12 Tempat Wisata di Solok Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Solok

Solok merupakan salah satu daerah di Provinsi Sumatera Barat, yang mempunyai posisi strategis karena berada pada persimpangan jalur antar kabupaten dan antar provinsi. Apabila dilihat dari bentang alamnya pun, Solok termasuk wilayah yang topografinya bervariasi.

Solok terdiri atas daerah dataran rendah hingga hingga puncak yang menyajikan keindahan panorama alam. Ada banyak tempat wisata alam di Solok yang harus dikunjungi jika Anda berkesempatan mampir ke daerah ini.

Selain wisata alam, ada pula beberapa wisata budaya yang memberikan pengunjung kesempatan lebih banyak untuk mengenali kearifan lokal masyarakat Solok. Berikut rekomendasi 12 tempat wisata di Solok yang wajib dikunjungi karena menawarkan pengalaman melancong tak terlupakan.

1. Kebun Teh Alahan Panjang

Kebun Teh Alahan Panjang

Lokasi: Alahan Panjang, Kec. Lembah Gumanti, Kab. Solok. – Image Credit by Pesona.travel

Ingin mencuci mata dengan panorama hijau yang terbentang luas? Kebun teh ini dapat menjadi destinasi wisata paling tepat. Berada di ketinggian tanah yang mencapai 1400—1600 mdpl, udara di tempat ini sangat sejuk dan menyegarkan. Tempat ini juga bisa menjadi spot foto menarik yang instagenic.

Selain menikmati keindahan panorama alam dan kesejukan udaranya, Anda pun dapat mencoba kuliner lokal yang dijual oleh penduduk setempat, misalnya kolak kundunua, sate khas Solok, serta tentu saja segarnya teh asli yang dipetik langsung dari kebunnya. Meskipun letaknya di ketinggian, akses menuju lokasi kebun teh sudah sangat mudah dijangkau.

2. Puncak Gobah

Puncak Gobah

Lokasi: Singkarak, Kec. X Koto Singkarak, Kab. Solok. – Image Credit by Travel.detik.com

Destinasi wisata satu ini menjadi favorit banyak pengunjung karena memberikan panorama ketinggian yang memukau. Pengelolaan Puncak Gobah dilakukan secara mandiri oleh penduduk setempat dengan menambahkan beberapa spot foto menarik di beberapa sudut.

Apabila Anda tertarik dengan aktivitas yang memacu adrenalin, di Puncak Gobah terdapat fasilitas berupa paralayang yang bisa disewa oleh para wisatawan. Anda dapat menyaksikan keindahan alam secara langsung dengan udara yang sejuk khas ketinggian. Dari Puncak Gobah Anda dapat menyaksikan momen golden hours Danau Singkarak yang menawan.

BACA:  10 Tempat Makan di Bukittinggi Favorit Wisatawan

3. Danau Diateh Danau Dibawah

Danau Diateh Danau Dibawah

Lokasi: Lake Dibawah, Kec. Danau Kembar, Kab. Solok. – Image Credit by Klcbs.net

Danau ini sering disebut juga dengan Danau Kembar, karena memang terdapat dua danau alami yang hanya terpisahkan jarak sejauh 300 meter. Apabila Anda menginginkan tempat wisata yang tenang terasa sangat dekat dengan alam, maka danau ini bisa menjadi tujuan utama.

Anda akan disuguhkan bentangan air luas yang mempunyai arus tenang. Airnya yang jernih akan memanjakan mata. Selain itu, nuansa alami akan terasa sangat kental dengan pepohonan hijau yang mengelilingi area danau. Jika ingin menyaksikan keindahan dua danau ini dari ketinggian, Anda dapat sedikit mendaki bukit yang terletak tidak jauh dari sana.

4. Danau Singkarak

Danau Singkarak

Lokasi: Lake Singkarak, Kec. X Koto Singkarak, Kab. Solok. – Image Credit by Travel.dream.co.id

Danau Singkarak telah dikenal sebagai salah satu wisata unggulan di Solok sejak era penjajahan Belanda. Luas danau ini sekitar 107,8 meter persegi, dengan permukaan air yang jernih dan berwarna kebiruan jika terpapar sinar matahari. Arusnya mengalir dengan riak yang tenang sehingga aman disebrangi.

Danau yang terbesar kedua setelah Danau Toba ini mempunyai udara yang segar dengan hamparan panorama alam eksotis. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di tempat ini, seperti memancing, outbond, berkemah, dan menyewa perahu penduduk setempat untuk berkeliling danau.

5. Nagari Seribu Rumah Gadang

Nagari Seribu Rumah Gadang

Lokasi: Koto Baru, Kec. Sungai Pagu, Kab. Solok Selatan. – Image Credit by Radiotemansejati.com

Selain wisata alam yang menakjubkan, Solok juga mempunyai wisata budaya yang tidak kalah menawan. Nagari Seribu Rumah Gadang adalah sebutan untuk pusat kebudayaan Minangkabau yang berupa perkampungan rumah Gadang dengan kehidupan harmonis masyarakat lokalnya.

Anda dapat merasakan suasana adat Minangkabau yang kental. Masyarakatnya hidup penuh kesantunan dan sangat menghargai tamu. Anda pun akan dimanjakan dengan arsitektur Rumah Gadang yang estetik dan penuh makna simbolik. Jika berkunjung saat momen yang tepat, Anda akan disuguhkan tarian tradisional yang atraktif sekaligus hidangan kuliner lezat.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Populer

6. Puncak Gagoan

Puncak Gagoan

Lokasi: Paninggahan, Kec. Junjung Sirih, Kab. Solok. – Image Credit by Plesirankotatua.blogspot.com

Puncak Gagoan menjadi salah satu destinasi wisata paling hits yang belakangan sedang naik daun di media sosial. Bagi Anda yang menyukai tantangan, tempat ini mempunyai medan tanjakan cukup ekstrem untuk menuju puncak. Namun lelah selama perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan panorama ketika berada di puncak.

Anda dapat menikmati semilir angin dan udara segar sembari menyaksikan pemandangan hijau pegunungan di kejauhan. Puncak Gagoan sejatinya adalah bukit curam yang menjulang tinggi, sehingga ketika berada di atasnya lanskap alam yang indah dapat menjadi spot foto menarik untuk diabadikan.

7. Wisata Laing Park

Wisata Laing Park

Lokasi: Jl. KPT. Bahar Hamid, RT.01/RW.02, Laing, Kec.Tanjung Harapan, Kota Solok. – Image Credit by Pusatinfowisata26.blogspot.com

Wisata Laing Park tergolong destinasi baru di Solok. Meskipun demikian, tempat ini telah banyak menarik perhatian para wisatawan lokal maupun luar daerah. Di Laing Park, Anda dapat menikmati segarnya udara dengan nuansa khas pedesaan yang menentramkan. Jalanan yang terdapat di sini masih sederhana dan kadang berlumpur saat hujan.

Spot paling populer di Laing Park adalah rumah pohon yang mempunyai tinggi kurang lebih 10 meter. Di rumah pohon ini Anda akan mendapatkan spot foto terbaik dengan background bangunan kayu yang berada di ketinggian. Selain itu ada pula jembatan gantung dari kayu yang tidak kalah cantik.

8. Danau Talang

Danau Talang

Lokasi: Danau Talang, Kec. Danau Kembar, Kab. Solok. – Image Credit by Flickr.com @Dett konga

Solok memang mempunyai beberapa danau alami yang masing-masing menyajikan pesona berbeda. Danau Talang ini masih cukup sepi dari pengunjung jika dibandingkan danau lainnya. Namun justru itu akan membuat Anda semakin dapat menikmati keindahannya serasa danau pribadi.

Di Danau Talang Anda dapat menyaksikan hamparan air yang jernih dan bening. Dari kejauhan tampak perbukitan hijau yang semakin menambah indah panorama alamnya. Terdapat juga perahu tradisional milik penduduk setempat yang dapat disewa pengunjung untuk berkeliling danau.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

9. Air Terjun Kapalo Banda Koto Hilalang

Air Terjun Kapalo Banda Koto Hilalang

Lokasi: Kenagarian Koto Hilalang, Kec. Kubung, Kab. Solok. – Image Credit by Wisatasia.com

Nama air terjun ini cukup panjang dan memang belum terlalu dikenal oleh wisatawan dari luar daerah secara luas. Namun keindahannya tak perlu diragukan lagi. Air terjun ini terletak jauh di hutan, sehingga ketika hendak mengunjunginya Anda harus berpetualangan menjelajah hutan selama kurang lebih satu jam.

Sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan suasana alam yang asri, dengan pepohonan tinggi dan burung yang bernyanyian. Begitu tiba di air terjun, jernihnya air yang segar akan menghapuskan lelah. Anda bisa bermain-main dengan air yang menyegarkan tapi sebaiknya tidak berenang, karena air terjun ini masih sangat alami dan cukup dalam.

10. Taman Wisata Pulau Belibis

Taman Wisata Pulau Belibis

Lokasi: Jl. Solok – Simpang Tanjung Nan IV, Kampung Jawa, Kec. Tanjung Harapan, Kab. Solok. – Image Credit by Suhanews.com

Taman Wisata Pulau Belibis dibangun dan dikembangkan oleh Pemerintah Kota Solok sebagai salah satu destinasi wisata unggulan. Di tempat ini Anda dapat melakukan berbagai aktivitas menarik seperti outbond, berkemah, hingga berlayar mengelilingi danau yang ada di sana dengan menyewa perahu penduduk setempat.

Selain itu, tidak jauh dari tempat ini Anda bisa mendapati Arena Pacuan Kuda dan Taman Pramuka yang dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan seru lainnya. Tempat ini bisa menjadi alternatif wisata bersama keluarga atau kawan-kawan untuk mengisi liburan yang asyik dan menyenangkan.

11. Masjid Agung Al-Muhsinin

Masjid Agung Al-Muhsinin

Lokasi: Jl. Dt.Perpatih nan sabatang, Aro IV Korong, Kec. Lubuk Sikarah, Kota Solok. – Image Credit by Wikipedia.org

Masjid Agung Al-Muhsinin sering kali dijadikan sebagai destinasi wisata religi oleh wisatawan muslim dari berbagai daerah. Masjid ini mempunyai nilai historis yang tinggi. Selain itu, bangunannya pun mempunyai arsitektur yang indah menyerupai bentuk desain masa Kesultanan Ustmani di Turki.

Masjid ini berada di pusat Kota Solok sehingga akses menuju ke sana cukup mudah. Masjid ini pun disebut-sebut sebagai salah satu bangunan masjid paling megah yang terdapat di Sumatera Barat. Pada acara keagamaan tertentu, masjid ini penuh oleh kaum muslim yang ingin menjalankan ibadah sekaligus ingin menikmati keindahan bangunannya.

12. Puncak Happy

Puncak Happy

Lokasi: Guguak Sarai, Kec. IX Koto Sungai Lasi, Kab. Solok. – Image Credit by Tmladventure.blogspot.com

Puncak Happy atau yang sering disebut warga setempat dengan Puncak Gugua Sarai ini menyajikan panorama ketinggian yang akan memanjakan. Sejauh mata memandang, tampak hamparan hijau dari pegunungan di kejauhan. Selain itu tampak pula area persawahan dan perumahan penduduk.

Untuk menuju Puncak Happy Anda harus mendaki selama kurang lebih 15 menit dengan medan yang berupa batuan, sehingga perlu dipersiapkan fisik yang mumpuni. Namun lelah selama di perjalanan akan terbayarkan dengan pemandangan indah bentang alam yang paripurna.

Itulah rekomendasi 12 tempat wisata yang terdapat di Solok. Keanekaragaman bentang alam dan kekayaan budaya yang dimiliki Solok menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata paling utama untuk dikunjungi di Sumatera Barat, baik oleh pengunjung lokal maupun dari luar daerah.