12 Tempat Wisata di Klungkung (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Klungkung Bali

Klungkung adalah salah satu kabupaten terkecil di pulau Bali. Dua per tiga bagian dari wilayah Klungkung merupakan kepulauan, yakni Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan. Walaupun merupakan wilayah terkecil dari Provinsi Bali, Klungkung memiliki banyak sekali pilihan destinasi wisata yang sangat menarik.

Selain memiliki banyak pilihan destinasi wisata, warga lokal Klungkung juga sangat terbuka dan ramah kepada para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Keramahan warga inilah yang menjadikan Klungkung lebih mempesona. Keindahan dan kelestarian alam di Klungkung juga masih terawat dengan baik.

Banyak sekali wisata alam maupun wisata budaya yang bisa Anda jadikan pilihan destinasi ketika berlibur ke Pulau Dewata Bali. Berikut rekomendasi tempat wisata di Klungkung yang wajib Anda kunjungi dan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

1. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung. – Image Credit by Ladypinem.com

Tempat wisata pertama yang eksotis di Klungkungan adalah Angel’s Billabong. Billabong sendiri mempunyai arti ujung dari sungai yang buntu. Oleh karena itu, tempat ini merupakan sebuah muara aliran sungai sebelum menuju ke laut.

Pemandangan Angel’s Billabong sangat eksotis dan dijamin tidak akan membuat kecewa. Muara tersebut terletak di antara tebing karang yang tinggi dan memukau. Kolam renang alami ini menjadi sangat sempurna untuk berlibur, mandi, dan berswafoto.

2. Pantai Pasih Uug

Pantai Pasih Uug

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung. – Image Credit by Trivindo.com

Bali memang tidak ada habisnya jika membicarakan pantai. Klungkungan memiliki sebuah pantai yang bernama Pasih Uug. Dalam bahasa Bali, Uug berarti rusak. Namun bukan berarti pantai ini rusak. Justru ia tidak kalah eksotisnya dengan Angel’s Billabong.

Air pantai ini yang jernih biru kehijauan memanjakan mata. Terdapat rangkaian tebing kokoh pantai ini. Pada salah satu tebingnya terdapat rongga cukup besar di bawah yang dapat dilewati air dan membentuk kolam. Inilah salah satunya yang membuat pantai tersebut terlihat begitu memukau dan eksotis.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

3. Tirai Air Terjun Tukad Unda

Tirai Air Terjun Tukad Unda

Lokasi: Tukad Yeh Unda, Semarapura Kelod Kangin, Kec. Karangasem, Kab. Klungkung. – Image Credit by Villadibali.net

Tempat wisata yang satu ini sudah cukup populer berkat berbagai foto menakjubkan yang sering diambil dan tersebar di media sosial maupun berita. Air terjun Tukad Unda menyajikan pesona alam yang sangat menakjubkan.

Aliran air terjun ini terbentuk dari sebuah bendungan yang membuatnya terlihat seperti tirai yang memanjang. Karena bentuknya yang eksotis, tempat ini sangat sempurna untuk menjadi objek atau latar belakang fotografi. Banyak pula yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk foto prewedding.

4. Bukit Teletubies

Bukit Teletubies

Lokasi: Tanglad, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung. – Image Credit by Kintamani.id

Selanjutnya terdapat Bukit Teletubies. Bukit ini sebenarnya merupakan sebuah hamparan bukit hijau yang berundak-undak seperti bukit dalam film teletubies. Awalnya tempat ini bernama Bukit Pohon Gamal, sebab tetumbuhan yang terdapat di sana dapat diambil dan digunakan untuk pakan ternak. Akan tetapi, lokasi ini kemudian lebih terkenal dengan sebutan bukit Teletubies.

Selain bentuk bukit ini yang unik, para warga lokal daerah sini juga sangat ramah pada para wisatawan. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto. Karena itu, banyak wisatawan yang senang dan betah berkunjung ke tempat ini.

5. Goa Jepang Klungkung

Goa Jepang Klungkung

Lokasi: Jl. Raya Banjarangkan, Banjarangkan, Kec. Banjarangkan, Kab. Klungkung. – Image Credit by Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sebuah goa peninggalan sejarah pada zaman penjajahan Jepang ini menjadi destinasi wisata selanjutnya di Klungkung. Dahulu, pembuatan goa ini bertujuan sebagai tempat perlindungan tentara Jepang saat perang dunia kedua.

Di goa ini terdapat 16 jumlahnya, 14 goa terhubung antara satu dengan yang lainnya, sementara dua sisanya terpisah dari yang lainya. Tempat ini cocok untuk dijadikan destinasi wisata sekaligus mengenal kembali sejarah pada perang dunia kedua.

BACA:  15 Tempat Wisata di Tabanan (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

6. Manta Point

Manta Point

Lokasi: Sekartaji, Kec. Nusa Penida, Kab Klungkung. – Image Credit by Journeyera.com

Tempat wisata di Klungkung yang berikutnya bernama Manta Point. Tempat ini merupakan salah satu spot diving yang menyajikan keindahan alam bawah laut yang luar biasa mempesona. Keindahan karang serta berbagai jenis hewan bawah laut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Dinamakan Manta Point karena lokasi diving ini adalah karena keberadaan ikan Pari Manta yang menetap sepanjang tahun. Selanjutnya, pada musim kemarau, spot diving ini menyajikan ikan mola-mola yang asyik berenang ke sana-ke mari.

7. Kerta Gosa

Kerta Gosa

Lokasi: Jl. Kenanga No.11, Semarapura Kelod, Kec. Klungkung, Kab. Klungkung. – Image Credit by Ksmtour.com

Kerta Gosa merupakan salah satu bangunan sejarah peninggalan Kerajaan Klungkung pada tahun 1686. Saat ini bangunan ini menjadi tempat wisata yang memiliki tiga bangunan utama, yakni Bale Kertha Gosa, Bale Kambang,  dan Medal Agung, sebuah pintu megah Kerajaan Klungkung.

Arsitektur bangunan yang khas Bali pada abad ke-17 menjadi daya tarik utama destinasi wisata ini. Keunikan lainnya berada pada langit-langit atap  yang terdapat lukisan wayang yang menceritakan kasus serta jenis hukuman yang akan diterima jika melakukan suatu kesalahan.

8. Arung Jeram Sungai Melangitssasa

Arung Jeram Sungai Melangit

Lokasi: Bakas, Kec. Banjarankan, Kab. Klungkung. – Image Credit by Balikami.com

Bagi Anda pecinta olahraga arung jeram, Sungai Melangit bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjadi medan. Memiliki kedalaman 4 meter dengan panjang sekitar 7,5 km yang sepanjang sungainya dipenuhi arus cukup deras serta berkelok-kelok akan menimbulkan sensasi menantang adrenalin.

Arung Jeram Sungai Melangit cocok untuk orang dewasa maupun anak-anak. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan alam yang mengagumkan dengan kicauan burung serta kera-kera liar. Hal itu akan semakin mempesona berpadu dengan air terjun.

BACA:  16 Tempat Wisata di Ubud (Bali) Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

9. Goa Lawah

Goa Lawah

Lokasi: Jl. Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Kec. Dawan, Kab. Klungkung. – Image Credit by Kintamani.id

Tempat wisata selanjutnya adalah Goa Lawah. Bagi umat Hindu, goa ini menjadi tempat untuk melakukan prosesi upacara Meajar-ajar atau Nyegara Gunung. Pada waktu-waktu tertentu goa ini akan ramai dipadati oleh umat Hindu.

Goa ini memiliki pemandangan yang cukup unik dan eksotis. Di dalam goa, terdapat ribuan kelelawar bergelantungan pada dinding-dindingnya. Suara dan aroma khas kelelawar menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri pada goa ini.

10. Pantai Atuh

Pantai Atuh

Lokasi: Pejukutan, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung. – Image Credit by Water-sport-bali.com

Pantai Atuh dapat menjadi daftar pantai yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Bali. Selain warganya yang sangat ramah terhadap para wisatawan asing, pantai ini juga menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan.

Pesona matahari terbit dari pantai ini dapat memukau siapa pun. Pasir pantai ini berwarna putih bersih, berpadu dengan jernihnya air laut yang berwarna biru menyegarkan mata. Pada bagian kiri pantai ini terdapat sebuah tebing yang bernama Tanjung Juntil.

11. Goa Giri Putri

Goa Giri Putri

Lokasi: Suana, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung. – Image Credit by Jonnymelon.com

Lokasi wisata selanjutnya adalah Goa Giri Putri. Tempat ini sebenarnya merupakan sebuah pura yang letaknya berada di dalam goa pada ketinggian 150 mdpl serta memiliki panjang sekitar 310 meter. Seperti pura pada umumnya, tempat ini menjadi tempat pemujaan terhadap Tuhan yang memanifestasikan dirinya dalam bentuk perempuan cantik bernama Hyang Giri Putri.

Tempat ini merupakan salah satu tempat suci dan sakral, sehingga para wisatawan tidak boleh bertindak sesuka hati dan menjaga sopan santun. Goa ini biasanya ramai pada saat Hari Raya Galungan dan Kuningan.

12. Tembeling Water Spring

Tembeling Water Spring

Lokasi: Batu Madeg, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung. – Image Credit by Justgola.com

Tembeling Water Spring biasanya dikenal dengan sebutan Natural Swimming Tembeling. Nama Tembeling berasal dari sejarah penemuan mata air ini oleh seorang ibu hamil (beling). Kemudian mata air ini diberi nama mata air Tembeling.

Dahulu, lokasi ini menjadi sumber mata air warga. Namun pada saat ini, lokasi mata air ini telah berubah fungsi menjadi destinasi wisata yang eksotis dan tersembunyi di Nusa Penida, Klungkung.

Itulah tadi 12 tempat wisata yang berada di Klungkung, Bali yang bisa Anda kunjungi. Keindahan pesona wisata Alam berpadu harmonis dengan keramahtamahan para warga akan menjadikan liburan Anda lebih sempurna.