Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Populer di Ambarawa, Semarang. Destinasi Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Paling Hits untuk Liburan lebih Berkesan.

Ambarawa adalah salah satu kecamatan yang ada di Semarang, Jawa Tengah. Meski kecil, Ambarawa memiliki banyak sekali potensi wisata, terutama wisata alam. Karena termasuk daerah dataran tinggi, tak heran jika hawa sejuk mendominasi Ambarawa dan membuat piknik di daerah ini semakin menyenangkan.

Kota Ambarawa juga sarat dengan kekayaan kuliner, sejarah, dan wisata religi. Inilah mengapa jalan-jalan di kota ini tak akan membosankan karena banyak tempat-tempat unik yang bisa dikunjungi. Di bawah ini ada daftar rekomendasi tempat wisata yang sangat populer di Ambarawa. Semuanya cocok dijadikan tujuan wisata saat siapa saja berkunjung ke kota ini.

Penasaran di mana saja tempat menarik Ambarawa terletak? Simak daftar di bawah ini. Semua lokasi wisata di sini terbilang murah, mudah dijangkau dengan kendaraan, dan juga pemandangannya cocok untuk foto-foto dan membuat konten sosial media. Ini dia daftar 20 objek wisata terpopuler di Kecamatan Ambarawa saat ini.

1. Rawa Pening

Rawa Pening
Image Credit: Wikipedia.org

Rawa Pening adalah tempat wisata yang menjadi ikon Ambarawa. Ada dua hal yang pasti terbesit di pikiran orang-orang jika mendengar nama Rawa Pening. Yang pertama pastilah legenda terjadinya Rawa Pening yang sudah menjadi urband legend bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Yang kedua, tentu saja adalah wisata enceng gondoknya. Ya, rawa ini memang penuh dengan tanaman enceng gondok yang sekarang ini sudah terbilang jarang bisa ditemui. Di lokasi ini, pengunjung bisa menyusuri rawa dengan menyewa perahu dan melihat perkebunan enceng gondok juga.

Lokasi: Rawa Pening, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

2. Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang
Image Credit: Seringjalan.com

Jika ingin berwisata alam dengan pemandangan yang masih sangat asri, salah satu pilihan yang ada di Ambarawa adalah Air Terjun Semirang. Air terjun ini terbilang sangat cantik, apalagi di musim hujan ketika debit airnya cukup banyak.

Ada batu-batu dan hutan yang menjadi latar belakang dari air terjun ini. Hawanya sejuk dan membuat piknik di tempat ini terasa sangat menyenangkan. Air terjun ini termasuk salah satu wisata alam paling terkenal di kota ini, tak heran jika tempatnya termasuk padat pengunjung.

Lokasi: Gogik, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang.

3. Museum Palagan Ambarawa

Museum Palagan Ambarawa
Image Credit: Jateng.tribunnews.com

Jika pernah membaca buku sejarah, terutama yang terkait dengan perjuangan Indonesia merebut kemerdekaan, pasti kita semua tahu jika kota Ambarawa merupakan salah satu tempat di mana pertempuran besar terjadi antara Indonesia dengan penjajah. Pertempuran ini memberi dampak signifikan yang berujung pada keberhasilan Indonesia untuk merdeka.

Di lokasi pertempuran yang dulu terjadi, kini dibuat sebuah museum yang bernama Museum Palagan Ambarawa. Di sini, kita bisa belajar sejarah dan juga mengenang perjuangan para pahlawan dan orang-orang yang gugur dalam pertempuran Ambarawa. Tempat ini merupakan wisata edukatif yang cocok bagi semua orang.

Lokasi: Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

4. Goa Rong View

Goa Rong View
Image Credit: Instagram.com @muhammad_fajjri

Seperti yang diketahui, Ambarawa termasuk dataran tinggi yang sudah pasti memiliki banyak perbukitan dan menyajikan pemandangan indah. Salah satu cara untuk menikmati pemandangan Ambarawa adalah dengan berkunjung ke Goa Rong View.

Tempat ini ada di puncak bukit, dari atas sini, pemandangan kota Ambarawa, termasuk hutan-hutan hijaunya bisa terlihat dengan jelas. Bagi anak-anak muda, tempat ini merupakan spot selfie yang paling dicari-cari.

Lokasi: Jl. Lerak Lopait, Delik, Kec. Tuntang, Kab. Semarang.

5. The Fountain Water Park

The Fountain Water Park
Image Credit: Jejakpiknik.com

Untuk tempat wisata yang terbilang cocok untuk seluruh keluarga dan konsepnya cukup modern, ada The Fountain Water Park. Ya, tempat ini adalah wahana wisata air bagi anak-anak dan dewasa. Ada berbagai kolam renang dan fasilitas lainnya yang tersedia di tempat ini, termasuk papan seluncur, kolam anak-anak, dan lain-lain.

Lokasi The Fountain Water Park terbilang mudah ditemukan karena ada di pusat kota Ambarawa. Siapapun bisa bersenang-senang di tempat ini karena fasilitas yang disediakan oleh pengelola water park cukup lengkap dan harga tiket masuknya juga terbilang tidak terlalu mahal untuk dibeli.

Lokasi: Jl. Bima Sakti Raya, Lerep, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang.

6. Desa Bejalen

Desa Bejalen
Image Credit: Instagram.com @seputarsemarang

Desa Bejalen merupakan desa wisata yang unik. Letaknya ada di pinggir sungai dan jika dilihat sekilas mungkin terlihat seperti pemukiman penduduk biasa. Namun, rumah-rumah di desa ini hampir semuanya dicat warna-warni sehingga nampak seperti kampung pelangi.

Tak heran jika di desa ini, semua orang sibuk berfoto-foto dengan background rumah-rumah penduduk yang warna-warni tersebut. Tempat wisata ini cukup ramai dan kadang juga ada beberapa event yang digelar di sini, terutama menjelang hari-hari besar.

Lokasi: Desa Bejalen, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

7. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa
Image Credit: Google.maps (Reza Syahputra)

Ambarawa merupakan salah satu kota dengan jejak sejarah yang kental. Dulu ketika jaman penjajahan Belanda, kota ini merupakan salah satu kota favorit bagi orang-orang Belanda untuk mendirikan bangunan dan menetap. Tak heran jika banyak sekali gedung dan bangunan peninggalan Belanda di sini.

Salah satu yang bisa dilihat adalah di Museum Kereta Api Ambarawa. Tempat ini dulu merupakan tempat di mana lokomotif-lokomotif Belanda dikumpulkan. Koleksi tersebut masih bisa dilihat hingga hari ini. Tentu saja semuanya sangat menarik dan bisa menambah pengetahuan tentang sejarah Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

Lokasi: Jl. Panjang Kidul, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

8. Argo Wisata Kebun Tlogo

Argo Wisata Kebun Tlogo
Image Credit: Wisataindonesia.biz

Bagi penggemar argo wisata, ada satu tempat wisata dengan konsep argo wisata yang cocok dikunjungi di Ambarawa. Namanya adalah Argo Wisata Kebun Tlogo. Tempatnya asri dan koleksi tanaman di sini sangat beragam.

Jika membutuhkan pemandangan hijau yang menyejukkan mata, tempat ini tentu saja bisa memberikannya. Udara di sini juga sejuk dan siapapun bisa merasa sangat rileks dan merasa lebih segar saat berkunjung ke tempat ini.

Lokasi: Desa Ndelik, Kec. Tuntang, Kab. Semarang.

9. Masjid Agung Ungaran

Masjid Agung Ungaran
Image Credit: Anugerahkubah.com

Seperti yang sudah ditulis tadi, Ambarawa merupakan kota yang sarat sejarah juga wisata religi. Salah satu tempat yang cocok untuk wisata religi di tempat ini adalah Masjid Agung Ungaran. Bangunannya sangat megah dengan konsep arsitektur yang unik dan lain daripada yang lainnya.

Bagi yang sedang berada di sekitar lokasi, tentu saja masjid ini bisa digunakan sebagai tempat untuk shalat dan beribadah. Di sekitar lokasi masjid, ada pemandangan kota Ambarawa yang bisa dinikmati dan juga ada beberapa spot wisata kuliner dan penjual oleh-oleh yang bisa melengkapi kunjungan di kota ini.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Sidomulyo, Kec. Ungaran, Kab. Semarang.

10. Pasar Bunga Bandungan

Pasar Bunga Bandungan
Image Credit: Gardening.id

Bagi yang hobi berkebun dan mengoleksi aneka bunga dan tanaman, jangan lupa berkunjung ke Pasar Bunga Bandungan. Letaknya ada dataran tinggi Ambarawa yang membuatnya cocok bagi aneka tanaman untuk tumbuh dengan baik.

Di sini, siapa saja bisa memilih tanaman dan bunga-bunga untuk dibeli dan dibawa pulang. Bentuknya ada yang sudah berupa bakal tanaman dalam pot, namun ada juga yang bentuknya berupa benih-benih tanaman biasa.

Lokasi: Jl. P. Diponegoro, Jetis, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

11. Kampoeng Rawa

Kampoeng Rawa
Image Credit: Ayodolan.net

Ambarawa termasuk kota yang sarat dengan rawa-rawa. Kampoeng Rawa merupakan wisata kuliner sekaligus wisata selfie yang terkenal di sini. Tempatnya ada di tengah-tengah rawa dan konsepnya adalah gazebo-gazebo terapung yang bisa dijadikan area makan dan foto.

Bagi yang takut berenang atau takut gazebo-nya oleng dan tenggelam, tenang saja, hal itu tidak akan terjadi karena semua gazebo di sini dilengkapi dengan pelampung kuat yang akan menopang beban gazebo dan tidak akan membuatnya oleng.

Lokasi: Jl. Khan Abdul Halim, Tambakboyo, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

12. Benteng Pendem

Benteng Pendem
Image Credit: Travel.kompas.com

Ambarawa memang sarat dengan bangunan-bangunan peninggalan Belanda. Tak hanya rumah-rumah tua, Ambarawa juga memiliki banyak sekali benteng bersejarah. Salah satunya adalah Benteng Pendem.

Benteng ini dulunya adalah pusat lokasi tentara Belanda saat berkumpul. Setelah jaman kemerdekaan, tempat ini menjadi tempat wisata yang kerap kali dikunjungi. Orang-orang tertarik dengan arsitektur dan juga dengan sejarah tempat ini.

Lokasi: Bugisari, Lodoyong, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

13. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

Kolam Renang Tirto Argo Siwarak
Image Credit: Slamsr.com

Salah satu kolam renang paling populer di Ambarawa adalah Kolam Renang Argo Siwarak. Kolam renang ini sudah ada bertahun-tahun dan menjadi tempat tujuan bagi orang tua yang ingin mengajak anaknya berenang.

Ada beberapa jenis kolam renang di sini dengan berbagai varian kedalaman. Selain kolam renang, di tempat ini juga sudah tersedia kafetaria dan tempat-tempat untuk membeli aneka barang yang bisa digunakan ketika berenang.

Lokasi: Jl. Tirto Argo, Blanten, Nyatnyono, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang.

14. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Image Credit: Hargatiket.net

Jejak sejarah kota Ambarawa sudah ada jauh sebelum jaman Belanda. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya candi di kota ini. Salah satu candi paling terkenal di sini adalah Candi Gedong Songo. Kompleks candi ini sangat cocok dijadikan tempat wisata sejarah.

Suasananya masih asri dan ada beberapa spot menarik untuk berfoto di sini. Salah satu hal yang sangat wajib dilakukan wisatawan adalah menyewa kuda untuk dinaiki dan berkeliling kompleks candi ini. Tentu saja hal ini unik dan belum tentu bisa dijumpai di kawasan lain.

Lokasi: Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang.

15. Kebun Durian Watu Simbar

Kebun Durian Watu Simbar
Image Credit: Tempatwisata.pro

Durian merupakan buah khas Indonesia yang siapa saja pasti menyukainya. Buah dengan aroma yang khas menyengat ini bisa ditemukan dengan mudah di Ambarawa, terutama di Kebun Durian Watu Simbar.

Kebun Durian ini merupakan tempat pembibitan buah durian yang hampir selalu panen tiap tahunnya. Jika datang ke sini, tentu saja pengunjung bisa menikmati aneka jenis buah durian dengan rasanya yang mantap.

Lokasi: Jl. Mr. Koesbiono Tjondro Wibowo, Kec. Gunung Pakis, Kab. Semarang.

16. Lereng Kelir

Lereng Kelir
Image Credit: Dhanursubuyars.blogspot.com

Wisata Lereng Kelir merupakan wisata yang terletak di ketinggian. Konsepnya adalah wisata selfie dengan background ketinggian, termasuk ada awan-awan dan langit membentang di atas dan pemandangan hijau di bawahnya.

Di tempat ini sudah disediakan spot selfie khusus yang bisa dinaiki oleh pengunjung. Jika ingin hasil fotonya bagus, pengelola tempat ini juga sudah menyediakan jasa foto dengan kamera profesional.

Lokasi: Gertas, Brongkol, Kec. Jambu, Kab. Semarang.

17. Losari Coffee Plantation Resort

Losari Coffee Plantation Resort
Image Credit: Booking.com

Bagi yang ingin merasakan nongkrong di tempat yang unik, seperti di rumah peninggalan Belanda, tempat yang cocok dikunjungi adalah Losari Coffee Plantation Reso. Di tempat ini, ada kebun kopi.

Ada juga kafe yang bisa untuk tempat kumpul-kumpul. Suasana di sini khas jaman dulu dengan konsep rumah peninggalan Belanda dan juga pemandangan perkebunan yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Lokasi: Jl. Losari, Kec. Grabag, Kab. Magelang.

18. Gua Maria Ambarawa

Gua Maria Ambarawa
Image Credit: Sintiaastarina.com

Selain Masjid Agung, di Ambarawa juga ada wisata religi lainnya yang sangat terkenal. Tempat wisata ini untuk umat Nasrani. Namanya Gua Maria Ambarawa atau yang banyak dikenal juga dengan Gua

Maria Kerep. Gua Maria ini memiliki ciri khas patung Bunda Maria raksasa yang ada di pintu masuknya.

Di tempat ini, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan religi karena tempat ini terbilang cukup komplit fasilitas ibadahnya. Selain itu, pengunjung juga bisa membeli aneka sovenir dan oleh-oleh di tempat-tempat penjualan sekitar Gua Maria ini. Inilah mengapa tempat ini terbilang cukup komplit dan layak dikunjungi.

Lokasi: Jl. Gua Maria Kerep, Panjang, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang.

19. Curug Lawe

Curug Lawe
Image Credit: Bataritours.com

Untuk wisata alam lainnya yang ada di Ambarawa, pengunjung bisa mencoba datang ke Curug Lawe. Di sini, ada curug atau air terjun yang cukup besar dan debit airnya cukup banyak. Suasanya khas pedesaan nan asri bisa langsung terasa ketika mengunjungi tempat yang satu ini.

Jika ingin berkunjung di sini, pastikan membawa baju ganti karena pasti semua orang akan tergoda untuk berenang dan bermain air di bawah air terjun yang sangat indah ini. Di sinilah tempat yang cocok untuk menikmati suasana alam.

Lokasi: Jl. Limbangan, Gunungsari, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang.

20. Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran
Image Credit: Masyog.com

Yang terakhir, ada Kampoeng Kopi Banaran. Ya, tempat ini merupakan lokasi wisata untuk menikmati aneka jenis kopi dan kuliner lain khas Ambarawa dan daerah di sekitarnya. Konsepnya sangat unik dan menarik.

Jika berkunjung di sini, kita bisa merasakan nikmatnya kopi dan sejuknya pemandangan. Pokoknya nongkrong di tempat ini pasti bisa memberikan suasana nostalgia yang ditunggu-tunggu banyak orang.

Lokasi: Jl. Raya Bawen, Gentong, Asinan, Kec. Bawen, Kab. Semarang.

Dengan adanya daftar tempat wisata terpopuler di Ambarawa di atas, wisatawan tak usah bingung lagi soal di mana bisa menemukan tempat yang cocok untuk wisata saat berada di kota kecil ini. Ya, meski kecil, ternyata banyak sekali, bukan, tempat wisata yang bisa didatangi dan dijadikan tempat piknik?