Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Map: Cek Lokasi

Jika Anda mendengar Pulau Bali tentunya seluruh warga akan terbayang pemandangan alam serta lautnya, seperti yang tampak pada Pantai Labuan Sait. Kawasan yang memukau ini memiliki nama lain yakni Pantai Pandang-Pandang. Umumnya pantai ini sering digunakan untuk melaksanakan acara, seperti melasti atau upacara penyucian.

Pantai tersebut bukan hanya populer di Badung saja, namun sampai ke luar negeri. Bahkan pada 2010 silam pantai tersebut pernah dipilih sebagai tempat pada film dengan judul Eat, Pray, Love yang diperankan oleh Julia Roberts. Kecantikan pantai ini pu pernah dijadikan sebagai tempat untuk membuat video klip grub band rock asal Denmark.

Masyarakat di sekitar sana pun menyebut bahwa pantai yang terkenal ini di zaman penjajahan digunakan sebagai pelabuhan kapal niaga dan kapal perang di Bali. Dengan begitu, pantai tersebut bisa dikatakan jadi gerbang antara warga Bali dengan masyarakat luar. Apabila penasaran dengan Pantai Labuan Sait, maka simak saja informasi berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Labuan Sait

Daya Tarik Pantai Labuan Sait
Image Credit: Google Maps Вика Вика

1. Pemandangan yang Menarik

Pantai Labuan Sait memiliki posisi yang bisa dibilang unik, yakni terdapat di bawah bebatuan karang. Oleh sebab itu, pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan pantai yang dikombinasi dengan tebingan yang dilengkapi dengan ornamen cantik dari alam. Tentunya bisa dibayangkan betapa indahnya pantai ini apabila disaksikan secara langsung.

2. Pantainya Masih Begitu Alami

Pantai ini menjadi sebuah pantai dengan pasir putih yang sampai detik ini tetap terjaga kebersihan serta ditambah dengan keunikan dan keelokan sejauh mata Anda memandang. Apalagi, masyarakat di sekitar sana memang menjaga betul-betul kenyamanan pengunjung di pantai tersebut.

Dengan alasan semacam inilah, pengunjung tentu saja akan merasa begitu betah ketika menghabiskan liburannya bersama teman atau keluarga di pantai ini. Pantai tersebut juga cukup jauh dari kepadatan ataupun keramaian. Sehingga begitu pas didatangi oleh pengunjung yang menginginkan suasana berlibur yang tenang.

3. Ombaknya Memiliki Deburan yang Tinggi

Bagi Anda yang menyukai olahraga berupa selancar, maka pastinya akan sangat senang ketika datang ke Pantai Labuan Sait. Hal itu dikarenakan pantai ini memiliki ombak dengan deburan yang tergolong tinggi dan juga anginnya memiliki arah yang stabil.

Dengan begitu tak jarang jika banyak peselancar dari berbagai penjuru yang tampak berkunjung ke sana. Tiap bulan Agustus pun diselenggarakan perlombaan bagi para peselancar di tempat tersebut.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Labuan Sait
Image Credit: Google Maps David T Budianto

4. Memiliki Beragam Spot Unik

Pantai Labuan Sait ini menyajikan dua tebing yang cukup tinggi. Diantara dua tebing tersebut ada jembatan yang panjang dan dijadikan sebagai penghubung. Untuk pengunjung yang ingin dapat menyaksikan sisi keunikan di pantai tersebut, maka bisa dengan naik ke jembatan serta menyaksikan panorama yang disuguhkan di sekitarnya.

Apalagi, angin sepoi-sepoi di sana begitu nikmat. Spot lain yang unik di pantai ini adalah terowongan batuan karang yang memiliki panjang sekitar 8 m. Terowongan itu terdapat di belakang batuan karang yang akan dijumpai oleh pengunjung sebelum menuju pantai itu.

5. Air Pantainya Cukup Bening

Keunikan selanjutnya yang nantinya Anda temui ketika ada di pantai yang indah ini yaitu kejernihan yang dimiliki oleh air pantainya. Oleh karena itu, pengunjung akan semakin mudah untuk memandangi pesona bawah lautnya.

6. Lokasinya Dekat dengan Berbagai Wisata yang Lain

Di sekitar Pantai Labuan Sait terdapat sejumlah tempat wisata alam dengan jarak yang tak begitu jauh. Hal tersebut tentunya menguntungkan bagi pengunjung yang hendak menikmati pesona alam. Beragam tempat wisata yang berdekatan dengan pantai itu adalah blue point, pantai gunung gayung, GWK, pantai pandawa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Labuan sait
Image Credit: Google Maps Shanika McCall

Alamat Pantai Labuan Sait yang sudah sangat populer ini ada di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali atau lebih tepatnya ada di Desa Pecatu. Akses untuk menuju ke lokasi pantai ini dapat ditempuh dengan mudah dan cepat.

Kondisi jalan yang nantinya Anda lalui pun sudah diaspal hingga bagus serta mulus. Pengunjung bisa melakukan perjalanannya mulai dengan arah Kuta, nanti ada lampu merah dalam kawasan MCD Jimbaran, lalu terus saja untuk menuju hingga ke Universitas Udayana. Setelah itu, lurus kembali sampai lewat Pecatu Resort.

Dari situ Anda bisa menanyakan arah menuju ke pantai kepada warga sekitar, Apabila Anda lewat rute mulai Kuta menuju ke pantai tersebut, maka jarak tempuh yang akan dilalui adalah 15 kilometer. Di sisi lain, apabila Anda lewat rute mulai Denpasar untuk menuju pantai, maka jaraknya yang ditempuh adalah 32 kilometer.

Untuk tiba di alamat pantai itu, pengunjung bisa terlebih dahulu menentukan tentang kendaraan yang akan dinaiki, baik kendaraan pribadi, kendaraan sewaan, maupun transportasi umum. Namun, alangkah lebih baik bila Anda memilih mengendarai mobil rental yang harganya murah.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai labuan Sait
Image Credit: Google Maps Conor Martin

Datang ke Pantai Labuan Sait tak akan menjadikan kantong pengunjung kering sebab harga tiket masuk ke sana cukup terjangkau. Ada perbedaan mengenai harga tiket masuk untuk pengunjung lokal dengan pengunjung luar negeri. Namun, tiket yang berlaku di pantai yang memukau ini masih termasuk yang sangat bersahabat.

Bagi pengunjung lokal hanya dikenakan harga tiket masuk yaitu 5 ribu saja per orang. Sementara, tiap pengunjung luar negeri yang masuk ke kawasan pantai akan dikenakan 10 ribu per orang. Tentu saja ini merupakan harga yang sangat murah bagi kebanyakan orang. Selain membayar untuk tiket masuknya, bagi Anda yang membawa kendaraan pun akan dimintai biaya untuk parkir.

Harga yang perlu dibayarkan untuk parkir sebuah mobil yakni 5 ribu saja, sedangkan untuk sebuah motor hanya 2 ribu saja. Pastinya beragam biaya yang ada di Pantai Labuan Sait tergolong begitu murah. Dengan begitu tak heran kalau pengunjung yang datang ke sana pun cukup melimpah.

Walau sangat hemat dan terjangkau, tetapi panorama yang ditawarkan di sana begitu memanjakan mata. Apalagi, pantai tersebut memiliki kealamian alam yang tak perlu diragukan. Untuk jam buka dari pantai yang elok ini yaitu setiap hari Senin sampai hari Minggu, selama 24 jam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Labuan Sait

Aktivitas Menarik di Pantai Labuan Sait
Image Credit: Google Maps Nur Aeni Elmi

1. Renang & Main Air

Aktivitas liburan di Pantai Labuan Sait yang kerap dilakukan pengunjung adalah renang sekaligus bermain air. Di pinggiran pantai Anda bisa merasakan ketenangan ombak. Dengan begitu takan menjadikan pengunjung cemas terseret oleh ombak. Beda dengan kondisi ombak yang ada di tengah lautan memang tinggi dan cukup membahayakan.

2. Menikmati Kuliner Lezat di Pinggiran Pantai

Di sekitar pantai cantik ini terdapat banyak warung makan maupun restoran yang memberikan berbagai menu khas hasil olahan laut. Kuliner cepat saji serta menu rumahan enak seperti mie goreng, nasi goreng, sup, kari, dan minuman jus juga sudah disediakan di sana.

Menikmati makan siang sambil menyaksikan pemandangan alam yang mempesona dari pantai ini merupakan kegiatan menarik yang tak boleh terlewat. Liburan Anda akan semakin seru dan berkesan sekali.

Aktivitas Dilakukan di Pantai Labuan Sait
Image Credit: Google Maps Rizky Farmazeta

3. Melihat Keindahan Panorama Sunset

Aktivitas menarik lain yang harus Anda lakukan ketika berlibur di Pantai Labuan Sait yakni melihat keindahan yang ditawarkan oleh sunsetnya. Di kala sore hari, maka romantisme akan terasa dikarenakan warna jingga indah yang dimunculkan oleh sunset di sana menyebar hingga ke permukaan air laut.

Di waktu tertentu terdapat sangat banyak kalangan muda di sekitar sana yang ramai-ramai berkunjung ke pantai unik ini hanya untuk dapat menyaksikan cantiknya panorama sunset. Aktivitas tersebut dapat menjadikan tubuh Anda semakin segar dan tenang. Untuk memanfaatkan suasana romantis dengan maksimal, Anda bisa mengajak kekasih untuk datang ke sini pada sore hari.

4. Berfoto Ria

Spot foto yang akan Anda temukan ketika berada di pantai tersebut tidak akan mengecewakan. Oleh karena itu, tak afdol bagi pengunjung apabila tak melakukan aktivitas berupa berburu foto. Pengunjung biasanya menjadikan air laut sebagai latar belakang mengambil selfie untuk diunggah di akun media sosial.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pantai LabuanSait
Image Credit: Google Maps sella M

Bersamaan dengan ketenaran yang dimiliki oleh Pantai Labuan Sait di Pulau Bali, maka fasilitasnya pun semakin baik dan memadai. Berdekatan dengan gerbang masuk ke kawasan pantainya saja pengunjung akan melihat area parkir yang tertata dengan rapi.

Untuk tempat penginapan pun tak perlu dikhawatirkan lagi karena di sekitar sana sudah banyak tersedia. Fasilitas di setiap penginapan juga sudah cukup baik, namun tetap disesuaikan dengan harga yang ditawarkan.

Untuk fasilitas lainnya yang dapat Anda nikmati saat memutuskan untuk datang ke sana adalah layanan penjaga pantai, penyewaan alat untuk surfing, dan pastinya kamar mandi umum. Dengan begitu, kenyamanan Anda pun dapat terjamin.

Nah, demikian beragam informasi tentang Pantai Labuan Sait. Pengalaman liburan yang berkesan telah menanti Anda.