Taman Kencana salah satu taman yang keren di Babakan, Kota Bogor, Jawa Barat. Taman peninggalan Belanda ini menjadi tujuan warga untuk bersantai sembari menikmati kuliner di area hijau yang menyejukkan.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 07.00-22.00 WIB, Alamat: Jl. Lodaya Blok Metal No.40, Babakan, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Taman Kencana mungkin nama ini masih asing di telinga Anda warga luar Bogor, tapi untuk warga Bogor pasti sudah tahu tempat satu ini. Taman ini merupakan salah satu destinasi yang menawarkan suasana asri, tenang, dan rimbunnya pepohonan.

Terdapat sebuah fakta yang mengejutkan jika ternyata taman ini dulunya merupakan proyek pembangunan yang akan dibangun pada masa Belanda. Taman ini dibangun bersamaan saat proses pengembangan kota Bogor masa itu. Fakta ini sendiri mungkin belum diketahui oleh warga Bogor karena memang jarang yang mengetahui tentang ini.

Terlepas dari kisah sejarahnya yang berkaitan dengan Belanda taman ini cocok sebagai pilihan tempat bersantai atau mengajak anak-anak bermain disini. Karena memiliki ukuran yang luas serta lingkungannya yang rindang dan membuat Anda merasa nyaman.

Daya tarik yang dimiliki Taman Kencana Bogor

Daya tarik Taman Kencana
Image Credit: Facebook.com @kusmayadi.buitenz

Taman ini sebenarnya memiliki daya tarik yang dapat membuat tempat ini semakin dikenal pengunjung dan membuat pengunjung datang. Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang ada di Taman Kencana.

1. Taman yang Bersih dan Suasana Tenang

Taman ini berada tak jauh dari Kebun Raya Bogor dan kawasan Taman Sempur yang biasa digunakan warga untuk tempat berolahraga. Lokasi tempat ini sebenarnya dekat dengan keramaian dan berada di kawasan kota namun sayangnya taman ini jarang sekali dijamah oleh para masyarakat sekitar

Padahal taman ini memiliki banyak terdapat pepohonan yang menambah suasana sejuk dan rindang sekaligus menjadi tempat berlindung kala terik matahari. Tempat ini memiliki lingkungan yang bersih, asri dan tentunya nyaman tapi anehnya jarang orang yang datang kesini. Bahkan taman ini pernah sampai hampir terlupakan karena jarang dikunjungi.

Hingga akhirnya pada tahun 2015 dilakukan revitalisasi dan menjadikan tempat ini ramai dikunjungi lagi. Memang kebanyakan pengunjung yang datang hanya untuk mencari wisata kuliner di sekitar sini bukan untuk berkunjung. Seharusnya tempat ini dilakukan revitalisasi lagi agar lebih banyak pengunjung yang datang kesini.

2. Asal Usul dan Sejarah Taman Kencana

Memiliki kaitan dengan masa penjajahan Belanda pada zaman dahulu membuat tempat ini menjadi unik. Pada awalnya kawasan akan dibangun dengan tujuan untuk dihuni oleh kalangan Eropa bangsawan ataupun kelas sosial yang tinggi. Oleh karena itu, saat berkunjung ke tempat ini Anda akan gaya bangunan Indo-Eropa dan memiliki sebuah ciri dari kemiringan atap 35 derajat.

Tujuan dari dibangunnya atap yang miring adalah untuk mengantisipasi dari curah hujan tinggi di kota ini. Perancang dari desain bangunan ini merencanakan untuk membuat taman sebagai tempat rekreasi dan ruang terbuka hijau. Akhirnya rencana pembangunan kawasan ini disetujui oleh pemerintahan Belanda pada kala itu dan dilaksanakan pembangunan antara tahun 1926-1930.

Setelah dibangun taman ini dinamai dengan Von Imhoff Plein atau Von Imhoff Square nama ini diambil dari pendiri Istana Bogor atau dulunya Buitenzorg. Pada saat setelah kemerdekaan Indonesia kawasan ini di alih oleh pemerintah Indonesia dan di rubahlah nama dari taman ini menjadi Taman Kencana.

3. Tempat Berolahraga

Dengan luas tanah sekitar kurang lebih 5,000 meter persegi taman ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat berolahraga outdoor. Di area hijau ini juga telah dibangun fasilitas jogging trek yang memang ditujukan untuk berolahraga.

Daya tarik aman Kencana Bogor
Image Credit: Instagram.com @prtd_31

4. Tempat Refreshing

Dengan suasana yang tenang dan asri tempat ini cocok untuk menjadi tempat bersantai ataupun sekedar menikmati kendaraan yang berlalu lalang. Untuk Anda yang menginginkan suasana santai di tengah kota Bogor maka tempat ini merupakan salah satu rekomendasinya.

Taman ini memiliki suasana dan lingkungan yang mendukung untuk Anda yang sedang membutuhkan suasana bersantai sendiri. Ataupun duduk di bangku taman dengan sahabat atau pasangan dan membicarakan tentang aktivitas seharian.

5. Wisata Kuliner

Saat berkunjung kesini kemudian perut Anda lapar terdapat beberapa pedagang yang menjual berbagai macam makanan seperti asinan sampai bakso kupat gentong makanan khas Bogor. Di sekitar tempat ini juga terdapat tempat makan dan café, namun semua itu masih dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Beberapa makanan yang dijual disini memiliki cita rasa khas londo begitulah kata pengunjung yang sudah mencoba kuliner disini. Terdapat beberapa makanan yang menjadi ikon di sekitar tempat ini seperti lasagna gulung, pia apple pie, rumah cupcakes dan macaroni panggang yang menjadi buruan pengunjung.

6. Pepohonan Hijau

Memiliki banyak ekosistem pepohonan menjadi taman ini turut andil dalam masalah penghijauan di kota Bogor. Pepohonan hijau di taman ini juga menjadi daya tarik yang membuat pengunjung datang entah itu untuk berteduh atau hanya datang dengan maksud ingin merasakan suasana disini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Kencana

Alamat Taman Kencana
Image Credit: Twitter.com @ydpxiiii

Lokasi dari taman bersejarah ini terletak di kecamatan Bogor Tengah, Jalan Taman Kencana 1, RT 03/RW 03 Babakan Kota Bogor Jawa Barat. Lokasi taman ini menjadi pertemuan dari beberapa jalan seperti Jalan Ceremai Ujung, Jalan Tangkuban perahu dan Jalan Salak.

Karena menjadi pertemuan dari beberapa jalan maka taman ini dapat dengan mudah Anda akses pengunjung juga dapat mengaksesnya menggunakan angkotan kota. Untuk Anda pengunjung yang berada di daerah Jakarta akan dengan mudah mengaksesnya. Pertama Anda menuju Tol Jagorawi dan keluar di Pintu Tol Bogor.

Dari situ Anda belok ke arah kanan pada pertigaan setelah pintu tol, setelah itu jalan lurus ikuti jalan utama melewati Kebun Raya Bogor. Pilih ke arah Jalan Raya Pajajaran dan masuk ke Jalan Salak. Atau lebih mudahnya Anda dapat melihat akses kesana di Google Maps.

Untuk mengunjungi dan masuk kedalam taman pengunjung tidak akan dikenakan biaya apapun yang berarti gratis. Taman ini buka setiap hari mulai jam 08.00 pagi sampai jam 22.00 malam yang berarti Anda dapat berkunjung di hari apa saja hingga waktu malam hari. Hanya saja untuk Anda yang datang kesini dengan membawa kendaraan maka akan kena biaya parkir.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Kencana

Aktivitas di Taman Kencana
Image Credit: Google Maps (Muhamad Ridwan)

1. Berolahraga

Tempat ini cocok untuk menjadi tempat olahraga bagi anda, karena Taman Kencana memiliki ukuran yang luas sehingga cocok untuk melakukan aktivitas olahraga outdoor. Untuk Anda yang mencari tempat olahraga taman ini dapat menjadi rekomendasi tempat olahraga. Saat hari minggu pagi beberapa warga juga melaksanakan kegiatan olahraga disini.

2. Nongkrong Santai

Dengan suasana yang tenang dan asri menjadikan tempat ini cocok bagi Anda yang ingin bersantai dan menikmati keadaan kota Bogor. Bisanya pengunjung datang juga hanya sekedar nongkrong bersama teman sembari duduk dan bercengkrama. Suasana di taman ini memang mendukung untuk bersantai banyak pengunjung yang betah dan merasa nyaman berada disini.

3. Menikmati Kuliner

Terdapat banyak pedagang makanan, tempat makanan dan café- café yang menjual makanan khas daerah Bogor. Untuk Anda yang bukan warga asli atau pengunjung dari luar kota Bogor wajib membeli dan mencoba mencicipi makanan ini. Makanan khas daerah ini juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke kota Bogor.

Aktivitas Menarik di Taman Kencana
Image Credit: Instagram.com @dicky_abdurahman99

4. Mengabadikan Momen

Saat berkunjung ke Taman Kencana Bogor Anda wajib mengabadikan momen apalagi untuk Anda yang datang bersama dengan teman, sahabat, ataupun keluarga. Terdapat beberapa spot foto yang menarik disini oleh karena itu Anda jangan lupa untuk mengabadikan momen.

5. Piknik Bersama Keluarga

Anda dapat juga datang bersama keluarga dan anak-anak untuk piknik atau hanya sekedar mengajak anak bermain. Di tempat ini juga disediakan wahana bermain anak yang akan membuat anak senang berada disini. Karena berada di kawasan jalanan yang ramai Anda juga harus mengawasinya.

Beberapa pengunjung yang datang kesini dengan mengajak keluarga untuk niatan berlibur atau piknik disini juga. Alasanya karena suasananya nyaman, asri ditambah lagi dengan rimbunnya pepohonan di taman ini.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Kencana Bogor

Fasilitas di Taman Kencana
Image Credit: Google Maps (River Defender)

Untuk masalah fasilitas di Taman Kencana sudah terdapat banyak fasilitas yang memadai. Seperti adanya pagar pembatas pada gerbang yang membuat kendaraan motor tidak dapat sembarangan masuk. Selain itu juga terdapat fasilitas lainnya seperti tempat duduk, area parkir yang nyaman dan aman, pos keamanan, kamar mandi, mushola.

Tersedia juga wifi di area taman ini untuk Anda yang ingin mengakses internet secara gratis. Selain itu, juga terdapat jogging trek untuk Anda yang sengaja datang ke taman untuk berolahraga.

Taman Kencana sebenarnya tak kalah dengan taman-taman lainnya yang berada di kota Bogor. Mungkin kurangnya daya tarik yang dimiliki dan fasilitas yang dirasa masih kurang oleh warga sehingga taman yang satu ini kurang diminati. Bila pemerintah bisa memberikan pembaruan fasilitas yang ada mungkin saja taman ini akan diminati dan ramai dikunjungi.