Pantai Melasti salah satu wisata bahari yang berada di balik bukit kapur memukau di Pulau Bali. Pantai eksotis dengan pesona alam dan panorama sunset yang menarik dieksplor saat liburan.

Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Melasti Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Map: Cek Lokasi

Bagi yang berencana ke Bali, Pantai Melasti bisa dijadikan salah satu spot utama yang masuk ke dalam daftar wisata Anda. Pantai yang terletak pada bagian selatan pulau Bali ini, saat ini sedang populer dan dijadikan sasaran tujuan wisata oleh wisatawan dalam negeri maupun wisatawan manca negara.

Pantai yang masih terjaga ini menyuguhkan pemandangan laut yang natural dan indah. Laut berwarna biru yang terbentang luas akan menyambut wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Pantai Melasti menawarkan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang eksotis di waktu-waktu tertentu sehingga Wisatawan akan dibuat terpanah menyaksikan keindahannya. Tidak hanya itu, jalan menuju ke lokasi tepi pantai terletak diantara tebing karang putih yang memukau. Jadi sangat pantas untuk masuk daftar wisata Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Melasti

Daya Tarik Pantai Melasti
Image Credit: Google Maps (Max Tsalko)

1. Pesona Pantai di Bali Selatan

Pesona surga bahari dengan pasir putih yang dihiasi bebatuan ini memberikan pemandangan cantik. Di area pantai wisatawan dapat menemukan laguna alami yang indah. Ketika air laut surut wisatawan dapat melihat ikan-ikan kecil yang sedang berenang dengan jelas.

Terdapat bukit kapur dengan tinggi kurang lebih 150 meter dari permukaan laut yang dapat dinaiki oleh wisatawan untuk menikmati panorama pantai dari atas secara keseluruhan. Gua-gua berkarang berukuran kecil yang dapat menampung hingga belasan orang melengkapi sekaligus mempercantik area pantai ini.

Pantai cantik ini menawarkan perjalanan yang berbeda karena untuk mencapai lokasinya, wisatawan akan melalui jalan berliku di atas tebing kapur yang memesona.

2. Ekosistem di Bawah Laut yang Eksotis

Selain Keindahan di atas permukaan air, Pesona kehidupan dibawah laut Pantai Melasti tidak kalah menarik. Memiliki air yang jernih wisatawan akan disambut oleh ekosistem bawah laut dengan aneka ragam biota laut dan terumbu karang yang eksotis. Wisatawan bisa memanfaatkannya untuk melakukan kegiatan snorkeling.

3. Lokasi Pelaksanaan Upacara Keagamaan

Hal menarik lain sekaligus yang membedakannya dengan wisata pantai lain adalah tempat ini masih digunakan sebagai lokasi pelaksanaan upacara keagamaan. Tempat ini menjadi lokasi pelaksanaan upacara keagamaan seperti Ritual Melasti sebelum Hari Raya Nyepi.

Di pinggir pantai terdapat bangunan berbentuk pura. Dari atas wisatawan dapat melihat jelas bahwa pantai ini memiliki anjungan yang menjorok ke tengah laut. Anjungan tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang hendak melakukan ritual keagamaan.

4. Dekat dengan Objek Wisata Lain

Terdapat beberapa objek wisata lain di sekitar pantai ini yang dapat wisatawan kunjungi seperti Pantai Pandawa, GWK, Pantai Nyang-Nyang, Pantai Batu Pageh, Pura Uluwatu, dan sebagainya.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Melasti

Alamat Lokasi Pantai Melasti
Image Credit: Google Maps (Ceprin Aobrononn)

Pantai Melasti terletak di Bali, lebih tepatnya di Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung. Destinasi wisata ini tidak mengenal libur alias buka setiap hari, terutama saat musim liburan tiba sehingga lokasi ini cukup ramai. Untuk jam operasional, kawasan wisata ini dapat diakses selama 24 jam.

Pantai eksotis ini dapat diakses dengan mudah, Anda bisa berkunjung menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Wisatawan bisa menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi untuk menuju ke tempat wisata ini. Terdapat beberapa rute yang dapat wisatawan pilih untuk mencapai pantai ini.

Jika wisatawan memilih berangkat dari Bandara Ngurah Rai, maka rute yang ditempuh melalui Jalan Goa Gong dengan jarak kurang lebih 18 Km dan waktu tempuh kurang lebih 39 menit. Kemudian sesampainya di perempatan Jimbaran ambil arah kanan menuju ke Garuda Wisnu Kencana atau GWK.

Kemudian melewati GWK ambil arah kiri menuju ke Jalan Pura Batu Pangeh. Selanjutnya setelah melewati GWK wisatawan bisa ambil arah kiri menuju ke Jalan Pura Batu Pageh lalu ke Balai Banjar Kelod. Dari Balai Banjar Kelod lanjutkan perjalanan hingga tiba di Jalan Melasti. Dari Jalan itu ambil jalan lurus hingga menemukan Bayan Tree Hotel & Resort.

Terdapat pertigaan hotel, dari sana ambil arah kiri menuju ke Lapangan Desa Ungasan. Dari lapangan tersebut menuju ke lokasi Pantai Melasti berjarak kurang lebih 3 Km. Wisatawan dari lapangan tersebut dapat langsung menuju ke lokasi pantai.

Apabila memilih rute dari arah Kuta, wisatawan dapat melakukan perjalanan dengan waktu tempuh kurang lebih 25 menit dan jarak tempuh kurang lebih sepanjang 9 Km. Jika wisatawan singgah atau menginap di area Nusa Dua Bali perkiraan waktu tempuh sekitar 40 menit dan jarak tempuh kurang lebih 12 Km.

Sedangkan, apabila menginap di area Canggu, maka wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih sepanjang 26 Km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam lebih 20 menit.

Harga Tiket Masuk Pantai Melasti Ungasan

Harga Tiket Pantai Melasti
Image Credit: Google Maps (Mendo One)

Tiket masuk lokasi ini terbagi menjadi dua kategori yaitu untuk Dewasa dan Anak. Bagi wisatawan dewasa akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 8.000,- per orang, sedangkan untuk wisatawan anak dikenai tarif Rp 3.000,- per orang. Harga tiket masuk yang cukup terjangkau mengingat keindahan pantainya yang tiada duanya.

Selain biaya tiket masuk, wisatawan juga akan dikenai biaya tambahan seperti biaya untuk parkir kendaraan bermotor. Untuk sepeda motor biayanya Rp 2.000,- per motor dan untuk parkir mobil dikenai tarif Rp 5.000,- per mobil.

Bagi Anda yang takut terik dan panas dari matahari, Anda juga dapat menyewa payung pantai di jasa sewa dengan tarif sekitar Rp 50.000.-.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Melasti

Kegiatan Menarik di Pantai Melasti
Image Credit: Instagram.com @thelenstory

1. Berfoto Ria

Pantai ini menawarkan spot diatas permukaan air dan bawah air yang eksotis sehingga dapat dijadikan sarana oleh wisatawan yang gemar melakukan kegiatan berfoto. Wisatawan bisa berfoto di depan pura yang terdapat di wisata Pantai Melasti. Selain pura, terdapat gua dan laguna alami yang dapat dimanfaatkan juga oleh wisatawan.

Perpaduan keindahan alam tempat ini akan semakin sempurna jika ditambah pancaran cahaya jingga dari pertemuan laut dan matahari terbit maupun matahari terbenam. Tidak heran jika lokasi ini cocok untuk spot foto pre weding.

Objek wisata dengan panorama unik dan memesona dapat dijadikan media untuk melakukan kegiatan-kegiatan menarik dan berkesan. Bagi pengunjung yang akan segera melangsungkan pernikahan atau memiliki rencana untuk menikah mungkin tempat ini dapat dijadikan salah satu pilihan untuk konsep foto Pre-Wedding.

2. Menyaksikan Panorama dari Atas Tebing

Wisatawan dapat menikmati panorama pantai ini dari sisi yang berbeda, yaitu dari atas tebing. Dari atas tebing area pantai dapat terlihat secara menyeluruh. Anda bisa menyaksikan hamparan pasar dan lautan yang sangat indah, terlebih lagi jika disaksikan waktu terbenamnya matahari. Sunset yang indah akan membius setiap wisatawan yang ada di atas tebing.

3. Berkunjung ke Gua

Tempat wisata ini tidak ada habisnya menyajikan hal menarik untuk wisatawan, wisatawan dapat berkunjung ke gua. Wisatawan bisa bersantai atau menjadikan gua ini sebagai latar untuk berfoto.

4. Bersantai dan Berjemur

Kegiatan asik yang dapat Anda lakukan di Pantai Melasti adalah duduk santai ataupun berjemur di bibir pantai. Sembari bersantai dan berjemur bisa menikmati panorama indah dan desiran ombak yang bergulung memberikan ketenangan membuat rileks wisatawan.

Di waktu sore menjelang malam wisatawan bisa menyaksikan keindahan langit berwarna jingga ketika matahari terbenam. Tempat ini sangat tepat digunakan sebagai pelepas penat dan menghabiskan waktu serta bercengkrama dengan orang terkasih.

Kegiatan Dilakukan di Pantai Melasti
Image Credit: Google Maps (Syssco Winata)

5. Berenang dan Berekreasi di Pantai

Kegiatan utama yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke pantai ini adalah berenang. Pantai dengan perairan luar yang lumayan dangkal serta ombak yang tidak begitu besar sangat ideal untuk berenang.

Selain berenang banyak hal menarik lainnya yang berkaitan dengan air seperti melakukan permainan air. Wisatawan dapat berekreasi dengan bebas di tempat ini.

6. Snorkeling

Memiliki panorama bawah air yang memukau dengan air yang jernih, wisatawan dapat melakukan snorkeling. Keindahan kehidupan bawah laut pantai ini tidak kalah dari pantai-pantai lain.

Wisatawan bisa menyelam di permukaan air, menikmati panorama bawah air, bermain dengan ikan hilir mudik, dan menyaksikan biota laut yang terdapat di objek wisata ini. Hal ini, akan menjadi pengalaman menyenangkan.

7. Berselancar

Selain snorkeling, hal menarik lainnya yang bisa dilakukan ketika ombak tidak terlalu besar adalah berselancar. Wisatawan dapat berselancar asik dengan ombak yang bergulung. Ombak di pantai ini sangat cocok untuk kegiatan selancar, khususnya bagi pemula karena ombaknya tang tidak terlalu besar.

8. Paralayang

Objek wisata ini menawarkan kegiatan menarik berupa Paralayang. Ketika melakukan paralayang wisatawan dapat menyaksikan keindahan Pantai Melasti dari atas dengan balutan hamparan pasir putih yang bertentangan dengan laut biru yang terbentang. Bukit tinggi yang berada di belakang pantai menjadi tempat lepas landas.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Melasti

Penginapan di Sekitar Pantai Melasti
Image Credit: Agoda.com

1. Nazeki Hostel

Nazeki Hostel merupakan tempat penginapan yang berjarak 1,27 km dari Pantai Melasti. Penginapan ini menyediakan berbagai fasilitas diantaranya restoran, pendingin ruangan (AC), dan sebagainya.

2. Ungasan Gita Villa

Ungasan Gita Villa merupakan tempat penginapan yang berjarak 1,32 km dari area pantai. Penginapan ini menyediakan berbagai fasilitas diantaranya resepsionis 24 jam, restoran, pendingin ruangan (AC), dan sebagainya.

3. Nazeki Villa

Nazeki Villa merupakan tempat penginapan yang berjarak 1,27 km dari pantai eksotis ini. Penginapan ini menyediakan berbagai fasilitas diantaranya restoran, kolam renang, pendingin ruangan (AC), dan sebagainya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Melasti Bali

Fasilitas di Pantai Melasti
Image Credit: Google Maps (Putu Widyasena)

Kawasan wisata Pantai Melasti ini menyediakan berbagai macam fasilitas yang ada di sekitar destinasi. Adapun fasilitas yang tersedia diantaranya toilet, tempat makan, tempat ibadah, kamar mandi, penginapan, dan ruang ganti baju.

Selain itu, tersedia fasilitas pendukung lain seperti area parkir mobil dan motor yang cukup luas, tempat bilas, dan artshop. Fasilitas-fasilitas yang tersedia bertujuan agar wisatawan dapat lebih nyaman dalam menikmati berwisata di lokasi ini.

Itulah ulasan mengenai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika berada di Pantai Melasti, Bali. Selain menawarkan keindahan alamnya yang menakjubkan, pantai ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik yang sayang untuk tidak dicoba. Jadi, jika sedang berada di Kuta Selatan Anda tidak boleh melewatkan kunjungan ke tempat wisata yang memukau ini.