Harga Tiket: Rp 29.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Krajan I, Ngadas, Kec. Sukapura, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pasir Berbisik Gunung Bromo, sebuah tempat wisata yang wajib anda kunjungi jika mengaku sebagai pelancong sejati. Dari namanya jelas terlihat bahwa objek wisata kali ini berada di Gunung Bromo, tepatnya di sebelah Timur dari gunung yang penuh dengan misteri ini. Hamparan pasir yang luas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Luas lautan pasir yang ada di sini diperkirakan mencapai lebih dari 5.000 hektar. Sejauh mata memandang, hanya ada pasir kehitaman yang menunjukkan pesonanya. Pemandangan lain yang didapatkan tidak lain dari gagahnya Gunung Bromo, juga beberapa batuan yang jumlahnya tidak terlalu banyak.

Meski terkesan gersang, tempat yang berada di Kaldera Gunung Bromo ini tidak pernah sepi pengunjung. Nama Pasir Berbisik baru saja diberikan, sebelumnya tempat ini tidak memiliki nama. Sebuah film yang berjudul ‘Pasir Berbisik’ pada tahun 2001 turut melambungkan objek wisata ini dan sekaligus secara tidak sengaja memberikan nama yang cocok dengan keadaannya.

Daya Tarik Pasir Berbisik Gunung Bromo

Daya Tarik Pasir Berbisik Gunung Bromo
Image Credit: Google Maps A A

Pasir Berbisik Gunung Bromo termasuk salah satu tujuan touring selama mengunjungi kawasan wisata Bromo. Meski bukan yang utama, namun wisatawan tidak pernah melewatkan kesempatan. Ini dikarenakan ada berbagai daya tarik yang dimiliki, mungkin tidak ditemukan di spot lain.

1. Pesona Padang Pasir Berbisik Bromo

Jaraknya yang cukup dekat dengan Gunung Bromo memungkinkan wisatawan untuk melihat kegagahan dari gunung yang membelah beberapa kabupaten di Jawa Timur ini. Bentang pasir yang sangat luas seolah-olah anda sedang berada di planet lain, bukan di bumi pastinya. Apalagi saat angin bertiup, yang mana membawa pasir terbang dan menghasilkan suara.

Suara inilah yang dianggap sebagai bisikan, hampir mirip dengan suara ular yang berderik. Hembusan angin yang kadang kencang dan teduh ini menghasilkan sebuah gelombang pasir yang sangat eksotis. Keindahan Pasir Berbisik di Gunung Bromo semakin sempurna tatkala lembah dan ngarai mengelilinginya.

2. Fenomena Frozen Bromo

Gunung Bromo berada di ketinggian 2.329 Mdpl, sangat tinggi tentunya untuk mendapatkan cuaca sejuk dan bahkan dingin. Pada saat tertentu, ada sebuah fenomena unik yang dikenal dengan Frozen Bromo. Fenomena ini memunculkan lapisan es yang cukup tebal, rata-rata memiliki ketebalan hingga 3 cm.

Ini dikarenakan suhu ekstrem yang ada pada bulan tertentu yang mencapai minus 5 derajat celcius. Meski tidak terjadi setiap bulan, namun Frozen Bromo tetap mejadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Spot wisata Pasir Berbisik Gunung Bromo pun tidak luput dari fenomena unik ini yang pada akhirnya tertutup oleh lapisan es tebal.

3. Pura Luhur Poten

Bukan sebagai yang utama, tetapi adanya Pura Luhur Poten semakin melengkapi daya tarik yang dimiliki. Letaknya tidak terlalu jauh dengan spot Pasir Berbisik, jadi wisatawan mudah menjangkaunya. Bukan tanpa alasan kenapa sebuah Pura yang banyak ditemui menjadi daya tarik, karena Pura ini termasuk yang tertinggi di Indonesia.

Hingga sekarang, Pura yang diatas ketinggian ini masih berfungsi sebagai tepat ibadah Umat Hindu. Upacara adat pun masih sering dilakukan oleh Suku Tengger, dimana wisatawan diperbolehkan menyaksikan asalkan tidak mengganggu. Pura yang dibangun pada tahun 2000 ini memiliki arsitektur Jawa dan Bali yang begitu kental.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pasir Berbisik
Image Credit: Google Maps Sahara Oct

Lokasi Padang Pasir Berbisik cukup strategis, karena dapat di tempuh dari beberapa kabupaten dengan jarak yang relatif dekat. Dari Lumajang, anda hanya butuh waktu sekitar 1 jam 15 menit untuk menempuh jarak 36 kilometer. Sedangkan dari Malang tidak jauh berbeda, jaraknya kira-kira 35 kilometer.

Objek wisata ini pun dapat ditempuh dari Probolinggo dengan jarak 33 kilometer ke arah Tenggara. Untuk alamatnya sendiri berada di Daerah Krajan I, Ngadas, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Rute terbaik adalah dengan mengambil Jalan Raya Purut Lumbang sebagai akses utama.

Perjalanan dilanjutkan menuju ke Jalan Raya Bromo yang dijamin berkelok dan menanjak. Terus ikuti jalan utama sampai anda menemukan Pura Agung Dharma Bakti. Dari Pura ini, jarak Pasir Berbisik masih sekitar 5 kilometer mengikuti jalan utama. Ada banyak papan petunjuk yang disediakan, atau anda bisa bertanya pada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pasir Berbisik
Image Credit: Google Maps ade pepe

Eksotisme yang dimiliki objek wisata di Gunung Bromo ini ternyata tidak mahal. Wisatawan lokal hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 29.000 ketika weekday, sedangkan weekend butuh 34.000 rupiah. Lain halnya wisatawan asing yang harga tiketnya jauh lebih mahal. Di hari biaya, mereka wajib membayar 220.000, dan 320.000 di hari libur.

Selain keindahan dan keunikan yang dimiliki, Pasir Berbisik Gunung Bromo juga memiliki beberapa wahana yang lumayan seru. Jika ingin bersantai sambil menyusuri lautan pasir yang luas, silahkan sewa kuda dengan biaya 150.000 rupiah. Lebih menantang lagi jika anda menyewa motor trail dan jeep dengan masing biaya 250.000 dan 50.000 rupiah.

Aktivitas yang Menarik di Pasir Berbisik Gunung Bromo

Aktivitas Menarik Pasir Berbisik Gunung Bromo
Image Credit: Google Maps Fathonikudo

Memang sejauh mata memandang hanya terdapat hamparan pasir luas mirip lautan. Namun bukan berarti tidak ada aktivitas seru ketikan mengunjungi Pasir Berbisik Gunung Bromo. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dimaksud, dijamin seru dan tidak mengecewakan!

1. Berkuda Diatas Hamparan Pasir

Ketika berkuda diatas rumput tanah sudah terlalu mainstream, saatnya anda mencoba berkuda diatas pasir. Kegiatan ini selalu menjadi pilihan wisatawan, baik laki-laki maupun perempuan. Bagi yang tidak mahir berkuda jangan khawatir, karena ada pemandu yang siap mengajari dan mendampingi di setiap perjalanan menyusuri lautan pasir.

2. Pacu Adrenalin dengan Motor Trail

Motor Trail yang ada di Pasir Berbisik Gunung Bromo bukan hanya digunakan sebagai pajangan. Pengunjung diperbolehkan menyewa dengan harga yang disebutkan sebelumnya. Namun pastikan anda mahir mengendarai jenis sepeda motor sport ini, karena medan yang ditempuh kali ini berpasir. Aktivitas ini cocok bagi yang suka tantangan karena dapat memacu adrenalin.

3. Berkeliling Naik Jeep

Aktivitas Menarik di Pasir Berbisik Gunung Bromo
Image Credit: Google Maps A A

Tidak semua orang suka dengan tantangan, sebagian justru ingin lebih santai selama liburan. Apabila anda terasuk tipe seperti ini, berkeliling naik jeep sepertinya cocok dijadikan aktivitas seru. Bagaimana tidak, anda hanya perlu duduk manis sambil menyaksikan eksotisme Padang Pasir Berbisik yang mengagumkan.

4. Mengunjungi Pura Luhur Poten

Meski bukan beragama Hindu, tidak ada salahnya anda mengunjungi Pura Luhur Poten untuk melengkapi aktivitas selanjutnya. Apabila beruntung, anda akan melihat Suku Tengger yang sedang melakukan upacara adat. Jika kurang beruntung, menyaksikan bangunan yang memiliki gaya khas Jawa dan Bali ini pun cukup menarik.

5. Berburu Spot Foto

Aktivitas menarik selanjutnya yang dapat dilakukan di Pasir Berbisik Gunung Bromo yakni berburu spot foto. Aktivitas ini wajib, baik dijadikan kenang-kenangan atau di posting di media sosial. Latar lautan pasir terlihat sangat mengagumkan. Dari sudut yang tepat, anda pun mendapatkan pemandangan dari gagahnya Gunung Bromo yang berdiri dengan yakin.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pasir Berbisik
Image Credit: Google Maps A A

Hampir semua objek wisata memiliki berbagai fasilitas yang menunjang kebutuhan wisatawan. Sayangnya, kali ini anda tidak mendapatkan fasilitas yang dimaksud ketika mengunjungi Pasir Berbisik Gunung Bromo. Bukan tanpa alasan, karena spot wisata ini hanya berupa lautan pasir.

Fasilitas yang tersedia hanya wahana yang disebutkan diatas, juga area parkir yang luas di lokasi yang telah ditentukan pengelola. Untuk area parkir pun letaknya lumayan jauh dari spot utama. Toilet masih belum tersedia di sini, jadi manfaatkan sebaik-baiknya apabila anda berada di lokasi parkir.

Itulah berbagai hal penting yang wajib anda ketahui sebelum mengunjungi Pasir Berbisik Gunung Bromo. Bukan hanya namanya yang unik, namun juga pesona yang dimiliki dari keindahan secara keseluruhan. Sebab minim fasilitas, persiapkan perbekalan dari rumah atau dari lokasi anda parkir kendaraan.