau Karimunjawa yang akan memakan waktu kurang lebih 4 hingga 5 jam. Pengunjung bisa memakai kapal Bahari yang tersedia setiap Senin, Selasa, serta Jumat.

Namun, biaya pada kapal Bahari memang cukup tinggi dengan fasilitas yang bagus pula. Namun, jika ingin bisa lebih berhemat lagi, maka memilih kapal feri Siginjai dengan kelas yang ekonomi saja. Kapal tersebut akan mulai dioperasikan setiap Senin, Rabu, serta Sabtu pada jam 7 atau 8 pagi.

Sementara, saat ingin mengambil rute dari Kota Semarang, maka terdapat 2 pilihan jalur yaitu laut dan udara. Apabila mengambil yang jalur laut, maka Anda harus menaiki kapal terlebih dahulu di Pelabuhan Tanjung Mas untuk sampai tujuan.

Jika mengambil jalur udara, maka dari Kota Semarang Anda pun bisa berangkat menggunakan pesawat terbang di Bandar Udara Ahmad Yani hingga tiba di Bandar Udara Dewadaru yang terdapat di kawasan Karimunjawa. Pesawat yang bisa dipilih diantaranya yakni NAM Air, Wings Air, dan Susi Air. Pilihan bisa disesuaikan saja dengan dana yang dimiliki.

Apabila tidak ingin ribet dan bingung, maka gunakan saja berbagai agen pariwisata yang tersedia. Sehingga, Anda akan dipandu juga oleh seorang pemandu wisata yang akan memudahkan selama berlibur.

Pastikan utuk menentukan musim yang tepat saat melakukan perjalanan ke sana. Pasalnya, saat musim hujan maka angin dan ombak di sana tidak tidak mendukung sekali. Sehingga, beberapa kapan akan takut untuk menyebrang.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Ticektet Kepulauan Karimunjawa
Image Credit: Twitter #JatengTangguh

Biaya melakukan wisata di Kepulauan Karimunjawa terbilang fleksibel karena tergantung dengan jarak kota serta kebutuhan masing-masing. Apabila Anda sudah sampai di Kab Jepara, maka terdapat beberapa rincian pengeluaran biaya. Misalnya seperti tiket kapal PP sebesar 380 ribu rupiah, sewa motor sebesar 100 ribu rupiah, makan sekitar 50 ribu rupiah per hari.

Kemudian juga biaya untuk retribusi sekitar 150 ribu rupiah, sewa kamera sebesar 150 ribu rupiah, tour snorkeling sebesar 250 ribu rupiah, dan masih banyak biaya-biaya lainnya yang tak terduga. Oleh karena itu, apabila berwisata selama sehari saja maka minimal harus menyiapkan dana sebesar 1,5 juta rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Karimunjawa

Aktivitas seru di kepulauan karimunjawa
Image Credit: Instagram kou.sidjabat

1. Berfoto di Pantai Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam adalah salah satu spot wisata yang ada di kepulauan tersebut. Pemandangan yang paling menarik dari pantai ini yaitu keindahan sunset atau matahari tenggelam. Sehingga, banyak pengunjung yang memanfaatkan pemandangan tersebut untuk melakukan foto dengan gaya memegang matahari.

2. Snorkeling di Pulau Gosong

Pulau Gosong sendiri bukan memiliki arti bahwa hangus seperti halnya kayu yang dibakar. Akan tetapi, ini merupakan destinasi yang mempunyai beragam terumbu karang yang begitu indah dan unik. Selain itu, pengunjung bisa menemukan ikan hias dalam jumlah ribuan yang bisa diajak main ketika sedang melakukan kegiatan snorkeling.

3. Bermain Pasir Putih di Pulau Maer Gosong

Pulau Maer Gosong ini hanya bisa ditemukan ketika air di Kepulauan Karimunjawa sedang pasang surut. Diameter yang dimiliki oleh Maer Gosong tergolong kecil serta dengan pasir berwarna putih yang cantik. Sehingga, hanya bisa dilihat oleh pengunjung pada waktu tertentu saja. Oleh karena itu, jika berkesempatan menemukannya, jangan lewatkan untuk bermain pasir putih di sana.

Aktivitas kepulauan karimunjawa
Image Credit: Google Maps putri ipung

4. Mengunjungi Penangkaran Hiu di Menjangan Besar

Di Menjangan Besar pengunjung bisa menemukan spot yang memiliki banyak pantangan yang tidak boleh dilanggar. Pasalnya, nantinya Anda akan melihat sebuah penangkaran yang berisi ikan hiu. Penangkaran tersebut memiliki puluhan ikan hiu yang tentunya siap untuk menghibur Anda. Pemandangan ini pastinya cukup unik karena tidak ada di destinasi lainnya.

5. Piknik di Pinggir Pantai

Kegiatan piknik ini cocok sekali dilakukan apabila Anda berlibur dengan mengajak banyak teman maupun keluarga. Pasalnya, kegiatan ini merupakan kesempatan Anda untuk bisa saling bercengkrama. Ditambah lagi dengan menikmati beberapa cemilan yang telah disiapkan sebelumnya.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Kepulauan Karimunjawa
Image Credit: Instagram rofiun

1. Karimun Lumbung

Karimun Lumbung merupakan penginapan yang satu-satunya mempunyai bentuk menyerupai rumah hanoi di Kepulauan Karimunjawa. Di sana ada sejumlah cottage yang dapat Anda sewa dengan kamar standar. Menariknya, cottage yang ada di sini menghadap langsung ke danau mungil serta di sekelilingnya ada pepohonan hijau yang sejuk dan rindang.

Apabila Anda menginap sampai malam di penginapan tersebut, maka karyawan akan membuat api unggun yang dapat dinikmati di belakang cottage. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menginap di sini kurang lebih 280 ribu rupiah dalam satu malam.

2. CocoHuts Inn

CocoHuts Inn adalah rekomendasi hotel bagi Anda yang ingin menginap dengan panorama super. Penginapan yang satu ini telah membagi kamar menjadi 2 bagian, yaitu bagian lantai atas dan lantai bawah. Oleh karena itu, pilih saja lantai atas apabila Anda ingin dapat menikmati panorama yang paling memukau.

Fasilitas yang ditawarkan juga tidak kalah menarik seperti sarapan gratis, wifi super kencang, kamar yang luas, dan lain-lain. Untuk harganya sendiri juga cukup hemat yaitu mulai dari 270 ribu rupiah saja per malamnya.

3. Kura-Kura Resort

Kura-Kura Resort bisa menjadi pilihan terbaik Anda apabila ingin menginap di tempat yang tenang. Pemandangan alam yang eksotis serta fasilitas yang premium juga akan diberikan kepada pelanggan. Di sini, pelanggan seolah merasakan nuansa berlibur di pulau milik pribadi.

Beberapa jenis kamarnya sendiri yakni Family Pool Villa, Pool Villa, Deluxe Cottage, dan Superior Cottage. Terdapat pula tembok di sekeliling bangunan hotel yang dimaksudkan agar pelanggan memiliki privasi ketika ada di sana. Harga untuk bermalam di hotel ini yaitu mulai dari sekitar 2,8 juta rupiah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di kepulauan karimunjawa
Image Credit: Facebook TripZilla Indonesia

Sebagai salah satu tempat yang memiliki banyak penghuni, maka fasilitas yang tersedia di Kepulauan Karimunjawa tentu tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, seluruh pengunjung yang ada di sana pastinya akan dimanjakan dengan beragam fasilitas yang nyaman dan memadai. Bahkan, di beberapa area juga sudah tersedia ATM yang bisa digunakan selama 24 jam penuh.

Toko souvenir dan warung-warung pun akan menghiasi setiap spot yang Anda datangi di kepulauan itu. Berbagai menu makanan, minuman, cemilan, hingga oleh-oleh pun bisa dibeli dengan mudah. Jika Anda ingin melakukan kegiatan diving dan snorkeling, maka terdapat tempat yang menyewakan perlengkapannya.

Tidak ketinggalan juga banyak ditemukan fasilitas penting seperti toilet. Bagi pengunjung yang beragama Islam, bisa melakukan kegiatan beribadah di beberapa mushola di sana. Untuk fasilitas kesehatan di tempat ini juga cukup layak dengan adanya sebuah Puskesmas. Sehingga, Anda bisa datang ke sana apabila mendadak badan terasa kurang sehat.

Itulah beberapa hal menarik seputar Kepulauan Karimunjawa, Jepara. Berkunjunglah ke sana untuk mendapatkan suatu pengalaman yang baru dengan sajian panorama alam yang menawan.