Taman Budaya salah satu objek wisata yang populer di Kawasan Sentul, Babakan Madang, Bogor. Taman hutan dengan beragam wahana permainan menarik dan didukung fasilitas yang lengkap.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Siliwangi No.1, Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Tempat wisata rekreasi di daerah Bogor ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terutama saat hari Minggu atau hari libur nasional. Dengan banyaknya wahana permainan yang disediakan, anak-anak hingga orang dewasa dapat mencoba salah satu permainan yang ada di Taman Budaya Sentul ini.

Lokasinya yang berada di pusat kota, akan memudahkan wisatawan menemukan tempat yang kaya akan wahana permainannya ini. Selain pengunjung lokal, tak jarang pula wisatawan luar daerah hingga mancanegara pun sering memilih lokasi wisata ini untuk menghabiskan waktu liburan.

Tidak hanya wahana permainannya yang lengkap saja, namun fasilitas yang tersedia di tempat bermain ini juga sudah berstandar internasional. Jika Anda tertarik mengunjungi tempat ini bersama keluarga, berikut ini ada informasi mengenai tempat bermain yang berada di Jawa Barat tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Budaya Sentul

Daya Tarik Taman Budaya Sentul
Image Credit: Google Maps (Irwan Priono)

1. Wisata Edukasi Menunggang Kuda Poni

Selain digunakan untuk menghabiskan waktu liburan dengan mencoba beragam permainannya, Taman Budaya Sentul ini juga dijadikan sebagai tempat wisata edukasi. Banyak di antaranya yang ditujukan bagi wisatawan anak-anak mulai usia balita.

Terdapat wisata edukasi menunggang kuda poni, anak-anak pasti akan menyukai wisata menaiki kuda berukuran mini tersebut. Tersedia kuda poni dengan berbagai warna, mulai dari coklat, putih hingga hitam dapat dipilih sesuai selera dan keinginan.

Anak-anak akan diajak berkeliling mengitari lapangan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola, dan melihat pemandangan indah dari Gunung Pancar. Namun sebelum menunggang kuda poni tersebut, perlengkapan keselamatan seperti helm dan sepatu harus dikenakan.

Tidak hanya mendapat pengalaman baru dari menunggang kuda poni ini, anak-anak juga akan di latih mental dan keberaniannya. Kecepatan tanggap si kecil akan terlihat saat berada di atas kuda poni. Lalu apakah dirinya takut untuk menunggang kuda poni, atau tidak.

2. Mengikuti Edukasi Pelatihan Tentara Indonesia

Wisata edukasi lain yang ada di Taman Budaya Sentul ini adalah semacam simulasi pelatihan anggota TNI. Paket wisata ini di khususkan untuk anak-anak berusia lebih dari 5 tahun, dengan harga tertentu dan fasilitas yang memadai.

Bermain sambil belajar ini dilakukan dengan berbagai macam kegiatan layaknya para anggota tentara Indonesia saat di lapangan. Mulai dari berkemah di alam terbuka, aktivitas fisik, hingga pelatihan karakter tentara yang terkenal disiplin, akan dilakukan dalam satu hari penuh.

Uniknya lagi, peserta dari para wisatawan anak-anak ini akan diberi perlengkapan baju ganti yang bercorak loreng seperti milik anggota TNI. Sehingga saat dikenakan dalam melakukan berbagai kegiatan pelatihan, anak-anak akan merasa lebih senang dan bersemangat.

Setelah berhasil menyelesaikan misi pelatihan selama satu hari, para peserta akan diberi penghargaan medali dengan ukiran nama dari masing-masing peserta. Medali ini akan diberikan secara langsung oleh salah satu anggota TNI yang ikut peran dalam pelatihan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Budaya

Alamat Taman Budaya
Image Credit: Google Maps (Demen Melancong)

Tempat rekreasi ini berlokasi di Bogor, yang tepatnya berada di Jalan Siliwangi kawasan Sumur Batu. Letaknya yang dekat dengan salah satu jalan penghubung antar daerah ini, membuat lokasinya mudah ditemukan baik wisatawan lokal maupun luar daerah.

Rute perjalanan yang akan Anda ambil jika berangkat dari arah ibukota adalah melalui Tol Jagorawi. Kemudian setelah berhasil melewati jalanan bebas hambatan itu, kendaraan Anda diharuskan keluar melewati pintu keluar Sentul Selatan.

Tak selang beberapa menit dari pintu keluar jalan tol, Anda dapat menemukan lokasi taman bermain yang dilatar belakangi oleh Gunung Pancar tersebut. Cukup mudah bukan? Bagi wisatawan luar daerah yang menggunakan kendaraan pribadi, jalur ini yang juga akan Anda lewati.

Namun bagi wisatawan yang berangkat menggunakan transportasi umum seperti kereta api, stasiun Bogor menjadi tempat untuk turun yang terdekat dari lokasi wisata. Kemudian perjalanan selanjutnya dapat Anda lanjutkan dengan menggunakan angkutan umum.

Dengan tujuan pertama Botani Square, yaitu sebuah lokasi yang dekat dengan Sungai Ciparigi di daerah Bogor. Lalu perjalanan akan dilanjutkan kembali dengan berganti angkutan umum yang menuju kawasan Bukit Sentul.

Harga Tiket Masuk Taman Budaya Sentul

Harga Tiket Taman Budaya
Image Credit: Google Maps (Andry Sofyan)

Wisatawan yang berkunjung di Taman Budaya Sentul ini, tidak dikenakan biaya khusus untuk membeli tiket masuk. Hanya saja jika Anda ingin mencoba beberapa wahana permainan yang ada di tempat bermain tersebut, ada biaya tersendiri yang harus Anda bayarkan.

Namun jika hanya akan berjalan-jalan di kawasan taman tersebut, tentu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih. Anda bisa menghabiskan waktu liburan secara gratis dengan berjalan-jalan mengelilingi taman atau menikmati kuliner yang tersedia disana.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Taman Budaya

Aktivitas Seru di Taman Budaya
Image Credit: Facebook.com @mediaindonesia

1. Bermain di Area Outbound

Bermain di wahana outbound di kawasan Taman Budaya Sentul memang salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan. Area kawasan bermain yang berada di luar ruangan dengan pemandangan langsung pegunungan ini, terlihat sejuk dan asri karena warna hijaunya.

Wahana permainan seperti flying fox, jembatan gantung, hingga permainan dengan rintangan sulit lainnya bisa Anda temukan dengan mudah di salah satu sudutnya. Saat bermain pun wisatawan akan melihat panorama pegunungan yang ditumbuhi oleh banyak pepohonan.

Gunung Pancar dan Gunung Salak yang menjadi latar belakang taman bermain ini, akan menghadirkan suasana alam terbuka yang lebih sejuk. Udara yang Anda hirup juga terasa lebih segar karena belum tercampur oleh banyaknya polusi dari asap kendaraan bermotor.

Sembari bermain di kawasan outbound, Anda juga banyak mendapat manfaat lain dari bermain di area terbuka ini. Salah satunya adalah kulit Anda yang terkena paparan sinar matahari secara langsung, yang mana sinar ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

Saat melakukan kegiatan satu ini, jangan lupa untuk memakai lotion anti nyamuk terlebih dahulu. Karena untuk mencegah gigitan nyamuk demam berdarah yang hidup di kawasan hutan dekat Taman Budaya Sentul.

2. Trekking dengan Pemandangan yang Indah

Kegiatan lain yang dapat Anda lakukan di kawasan taman bermain ini adalah tracking, yakni menjelajahi dengan berjalan kaki menyususri jalanan setapak. Jika Anda memilih kegiatan ini untuk mengisi waktu liburan anda, maka siapkan dulu beberapa kebutuhannya berikut ini.

Yang pertama adalah persiapan fisik, hal ini merupakan modal utama agar kegiatan tracking yang Anda lakukan berjalan lancar. Kondisi tubuh yang prima alias fit, akan berpengaruh baik saat Anda melakukan kegiatan tracking ini.

Selanjutnya ada persiapan beberapa kebutuhan pokok seperti makanan atau minuman. Pilihlah makanan atau minuman instan yang mudah untuk dikonsumsi saat melakukan kegiatan tracking. Selain itu, pengemasannya pun mudah di tata dalam tas berukuran kecil.

Setelah kedua persiapan tersebut sudah terpenuhi, kini saatnya Anda melakukan tracking menyusuri kawasan sekitar Taman Budaya Sentul. Perjalanan yang akan Anda lewati berupa hutan, bukit dengan kondisi tanah yang agak miring, dan juga tepian sungai.

Dengan rute perjalanan di alam terbuka yang sulit ditebak ini, kejadian tak terduga sering menghampiri para wisatawan yang sedang tracking. Misal saja bertemu hewan liar yang sedang mencari makanan, atau cuaca yang tiba-tiba berubah menjadi kurang mendukung.

Jika Anda ingin merasakan sensasi menjelajahi alam terbuka di kawasan taman bermain ini, siapkan biaya sekitar Rp 350.000 per paketnya. Dengan salah satu fasilitasnya yang berupa pendampingan oleh instruktur ahli.

Aktivitas di Taman Budaya
Image Crdit: Facebook.com @ptimoramotor

3. Mencoba Fun Games

Fun games merupakan area dari beberapa wahana permainan yang diperuntukan bagi orang dewasa. Sajian permainan yang penuh dengan rintangan ini akan membuat adrenalin Anda naik turun. Bahkan tak jarang wisatawan dibuat penasaran oleh permainan yang penuh rintangan ini.

Paint ball adalah salah satu permainan yang masuk dalam fun games di Taman Budaya Sentul tersebut. Permainan yang mengusung tema tembak-menembak ini dilakukan secara berkelompok. Lokasi yang digunakan pun didesain seolah sedang berada di medan pertempuran.

Dengan beberapa dinding tembok yang digunakan untuk bersembunyi para peserta, dan juga tong minyak atau karung berisi pasir yang dapat menutupi persembunyian. Permainan ini akan semakin seru jika kedua kelompok saling serang satu sama lain secara brutal.

Saat bermain paint ball ini, para peserta akan dilindungi dengan sebuah baju rompi anti peluru karet yang terbuat dari bahan busa tebal. Tak lupa kacamata bening untuk mencegah cidera mata jika peluru tak sengaja ditembakkan ke arah kepala sang lawan.

Masih banyak permainan lain yang terdapat di wahana fun games ini. Anda dapat melakukan kegiatan ini bersama teman atau keluarga, agar suasana menjadi lebih seru dan tidak membosankan.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Budaya Sentul Bogor

Fasilitas di Taman Budaya Sentul
Image Credit: Google Maps (Timotius Wiyento)

Membicarakan fasilitas yang tersedia di Taman Budaya Sentul, bisa dikatakan lengkap bahkan ada beberapa yang sudah berstandar internasional. Karena masuk dalam salah satu tempat bermain terluas di kawasan Jawa Barat, maka pembangunan sarana fasilitas juga menjadi hal penting yang dilakukan.

Wilayah taman bermain yang memiliki luas total 6 hektar ini menyediakan beberapa buah toilet yang dapat digunakan oleh para wisatawan. Toilet ini memiliki ruangan yang cukup bersih, lengkap dengan pengharum ruangan dan petugas kebersihan yang rutin membersihkan ruangan ini.

Terdapat juga mushola untuk tempat beribadah para wisatawan yang beragam islam. Tempat untuk melaksanakan sholat ini sudah dilengkapi dengan air conditioner, dimana yang sedang menjalankan sholat di tempat tersebut tidak akan merasa gerah.

Wisatawan juga bisa mencicipi beberapa menu hidangan yang disajikan oleh restoran atau cafe yang berada di kawasan taman bermain tersebut. Minuman hangat juga dapat memesan beragam jenis minuman hangat, karena suasana Bogor terkenal dengan perbukitan yang bersuhu lebih dingin.

Fasilitas lain seperti toko souvenir, juga tersedia bagi para wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh untuk orang tersayang di rumah. Beragam jenis souvenir yang dapat Anda temukan di toko ini, mulai dari hiasan rumah, pernik-pernik dapur, hingga boneka dengan bentuk yang lucu.

Itulah informasi mengenai Taman Budaya Sentul yang menjadi favorit para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Jika Anda tertarik mencoba beberapa wahana permainan di taman bermain tersebut, persiapkan fisik dan mental Anda untuk mencoba seluruh permainan yang ada.