Pantai Lovina Bali, Menikmati Sunset & Bermain Dengan Lumba-Lumba

Pantai Lovina Bali

Pantai Lovina menjadi salah satu spot menikmati sunset di Pulau Bali yang banyak diincar wisatawan. Pantai sejuta pesona ini juga menawarkan atraksi Lumba-Lumba di tengah laut.

Lokasi: Desa Kalibukbuk, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng.
Map: Cek Lokasi

Pulau Dewata memiliki seribu pesona yang mampu menggaet banyak turis maupun wisatawan domestik. Salah satunya yaitu Pantai Lovina yang pesonanya mampu membuat semua orang merasa terpukau dan terbius. Disini Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang tentunya dapat membuat Anda merasa bebas dan terhibur.

Perairan pantai ini memiliki keanekaragaman yang tinggi dengan ekosistem terumbu karang yang masih terjaga dan alami. Hal ini yang menyebabkan kawasan pantai ini sebagai salah satu spot diving maupun snorkeling yang direkomendasikan bagi Anda pecinta dunia laut. Selain itu, pantai ini juga memiliki banyak mamalia laut berupa lumba-lumba yang seringkali melompat ke permukaan.

Pantai Lovina Bali terkenal dengan sejuta pesona pemandangan yang memukau sehingga menjadi destinasi terpopuler. Hal ini dikarenakan pantai populer di Bali ini dapat menyajikan pemandangan sunset dengan sangat baik. Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan Pantai Lovina, maka harus menyimak informasi berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lovina Bali

Daya Tarik Pantai Lovina Bali

Image Credit: Twitter.com @kumendan007

Pantai Lovina Bali adalah salah satu pantai hits yang ada di Bali Utara. Pantai ini terkenal dikarenakan hewan laut yang dapat dibilang akrab dengan manusia, yakni ikan lumba-lumba. Banyak para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk melihat ikan lumba-lumba secara langsung di habitatnya.

1. Atraksi Lumba-Lumba di Tengah Laut

Pantai cantik ini merupakan spot terbaik untuk dapat menyaksikan lumba-lumba beratraksi di habitatnya secara langsung. Lumba-lumba yang terdapat di perairan pantai ini menjadi salah satu daya tarik yang dapat menarik banyak para wisatawan baik mancanegara maupun wisatawan lokal.

Untuk dapat menyaksikan atraksi lumba-lumba di tengah laut, Anda harus terlebih dahulu menyewa sebuah perahu yang kurang lebih memiliki muatan 4-5 orang. Perahu ini disewa dengan harga Rp 60.000 untuk satu orangnya. Jika Anda ingin melihat lumba-lumba, maka Anda wajib mengunjungi pantai ini mulai dari jam 06.00-09.00 karena lumba-lumba sering muncul pada pagi hari.

2. Pasir Hitam

Pantai yang ada di Bali tidak semuanya memiliki pasir yang berwarna putih, tetapi ada juga yang memiliki warna hitam. Seperti salah satunya Pantai Lovina Bali. Pantai ini memiliki pasir hitam yang alami yang dapat meningkatkan view dari foto Anda. Bagi para fotografer hal ini terlihat lebih menonjol nilai seninya.

Daya Tarik dari Pantai Lovina Bali

Image Credit: Twitter.com @indo_picture

3. Spot Sunset Terbaik

Pantai Lovina Bali menjadi salah satu pantai di Bali yang terkenal dengan spot sunsetnya yang sangat luar biasa. Saat matahari mulai terbenam, pancaran sinar matahari akan membuat semua menjadi terlihat warna jingga. Hal ini yang menjadi moment yang ditunggu oleh para wisatawan. Anda juga dapat menyaksikan sunset ditemani oleh lumba-lumba.

BACA:  Pantai Sanur, Pantai Menawan & Spot Berburu Sunrise di Denpasar Bali

4. Sebagai Tempat Konservasi Terumbu Karang

Pantai ini juga terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang sangat luar biasa indahnya. Dari mulai biotanya sampai ke terumbu karangnya. Terumbu karang yang ada di pantai ini dijaga dan dirawat dengan baik dengan ada nya kegiatan konservasi terumbu karang. Sehingga terumbu karang di pantai ini memiliki bentuk dan warna yang bermacam-macam.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Lovina

Alamat Pantai Lovina

Image Credit: Google Maps (Widiatmaja Ketut)

Pantai Lovina merupakan salah satu pantai yang terletak di Pulau Bali tepatnya di Desa Kalibukbuk Kabupaten Buleleng. Bagi Anda yang menggunakan jalur udara, Anda harus mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Anda harus melanjutkan perjalanan ke Desa Kalibukbuk agar bisa sampai di lokasi pantai.

Bagi Anda yang berada di Kuta, maka harus melewati perjalanan sekitar 89 km selama kurang lebih 3 jam. Bagi Anda yang akan menuju kawasan pantai melewati jalur Kota Singaraja, Anda harus menempuh jarak sekitar 10 meter dengan waktu 20 menit. Anda juga dapat melewati jalur Denpasar, dimana untuk sampai ke pantai tujuan membutuhkan waktu selama dua setengah jam.

Anda harus mengarahkan kendaraan Anda sampai pada Desa Kalibukbuk. Agar tidak tersesat, Anda dapat menggunakan google maps ataupun menyewa jasa supir. Lelahnya perjalanan Anda akan sebanding dan terbayar dengan pemdangan alam yang menanti untuk dijelajahi.

Harga Tiket Masuk Pantai Lovina Bali

Harga Tiket Pantai Lovina Bali

Image Credit: Google Maps (Tadas Uždavinys)

Salah satu kelebihan pantai ini yang menarik minat pengunjung adalah karena tidak adanya biaya yang ditarif untuk memasuki kawasan ini. Jadi Anda tidak akan dikenakan biaya seperpun dan bisa bebas bermain di pesisir pantainya. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin ingin melakukan kegiatan snorkeling, Anda dapat menyewa peralatan lengkap dengan sejumlah biaya.

Selain itu, Anda juga dapat menyewa perahu yang cukup dinaiki sampai 5 orang agar bisa menikmati pemandangan mamalia laut berupa lumba-lumba yang berlompatan ke permukaan. Dengan biaya yang cukup tinggi, Anda dapat menikmati pemandangan dari tengah laut yang tentunya dapat membuat Anda terbius.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Lovina

Kegiatan di Pantai Lovina

Image Credit: Facebook.com @tati.noviani

1. Snorkeling

Bali terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang sangat luar biasa. Salah satu lokasinya adalah Pantai Lovina. Pantai terkenal di Bali ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah dengan adanya biota dan juga terumbu karang yang dilindungi oleh para pengunjung konservasi. Anda dapat menyaksikan secara langsung keindahan dari suasana bawah laut dari pantai ini.

BACA:  Pantai Tegal Wangi, Wisata Pantai Nan Eksotis & Tersembunyi di Bali

Jika Anda tertarik melakukan kegiatan snorkling ini, kamu tidak perlu membawa alatnya dari rumah. Karena di kawasan pantai tersedia tempat penyewaan alat untuk snorkling. Untuk menyewa perlengkapan Anda harus membayar Rp 60.000.

2. Memancing di Tengah Laut

Selanjutnya ada kegiatan yang tak kalah serunya dengan kegiatan snorkeling. Kegiatan ini mengharuskan Anda untuk berlayar terlebih dahulu ke tengah laut dengan menggunakan perahu yang ada di Pantai Lovina Bali. Jika Anda ingin melakukan kegiatan memancing di tengah laut ini, Anda harus menyewa perahu atau dapat bergabung dengan rombongan yang lain.

Untuk satu orangnya jika Anda ikut dengan rombongan memancing lainnya dikenakan tarif sebesar Rp 60.000 sampai Rp 100.000. Jika Anda membawa rombongan memancing Anda sendiri, maka Anda dapat menyewa perahu yang lebih besar. Harga perahu yang besar jika degan rombongan biasanya harganya lebih murah ketimbang dengan yang per orang.

3. Melihat Pertunjukan Musik

Kegiatan menarik yang tersaji di pantai ini tidak hanya berlaku pada siang hari saja, tetapi dapat dilakukan pada malam hari. Cafe-cafe dan warung-warung di kawasan pantai biasanya menunjukkan penampilan pertunjukan musik. Sehingga para pengunjung dapat menikmati suasana menjadi lebih nyaman. Dengan adanya pertunjukan musik, membuat malam lebih meriah.

4. Bertemu Dengan Lumba-Lumba

Jika Anda menyukai hewan lumba-lumba, maka datanglah ke Pantai Lovina Bali. Pasalnya di pantai ini terdapat banyak spesies lumba-lumba yang hidup di perairan pantai ini. Anda dapat menyaksikan sebuah pertunjukan lumba-lumba langsung dari habitatnya. Untuk melihat lumba-lumba Anda harus menyewa perahu terlebih dahulu.

Waktu dan momen yang tepat untuk melihat lumba-lumba adalah jam 06.00 sampai jam 08.00 pagi. Biasanya lumba-lumba muncul pada jarak 1 kilometer. Untuk menyewa perahu Anda perlu mengeluarkan biaya Rp 150.000 untuk 1 orangnya. Perahu ini hanya bermakna 5 orang saja. Anda akan diberi waktu selama 2 jam untuk menikmati keseruan bertemu lumba-lumba.

Dengan dana Rp 150.000 itu Anda akan mendapatkan satu kali masakan untuk Anda sarapan. Jika Anda tidak ingin mengambil sarapan ini, maka Anda akan dikenakan biaya yang lebih murah yakni Rp 110.000.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Lovina

Penginapan di Pantai Lovina

Image Credit: Booking.com

1. Wahyu Dana Beach Cottage

Wahyu dana beach cottage merupakan penginapan yang dekat dengan kawasan pantai. Penginapan ini memiliki pemandangan langsung ke Pantai Lovina. Jarak dari penginapan ke pantai ini hanya sekitar 650 meter. Penginapan wahyu dana beach cottage termasuk kedalam penginapan bintang 2.

BACA:  Pantai Kuta Bali, Pesona Pantai Pasir Putih dan Keindahan Sunset Pulau Dewata

Fasilitas dan juga pelayanan dari penginapan ini dapat memuaskan Anda dan Anda akan betah untuk bermalam di penginapan ini. Penginapan ini memiliki 22 kamar unit deluxe room sampai kamar suite room. Untuk dapat bermalam dan menikmati fasilitas wifi di penginapan ini Anda harus membayar sekitar Rp 300.000 untuk satu malamnya.

2. Villa Alam Sunset Lovina

Penginapan villa alam sunset lovina ini berjarak sekitar 730 meter dari kawasan pantai. Penginapan ini memiliki rate bintang 3 dengan kamar yang bagus serta nyaman. Di Setiap kamarnya dilengkapi dengan fasilitas yang dapat para pengunjung beristirahat dengan nyaman. Terdapat sebuah Ac, tv. Kasur yang empuk, dan juga kamar mandi yang bersih dalam satu kamarnya.

Fasilitas luar ruang kamar juga dapat memuaskan para pengunjung. Pasalnya penginapan ini memiliki fasilitas berupa wifi gratis. Spa, layanan pijat, taman, kolam renang, barbecue, pantai privat, kursi berjemur, ruang keluarga, banquet, teras, dan Ac. Tak hanya itu, penginapan ini memiliki restoran, jasa laundry, staff multibahasa, dan jasa tur.

3. Lovina Oasis Hotel

Penginapan bintang 3 yang satu ini juga memiliki jarak yang dekat dengan kawasan pantai. Jarak dari penginapan ke Pantai Lovina hanya 730 meter. Jika Anda ingin menginap di Lovina oasis hotel, Anda harus cepat-cepat, pasalnya penginapan ini hanya memiliki 5 kamar saja.

Setiap kamar mandi penginapan ini memiliki fasilitas yang dapat membuat tidur Anda nyaman, seperti Ac, tv kabel, wifi gratis, ceiling fan, kulkas, layanan kamar, hair dryer, kamar mandi yang bersih, perlengkapan mandi, dan juga ada shower. Untuk menginap di penginapan ini Anda harus membayar Rp 330.000 untuk satu malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Lovina Bali

Fasilitas di Pantai Lovina Bali

Image Credit: Instagram.com @kusumastutie.galuh

Fasilitas yang ada di pantai menawan ini hampir sama seperti dengan fasilitas yang terdapat di pantai Bali lainnya. Fasilitas Pantai Lovina Bali ini cukup memadai. Tak hanya ada fasilitas umum, tetapi ada juga fasilitas tempat penyewaan. Di sekitar pantai ini terdapat tempat penyewaan perahu yang dimana perahu ini akan membawa Anda melihat atraksi lumba-lumba.

Ada juga fasilitas pengunjung lainnya yang hanya akan Anda dapatkan jika berada di pantai ini. Untuk fasilitas penginapan, sudah ada banyak penginapan yang tersedia dekat dengan kawasan pantai.

Itulah informasi mengenai deskripsi tentang Pantai Lovina Bali. Jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, maka disarankan untuk Anda datang pada bulan April hingga bulan Oktober jika Anda ingin melihat lumba-lumba beraksi. Semoga informasi tentang Pantai Lovina di atas dapat bermanfaat untuk liburan Anda selanjutnya.