Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Carolina, destinasi wisata yang berada di daerah Padang, Sumatera Barat. Pantai ini banyak dikunjungi para wisatawan mengingat tempatnya yang indah dan tidak mudah membosankan. Kharisma khas dari pasir putih yang terdapat pada pantai ini menjadi salah satu alasan meningkatnya para wisatawan.

Selain itu, pantai ini juga memiliki panorama alam yang sangat indah di sekelilingnya. Pada pinggir pantai terdapat banyaknya pepohonan hijau yang berjajar sehingga menjadikan pantai ini rindang dan terasa sejuk. Banyak pohon kelapa tumbuh di sekitar pantai ini. Selain itu, para wisatawan juga dapat bersantai di pinggir pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Menurut sejarah, Pantai Carolina adalah sebuah pantai tanpa nama pada zaman dahulu. Hingga pada tahun 1984 datang seorang pria bernama Zainal Zain dan istrinya ke pantai ini. Kemudian lokasi wisata ini diberi nama “Caroline” sesuai dengan nama puterinya. Nama tersebut diberikan atas dasar kecintaan terhadap putri mereka yang hingga kini melekat di masyarakat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Carolina

Daya Tarik Pantai Carolina
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

1. Surganya Surfing

Pantai Carolina memiliki deburan ombak yang sangat menggoda bagi para pecinta surfing. Para pecinta surfing pun akan semakin terpikat untuk segara menaklukan ombak. Selain untuk surfing, para pengunjung juga dapat menikmati ombak di pinggiran pantai saja sambil bersantai.

Akan terasa lebih menyenangkan jika anda berlibur ke pantai ini dengan membawa rombongan keluarga ataupun teman. Berlibur bersama di pantai yang indah ini akan menjadikan liburan terasa mengesankan.

Untuk anda yang akan melakukan surfing, anda harus memiliki banyak persiapan terlebih dahulu sebelum berlibur. Persiapan yang harus anda lakukan diantaranya persiapan fisik untuk menghadapi ombak.

2. Panorama yang Indah

Pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa. Pantai ini dikelilingi banyak tumbuhan dimana anda dapat menikmati keindahannya sambil berteduh dibawah pohon. Sehingga kesan panas dari pantai akan hilang ketika anda berkunjung ke lokasi wisata ini. Karena pembiasan cahaya matahari, laut di siang hari akan berwarna biru indah dan berubah warna menjadi kecoklatan pada sore hari.

Selain itu, para pengunjung sering datang ke Pantai Carolina pada sore hari untuk menikmati sunset. Suasana sunset yang sangat romantis dapat memanjakan mata bagi siapapun yang memandanginya. Selain itu untuk mengelilingi keindahan beberapa pulau kecil di sekitar pantai, anda hanya perlu menaiki perahu kecil untuk menikmatinya.

3. Salah Satu Pantai Terindah

Lokasi wisata ini selain menjadi pantai yang begitu indah, juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat sekitar. Pantai ini bukan hanya termasuk pantai terindah di Padang, namun juga menjadi bagian pantai terindah di Indonesia. Meskipun suasana pantai begitu ramai pada hari libur, namun anda dapat menikmati deburan ombak yang tenang dan damai ketika anda berkunjung pada hari biasa.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Carolina
Image Credit: Google Maps (Fadel Asman)

Lokasi wisata ini berada di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Lebih tepatnya beralamat di Jalan Padang Painan, Kelurahan Bungus Selatan, Padang.

Dari Kota Padang menuju Pantai Carolina tidak begitu jauh, hanya memiliki jarak 30 kilometer. Jarak tersebut menempuh waktu sekitar 30 menit hingga 40 menit untuk bisa mencapai lokasi tujuan. Dikarenakan lokasi wisata tidak begitu jauh dari Padang Painan, anda dapat menggunakan berbagai jenis kendaraan seperti mobil ataupun motor.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan kendaraan umum untuk sampai ke lokasi wisata. Angkutan umum yang biasa digunakan warga untuk berkunjung ke lokasi wisata adalah angkutan kota nomor 437. Tidak begitu sulit, anda dapat menunggu dan menaiki angkutan ini di perbatasan daerah pada jalur rimba monyet.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Carolina
Image Credit: Google Maps (Een Padang)

Harga tiket masuk dari Pantai Carolina ini terhitung sangat murah yakni 5000 rupiah saja. Namun, sangat disayangkan jika anda berlibur ke pantai ini tanpa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan di dalamnya. Anda memerlukan biaya yang cukup besar untuk menikmati keseruan dari pantai ini.

Biaya minimal untuk berlibur ke lokasi wisata ini dapat dihitung sekitar 1,5 jutaan. Hal ini dikarenakan ketika anda ingin mengunjungi Pulau Sikuai harus membayar biaya 500 ribu rupiah untuk penyewaan speedboat. Sedangkan untuk pergi ke Pulau Cibadak membayar 800 ribu rupiah. Biaya ini akan semakin bertambah ketika anda menikmati kuliner, bahkan menginap di hotel terdekat pantai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Carolina

Aktivitas Menarik di Pantai Carolina
Image Credit: Google Maps (Lucky Ferdian)

1. Snorkling

Anda wajib mencoba snorkling di Pantai Carolina ini karena memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Keindahan tersebut dapat menggoda banyak wisatawan untuk melakukan snorkling. Keindahan alam bawah laut dari pantai ini telah menyajikan berbagai ikan hias yang menawan. Selain itu, terdapat pula terumbu karang dan berbagai jenis hewan laut lainnya.

2. Surving

Surving atau berselancar tentu adalah rutinitas yang dilakukan para wisatawan ketika berlibur ke pantai. Berselancar akan semakin terasa menyenangkan ketika ombak di pantai naik atau semakin besar. Ketika ombak sedang tinggi, anda dapat melakukan aksi berselancar dengan mengikuti arah ombak pantai.

3. Bermain Sepakbola

Permainan bola adalah hal yang paling disukai banyak orang, terlebih lagi bagi kaum pria. Ketika anda berlibur ke pantai bersama rombongan teman, anda sebaiknya membawa bola dari rumah. Anda bersama teman-teman dapat berolahraga di sekitar pantai pada pagi hari dengan bermain bola. Selain itu, permainan ini sangat menyenangkan jika dilakukan di pantai.

Aktivitas di Pantai Carolina
Image Credit: Google Maps (Uda Jeffri)

4. Memancing

Mungkin dengan memandangi pantai terus menerus ketika berlibur akan sangat membosankan. Anda dapat melakukan aktivitas menarik di sekitar pantai seperti memancing. Selain menarik, memancing juga dapat menghasilkan ikan yang dapat dibakar dan anda nikmati di pantai. Menikmati pantai sambil mencicipi ikan bakar khas laut Sumatera Barat akan terasa sangat nikmat.

5. Mercusuar

Seperti yang kita ketahui, mercusuar selalu ada di berbagai pantai. Namun, mercusuar yang terdapat pada pantai ini berbeda dari pantai lainnya. Mercusuar di Pantai Carolina telah dibangun sejak masa penjajahan Belanda. Hal ini menjadikan mercusuar ini banyak dijadikan spot foto oleh para pengunjung karena memiliki latar yang estetik. Memotret dari atas mercusuar hasilnya seperti berfoto dari atas pesawat.

6. Jelajah Pulau

Para wisatawan datang ke pantai tidak hanya untuk menikmati keindahan pantai saja. Mereka juga berkunjung untuk mengelilingi berbagai pulau eksotis yang terdapat di sekitar pantai. Sudah banyak perahu kecil buatan masyarakat sekitar yang bisa anda sewa untuk mengelilingi pulau. Bahkan harga penyewaan dari perahu ini bisa anda tawar.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai Carolina
Image Credit: Wisatapulausumaterabarat.com

1. Cavery Beach Hotel

Hotel ini berada di Jalan Padang – Painan KM.21 Pantai Bungus. Cavery Beach Hotel merupakan salah satu hotel yang menyediakan fasilitas terlengkap di Pantai Carolina. Terdapat 34 kamar di hotel ini. Harga dari sewa setiap malamnya pun sangat terjangkau. Untuk kamar standard memiliki harga 375.000 rupiah, Superior Room Rate 425.000 rupiah dan Deluxe Room 475.000 rupiah untuk setiap malamnya.

Setiap kamar dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti brankas, televisi, serta shower di kamar mandi. Selain itu terdapat layanan 24 jam untuk kamar hotel, area parkir, restaurant, jasa laundry, resepsionis, wifi gratis, hingga area bebas asap rokok. Setiap kamar di hotel ini juga memiliki connecting door atau pintu penghubung.

2. Downtown Homestay

Downtown Homestay berada di Jalan Kampung Nias II, Belakang Pondok, Padang Selatan. Penginapan ini menyediakan sebuah kamar master dengan harga 240.000 rupiah. Kamar ini memiliki luas 16 meter persegi, memiliki AC serta ranjang king bed. Fasilitas yang tersedia di penginapan ini diantaranya ruang keluarga, free wifi, toilet, kulkas, layanan kamar, serta kopi dan teh gratis.

3. Tintin Homestay

Tintin Homestay merupakan salah satu penginapan murah yang ada di sekitar lokasi wisata. Jarak dari penginapan ke pantai hanya 1,24 kilometer. Harga sewa kamar permalam hanya 120.000 rupiah. Jika dijemput dari Bandara anda hanya perlu membayar 250.000 rupiah. Uniknya penginapan ini memiliki layanan penyewaan motor gratis dan sarapan gratis. Hotel ini beralamat di Jalan Padang – Painan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Carolina

Fasilitas di Pantai Carolina
Image Credit: Twitter.com @InfoPadang_

Kepopuleran pantai yang berada di Sumatera Barat ini telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Lokasi wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas hotel dengan harga terjangkau bagi wisatawan luar kota maupun turis asing. Di pantai ini sudah tersedia toilet umum serta berbagai masakan seafood khas dari Sumatera Barat yang sudah terkenal hingga mendunia.

Namun, di lokasi dekat pantai belum tersedia fasilitas ATM. Sehingga diwajibkan bagi anda membawa uang cash ketika berwisata ke pantai cantik ini. Selain itu, alat transportasi seperti mobil rental, bus, hingga taksi dapat anda temukan dengan mudah di sekitar pantai.

Itulah beberapa penjelasan mengenai keindahan Pantai Carolina di Padang serta berbagai keunggulan di dalamnya. Bagi anda yang akan mengunjungi Sumatera Barat, wajib mencoba keindahan pantai yang satu ini.