Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 08.00-16.30 WIB, Alamat: Nogosari, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Provinsi Jawa Timur mempunyai destinasi wisata yang cukup beragam dari berbagai lokasi sesuai kategori. Di daerah Mojokerto, terdapat Puthuk Panggang Welut yang menyuguhkan keindahan alam hutan pinus. Suasana alam yang masih asri, ditambah daerah pegunungan yang memberikan hawa sejuk membuat lokasi ini menjadi daftar wajib yang harus dikunjungi.

Sejarah singkat, objek wisata yang satu ini awalnya hanya berupa hutan pinus biasa yang kemudian dibuat menjadi luar biasa oleh kumpulan mahasiswa UNESA pada tahun 2017 lalu. Alhasil, saat ini banyak ditemui berbagai macam foto spot yang diambil dari tempat wisata ini.

Desain yang unik membuat wisata hutan pinus dari Puthuk Panggang Welut memiliki nilai plus. Dimana banyak sekali spot swafoto atau hal lain yang berkaitan dengan fotografi maupun videografi. Meskipun bukan yang utama, adanya air terjun dan camping ground juga layak diperhitungkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Puthuk Panggang Welut

Daya Tarik Puthuk Panggang Welut
Image Credit: Google Maps Master Sage

Bertempat di Pacet, Mojokerto, Puthuk Panggang Welut memiliki daya tarik utama dari panorama alam yang menakjubkan. Sejauh mata memandang anda dimanjakan dengan hamparan hutan pinus yang gagah dan menjulang tinggi. Lokasinya yang berada di kawasan Gunung Penanggungan menjadi alasan utama bagi anda dan sekeluarga sebagai tempat refreshing atau sekedar mengisi waktu liburan.

Selama empat tahun, pihak pengelola selalu menambahkan spot foto menarik dan tidak boleh diabaikan. Diatas lahan seluas 10 hektar, banyak hal yang bisa anda lakukan selain mengambil gambar sebagai kenang-kenangan atau sekedar pamer di sosial media. Diantaranya adalah taman edukasi anak yang berupa wahana permainan sederhana yang pasti disukai anak-anak. Selain itu, anda bisa camping untuk lebih mengenal dan menghargai alam bersama keluarga.

Daya tarik lain yaitu adanya air terjun bernama Curah Watu yang sempat kami katakan sebelumnya. Anda bisa menjadikannya sebagai lokasi terakhir yang dikunjungi setelah puas menikmati panorama keindahan hutan pinus. Di sana, anda juga bisa mengambil foto untuk dijadikan momen abadi. Namun sebaiknya berhati-hati karena medan yang licin dan juga media air yang dapat merusak kamera.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puthuk Panggang Welut
Image Credit: Google Maps Berlian Gani Cahyo

Tidak sulit menemukan lokasi objek wisata Puthuk Panggang Welut, karena lokasinya tergolong dekat dari pusat perkotaan Mojokerto. Alamatnya berada di Desa Nogosari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur dengan jarak sekitar 35km dari alun-alun kota Mojokerto.

Dari Surabaya, dibutuhkan waktu sekurang-kurangnya 1.5 jam untuk sampai ke lokasi. Namun sebaiknya anda menuju rute alun-alun terlebih dahulu jika belum pernah kesana. Kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi selama kurang lebih 30 menit, tergantung dari kecepatan kendaraan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Puthuk Panggang Welot
Image Credit: Google Maps Putri Apriliyanti

Agar anda bisa menikmati fasilitas atau spot yang ada di lokasi, sediakan uang sebesar Rp 8.000 hanya untuk tiket masuk. Untuk parkir, tarif yang berlaku hingga saat ini yaitu 2000 rupiah untuk motor, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Sedangkan anda juga harus mengeluarkan biaya lagi jika ingin menikmati spot foto yang tersedia. Namun jangan khawatir karena tidak terlalu mahal, alias sangat murah. Dengan uang Rp 2.000, anda bisa memilih spot mana yang diinginkan untuk selfie.

Dibuka setiap hari, namun ada perbedaan jam tutup dihari tertentu. Senin sampai jumat, lokasi dibuka pukul 08.00 – 16.30 WIB, sedangkan sabtu dan minggu 30 menit lebih lama, yaitu 08.00 – 17.00 WIB.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Puthuk Panggang Welut

Aktivitas Menarik Puthuk Panggang Welut
Image Credit: Google Maps Fauzul Adhym Al Muhtadyn

Banyaknya pengunjung tidak lain karena faktor dari beragam aktivitas yang bisa dilakukan. Memang sering digunakan sebagai foto, namun bukan hanya itu yang bisa dilakukan. Berikut ragam aktivitas menarik yang bisa anda lakukan di lokasi wisata Puthuk Panggang Welut.

1. Gerbang Apache Warna-warni

Ketika pertama kali memasuki lokasi wisata, anda disuguhkan dengan berbagai warna lingkaran yang terbuat dari kayu. Inilah alasan dinamakan gerbang apache karena lingkaran tersebut mirip dengan topi yang digunakan suku Apache, Amerika.

Bukan hanya itu yang membuat menarik, disebelah kanan dan kiri jalan utama yang terbuat dari paving, terdapat pohon pinus yang berbaris rapi seolah menyambut kedatangan anda. Menariknya, sisi kanan dan kiri dari pohon pinus tersebut berbeda tempat kedudukannya. Sisi kiri mirip seperti lereng dengan tingkat kemiringan tajam, sedangkan sisi kanan berupa lembah landai.

2. Spot Foto Tunggak Ketemu Jodoh

Setelah berjalan menyusuri jalan setapak dari paving, anda bertemu dengan spot foto menarik yang dinamakan Tunggak Ketemu Jodoh. Spot ini menjadi yang kedua dan cocok dijadikan foto selfie maupun bersama rombongan.

Cukup sederhana namun tetap sedap dipandang mata, karena hanya berupa susunan batu yang di sangga dengan bambu. Batu tersebut dicat warna warni sehingga terlihat menarik. Selain itu, lokasinya yang berada dilereng membuatnya semakin indah meskipun dilihat dari berbagai sudut.

3. Nikmati Sejuknya Udara Hutan Pinus

Aktivitas lain yang bisa dilakukan yaitu sekedar menikmati udara segar yang jauh dari lokasi pabrik. Letaknya berada dilereng gunung membuat nuansa alami yang membuat betah pengunjung.

Selain sejuk, anda bisa ‘cuci mata’ dengan keindahan alam hutan pinus yang tidak terlupakan. Sejauh mata memandang, pohon pinus yang rimbun menemani setiap lirikan yang dilakukan.

4. Tanjakan Ask Forest

Sebagai lokasi yang berada di lereng pegunungan, tanjakan pasti anda lalui sebagai aktivitas yang menyenangkan. Ask Forest dapat ditemui setelah anda berjalan menanjak dari spot Tunggak Ketemu Jodoh. Selama perjalanan, anda ditemani dengan tebing dan lereng dengan formasi pohon pinus yang tersusun rapi.

Jika anda lelah, beberapa gazebo dan pepohonan yang sengaja dibuat sebagai tempat istirahat bisa menjadi pilihan utama. Selain itu, ada pilihan lain berupa ban yang ditanam sebagai tempat istirahat atau alternatif foto.

Sedikit meneruskan perjalanan, anda bakal menemukan spot foto lain yang dinamakan Taman Cinta. Bukan tanpa asalan kenapa nama tersebut disematkan, karena terdapat bunga yang membentuk hati, dimana di tengahnya bisa anda gunakan sebagai posisi untuk mengambil gambar.

Aktivitas Menarik di Puthuk Panggang Welut
Image Credit: Google Maps Alrissell Football Adventure

5. Spot Foto Unik

Masih berhubungan dengan aktivitas foto yang bisa dilakukan di objek wisata Puthuk Panggang Welut. Namun kali ini berbeda dan lebih unik, contohnya seperti spot foto dengan background tulisan ‘Kapan Lulus?’, ‘Kapan Skripsi?’, dan juga ‘Kapan Aku Rabi? Semuanya terbuat dari papan kayu sederhana.

Spot tersebut sangat cocok dibagikan di media sosial untuk bahan humor, seperti Facebook maupun Instagram. Memang terlihat sepele, namun keunikan nya yang membuat banyak orang tertarik, mungkin juga anda?

6. Berkemah

Dari hal-hal yang berbau kamera, kita beralih ke aktivitas lain, yaitu berkemah. Terdapat area khusus yang digunakan untuk camping atau kemah, sehingga tidak bercampur dengan spot foto tadi.

Anda bisa lebih leluasa menikmati pemandangan alam bersama keluarga atau rombongan rekreasi. Lahan yang disediakan cukup luas, untuk itu jangan lupa membawa Hammock (tempat tidur gantung) yang bisa anda buat dari sisi kanan dan kiri pohon pinus.

7. Menikmati Kesegaran Air Terjun

Terdapat dua air terjun yang bisa anda jadikan sebagai aktivitas pamungkas setelah puas foto atau berkemah. Sedikit menuruni lereng dengan jalan berkelok, anda akan menemukan air terjun Watu Gedheg dan air terjun Curah Watu. Keduanya memiliki tingkat ketinggian berbeda, air terjun Watu Gedheg memiliki ketinggin 30m, sedangkan air terjun Curah Watu hanya 10m.

Hamparan pohon lebat yang kebanyakan bukan berupa pohon pinus bisa menemani perjalanan anda. Debit air dari kedua air terjun terebut tergantung curah hujan, begitu juga dengan arus yang mengalir.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puthuk Panggang Welut
Image Credit: Google Maps c anugrah

Dapat menampung sekitar 1000 pengunjung, Puthuk Panggang Welut menyediakan fasilitas yang juga umum terdapat di tempat wisata lain. Anda bisa mandi atau sekedar buang air di toilet yang disediakan di beberapa tempat. Selain itu, terdapat Mushola dan juga area parkir yang luas dan aman.

Bagi anda yang tidak membawa bekal atau sedang kehabisan, banyak warung makanan yang berjejer untuk mengisi perut lapar setelah menyusuri keindahan panorama alam yang menakjubkan. Kebanyakan juga terdapat fasilitas free Wi-fi sehingga tidak perlu takut akan lemahnya sinyal di daerah pegunungan.

Itulah informasi dari destinasi wisata Puthuk Panggang Welut yang menurut kami sudah cukup detail. Jika anda berencana ingin pergi ke lokasi tersebut, jangan lupa menyiapkan segala hal yang diperlukan, terutama dari segi keselamatan. Untuk hari libur, biasanya banyak pengunjung yang juga memilih spot wisata alternatif ini.