14 Tempat Wisata Populer di Brebes

Tempat Wisata di Brebes

Brebes merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten yang dikenal dengan sebutan kota Bawang ini memiliki banyak destinasi wisata yang tak kalah menarik dan mempesona dari kota-kota lainnya.

Destinasi yang terdapat di Brebes mulai dari wisata alam seperti air terjun, pantai dan wisata buatan seperti danau, hingga wisata bersejarah seperti candi. Tempat-tempat tersebut sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan karena keunikan serta pesona yang ditawarkan.

Berikut merupakan tempat wisata di Brebes yang bisa Kamu kunjungi bersama teman maupun keluarga di saat musim liburan tiba. Namun, saat berada di sana jangan lupa untuk menaati peraturan yang ada, agar tempat tersebut tetap lestari dan nyaman untuk dikunjungi.

1. Candi Pangkuan

Candi Pangkuan

Lokasi: Hutan, Cilibur, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Picfair.com

Candi Pangkuan merupakan sebuah destinasi wisata yang unik. Di sana Kamu akan melihat sebuah candi yang memiliki bentuk lonjong, memiliki panjang sekitar 10 meter dan telah berusia ratusan tahun. Selain itu, Kamu juga bisa melihat sekumpulan kera liar yang jinak di sekitar lokasi wisata.

Fasilitas yang tersedia di sana seperti area parkir, mushola, toilet, serta warung makan untuk mengenyangkan perut Kamu yang lapar setelah asyik menyusuri Candi Pangkuan yang memiliki luas hingga 4 hektar lebih ini.

2. Air terjun Ranto Canyon

Air terjun Ranto Canyon

Lokasi: Gunungtajem, Winduasri, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatasia.com

Nah, wisata yang satu ini sangat cocok untuk menguji adrenalin Kamu. Wisata tersembunyi yang ada di kecamatan Salem ini memiliki bentuk menyerupai Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Di bawah air terjun terdapat sungai yang diapit tebing-tebing terjal dengan ketinggian sekitar 20 meter.

Aktivitas yang bisa Kamu lakukan di sana sembari menikmati keindahan alam dan sejuknya udara adalah river treking, snorkenling, body rafting dan cliff diving dengan trek sepanjang 750 meter yang akan menantang adrenalin Kamu.

3. Pemandian Air Panas Tirta Husada

Pemandian Air Panas Tirta Husada

Lokasi: Kedungoleng, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Jika Kamu ingin merasakan berendam di air panas sambil merilekskan badan dan pikiran, maka Pemandian Air Panas Tirta Husada yang terletak di kecamatan Bantarkawung ini sangat cocok untuk Kamu kunjungi.

Berendam di sana, dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Lokasinya yang berada di kawasan hutan pinus membuat lokasi ini memiliki udara yang segar dan akan membuat Kamu betah berlama-lama berada di sana.

4. Waduk Malahayu Brebes

Waduk Malahayu Brebes

Lokasi: Malahayu, Kec. Banjarharjo, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Wikipedia.org

Wisata yang satu ini merupakan wisata buatan yang telah ada sejak zaman BelKamu. Waduk Mahalayu Brebes dikelilingi oleh perbukitan dengan pepohonan yang rindang sehingga saat berada di sana Kamu akan disambut oleh sejuknya udara.

Waduk terbesar yang ada di Brebes ini biasa dijadikan sebagai tempat perkemahan. Sehingga Kamu juga bisa mendirikan tenda bersama teman atau keluarga saat berkunjung ke sana. Tersedia wahana becak air, perahu untuk keliling waduk serta fasilitas umum seperti area parkir,kamar mandi dan wc.

5. Ciblon Waterboom

Ciblon Waterboom

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Ps. Batang, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Ciblon Waterboom sangat pas untuk Kamu kunjungi bersama keluarga. Wahan air ini menyediakan kolam renang dengan kedalaman yang beragam. Mulai dari kolam renang untuk anak-anak hingga dewasa. Kamu bisa bermain dengan fasilitas yang telah tersedia seperti permainan ember tumpah.

Selain itu, terdapat pula wahana slider yang memiliki tinggi sekitar 12 meter, seluncuran, tempat untuk senam, gazebo, kamar mandi, kamar ganti, serta kafe. Untuk bisa masuk ke dalam destinasi ini Kamu tidak perlu merogoh saku terlalu dalam karena Kamu akan dikenai harga tiket yang cukup terjangkau.

6. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan

Lokasi: Dukuh Babakan, Wanoja, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Ngadem.com

Tempat wisata di Brebes yang terbilang baru ini juga tak kalah eksotis dari tempat wisata lainnya. Sesuai dengan namanya, Bukit Panenjoan merupakan sebuah wisata yang menyuguhkan jejeran perbukitan dengan nuansa yang elok dan hijau.

Terdapat sebuah gardu pandang untuk Kamu yang ingin berfoto dengan latar belakang perbukitan yang indah. Kamu juga bisa menikmati sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari bersama teman maupun keluarga saat berkunjung ke sana.

7. Telaga Ranjeng

Telaga Ranjeng

Lokasi: Pandansari, kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Wikipedia.org

Pesona yang ditawarkan di tempat yang bernama Telaga Ranjeng ini benar-benar akan memanjakan matamu. Telaga yang dulunya dijadikan sebagai pemandian tokoh kerajaan ini dikelilingi oleh pohon pinus dan juga pohon damar yang rindang.

Kegiatan yang bisa Kamu lakukan saat berada di sana seperti memancing ikan, menurut masyarakat sekitar terdapat banyak ikan lele yang hidup di telaga, Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang telaga yang indah, atau sekadar duduk bercengkerama di saung bersama teman atau keluarga.

8. Agrowisata Kebun Teh Kaligua

Agrowisata Kebun Teh Kaligua

Lokasi: Jl. Kaligua, Sawah,Ladang, Kretek, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Explorewisata.com

Tempat wisata yang sangat populer ini akan membawamu melihat hamparan tanaman teh yang elok dan hijau. Hawa dingin dan udara segar yang ditawarkan bisa Kamu jadikan sebagai sarana pelepas lelah dari lelahnya aktivitas sehari-hari.

Kamu bisa menginap di sana dengan menyewa vila yang disediakan oleh pengelola. Penginapan tersebut juga dilengkapi oleh berbagai fasilitas seperti kafe, ruang pertemuan, area outbond, mushola, dan juga lapangan olahraga.

9. Desa Wisata Cisereuh

Desa Wisata Cisereuh

Lokasi: Jl. Dukuh Jalawastu, Ciseureuh, Ketanggungan, Kec. Ketanggungan, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatalengkap.com

Desa Wisata Cisereuh ini akan membawamu melihat berbagai tradisi unik dan juga budaya yang masih mengakar kuat di masyarakatnya. Kamu akan menemui berbagai rumah yang memiliki keseragaman yakni berdinding kayu dan beratap seng.

Jika beruntung Kamu bisa menyaksikan upacara Ngasa yang biasa dilakukan oleh penduduk desa sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kamu juga bisa menyegarkan pikiran dengan melihat hijaunya perkebunan dan persawahan milik warga desa.

10. Kalibaya Park

Kalibaya Park

Lokasi: Pasir Panjang, Salem, Area Hutan, Bandungsari, Kec. Banjarharjo, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Peekholidays.com

Kalibaya Park merupakan sebuah destinasi wisata yang berada di atas Puncak Gunung Malio. Sehingga saat berkunjung ke sana Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang mempesona. Kamu bisa melihat indahnya Waduk Malahayu dari atas sana.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan, di sana juga terdapat area outbond, area berkuda, ATV track, padang savana yang eksotis, ayunan angkasa lengkap dengan safety beltnya, gardu pandang dan lain sebagainya. Tersedia pula fasilitas umum seperti area parkir, area istirahat dan warung.

11. Curug Putri

Curug Putri

Lokasi: Padanama, Mendala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Pikdo.net

Curug menawan yang berada di kecamatan Siamprong ini benar-benar akan membuat liburanmu berkesan. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan tebing yang eksotis karena membentuk ukiran-ukiran yang unik.

Di sekitar Curug Putri terdapat perbukitan yang juga menambah keindahannya. Namun, medan  yang harus Kamu lalui ketika ingin berkunjung ke air terjun ini terbilang cukup terjal dan menantang, sehingga Kamu harus tetap selalu berhati-hati ya.

12. Pantai Randusanga

Pantai Randusanga

Lokasi: Randusanga Wetan, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Triptrus.com

Untuk Kamu yang senang berlibur ke pantai, pantai Radusanga bisa menjadi pilihannya. Destinasi ini menawarkan pemandangan khas pantai yang mempesona, salah satunya adalah adanya pasir putih di tepian pantai.

Fasilitas yang tersedia seperti waterboom, kolam becak, panggung gembira untuk anak-anak, pendopo, gazebo, anjungan, kafe, panggung hiburan terbuka, Kamu juga bisa bersepeda atau sekadar jalan-jalan di tepian pantai sembari menikmati angin-angin sepoi.

13. Curug Panyusuhan

Curug Panyusuhan

Lokasi: Citimbang, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Bantarkawungpunyacerita2.blogspot.com

Destinasi wisata yang satu ini tak hanya memiliki satu curug saja, melainkan tujuh curug sekaligus yang tentunya memiliki air yang jernih dan menyegarkan. Saat menempuh perjalanan ke tempat ini, Kamu akan melewati sungai dan area persawahan yang akan menyegarkan matamu.

Curug yang diapit oleh dua batuan besar ini, memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Sepanjang sisinya dihiasi oleh berbagai tanaman yang tentu semakin memperindah air terjun ini. Untuk kendaraan yang Kamu bawa, Kamu bisa menitipkannya di rumah-rumah warga yang ada di sekitar sana.

14. Pemandian Air Panas Cipanas Buaran

Pemandian Air Panas Cipanas Buaran

Lokasi: Pangebatan, Kec. Bantarkawung, Kab. Brebes, Jawa Tengah. – Image Credit by Inibumiayu.com

Nah, destinasi wisata yang terakhir ini merupakan sebuah pemandian air panas yang berada di kecamatan Bantar Kawung. Pemandian Air Panas Cipanas Buaran bisa Kamu jadikan sebagai penghilang penat setelah lelah beraktivitas.

Pemandian air panas ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, seperti gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya. Kamu bisa berendam di sana sambil menikmati segarnya udara karena lokasi ini berada di sekitar area perbukitan pinus.

Itulah 14 destinasi wisata di Brebes yang menarik dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Baik wisatawan dalam kota maupun luar kota. Nah, buat Kamu yang sedang merencanakan liburan ke Brebes jangan lupa untuk mampir ke tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Oleh Oleh Khas Solo
15 Oleh-Oleh Khas Solo Paling Populer
Kuliner Malam Surabaya
10 Tempat Kuliner Malam di Surabaya yang Enak & Murah
Tempat Makan Enak di Surabaya
20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak