12 Wisata Pantai di Banyuwangi Paling Recommended

Wisata Pantai Banyuwangi

Banyuwangi, Jawa Timur, adalah satu daerah yang memiliki banyak wisata pantai. Daerah yang biasanya dilewati orang-orang yang akan menyeberang ke Pulau Bali ini memang terletak di wilayah yang dilengkapi dengan deretan pantai dari ujung ke ujung.

Inilah mengapa banyak sekali wisatawan yang tertarik datang ke Banyuwangi, apalagi jika mereka memang memiliki rencana untuk sekalian datang ke Bali. Di bawah ini adalah daftar di mana saja kalian bisa menemukan wisata pantai di Banyuwangi.

Semua pantai-pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat liburan. Pantai-pantainya memiliki pemandangan yang indah dan semuanya bisa menawarkan pengalaman liburan tak terlupakan. Berikut ini adalah daftar destinasi pantai yang bisa kalian lihat sebelum datang ke Banyuwangi

1. Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi

Lokasi: Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Wikipedia.org

Pantai Rejegwesi merupakan salah satu pantai yang sangat terkenal di Jawa Timur, terutama di daerah Banyuwangi. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah di mata sehingga sering kali dipadati oleh wisatawan, baik lokal maupun wisatawan manca negara.

Di pantai ini, kalian akan melihat banyak sekali nelayan yang datang melaut untuk mencari ikan. Pemandangannya akan semakin indah dengan banyaknya perahu nelayan yang berjejer di tempat ini. Inilah mengapa pantai dengan ombak yang cukup besar ini menjadi salah satu wisata andalan Banyuwangi dan juga sebagai tempat pelelangan ikan.

2. Pantai Boom

Pantai Boom

Lokasi: Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Kumparan.com

Jika ingin berwisata pantai di Banyuwangi, kurang lengkap rasanya jika belum datang ke pantai Boom. Pantai ini terkenal sebagai salah satu pantai terindah di Banyuwangi. Lautan lepas dan hamparan pasir memang membuat pantai yang satu ini sangat cantik dan menarik.

Pantai Boom menjadi terkenal karena sering dijadikan sebagai lokasi acara-acara berskala internasional, seperti acara Jazz Festival dan acara yang lainnya. Bagi kalian yang ingin datang ke pantai Banyuwangi, pantai yang satu ini wajib sekali dikunjungi dan tentu kalian tidak akan kapok karena memang pemandangannya sungguh elok.

3. Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau

Lokasi: Krajan, Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Travelingyuk.com

Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Teluk Hijau di Banyuwangi ini. Bukan hanya wisatawan lokal, lho, tapi juga wisatawan manca negara. Mengapa demikian? Tentu saja karena pantai ini terlihat sangat cantik dan cocok untuk foto-foto.

Pantai Teluk Hijau memiliki banyak fasilitas andalan yang bisa digunakan oleh para wisatawan. Tak perlu takut untuk berwisata di pantai ini karena sudah banyak sekali hotel, tempat makan,  tempat parkir dan lain-lainnya yang bisa digunakan para wisatawan selama liburan di pantai yang satu ini.

4. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Lokasi: Purworejo, Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Travelspromo.com

Salah satu wisata andalan Banyuwangi dalam hal pantai adalah Pantai Plengkung. Belum lengkap rasanya jika wisatawan datang ke Banyuwangi dan ingin wisata pantai tapi tidak datang ke Pantai Plengkung yang memiliki pemandangan cantik ini.

Untuk yang suka berselancar atau surfing, pantai ini juga cocok sekali untuk dikunjungi. Di kalangan para peselancar, pantai ini terkenal dengan nama G-Land dan para peselancar mengatakan jika ombak di pantai ini cocok sekali untuk peselancar dan kadang-kadang bisa sampai mencapai enam hingga tujuh meter tingginya.

5. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol

Lokasi: Bangsring, Kec. Wonosorejo, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Wikipedia.org

Untuk yang mencari pantai dengan pemandangan indah dan cocok untuk selfie, Pantai Watu Dodol ini menjadi salah satunya. Di pantai ini, kalian akan menemukan pemandangan yang luar biasa indah dan bisa dijadikan sebagai sarana memanjakan mata.

Di pantai ini, pemandangannya menjadi unik karena banyak bongkahan batu besar di mana-mana, termasuk di bibir pantai. Batu-batu besar ini menjadi background foto dan selfie yang terkenal di kalangan wisatawan. Inilah mengapa pantai ini diberi nama “Watu Dodol” di mana “Watu” berarti batu di dalam bahasa Jawa.

6. Pantai Pancur

Pantai Pancur

Lokasi: Kalipahit, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Ksmtour.com

Pantai Pancur merupakan salah satu pantai yang paling sering dikunjugi di Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai dengan hamparan pasir yang luas dan juga dengan pepohonannya ini memang cantik dan menjadi wisata andalan Banyuwangi sejak lama.

Di pantai ini, ada beberapa tempat menarik, terutama ada hutan di dekatnya dan juga beberapa gua di dekatnya. Di pantai ini, wisatawan bisa menikmati aneka fasilitas dan juga aneka tempat-tempat untuk berfoto dan bersantai. Inilah mengapa tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata bersama dengan keluarga.

7. Pantai Ngagelan

Pantai Ngagelan

Lokasi: Gladak Kembar, Purwoagung, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Ksmtour.com

Wisatawan yang ingin datang ke pantai yang masih asri di Banyuwangi, jangan lupa datang ke Pantai Ngagelan. Pantai yang satu ini dikenal sebagai salah satu pantai yang menjadi andalan wisata daerah Jawa Timur dan dikunjungi oleh ratusan wisatawan tiap tahunnya.

Di pantai dengan pemandangan indah ini, wisatawan bisa berenang, menikmati suasana pantai, dan juga berkeliling pantai dengan menggunakan perahu. Pokoknya, wisata di pantai ini tidak akan membuat wisatawan kapok. Semua hal yang bisa menjadikan sebuah pantai cocok dikunjungi bisa didapatkan di pantai ini.

8.Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Lokasi: Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Pegipegi.com

Ada banyak pantai di Banyuwangi. Tapi, salah satu yang wajib dikunjungi tentunya adalah Pantai Pulau Merah di mana pantainya sangat indah dan memiliki banyak sekali fasilitas untuk memanjakan para pengujungnya, termasuk warung makan dan juga penginapan.

Pantai ini terkenal dengan nama “merah” di dalamnya karena dari kejauhan, pasir di pantai ini memang terlihat kemerahan. Pantai ini cocok dijadikan wisata andalan bagi mereka yang suka berselancar atau surfing. Suasananya tenang dan ombaknya memang cocok untuk surfing. Tak heran jika pantai ini selalu dijadikan tempat menggelar kompetisi surfing.

9. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade

Lokasi: Jl. Sukamade No.99, Sukamande, Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwang. – Image Credit by Phinemo.com

Pantai Sukamade ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena memang pantainya cantik, suasanya asri, dan memiliki banyak sekali fasilitas yang bisa memenuhi kebutuhan para wisatawan selama berlibur di pantai ini.

Pantai ini merupakan bagian dari Taman Nasional. Namanya Taman Nasional Meru Betiri. Andalan konservasi di pantai ini adalah konservasi penyu di mana pantai ini biasa merawat penyu dan melepasnya ke laut. Kalau ingin melihat penyu-penyu di pantai ini, datang saja di malam hari atau pagi-pagi hari. Penyu-penyu biasanya muncul di waktu-waktu tersebut.

10. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng

Lokasi: Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwang. – Image Credit by Merdeka.com

Di Banyuwangi, Pantai Wedi Ireng merupakan salah satu tujuan wisata pantai yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Alhasil, pantai ini menyumbang banyak dalam pendapatan daerah Banyuwangi per tahunnya dari segi pariwisata.

Pantai Wedi Ireng ini memiliki pasir lembut berwarna hitam. Inilah mengapa pantai ini disebut dengan nama Wedi Ireng. Wedi berarti pasir dalam bahasa Jawa sedangkan Ireng berarti hitam. Di pantai yang fasilitasnya masih terbilang minim namun suasananya asri ini, wisatawan bisa bersantai sepuasnya.

11. Pantai Trianggulasi

Pantai Trianggulasi

Lokasi: Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Banyuwangibagus.com

Kalau kalian jalan-jalan ke Banyuwangi, belum lengkap rasanya jika belum jalan-jalan ke Pantai Trianggulasi. Di pantai dengan nama yang cukup unik ini, kalian bisa melihat pemandangan yang indah, terutama di senja hari menjelang matahari tenggelam.

Pantai ini memiliki banyak hal yang menarik di dalamnya, termasuk hutan di dekatnya dan juga rusa-rusa yang biasa berlarian di pantai. Jangan lupa untuk mengabadikan momen sunset dan sunrise di pantai ini karena memang pantainya memiliki pemandangan yang sangat indah pada saat momen-momen tersebut.

12. Pantai Parang Kursi

Pantai Parang Kursi

Lokasi: Pesanggaran, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Banyuwangibagus.com

Terakhir, ada Pantai Parang Kursi. Pantai ini cukup terkenal di daerah Banyuwangi dan biasanya selalu ramai oleh pengujung. Kalian bisa jalan-jalan di sekitar pantai dan menikmati indahnya pemandangan pantai di sini sepanjang hari, baik di siang maupun di malam hari.

Untuk bisa beriwisata di pantai ini, kalian tidak perlu repot jauh-jauh datang karena lokasinya tidak jauh kok dari pusat kota Banyuwangi. Kalian juga tidak perlu membayar banyak untuk bisa mengunjungi pantai yang satu ini. Semuanya sudah tersedia, termasuk fasilitas-fasilitas pantai dan juga semua kuliner andalan Banyuwangi bisa ditemukan di pantai yang satu ini.

Sudah tahu kan di mana saja ada pantai cantik di Banyuwangi? Nah, jika ingin bermain di pantai dan kalian sedang berada di Banyuwangi, semua pantai-pantai tadi bisa dikunjungi. Jalan-jalan ke lokasi pantai tadi bisa membuat kalian rileks dan melupakan beban sejenak. Inilah mengapa pantai-pantai di Banyuwangi kerap menjadi andalan pariwisata Jawa Timur dan menjadi yang terbaik di Indonesia.