Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Jl. Kanoman, Pungkuran, Kec. Pleret, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Taman Senja Ngelo adalah destinasi wisata yang ada di Bantul, Yogyakarta dan bisa dibilang masih baru. Selain populer sebagai tempat wisata, taman tersebut juga sangat terkenal sebagai salah satu spot nongkrong kekinian untuk para milenial. Apalagi, taman ini juga menyediakan keindahan yang seakan menyatu dengan alam.

Tidak hanya memiliki tempat yang menarik, namun ada pula berbagai aktivitas seru yang ada di sana. Dengan begitu Anda pun bisa semakin betah untuk lama-lama di taman tersebut. Tempat yang indah ini cocok sekali untuk dikunjungi secara sendiri, bersama keluarga, pasangan maupun teman tersayang pada akhir pekan.

Dengan nama senja tentu saja menikmati senja merupakan hal yang jangan sampai terlewatkan oleh Anda. Walaupun terbilang masih baru, tetapi tujuan wisata ini sudah mampu menarik perhatian ratusan pasang mata. Oleh sebab itu, jangan heran apabila Taman Senja Ngelo ini tak pernah sepi oleh pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Senja Ngelo

Daya Tarik Taman Senja Ngelo
Image Credit: Google Maps zulistya adi

1. Sungai yang Luas

Daya tarik yang paling utama ketika mengunjungi Taman Senja Ngelo yakni kecantikan alam pinggiran sungai yang cukup luas. Bukan hanya nuansa hijau dari pepohonan saja, namun air sungai di sana juga berwarna kehijauan. Air sungai pun begitu tenang dan dihiasi oleh bayangan pohon-pohon pada siang hari.

2. Dikelilingi Oleh Tumbuhan Bambu

Di sekeliling kawasan wisata tersebut ditumbuhi oleh banyak sekali bambu hijau dengan ukuran yang segar. Tumbuhan bambu tersebut membuat tempat wisata tampak semakin berbeda dengan taman-taman lainnya.

Adanya tumbuhan bambu yang subur di sana juga membuat area taman teduh dan segar pada siang hari. Sehingga, aktivitas wisata yang Anda lakukan di sana pun akan lebih nyaman.

3. Cocok untuk Melepas Penat

Bayangkan saja Anda yang setiap harinya selalu berjibaku dengan macetnya jalanan ataupun penatnya aktivitas sehari-hari, dapat menghirup udara segar, pastinya mempunyai kesan tersendiri yang luar biasa.

Saat Anda ada di Taman Senja Ngelo, maka akan disuguhkan dengan panorama hijau di sepanjang mata melihat. Tentu saja tak terasa akan langsung merasa fresh dibuatnya. Terlebih lagi Anda juga bisa menyaksikan aliran sungai yang ada di taman tersebut.

4. Terdapat Gazebo yang Berderet Rapi

Tepat di pinggiran aliran sungai, ada gazebo yang berderet dengan rapi. Gazebo di sana terbilang cukup unik dan tentunya menarik. Bentuk gazebo berupa segitiga yang mana saat malam hari akan tampak indah sebab dihiasi oleh lampu-lampu. Anda juga tak perlu khawatir tidak kebagian gazebo karena jumlahnya cukup banyak.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Senja Ngelo
Image Credit: Google Maps Fariz Kurniawan

Alamat dari Taman Senja Ngelo ada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah. Lokasi tepatnya sendiri terletak di daerah Pungkuran, Desa Kanoman, Kecamatan Pleret. Lokasinya pun tergolong cukup mudah untuk ditemukan sebab tak jauh dengan pusat Kota Bantul.

Dari Alun-alun Imogiri memiliki jarak kurang lebih 8 km yang mana bisa Anda tempuh dengan waktu kurang lebih 20 menit memakai kendaraan pribadi. Bila perjalanan Anda dimulai dari pusat perkotaan Yogyakarta, jaraknya kurang lebih 15 km. Untuk mencapainya pun bisa ditempuh dengan waktu 35 menit apabila menggunakan kendaraan pribadi.

Jalur menuju ke lokasi wisata tersebut dari pusat kota Yogyakarta dapat langsung dengan mengarahkan kendaraan Anda menuju Jalan Bantul. Lalu, beloklah ke kiri untuk menuju Jalan Cepit – Tembi. Ketika tiba di Jalan Parangtritis, beloklah ke kiri menuju Jalan Tembi, sampai mencapai Jalan Sultan Agung.

Setelah tiba di perempatan, maka menuju saka ke Jalan Panembahan Kajoran dan belok ke kanan lagi menuju ke Jalan Karet. Ikuti terus sampai tiba di Dusun Karet Pleret, lalu belok ke kiri menuju arah ke Eko Pleret House. Jika tiba di pertigaan, maka beloklah ke kanan. Di sana akan menjumpai papan petunjuk arah guna menuju ke lokasi Taman Senja Ngelo.

Sebenarnya, taman yang unik ini memiliki lokasi yang cukup dekat dengan Taman Glugut dan Taman Wisata Tempuran Banyu Kencono. Untuk lokasi yang lebih detail lagi Anda dapat mengeceknya melalui aplikasi Google Maps.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Taman Senja Ngelo
Image Credit: Google Maps Faris Amal

Untuk HTM (Harga Tiket Masuk) ke Taman Senja Ngelo ini nantinya setiap pengunjung tak akan dikenakan biaya seperserpun atau gratis. Nantinya pengunjung hanya harus membayar tarif parkir kendaraan yang dibawa dan membeli jajanan yang tersedia di kawasan wisata tersebut.

Untuk informasi yang lebih jelas lagi ataupun Anda yang ingin tanya-tanya seputar biaya maupun lainnya, maka dapat mengunjungi akun instagram @tamansenjangelo. Tentu saja ada pula beragam informasi penting dalam akun itu yang bisa Anda lihat.

Bila Anda berkunjung ke tempat wisata yang ada di Bantul ini, maka sebaiknya tahu tentang jam operasionalnya supaya bisa datang ke taman ini pada waktu yang pas. Untuk jam operasional yang berlaku di taman ini sendiri yakni setiap hari mulai jam 8 pagi dan akan tutup pada jam 11 malam WIB.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Senja Ngelo

Aktivitas Menarik Taman Senja Ngelo
Image Credit: Google Maps Faris Amal

1. Naik Perahu

Kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi Taman Senja Ngelo pada siang hari adalah menyusuri sungai dengan menaiki perahu. Pasalnya, di sana ada sejumlah perahu yang sengaja disewakan untuk pengunjung. Namun, tentunya Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk menaiki perahu.

Biaya tersebut telah dirangkum dalam empat paket. Paket yang pertama yaitu untuk orang dewasa dengan harga 10 ribu rupiah. Paket yang kedua untuk anak-anak dengan harga 5 ribu rupiah. Paket yang ketiga yaitu couple dengan harga 50 ribu rupiah. Sementara paket yang keempat adalah paket couple + dokumentasi dengan harga 65 ribu rupiah.

2. Berfoto Ria

Memang tak terlalu banyak spot foto yang terdapat di Taman Senja Ngelo. Hal itu dikarenakan tempat wisata baru ini masih dalam fase pengembangan. Namun, terdapat sejumlah spot yang pastinya menarik perhatian dan cocok dijadikan sebagai spot foto.

Salah satu spot foto yang banyak diburu pengunjung adalah gazebo berbentuk segitiga yang atapnya berasal dari daun rumbia. Pastinya hasil foto dengan layar belakang semacam ini akan sedap dipandang.

Terlebih saat menjelang malam akan lebih menyenangkan lagi. Pasalnya, gazebo tersebut dipadukan dengan tatanan lampu-lampu warna putih yang dapat Anda jadikan spot unik untuk berfoto.

Aktivitas Menarik di Taman Senja Ngelo
Image Credit: Google Maps RM Miftahul Khairul

3. Menyaksikan Live Musik

Kegiatan yang banyak dilakukan oleh kalangan anak muda ketika berkunjung ke Taman Senja Ngelo yaitu nongkrong sembari menyaksikan live musik. Pada malam hari, tempat ini sering sekali mengadakan live musik yang pastinya cukup menghibur. Telah disediakan panggung kecil yang bagus dan nyaman.

Apalagi, kegiatan tersebut dilakukan di kawasan outdoor. Dengan begitu, suasana malam di taman tersebut terasa semakin seru dan menyenangkan. Pengunjung pun dipersilahkan untuk menyumbangkan suaranya dalam kegiatan live musik tersebut.

4. Menikmati Kuliner

Menikmati suasana di sekeliling taman akan lebih menyenangkan lagi apabila dilakukan dengan ditemani makanan dan minuman. Anda tak perlu lagi susah-susah membawa bekal makanan dari rumah, karena di sana ada café unik yang mengusung konsep outdoor. Menu-menu yang disediakan juga cukup beragam, mulai dari kuliner berat hingga kuliner ringan.

Di café tersebut pastinya juga ada banyak meja dan tempat duduk yang dapat dipakai untuk santai menikmati menu kuliner. Harga makanan ataupun minuman yang tersedia pun tidak akan membuat kantong Anda menjerit. Café tersebut juga buka pada siang hari dan juga malam hari.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Senja Ngelo
Image Credit: Google Maps zulistya adi

Lebih lanjut langi mengenai fasilitas, rupanya Taman Senja Ngelo telah dilengkapi oleh sejumlah fasilitas wisata yang memadai. Hal itu karena pihak pengelola taman memang ingin mengutamakan kepuasan dan juga kenyamanan setiap pengunjung. Hal itu terbukti dengan adanya fasilitas umum berupa toilet bersih dan juga kawasan parkir yang luas.

Bahkan, di kawasan taman ini telah dibangun sebuah tempat ibadah berupa mushola. Dengan begitu, bagi pengunjung muslim yang datang ke sana tetap dapat menikmati liburan tanpa meninggalkan kewajiban ibadahnya. Apalagi, pengunjung yang ada di taman tersebut mayoritas memang memeluk agama Islam.

Ada pula fasilitas tambahan yang tidak kalah penting untuk pengunjung, yaitu stop kontak. Sehingga, bagi Anda yang ponselnya kehabisan baterai tak perlu khawatir, sebab bisa melakukan pengecasan pada stop kontak yang tersedia. Selain itu, tak ketinggalan pula fasilitas protokol kesehatan yang diterapkan dengan sangat baik.

Nah, demikianlah ulasan lengkap mengenai tempat wisata baru yang ada di Bantul Yogyakarta, yakni Taman Senja Ngelo. Ketika Anda datang ke taman tersebut, maka banyak pengalaman yang akan diperoleh. Anda juga bisa menjadikan taman tersebut sebagai rekomendasi tempat wisata hits ketika ada orang terdekat yang hendak berlibur ke Yogyakarta.