10 Tempat Wisata di Jonggol Bogor Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Seru? Periksa List Tempat Wisata Menarik di Jonggol Bogor, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Populer, Terindah & Paling Hits yang Menarik Anda Jelajahi Saat Musim Liburan.

Jonggol merupakan salah satu Kecamatan dari Kabupaten Bogor. Selain terkenal dengan tanaman hortikulturanya, ternyata Jonggol Bogor juga menyimpan banyak potensi wisata yang menarik untuk dieksplor.

Tak hanya wisata alam, Jonggol juga memiliki wisata sosial dan budaya yang potensional untuk dikembangkan. Hal ini lantaran masyarakat Jonggol terus berinovasi mengembangkan potensi wisata yang ada dengan mempertahankan aspek budayanya.

Memiliki slogan tertib, aman, dan sejahtera, masyarakat Jonggol juga merupakan masyarakat yang terkenal dengan keramahannya. Bagi Anda yang penasaran, berikut daftar tempat wisata hits di Jonggol, Bogor yang dapat Anda kunjungi.

1. Jonggol Garden Park

Jonggol Garden Park

Image Credit: Google Maps (El Indra)

Taman wisata Jonggol merupakan sebuah wisata taman dengan berbagai macam spot foto kekinian. Bagi Anda pecinta swa-foto, tempat ini merupakan salah satu rekomendasi yang wajib Anda kunjungi.

Tak hanya memiliki spot zip bike (sepeda kayuh terbang) juga terdapat banyak spot foto lainnya di wisata ini. Salah satu spot foto favorit adalah spot kupu-kupu. Spot kupu-kupu menyediakan kerangka sayap kupu-kupu model tiga dimensi yang nampak apik dengan pemandangan pegunungan dari ketinggian.

Tiket masuk wisata ini pun cukup terjangkau yakni 15 ribu rupiah per orangnya. Fasilitas lain yang dapat Anda temui di taman ini antaranya adalah cafe-cafe alam, gazebo tempat istirahat, tempat beribadah, serta MCK yang cukup memadai.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. M. Bakri, Cibodas, Kec. Jonggol, Bogor, Jawa Barat.

2. Taman dan Kebun Buah Mekarsari

Taman dan Kebun Buah Mekarsari

Image Credit: Google Maps (Desinta Juliana)

Wisata yang satu ini cukup populer di Indonesia. Mengusung konsep wisata perkebunan, Anda akan merasakan asiknya bercocok tanam, mengurus kebun, hingga memanen hasil kebun di wisata ini.

Selain wisata berkebun, Anda juga dapat menikmati serunya wahana bermain yang disediakan di tempat ini. Tepatnya ada dua buah jenis wahana yang dapat Anda nikmati. Wahana jenis pertama adalah wahana rekreasi. Wahana ini terdiri dari wahana big baloon, bunggae trampolin, 3D trick art, hingga bermacam sepeda seperti bmx dan juga skuter.

Wahana yang kedua adalah wahana air. Di wahana air Anda dapat mencoba keasikan bermain perahu kanal, bebek air, spped boat, floating donut, rolling donut, dan juga sepeda air. Tentunya wahana wisata ini dapat Anda mainkan sendirian ataupun bersama-sama dengan keluarga.

BACA:  10 Taman Keren di Bogor untuk Mengisi Akhir Pekan

Tiket masuk wisata ini bagi pengunjung domestik dimulai dari 35 ribu rupiah. Jika Anda tertarik mengambil paket-paket wisata, pengelola Taman dan Kebun Buah Mekarsari juga menyediakan beberapa pilihan dimulai dari nominal 50 ribu rupiah.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jalan Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

3. Taman Wisata Penangkaran Rusa Cariu

Taman Wisata Penangkaran Rusa Cariu

Image Credit: Google Maps (Harry Mahardika)

Jonggol ternyata juga memiliki Taman Wisata Penangkaran Rusa Cariu yang cukup terkenal. Awal mulanya, penangkaran dengan luas 8 hektar ini merupakan wilayah perhutani yang hanya dibuka untuk penelitian. Namun semenjak 2003 wisata ini pun dibuka untuk wisatawan umum.

Dinilai dari keterjangkauannya, wisata penangkaran ini cukup dekat dengan ibukota. Harga tiket wisata ini pun relatif murah; yakni 8 ribu rupiah per orangnya.

Bagi Anda pecinta hewan, berwisata disini merupakan salah satu pilihan yang tepat. Hal ini lantaran Anda dapat berinteraksi langsung dengan para rusa di wilayah penangkaran. Anda pun bebas memberikan makan rusa dengan sayur-mayur. Selain membawa dari rumah, Anda bisa membeli sayuran makan rusa di penjual yang biasanya datang pukul 2 siang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Buanajaya, Kec. Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat.

4. Wisata Curug Cipamingkis

Wisata Curug Cipamingkis

Image Credit: Google Maps (Safani Ifan)

Jonggol juga terkenal dengan wisata curug (air terjun). Salah satu wisata curug yang cukup populer di Jonggol adalah Curug Cipamingkis. Tiket memasuki wisata curug yang selalu ramai pada akhir pekan dan hari libur ini hanya berkisar antara 15 ribu hingga 20 ribu rupiah saja.

Curug Cipamingkis merupakan curug yang terbentuk dari muara pertemuan dua sungai; yakni Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Tak heran, debit air dari Curug Cipamingkis cenderung besar meskipun pada musim kemarau. Tinggi tebing curug ini pun tak terlalu tinggi; yakni berkisar antara 10 hingga 15 meter.

Ketinggian tersebut tentunya sangat aman bagi wisatawan untuk bermain air dan mandi dibawah aliran curug. Selain bermain air, Anda juga dapat mencoba wahana spot foto yang disiapkan oleh pengelola wisata setempat. Selain itu, Curug Cipamingkis ini juga menyediakan wahana camping ground dengan biaya sewa bermalam berkisar antara 30 ribu.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.

5. Wisata Curug Citiis

Wisata Curug Citiis

Image Credit: Google Maps (Doel Channel46)

Selain Curug Cipamingkis, Jonggol juga memiliki wisata curug lainnya yaitu Curug Citiis. Curug Citiis merupakan wahana wisata curug yang masih terjaga keasriannya. Berbeda dengan curug pada umumnya, Curug Citiis memiliki aliran air yang mengalir teratur mengikuti pola tebing yang meliuk-liuk.

BACA:  17 Tempat Wisata di Tasikmalaya Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Memasuki wisata ini Anda tak perlu pusing dengan biaya tiket masuk lantaran tiket objek wisata ini masih gratis untuk umum.

Fasilitas lainnya yang dapat Anda temui di curug ini adalah saung-saung serta rumah panggung yang cocok sebagai tempat beristirahat sambil menikmati harmonisnya alam Curug Citiis. Tersedia juga cafe hutan dan penjual yang menjual jajanan dan minuman hangat seperti wedang rempah dan bandrek yang cocok untuk menemani waktu santai Anda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukaresmi, Kec. Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.

6. Situs Rawa Gede

Situs Rawa Gede

Image Credit: Google Maps (MAs Anom)

Situs Rawa Gede merupakan daerah rawa yang disulap oleh pengelola wisata setempat menjadi objek wisata air yang menarik untuk dikunjungi. Dengan membayar tiket masuk sebesar 20 ribu per orangnya, Anda dapat bermain air sepuasnya di objek wisata ini. Tentunya selain berenang Anda juga dapat menyewa perahu bebek untuk berkeliling.

Tak hanya itu, bagi Anda penggemar mancing mania Situs Rawa Gede ini juga merupakan lokasi yang cocok untuk menyalurkan hobi Anda. Pasalnya situs ini menyediakan kolam pancing dengan beraneka ragam jenis ikan didalamnya.

Selain bermain air dan memancing, bersantai sambil menikmati panorama alam Rawa Gede juga merupakan pilihan yang pas untuk Anda ambil. Melengkapi agenda bersantai Anda, Situs Rawa Gede juga menyediakan penginapan bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman bermalam dengan suasana rawa yang telah dikemas modern.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sirnajaya, Kec. Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.

7. Wisata Pemandian Sodong

Wisata Pemandian Sodong

Image Credit: Google Maps (El Indra)

Ingin merasakan sensasi berenang di pemandian alam? Maka Anda dapat berkunjung ke Wisata Pemandian Sodong. Wisata yang terkenal dengan kejernihan air alamnya ini mulai terkenal dikalangan wisatawan sejak tahun 2016 lalu.

Wisata pemandian ini menyediakan dua kolam yang airnya merupakan air sumber dari bagian hulu sungai. Kolam utama merupakan kolam yang biasanya digunakan sebagai sumber irigasi bagi warga setempat. Sedangkan kolam kedua merupakan kolam sambungan yang airnya berasal dari kolam utama.

Meskipun menyandang predikat pemandian alam, Anda tak perlu khawatir dengan tingkat kebersihan air kolam lantaran pengelola rutin melakukan pemeliharaan tiap minggunya. Tiket masuk wisata ini pun juga terjangkau yaitu berkisar antara 15 hingga 20 ribu rupiah.

BACA:  Rainbow Garden Lembang, Indahnya Taman Bunga Kekinian di Bandung
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Klapanunggal, Ligarmukti, Kec. Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat.

8. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol

Image Credit: Instagram.com @indonesia.pejalan

Bagi Anda pecinta wisata hiking atau mendaki, Jonggol juga memiliki satu alternatif yang mungkin Anda sukai. Gunung Batu dari Jonggol merupakan objek wisata yang populer sebagai tempat para pendaki pemula berlatih serta membiasakan diri dengan medan pegunungan.

Dengan demikian, medan yang harus ditempuh untuk menuju Gunung Batu ini cukup mudah ditempuh dengan berjalan kaki. Dengan kata lain, gunung ini pun cukup ramah lantaran ketinggiannya berkisar antara 850 hingga 875 diatas permukaan laut.

Begitu sampai di puncak gunung, dijamin Anda akan tercengang dengan keindahan panorama alam yang dapat teramati.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukaharja, Kec. Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat..

9. Wisata Heaven Memorial Park

Wisata Heaven Memorial Park

Image Credit: Google Maps (Rivaldi Lambadoko Harap)

Apakah Anda pernah berwisata di makam sebelumnya? Jika belum pernah maka wajib bagi Anda untuk berkunjung ke Wisata Heaven Memorial Park ini.

Terinspirasi dari Taman Makan Quiling di China, Wisata Haeven Memorial Park merupakan pemakanan dengan konsep kemewahan dan kemegahan Nirwana. Pemakaman ini terkenal sebagai objek wisata lantaran bentang alamnya yang dikelilingi oleh hutan rimbun dibawah kaki gunung serta dialiri oleh sungai yang bening dan bersih.

Selain itu, bangunan-bangunan makam di wisata ini juga dihias dan dibentuk dalam tampilan yang mewah dan megah bak istana. Tak heran wisatawan yang berkunjung kesini tidak ragu untuk berfoto dengan makam sebagai latar belakangnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Buanajaya, Kec. Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat.

10. Kampoeng Sunda Siliwangi Desa Wisata

Kampoeng Sunda Siliwangi Desa Wisata

Image Credit: google Maps (Uya Setiawan)

Terakhir, Jonggol juga menyimpan potensi wisata desa budaya bernama Kampoeng Sunda Siliwangi. Wisata ini terletak di sebuah desa kecil bernama Cibodas. Berkunjung kesini, Anda berkesempatan mempelajari kearifan lokal masyarakat Sunda yang terkenal akan keramah tamahannya.

Tak hanya menyaksikan kehidupan sehari-hari masyarakat lokal, Anda juga dapat berkeliling desa menggunakan sepeda sambil menikmati alamnya yang masih asri.

Spot yang paling terkenal dari desa wisata ini adalah Goa Ciwadon. Menurut masyarakat setempat goa ini dulunya sempat populer lantaran dijadikan tempat shooting oleh salah satu pesinetron laga Indonesia. Terlepas dari itu, Goa Ciwadon juga memiliki stalaktit dan stalakmit yang sangat cantik jika diabadikan dengan lensa foto.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cibodas, Kec. Jonggol, Bogor, Jawa Barat.

Itulah rekomendasi tempat wisata yang menarik dieksplor di Jonggol Bogor. Alamnya yang indah serta masyarakatnya yang menjunjung tinggi budaya membuat Jonggol Bogor sebagai salah satu tujuan berwisata yang wajib Anda kunjungi.