39 Tempat Wisata di Bali Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

24 Tempat Wisata di Bali

Sebuah negara selalu mengandalkan satu atau beberapa wilayah yang mereka miliki sebagai ikon pariwisata. Indonesia memiliki Bali meski saat ini telah diupayakan adanya 10 Bali baru. Tak lain adalah untuk mengenalkan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia kepada para wisatawan asing. Menarik mereka untuk datang dan iklim wisata Indonesia semakin baik.

Panorama yang disajikan Bali memang tak tertandingi, tempat-tempat wisata disana begitu menarik hati baik untuk wisata alam ataupun buatan yang tergolong kekinian. Ingin Liburan? Pulau Bali adalah urutan pertama yang wajib Anda dikunjungi.

1. Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling

Image Credit: Gotravelly.com

Namanya adalah air terjun aling-aling yang bisa menjadi pilihan tepat untuk berlibur ketika di Bali. Air terjun memiliki ketinggian sekitar 35 m yang terbilang unik karena dari puncaknya air jatuh ini terpecah menjadi dua terjunan yang bentuknya berdampingan, sementara air terjun yang sebelah kanan ini memiliki debit air yang lebih besar dibandingkan di sebelah kirinya.

Air terjun aling-aling berada di Jalan Raya Desa Sambangan, Sukasada Kabupaten Buleleng Bali. Ada tebing yang tinggi dan pepohonan yang membuat suasana makin dingin dan asri. Ada juga kolam yang bisa digunakan untuk berendam serta berenang.

Lokasi: Jl. Raya Desa Sambangan, Sambangan, Sukasada, Kab. Buleleng, Bali.

2. Museum Geopark Batur

Museum Geopark Batur

Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Tidak hanya terkenal karena kindahan pasir putihnya yang eksotis, Pulau Bali memiliki banyak museum yang menjadi wisata edukasi. Seperti Museum Geopark Batur dimana wisatawan bisa mengenal sejarah dan juga Geopark Gunung Batur lebih dekat lagi. Pertama kali masuk, wisatawan akan menemukan miniature Gunung Batur dan juga representasi sejarah alam dan kebudayaan.

Lokasi tempat wisata ini ada di kawasan Gunung Batur. Lokasinya bisa ditempuh selama kurang lebih 2 jam dari Kuta. Ada kondisi sekitar yang sejuk seperti dikelilingi bebatuan, danau dan juga pasir yang terjaga kebersihannya.

Lokasi: Jl. Raya Penelokan, Batur Selatan, Kintamani, Kab. Bangli, Bali.

3. Pantai Batu Belig

Pantai Batu Belig

Image Credit: Blog.airpaz.com

Objek Wisata di Bali memang identik dengan pantai. Tetapi bukan hanya Kuta dan Sanur, ada pantai Batu Belig yang diketahui menjadi tempat favorit untuk wisatawan menikmati sunset. Pantai ini juga memiliki kontur yang landai dimana bibir pantainya hamper sejajar dengan jalan raya. Ada pasir yang cukup lembut dan empuk sehingga begitu nyaman dipakai untuk berjalan kaki.

Para wisatawan seringkali menikmati waktu golden sunset dengan duduk di sekitar pantai. Bisa juga duduk di kursi berpayung yang sudah disediakan. Lokasinya berada di Jalan Pantai Batu Belig Seminyak.

Lokasi: Jl. Batu Belig, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali.

4. Bukit Belong

Bukit Belong

Image Credit: Kintamani.id

Berikutnya, tempat wisata Bukit Belong ini menawarkan keindahan pesona alam perbukitan yang hijau dan begitu menawan. Jika sampai di puncak Bukit Belong, wisatawan akan disuguhkan sebuah pemandangan petak-petak sawah yang membentang dan rerumputan yang tinggi. Jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa memotret keindahan disini.

Lokasinya berada di Jalan Raya Gunaksa Klungkung Bali. Rute perjalanan yang bisa diambil adalah menuju karangasem melalui Bypas Ida Bagus Mantra. Nantinya wisatawan akan melewati area bukit ini dan Kusamba Klungkung.

Lokasi: Jl. Raya Gunaksa, Gunaksa, Dawan, Kab. Klungkung, Bali.

5. Air Terjun Tembok Barak

Air Terjun Tembok Barak

Image Credit: Casaindonesia.com

Tempat wisata Air Terjun Tembok Barak ini terletak di tempat yang tersembunyi. Tak heran jika keindahannya masih begitu terjaga. Konon, disebut dengan julukan Tembok Barak karena dinding yang membelakangi air terjun ini berwarna merah. Wisatawan harus menempuh perjalanan yang cukup panjang agar sampai di lokasi ini.

Air Terjun Tembok Barak berada di Gang Cengkeh, Sambangan Sukasada. Perjalanan yang dilakukan kurang lebih 30 km selama 1 jam dari pusat kota. Nantinya setelah dekat dengan lokasi tersebut, wisatawan harus berjalan kaki untuk menyusuri jalan setapak sekitar 700 meter.

Lokasi: Gang Cengkeh, Sambangan, Sukasada, Kab. Buleleng, Bali.

6. Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan

Image Credit: Almostlanding-bali.com

Dari sekian banyak Pura yang ada di Bali, Pura Ulun Danu Beratan bisa dikatakan sebagai tempat yang seringkali dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Sebab kawasan wisata ini tak hanya menyajikan nuansa religius yang kental terasa, melainkan kecantikan panorama alamnya yang tidak bisa diduakan.

Selama berada disana, pengunjung dapat merasakan kesejukan udaranya sekaligus mencari spot terbaik untuk mengabadikan momen liburan.

Lokasi: Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

7. Desa Munduk

Desa Munduk

Image Credit: Flickr.com @Loflife

Mencari tempat pelarian terbaik untuk membinasakan pikiran yang kacau ? Tampaknya destinasi alam yang disuguhkan oleh Desa Munduk bisa menjadi solusinya. Dijuluki sebagai Desa di atas Awan ala Bali, sebab Desa Munduk memang berada di ketinggian sekitar 900 mdpl.

Lokasinya yang berada di ketinggian, kawasan ini pun dianugrahi pemandangan aneka perkebunan dan terdapat air terjun yang menawan siap memanjakan para pengunjungnya.

Lokasi: Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

8. Danau Buyan Wanagiri

Danau Buyan Wanagiri

Image Credit: Wanderersandwarriors.com

Disebut sebagai tempat wisata populer bagi generasi milenial, dimana Danau Buyan Wanagiri menyajikan pesona alam yang instagramable. Spot terbaik dan banyak diincar yaitu spot anjungan dimana memiliki bentuk bak kapal laut ala Titanic, serta ayunan yang tergantung di pohon besar dengan background berupa hamparan Danau Buyan yang tampak menawan. Dengan semua kecantikan yang ditawarkan, wajar jika tempat wisata ini banyak diburu.

Lokasi: Pancasari, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

9. Persawahan Jatiluwih

Persawahan Jatiluwih

Image Credit: Kompasiana.com

Bosan dengan wisata bahari dan ingin memanjakan mata dengan memandangi alam yang segar ? Mungkin yang kamu maksudkan adalah persawahan Jatiluwih, dimana wisatawan akan dimanjakan dengan nuansa pedesaan yang masih asri nan tentram.

Agar lebih mantap, kamu juga bisa mendatangi Pura ataupun menikmati pemandangan sungainya. Puas menikmati hamparan sawah berwarna hijau segar, jangan lupa untuk mencicipi aneka kuliner lezatnya.

Lokasi: Pura Luhur Besikalung, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan.

10. Hidden Canyon Beji Guwang

Hidden Canyon Beji Guwang

Image Credit: Vacationsoup.com

Hidden Canyon termasuk tempat wisata yang baru di Bali. Menjadi tempat wisata yang anti mainstream karena ada pemandangan yang indah dan memicu adrenalin. Wisatawan harus menyiapkan peralatan yang memadai jika ingin mendaki tempat ini. Berupa tebing tinggi yang curam dan menjadi daya tarik tersendiri.

Lokasi Hidden Canyon ini berada di area sungai Beji yang dekat dengan Pura Dalem Guwang Sukawati Gianyar. Tebing ini yang membuat banyak pengunjung takjub karena ada sungai yang mengalir dan berwarna kebiruan. Tak sedikit pula yang memotret pemandangan dari sini.

Lokasi: Jl. Sahadewa, Banjar Wangbung, Guwang, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar, Bali.

11. Pantai Green Bowl

Pantai Green Bowl

Image Credit: Baligetaway.co.id

Masih dengan tempat wisata pantai yang diketahui memang cukup tersembunyi atau belum terjamah. Green Bowl ini menjadi pantai keren yang bisa memanjakan siapa saja yang berlibur kesana. Seringkali didatangi turis sing untuk berselancar karena ombaknya cukup besar dan cocok untuk surfing.

Lokasi pantai ini berada di Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Harga tiket yang dikenakan hanya Rp. 5000 saja per orang. Bagi wisatawan yang hobby berseelancar pasti akan betah. Juga buat mereka yang ingin menikmati pemandangan sunset atau matahari tenggelam disini.

Lokasi: Desa Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

12. Museum Kerang Bali

Museum Kerang Bali

Image Credit: Kintamani.id

Tidak hanya Museum Geopark Batur, ada juga museum terbaru yang ada di Bali dan wajib untuk dikunjungi. Namanya adalah Museum Kerang Bali yang memiliki banyak fosil kerang dan beragam jenis usia. Ada fosil Orthoceras yang paling terkenal karena diperkirakan berusia 395 juta tahun.

Lokasi museum berada di Jl. Made Lebah No. 36. Ada tiga lantai yang bisa dikunjungi dimana yang pertama adalah pernak-pernik dari kerang, kedua adalah koleksi kerang dengan berbagai ukuran sementara yang ketiga adalah fosil yang beraneka ragam.

Lokasi: Jl. Made Lebah No. 36, Peliatan, Ubud, Kab. Gianyar, Bali.

13. Splash Waterpark Bali

Splash Waterpark Bali

Image Credit: Bali-indonesia.com

Waterboom yang juga dibilang terbaru adalah Splash Waterpark Bali. Tempat wisata ini memiliki daerah yang juga didedikasikan khusus untuk anak kecil lengkap dengan kolam laguna. Ada banyak wahana yang juga bisa digunakan.

Splash Waterpark ini berada di Jalan Pantai Berawa Banjar Tegal Gundul Canggu. Harga tiket masuk untuk orang dewasa adalah Rp. 300.000 dan anak-anak Rp. 180.000. Tempat ini bsia digunakan untuk area berkumpul anak-anak dengan membangun tim liburan bersama.

Lokasi: Jl. Pantai Berawa, Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali.

14. Trekking Desa Sambangan

Trekking Desa Sambangan

Image Credit: Thebalifamilyguide.com

Termasuk wisata alam di Bali yang menawarkan pemandangan sawah dan juga hutan lindung. Desa Sambangan memiliki kondisi alam yang masih natural dan indah. Cocok untuk mereka yang ingin menikmati rekreasi alam. Ada banyak wisatawan mancanegara yang sengaja datang agar bisa merasakan udara sejuk disini.

Desa Sambangan merupakan desa yang masuk pada Kecamatan Sukasada. Trekking di desa ini membutuhkan waktu selama 3 jam perjalanan dari orientasi Secret Garden. Ada berbagai jenis tanaman di desa ini. Wisatawan bisa melihat secara langsung area perkebunan seperti kopi, cokelat, salak dan masih banyak lagi.

Lokasi: Desa Sambangan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali.

15. Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati

Image Credit: Wikipedia.org

Berkunjung ke pulau Bali terasa kurang lengkap jika belum mengunjungi Pura Taman Saraswati. Sebelum memasuki kawasan wisata, seluruh pengunjungnya diwajibkan mengenakan selempang dan sarung sebagai pelengkapnya.

Selain menikmati pesona alamnya, pengunjung juga bisa berswafoto ria dengan Pura berarsitektur candi klasik khas dari Bali bisa menjadi background terbaiknya.

Lokasi: Jl. Kajeng, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

16. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran

Image Credit: Rentalmobilbali.net

Ketika menapaki kaki di desa Panglipuran, kemungkinan besar kamu sudah tidak lagi asing dengan pemandangan yang dilihat. Pasalnya, desa ini memang kerap dijadikan sebagai lokasi syuting beberapa adegan sinetron pada salah satu stasiun televisi tanah air. Selain pernah menjadi lokasi syuting, hal yang membuat desa ini begitu istimewa yaitu kesejukan udaranya lantaran memang berada di ketinggian sekitar 700 mdpl.

Selama berada disana, wisatawan akan disuguhkan dengan nuansa adat khas Bali yang terasa begitu kental. Nuansa kental tersebut didapatkan dari tampilan beberapa rumah penduduk yang tampak serupa satu sama lain. Tingkat kemiripannya pun cukup mengagumkan seperti bagian atap, dinding, hingga pintu rumah sekalipun. Dengan semua keunikan yang ditawarkan, wajar jika banyak yang mengunjunginya ketika berlibur ke Bali.

Lokasi: Jl. Penglipuran, Kubu, Kec. Bangli, Kab. Bangli.

17. Pantai Nyang Nyang

Pantai Nyang Nyang

Image Credit: Kintamani.id

Salah satu pantai hits yang sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Nyang Nyang. Sebelum sampai di tepian pantainya, kamu harus menuruni anak tangga berjumlah ratusan dengan kemiringan yang cukup menguji adrenalin.

Namun semua usaha dan tenaga yang dikeluarkan tidak akan sia sia, lantaran pesona alam yang ditawarkan siap membuat rasa lelah hilang seketika. Pasalnya, pasir pantainya berwarna keemasan serta ombaknya yang tak berhenti bergulung.

Lokasi: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

18. Puncak Wanagiri

Puncak Wanagiri

Image Credit: Kaskus.co.id

Disebut sebagai salah satu tempat populer yang tengah hangat diperbincangkan, Puncak Wanagiri tampaknya dapat menjadi destinasi berikutnya yang wajib dikunjungi. Bagaimana tidak, kawasan wisata ini menyajikan berbagai spot indah untuk menghasilkan foto ciamik dan terasa cocok untuk dibagikan di media sosial. Demi memanjakan para wisatawan, pihak pengelola pun menambahkan sejumlah fasilitas.

Lokasi: Jl. Raya Wanagiri, Pancasari, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

19. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul

Image Credit: Bali.com

Air Terjun Sekumpul tersembunyi di Bali. Tempat wisata ini diketahui memiliki kecantikan melebih Air Terjun Gitgit. Jalan menuju lokasi juga tidak terlalu sulit. Dari Lovina, wisatawan bisa menemukan beberapa papan petunjuk tentang Sekumpul. Nama air terjun ini berarti kumpulan yang mana ada 5 air terjun sekaligus di tempat ini.

Air Terjun Sekumpul berlokasi di Desa Sekumpul yang masuk dalam Kecamatan Sawan. Tiket masuk yang dikenakan adalah Rp. 2000 per orang untuk warga lokal. Sementara wisatawan asing tiketnya seharga Rp. 5000 per orang. Airnya jernih dan sejuk di tubuh kita.

Lokasi: Sekumpul, Lemukih, Sawan, Kab. Buleleng, Bali.

20. Waterboom Bukit Jati

Waterboom Bukit Jati

Image Credit: Bali.polri.go.id

Waterboom ini berada di daerah yang masih bernuansa pedesaan dan juga memiliki aktivitas bermain paling nyaman. Ada banyak wahana permainan yang tersedia seperti river pool, body slide, little oasis playground dan masih banyak lagi. Waterboom Bukit Jati menjadi tempat wisata kekinian yang wajib dikunjungi.

Lokasi Waterboom berada di Jalan Raya Bukit Jati Samplangan Gianyar Bali. Waktu yang dibutuhkan sekitar 30-40 menit dari Denpasar. Agar bisa lebih cepat, wisatawan bisa melewati Jalan Bypass Ida Bagus Mantra.

Lokasi: Jl. Raya Bukit Jati, Samplangan, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar, Bali.

21. Angel’s Billabong

Angel's Billabong

Image Credit: Bali-indonesia.com

Berikutnya, Objek Wisata di Bali yang juga menarik perhatian adalah Angel’s Billabong. Tempat ini merupakan muara sungai yang ada di Nusa Penida. Ada permukaan air yang tenang dan jernih serta cerukan yang akhirnya membentuk kolam alam dengan pemandangan cantik. Airnya begitu jernih dan segar.

Lokasinya berada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar. Waktu penyeberangan dengan kapal speedboad dimulai dari pagi hari hingga sore. Kalau sudah melewati waktu sore maka tidak ada kapal lagi yang menyeberang menuju tempat wisata tersebut.

Lokasi: Sakti, Nusapenida, Kab. Klungkung, Bali.

22. Paralayang di Timbis

Paralayang Timbis

Image Credit: Kintamani.id

Mereka yang suka dengan wisata ekstrem bisa memilih paralayang ini. Pemandangan yang tersaji benar-benar menakjubkan. Olahraga disini juga diketahui menjadi tujuan wisatawan yang menarik. Tempatnya cukup bersih dan masih terjaga.

Paralayang ini berada di Timbis dengan pemandangan Bukit Timbis yang eksotis. Ada instruktur yang akan menemani sehingga tak perlu takut untuk mencoba. Berani melakukan paralayang?

Lokasi: Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

23. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit

Image Credit: Kintamani.id

Sempat disinggung pada ulasan diatas bahwa Air Terjun Gitgit ini sangat indah. Memang, Air Terjun Gitgit menjadi favorit wisatawan ketika datang ke Bali. Ada aliran air yang deras dan juga udara yang segar yang bisa dirasakan. Selama perjalanan menuju lokasi, wisatawan bisa menikmati jalan setapak yang sedikit berkelok-kelok dan beberapa kios yang menjual souvenir.

Air Terjun Gitgit ini berada di Kabupaten Buleleng. Tepatnya berada di Desa Gunung Luwih Gitgit Bali Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian 48 meter dan menjadi yang tertinggi di Bali.

Lokasi: Jl. Raya Bedugul – Singaraja, Gitgit, Sukasada, Kab. Buleleng, Bali.

24. Danau Batur

Danau Batur

Image Credit: Kintamani.id

Berlokasi di lereng Gunung Batur dengan ketinggian mencapai 1050 mdpl, Danau Batur bisa menjadi destinasi wisata yang siap memanjakan tubuh. Selain dari udara yang sejuk nan segar, air danaunya yang berwarna biru kehijauan seakan menghadirkan kesan damai bagi siapapun yang melihatnya. Pesona warna danaunya yang indah pun berpadu mesra dengan pesona alamnya yang semakin membuat pengunjungnya merasa betah berlama lama disana.

Selain menikmati alam ciptaan Tuhan, kamu juga bisa mencoba berlayar ke tengah danau untuk melihat kecantikannya dari dekat. Bahkan pengunjung juga diperbolehkan untuk memancing di sekitaran danaunya. Jika tertarik untuk mendapatkan pesona Danau Batur secara keseluruhan, kunjungi saja Desa Penelokan sebagai alternatifnya. Dijamin pemandangan disana siap memanjakan mata dan cantik untuk diabadikan.

Lokasi: Penelokan Utara, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

25. Pura Besakih

Pura Besakih

Image Credit: Balitourismboard.org

Dikenal sebagai tempat beribadah umat Hindu terbesar, Pura bekasih ternyata menyimpan pesona alam yang indah dengan latar belakang Gunung Agung. Pasalnya Pura satu ini memang terletak tepat di kaki Gunung tertinggi di Pulau Bali. Lebih uniknya lagi, Pura yang berstatus sebagai salah satu warisan dunia ini telah dibangun sejak tahun 1007 Masehi. Hingga saat ini, Pura ini kerap dijadikan sebagai pusat kegiatan dari keseluruhan Pura yang ada di pulau Bali.

Bukan hanya 1 Pura saja, sebeb di kompleks Pura Bekasih masih ada sekitar 17 Pura lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Termasuk area suci, maka wisatawan diwajibkan mengenakan pakaian Sopan ketika hendak memasuki kawasannya. Sedangkan untuk wanita yang sedang haid, adanya larangan untuk tidak memasuki kawasan Pura. Sebagai tamu, sebaiknya hindari larangan yang diberikan sebagai bukti penghormatan terhadap adat yang masyarakat percayai.

Lokasi: Jl. Gunung Mas, Besakih, Kec. Rendang, Kab. Karangasem.

26. Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung

Image Credit: Neurota.id

Wisata alam yang ditawarkan oleh Pulau Bali memang tidak pernah mengecewakan, bahkan salah satunya dapat ditemukan pada wisata alam bernama Air Terjun Tukad Cepung. Selama berada disana, pengunjung dapat merasakan kebebasan seakan berada di alam bebas dan diperboehkan memanjati tebingnya. Bahkan kondisi alamnya masih sangat asri, sehingga tampak wajar jika pesonanya begitu dikagumi oleh para pecintanya.

Lokasi: Jl. Tembuku, Penida Kelod, Kec. Tembuku, Kab. Bangli.

27. Air Terjun Peguyangan

Air Terjun Peguyangan

Image Credit: Thenusapenida.com

Meski dikatakan sebagai wisata air terjun, pasalnya air yang mengalir berada jauh dari pinggir tebingnya. Dengan kondisi alamnya tersebut, wisatawan dapat menikmati kesegaran airnya sekaligus merasakan ketenangan dari air yang mengalir. Bahkan pesona alam yang ditawarkannya, akan terlihat cantik ketika diabadikan.

Untuk bisa menikmati nuansa yang berbeda, kamu perlu menuruni beberapa anak tangga sempit nan curam terlebih dahulu.

Lokasi: Nusa Penida, Batukandik, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung.

28. Secret Garden Village

Secret Garden Village

Image Credit: Ohelterskelter.com

Secret Garden Village merupakan destinasi yang menjadi ikon wisata di Bedugul Tabanan. Tempat ini mengusung konsep kunjungan edukasi Factory & Outlet karena ada beberapa aktivitas menarik disana. Seperti Oemah Herborist Beauty Factory Outlet. Wisatawan bisa dimanjakan dengan suasana menarik dan begitu sejuk.

Ada juga beauty heritage museum yang mana menjadi tempat khusus untuk menyimpan sejarah kosmetik kecantikan Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Parean Bedugul 575 Mekarsari Baturiti. Secret Garden memiliki slogan The Next Iconic Destination of Bali Island.

Lokasi: Jl. Raya Denpasar Bedugul KM 36, Mekarsari, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali.

29. Cliff Jump Point Nusa Ceningan

Cliff Jump Point Nusa Ceningan

Image Credit: Catchingtravels.blogspot.com

Tidak hanya bersantai di pantai, tetapi wisatawan bisa mencoba wisata seru di Cliff Jump Point Nusa Ceningan ini. Wisatawan bisa menemukan tempat untuk terjun bebas dari tebing yang curam ke laut. Nusa Ceningan sendiri merupakan pulau kecil yang ada di Kabupaten Klungkung. Ada banyak jenis wisata disini yang bisa melengkapi liburan kita.

Lokasinya berada di Nusa Ceningan yang masuk dalam Kabupaten Klungkung. Sebelum terjun, pastikan bahwa cuaca dan keadaan ombak waktu itu memungkinkan untuk melompat. Berhati-hatilah agar tidak terluka ketika mencoba aktivitas ekstrem ini.

Lokasi: Lembongan, Nusapenida, Kab. Klungkung, Bali.

30. Rumah Pohon Batu Molenteng

Rumah Pohon Batu Molenteng

Image Credit: Jpctours.com

Detinasi wisata yang saatu ini terbilang unik. Rumah Pohon Batu Molenteng yang mana memiliki pemandangan alam indah dari ketinggian dan juga berfoto di rumah pohon sudah menjadi sesuatu yang menyenangkan. Rumah Pohon ini menghadap ke laut dan wisatawan bisa melhiat pemandangan pantai Atuh dengan pulau kecil di sekelilingnya.

Rumah Pohon berlokasi di Banjar Pelilit, Desa Tanglad Nusa Penida. Harga tiket masuknya hanya Rp. 5000 saja per orang. Parkir untuk kendaraan bermotor juga hanya Rp. 5000 saja.

Lokasi: Banjar Pelilit, Desa Tanglad, Nusa Penida, Bali.

31. Ayunan Sungai Ayung

Ayunan Sungai Ayung

Image Credit: Helenaalyssa.com

Bagaimana ayunan bisa menjadi tempat wisata? Mereka yang suka tantangan, tempat yang satu ini menjadi Destinasi Wisata di Bali paling recommended. Ayunan Sungai Ayung yang juga dikenal dengan nama Zen Hideaway Swing ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup memacu adrenalin. Sebab, ayunan memang berada di ketinggian.

Tetapi tidak direkomendasikan untuk yang fobia tinggi, ya! Bagi para traveler yang suka dengan aktvitas menantang tempat ini sangatlah cocok. Lokasinya ada di Villa Zen Hideaway Ubud.

Lokasi: Jl. Dewi Saraswati No. 7, Bongkasa Pertiwi, Kec. Abiansemal, Kab. Badung, Bali.

32. Bali Pulina Agrowisata

Bali Pulina Agrowisata

Image Credit: Alexbalitour.com

Dari tempat wisata ini, pengunjung bisa melihat bagaimana proses penggilingan biji kopi hingga bisa dikonsumsi oleh para konsumen. Ada yang unik dari tempat ini yakni interaksi binatang luwak. Pengunjung bisa melihat luwak yang menghasilkan kopi itu dan terkenal di berbagai penjuru dunia.

Ada juga tour berkeliling komplek dengan biaya Rp. 100.000 saja. Nantinya pengunjung akan mendapat suguhan jahe ginseng, vanilla hingga kokoa. Lokasinya tak jauh dari Tegalalang, Ubud.

Lokasi: Sebatu, Tegallalang, Kab. Gianyar, Bali.

33. Bali Underwater Scooter

Bali Underwater Scooter

Image Credit: Korinatour.co.id

Bali Underwater Scooter merupakan destinasi wisata tak biasa untuk menikmati keindahan bawah laut Bali. Pasalnya pengunjung diajak untuk mengendarai skuter di dalam air laut, untuk menikmati pemandangan bawah airnya yang luar biasa indah. Uniknya, kamu bisa bernafas dengan normal lantaran dilengkapi dengan helm dan berbagai pelindung.

Lokasi: Jl. Tukad Punggawa, Serangan, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

34. Pantai Melasti

Pantai Melasti

Image Credit: Mantai.id

Bali terkenal akan pesona wisata baharinya, dimana Pantai Melasti  menjadi salah satu dari sekian banyak yang terdaftar. Yang membuat pantai cantik satu ini tampak istimewa, berasal dari tebing kapur yang tampak kokoh dan menjulang tinggi ke angkasa.

Dengan kecantikan alamnya, tak jarang kawasan pantainya dijadikan sebagai lokasi foto pre wedding. Bahkan ombaknya pun tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk berenang maupun olahraga air lainnya.

Lokasi: Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

35. Dream Island Bali

Dream Island Bali

Image Credit: Limakaki.com

Dream Island Bali merupakan salah satu dari sekian kecantikan yang ditawarkan oleh pulau Bali. Sebab, disini pengunjung dapat melihat unta dari dekat atau bahkan menungganginya secara langsung untuk mengelilingi kawasan wisata.

Bahkan di tempat ini pula, kamu bisa menikmati aneka kuliner lezat yang siap menggoyang lidah. Dengan semua suguhan yang diberikan, apakah kamu sudah memasukkannya dalam daftar wisata yang harus dikunjungi ?

Lokasi: Jl. Pengembak No.44, Sanur Kauh, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

36. Hideout, Karangasem

Hideout, Karangasem

Image Credit: Kintamani.id

Tempat menginap di Bali yang cukup unik berikutnya adalah Hideout. Letaknya berada di bibir sungai yang diselimuti dengan pohon rindang dan membuat suasana menjadi begitu asri. Terutama dengan adanya suara alam yang menenangkan hati.

Hideout ini juga benar-benar private karena hanya ada 1 bangunan disini, tak ada bangunan lain. Tak heran jika antrian bisa sampai 3 bulan. Hideout berada di Karangasem dimana para wisatawan yang ingin menginap harus booking jauh-jauh hari.

Lokasi: Jl. Jangu, Duda, Selat, Kab. Karangasem, Bali.

37. Bambu Indah

Bambu Indah

Image Credit: Ftupics.pw

Ada sebuah penginapan unik yang berkonsep tradisional. Ketika menginap, wisatawan bisa menikmati ketenangan disini. Resort bambu indah menggunakan material rumah antik Jawa yang dibawa langsung oleh pemiliknya ke Bali. Setiap kamar memiliki konsep tersendiri. Ada rumah udang yang memiliki lantai kamar dari kaca dan bawahnya adalah kolam udang.

Cocok untuk pasangan yang sedang berbulan madu. Menikmati momen matahari tenggelam disini sangatlah cantik. Lokasinya berada di Ubud, bagian dari Bali yang begitu menarik hati.

Lokasi: Jl. Baung, Sayan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Bali.

38. Marine Walk

Marine Walk

Image Credit: Balisee.com

Terumbu karang yang ada di Bali patut untuk dieksplor. Aktivitas yang dilakukan di Bali dan begitu disukai adalah snorkeling di Marine Walk. Cukup dengan menggunakan sebuah helm khusus yang dihubungkan langsung dengan selang oksigen, wisatawan bisa menyelam dan berjalan di dasar laut dengan melihat bagaimana keindahan tempat ini.

Biaya untuk bermain Sea Walk ini adalah Rp. 600.000 per orang. Wisatawan bisa merasakan bagaimana sensasi berada di bawah laut. Lokasinya berada di Nusa Lembongan, Sanur dan Tanjung Benoa.

Lokasi: Gang Nusa Indah Desa Jungut Batu, Lembongan, Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

39. Biorock Pemuteran

Biorock Pemuteran

Image Credit: Indonesiaexpat.biz

Spot diving dan snorkeling di Bali memang paling bagus. Tempatnya ada di Biorock Pemuteran. Disini nanti para wisatawan bisa menemukan taman terumbu karang yang telah dilestarikan dengan sistem Biorock. Ada keindahan yang dijaga dengan sistem ini yang membuat pertumbuhan terumbu karang makin pesat.

Lokasinya berada di Desa Pemuteran Kecamatan Gerokgak, Buleleng. Tempat ini cukup terkenal karena keindahan bawah lautnya. Mengunjungi Biorock Pemuteran seolah menghapus rasa lelah dan penat karena bekerja sehari-hari.

Lokasi: Banjuwedang, Sumberkima, Kab. Buleleng, Bali.

Bali menawarkan berbagai tempat wisata yang indah. Bukan hanya Kuta atau Sanur saja tetapi tempat lain yang belum terkesplor dengan baik. Dari daftar tempat wisata ini, liburan bersama keluarga akan lebih menyenangkan karena memiliki destinasi baru saat berada di Pulau Dewata itu.