Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Langkisau, Salido, Kec. Iv Jurai, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Bukit Langkisau menjadi destinasi andalan di Kota Painan, Pesisir Selatan, terkenal juga sebagai tempat terbaik untuk melihat pemandangan Kota Painan dari atas ketinggian. Bukit ini berada di pantai bagian barat Pulau Sumatra. Menjadi salah satu destinasi yang sangat terkenal selain pulau-pulau lain di sekitarnya seperti Pulau Cingkuak atau Pulau Monyet, Pulau Karabak, Pulau Cubadak, dan Pulau Carocok.

Terkenalnya pulau ini tidak lepas karena pemandangannya yang sangat indah. Dari atas bukit, pengunjung dapat melihat dua sisi yang menawan. Sisi pertama adalah Samudra Hindia, Teluk Painan, dan juga Pantai Salido. Sementara itu, sisi satunya adalah Kota Painan yang menakjubkan sehingga siapapun akan merasa betah duduk berlama-lama menikmati pemandangan.

Tidak hanya pemandangannya saja, bukit ini juga mengingatkan dengan lagu yang sangat populer dengan lagu Minang yang ditulis Nuskan Syarif. Selain itu, kawasan ini terkenal mistik untuk orang-orang yang memang mempercayainya. Banyak juga orang yang datang mengunjungi kuburan yang ada di atas bukit untuk mewujudkan keinginan.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Langkisau

Daya Tarik Bukit Langkisau Painan
Image Credit: Twitter Cantigi Tours

Bukit cantik ini merupakan destinasi yang sangat terkenal, banyak pengunjung yang datang tidak hanya dari lokal namun juga pengunjung mancanegara. Tentu saja hal ini karena daya tariknya yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Berikut beberapa daya tarik dan pesona dari bukit andalan Kota Painan ini.

1. Pemandangan yang Indah

Bukit Langkisau menawarkan lanskap alam yang sangat indah sehingga banyak sekali pengunjung yang datang untuk dapat menikmati keindahannya. Pengunjung bisa melihat keindahan laut dari Samudra Hindia, juga dapat melihat Teluk Painan, Pantau Salido juga bukit barisan yang memanjang sehingga sangat memanjakan setiap mata yang memandang

Pada malam hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang tidak kalah indah. Lampu-lampu dari perahu yang ada di pelabuhan sangat memikat hati. Termasuk juga lampu-lampu penduduk yang tampak indah terlihat dari atas ketinggian.

2. Sunset

Pada sore hari, bukit akan banyak didatangi oleh pengunjung untuk menunggu saat-saat matahari mulai terbenam. Sunset merupakan daya tarik yang sangat banyak menarik pengunjung untuk datang. Dengan latar keindahan laut, matahari tampak mulai terbenam di antara perbukitan. Tampak sangat cantik dan akan sangat sulit dilupakan.

Jika Anda datang pada saat musim penghujan, kawasan pesisir selatan akan kerap diguyur dengan hujan. Akan tetapi jika Anda datang pada saat sore hari, jika beruntung akan terlihat warna-warna pelangi yang sangat indah sehabis hujan.

3. Pohon Ratusan Tahun

Ada keunikan yang menjadi salah satu daya tarik jika mengunjungi destinasi Bukit Langkisau, yaitu adanya sebuah pohon yang sudah berusia hingga ratusan tahun. Karena sudah sangat tua, pohon tersebut juga sangat besar. Tempatnya ada di lereng bukit, sehingga pengunjung dapat menuju ke sana untuk menjelajahi sekitar kawasan pohon.

Menjadi salah satu daya tarik membuat banyak pengunjung yang penasaran untuk melihat sendiri pohon tua tersebut. Meski begitu, pengunjung tidak diperbolehkan untuk datang sendiri dan harus didampingi oleh pemandu. Dengan didampingi oleh pemandu, maka pengunjung juga akan dapat mengetahui informasi dan seluk beluk mengenai pohon tua ratusan tahun tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Langkisau Painan
Image Credit: Google Maps RANG PASISIA

Pulau Langkisau berada di Kota Painan yang merupakan ibukota dari Kabupaten Pesisir Selatan yang ada di Sumatra Barat. Jika Anda dari Kota Padang, jaraknya kurang lebih sejauh 77 kilometer menuju arah selatan. Perjalanan ini dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat. Jalannya sudah beraspal namun sangat menanjak sehingga butuh kendaraan yang prima.

Anda juga bisa menggunakan tranportasi umum untuk menuju ke Pulau Langkisau. Tersedia bus dengan ukuran sedang yang dapat Anda naiki dengan tarif Rp 10.000 saja. Ada juga bus dengan ukuran kecil yang dapat menampung kurang lebih 12 orang dengan tarif Rp 15.000. Anda juga dapat menggunakan taksi atau menyewa bus pariwisata.

Transportasi umum seperti bus dengan jurusan Padang – Painan hanya akan berhenti di terminal Sago, jaraknya kurang lebih 5 kilometer dari Kota Painan. Selanjutnya, Anda hanya tinggal melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan kota atau angkor. Jika menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dari Painan ini hanya membutuhkan waktu 10 menit perjalanan saja.

Perjalanan untuk menuju bukit ini cukup sulit. Tanjakannya bahkan hingga 120 sampai 130 derajat, jalannya juga berkelok-kelok. Meski jalannya sudah beraspal rapi dan dapat dilalui dengan dua mobil kecil, namun pengendara haruslah yang memang sudah tahu betul medan jalan. Medan jalan yang cukup sulit ini juga tidak memungkinkan untuk kendaraan bus ukuran besar.

Sampai di lokasi parkir, Anda masih harus melanjutkan perjalanan kaki. Jika ingin menuju puncak yang paling tinggi, maka Anda harus menaiki sekitar 50 anak tangga. Meskipun cukup melelahkan, namun akan langsung terbayarkan dengan pemandangan alam yang tersaji.

Bukit Langkisau buka setiap hari selama 24 jam. Untuk menikmati keindahannya, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Anda hanya perlu mempersiapkan uang untuk parkir saja jika membawa kendaraan pribadi, itupun tidak mahal. Hanya membayar Rp 2.000 saja untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil sebelum Anda kembali melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Langkisau

Aktivitas Bukit Langkisau Painan
Image Credit: Google Maps Dani Irawan

Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan jika Anda datang ke Bukit Langkisau. Kegiatan-kegiatan yang sangat seru akan memberikan kesan tersendiri untuk Anda. Beberapa kegiatan yang dapat Anda coba dapat memacu adrenalin dan sangat seru. Pengelola sendiri sudah mempersiapkan fasilitas yang mendukung kegiatan-kegiatan ini.

1. Paralayang

Paralayang merupakan salah satu kegiatan favorit bagi para pengunjung yang datang ke Bukit Langkisau. Anda juga dapat mencoba untuk melihat pemandangan indah dari atas udara. Kegiatan ini tidak hanya banyak dilakukan oleh pengunjung lokal saja, namun juga pengunjung dari mancanegara. Lokasinya yang sangat cocok untuk kegiatan paralayang ini bahkan telah dikenal hingga dunia.

Kawasan ini memiliki karakteristik yang cocok untuk penyelenggaraan kompetisi paralayang. Banyak atlet paralayang dari berbagai belahan dunia menjadikan lokasi ini tempat favorit melakukan olahraga satu ini. Anda juga bisa mencobanya dengan membayar Rp 300.000 saja. Nantinya akan ada yang mendampingi dengan pendamping yang telah tersertifikasi Federasi Aero Sport Indonesia atau FASI.

2. Flying Fox

Selain paralayang, kegiatan yang memacu adrenalin lainnya adalah flying fox. Jika Anda menyukai kegiatan outdoor dan memacu adrenalin lainnya, maka kegiatan flying fox ini juga dapat Anda coba. Pengelola telah menyediakan peralatan lengkap untuk kegiatan ini, termasuk juga alat-alat perlindungan diri sehingga Anda tidak perlu merasa takut.

Aktivitas Seru Bukit Langkisau Painan
Image Credit: Google Maps Bukit Langkisau

3. Menikmati Sunset

Tidak perlu diragukan, sunset menjadi salah satu momen yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bahkan banyak pengunjung yang datang hanya untuk menunggu saat-saat matahari sedang terbenam. Duduk di atas bukit, sambil menikmati pemandangan laut yang berpadu dengan matahari senja akan sangat memukau. Anda harus datang saat sore hari untuk dapat menikmati keindahan ini.

4. Pemandangan Malam Hari

Di sekitar bukit ini terdapat banyak penginapan, sehingga Anda dapat bermalam. Dengan begitu, Anda juga memiliki kesempatan untuk melihat pemandangan di malam hari. Tidak kalah dengan pemandangan saat siang, malam hari juga tidak kalah indah. Lampu-lampu perahu di pelabuhan tampak cantik dan menawan mata.

5. Berfoto

Jika datang ke destinasi wisata ini, maka berfoto adalah kegiatan yang tidak boleh ketinggalan. Keindahan alam yang tersaji akan sangat sayang untuk tidak diabadikan dengan layar kamera. Oleh karena itu, jika datang ke bukit ini, jangan lupa untuk membawa kamera Anda. Ada banyak spot-spot bagus untuk latar foto Anda,

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Langkisau Painan
Image Credit: Google Maps Bukit Langkisau

Fasilitas yang tersedia di Bukit Langkisau sudah sangat memadai untuk pengunjung. Tidak hanya tempat parkir yang luas untuk menampung banyak kendaraan pribadi dari pengunjung, namun juga tersedia fasilitas lain seperti warung makan dengan menu bervariasi dan harga yang cukup terjangkau. Serta juga ada gazebo untuk beristirahat.

Selain itu, destinasi wisata ini juga menyediakan fasilitas olahraga yang banyak menarik minat pengunjung. Peralatan untuk paralayang sudah tersedia dan pengunjung juga akan didampingi dengan pemandu paralayang yang sudah tersertifikasi. Selain paralayang, juga tersedia peralatan untuk kegiatan outbond lain seperti flying fox.

Anda juga tidak perlu terburu-buru untuk pulang. Di kawasan ini juga disediakan penginapan sehingga Anda dapat bermalam. Dengan menginap di bukit ini, Anda juga dapat menikmati keindahan Kota Painan serta aktivitas di pelabuhan dari atas ketinggian. Penginapan di kawasan ini juga cukup banyak pilihan dengan harga yang bervariasi sehingga Anda dapat menyesuaikan budget.

Bukit Langkisau menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kota Painan yang tidak hanya banyak dikunjungi wisatawan lokal, namun juga mancanegara. Lokasinya yang menawarkan lanskap alam yang indah juga tempat yang cocok untuk kegiatan paralayang. Tidak heran jika bukit ini menjadi tempat favorit para olahragawan paralayang dari belahan dunia untuk beraksi.