Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Denpasar Selatan, Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali; Map: Cek Lokasi

Bali memang sangat terkenal dengan wisata perairan yang khas dengan berbagai Pantai yang cantik. Ada begitu banyak pantai yang menarik di Bali salah satunya yakni Pantai Kayu Putih.

Tempat wisata di Badung ini merupakan sebuah laguna yang dikenal dengan nama Yeh Poh yaitu sebutan untuk sebuah tempat yang menjadi lokasi dari pertemuan antara aliran air laut yang bertemu dengan air tawar. Selain tenang, pemandangan yang menarik juga dapat terlihat di pantai yang asri ini.

Selain pemandangan yang menarik, Pantai Kayu Putih juga menyediakan berbagai macam bangunan ataupun spot berfoto yang menarik untuk anda lakukan. Daya tarik pantai sungguh menakjubkan. Anda dapat berkunjung dengan keluarga ataupun orang-orang terdekat. Biar tak penasaran, berikut gambaran tentang wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kayu Putih

Daya Tarik Pantai Kayu Putih
Image Credit: Google Maps Roger Truckell

1. Jembatan Kayu

Salah satu daya tarik utama yang dimiliki pantai Kayu Putih ini memang menjadi target para wisatawan. Ya, jembatan yang populer setelah muncul di salah satu FTV ini memang menjadi spot utama untuk berfoto ria.

Sebenarnya fungsi utama dari jembatan ini yakni untuk akses menuju restoran La Laguna Tibuneneng. Keindahan jembatan ini sangat cocok untuk dijadikan background foto. Waktu yang tepat untuk mengunjungi jembatan ini yakni saat sore hari.

Jembatan ini menjadi spot pemandangan yang unik serta daya tarik dari pantai. Setiap harinya banyak pengunjung yang berjalan menyusuri jembatan kayu. Tak heran jika spot jembatan yang terkenal ini kerap dijadikan tempat syuting berbagai film maupun sinetron Indonesia.

2. Pesona Pantai

Pantai Kayu Putih memiliki pasir putih yang cantik dan lembut. Kelembutan pasir putih yang menghampar luas bahkan membuat para wisatawan terpukau. Saat cuaca cerah, perpaduan pasir putih dengan indahnya laut biru yang membentang luas sangatlah cantik dipandang.

Seperti dijelaskan sebelumnya, pantai ini memiliki jembatan kayu yang menghubungkan dari sisi pantai ke laguna. Laguna yang berarti pertemuan dari aliran air pantai dengan air tawar ini memang sangat cantik.

Saat air laut tengah pasang, laguna ini membentuk genangan air seperti danau. Oleh karena itu, dibangunlah jembatan kayu untuk agar pengunjung bisa menyebrangi laguna ini.

3. Keindahan Sunset

Momen matahari terbenam atau sunset adalah hal yang sangat lazim terjadi di pantai. Namun, tidak semua pantai bisa menyajikan pemandangan ini mengingat posisi pantai harus sesuai dengan terbenamnya matahari.

Untungnya, pantai Kayu Putih ini merupakan salah satu destinasi yang menyajikan pemandangan sunset yang sangat indah. Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenar dari pinggir pantai secara jelas di sore hari.

Adapun spot lain untuk menikmati sunset bisa dari jembatan Kayu Putih. Dari sini Anda bisa mengabadikan detik-detik terbenamnya matahari yang sangat eksotis. Jangan lupa siapkan gadget untuk merekam momen penting ini.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Kayu Putih
Image Credit: Google Maps Anais Falsarella

4. Merayakan Festival Layang-Layang

Daya tarik lainnya dari Pantai Kayu Putih adalah adanya festival layang-layang yang diadakan secara rutin yaitu setahun sekali pada bulan khusus Agustus. Festival ini diikuti oleh berbagai macam pengunjung yang memiliki latar belakang berbeda-beda, baik dari dalam negeri maupun dari Wisatawan Luar Negeri.

Bentuk layangan yang di tersebar di festival ini sangat bervariasi. Pengunjung dapat menikmati bentuk-bentuk unik dari layangan ada yang berbentuk menyerupai karakter sesuatu seperti karakter kartun atau karakter wajah seseorang, ada yang berbentuk abstrak, ada yang seperti karakter binatang dan masih banyak karakter lainnya.

Selain karakter yang berbeda, ukuran layangan yang mengikuti festival juga bermacam-macam. Ada yang berukuran sangat besar dan sedang. Untuk ukuran yang besar membutuhkan beberapa orang untuk menerbangkannya tetapi juga ada yang berukuran sebagaimana layang-layang anak kecil.

Setiap tahunnya acara ini selalu diminati berbagai pengunjung yang ingin menikmati layang-layangan. Kesempatan ini juga dilakukan oleh berbagai penjual di warung-warung yang semakin ramai.

5. Pesona Restoran La Laguna

Restoran ini berada di sekitar Pantai Kayu Putih dan menjadi lokasi yang menarik untuk menghabiskan waktu sambil menyantap kuliner. Daya tarik utama restoran ini adalah spot pemandangan yang indah dengan arsitektur bangunan yang terbuat dari desain serba kayu.

Memasang interior yang tradisional menjadi salah satu daya tarik dari restoran yang memiliki banyak pengunjung baik dalam negeri maupun luar negeri. Anda juga bisa menikmati kuliner sambil lesehan di rerumputan dengan meja dan kursi yang cantik. Keberadaan tanaman serta pepohonan hijau di lokasi membuat suasana terasa alami.

Selain itu, restoran ini menyajikan menu-menu yang lengkap. Ada makanan dan minuman khas bali dengan gaya andalan menu seafood. Akan tetapi ada juga menu-menu lainnya yang bertaraf internasional. Terdapat juga fasilitas yang ditawarkan dengan baik dan megah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Kayu Putih
Image Credit: Google Maps Christina Kravchenko

Pantai yang elok ini berada di daerah gang Bintang Laut, Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Provinsi Bali. Pantai ini memiliki lokasi yang sangat strategis.

Rute perjalanan dari titik tempuh pusat yaitu bandara Ngurah Rai Denpasar dapat mengambil rute perjalanan menuju ke arah utara. Setelah itu ambil Jalan Sunset Road teruskan sampai ke Jalan Mertanadi bertemu dengan Jalan Tangkuban Perahu, sampai ke Jalan Petitenget.

Setelah sampai ke Jalan Petitenget anda dapat meneruskan perjalanan sampai ke Jalan Pura Kayu Putih. Di jalan ini hanya perlu memakan waktu sekitar 3 menit untuk sampai ke lokasi depan pintu masuk pantai.

Waktu tempuh perjalanan dari titik pusat bandara yakni sekitar 30 menit dengan jarak sekitar 15 kilometer menuju lokasi Pantai Kayu Putih. Bagi yang pertama kali datang, disarankan untuk menggunakan aplikasi google maps agar perjalanan menjadi lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Kayu Putih
Image Credit: Google Maps Bintarta Wijaya

Seperti kebanyakan wisata pantai di Bali, pantai ini tidak memberikan retribusi masuk alias gratis. Untuk pantai dengan keindahan yang mempesona, tanpa membayar sepesrpun biaya masuk adalah suatu hal yang luar biasa. Apalagi Anda bisa bermain di pantai sesukanya.

Anda hanya perlu membayar biaya untuk parkir kendaraan bermotor. Jika Anda membawa kendaraan roda empat maka biaya parkirnya yakni 10.000. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan roda dua yakni Rp 3.000.

Anda tidak perlu khawatir jika wisata ini akan tutup karena pantai ini dibuka selama 24 jam. Anda pun bisa mengunjungi pantai ini setiap hari.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Kayu Putih

Aktivitas Menarik di Pantai Kayu Putih
Image Credit: Google Maps Bayu Tresna

1. Swafoto

Menariknya, Pantai Kayu Putih memiliki banyak spot pemandangan yang menarik untuk di abadikan. Anda dapat berfoto di icon pantai yaitu di jembatan kayu yang menyambungkan area pantai dengan area air tawar. Momen yang tepat berfoto disini yakni ketika menjelang sore hari.

Pengunjung juga dapat berfoto di dekat pesisir pantai yang luas dengan background hamparan laut biru. Membuat video sinematik di pasir putih bisa jadi ide yang sangat brilian.

2. Wisata Kuliner

Di sekitar pantai eksotis ini juga menyediakan beberapa macam kuliner makanan dan minuman yang wajib dicoba. Anda dapat membeli beberapa makanan khas seafood ataupun makanan dari setempat di beberapa warung di sekitar lokasi Pantai Kayu Putih.

Jika Anda ingin menikmati kuliner sambil bersantai bersama keluarga ataupun teman, Anda dapat berkunjung ke restoran La Laguna yang menawarkan makanan mewah. Ada banyak menu yang bisa Anda pesan di restoran ini. Namun, Anda harus menyiapkan budget untuk bisa menikmati kuliner sesuai keinginan.

Aktivitas Dilakukan di Pantai Kayu Putih
Image Credit: Google Maps Karunia Karuniawww

3. Jalan-Jalan

Waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan ini yakni di pagi atau sore hari dimana sinar matahari tidak terlalu terik. Jangan lupa untuk gunakan sunblock dan sandal agar kaki Anda terlindung dari batuan tajam ataupun karang.

Anda juga bisa berjalan di sekitar pepohonan di pantai. Pohon ini tumbuh dengan lebat dan rindang. Terdapat juga pohon kelapa yang menjulang. Pengunjung dapat duduk santai di bawah pepohonan sambil menikmati pemandangan pantai.

4. Berkunjung ke Museum 3 Dimensi DMZ

Pantai Kayu Putih juga menyediakan museum yang menyuguhkan pemandangan dari hasil karya seni tiga dimensi. Anda dapat menikmati berbagai karya yang dipamerkan di museum ini.

Anda dapat menyusuri museum sambil mengabadikan foto di kamera yang Anda bawa. Kegiatan ini pastinya seru dan menarik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Pantai kayu Putih
Image Credit: Google Maps Martin-Richard Uusmäe

Fasilitas yang ada di Pantai Kayu Putih termasuk sudah lengkap. Sudah disediakan toilet bersih untuk para wisatawan yang datang berkunjung. Bahkan, ada juga kamar ganti bagi wisatawan yang ingin bermain air.

Terdapat juga beberapa tong-tong sampah yang menyebar di sekeliling pantai untuk menghindari pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

Lebih lanjut, pantai ini juga memiliki restoran-restoran yang indah dengan spot pemandangan pantai. Restoran yang mewah menyediakan menu-menu andalan yang sangat lezat.

Itulah ulasan mengenai Pantai Kayu Putih yang bisa dijadikan pilihan saat berwisata ke Bali. Pantai ini menawarkan keindahan sekaligus fasilitas yang lengkap. Jadi, ketika berlibur ke Bali tak ada salahnya untuk mampir ke pantai ini.