Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua setelah Danau Toba yang terbentuk dari aktivitas tektonik, yaitu pergerakan sesar Sumatera. Danau dengan pemandangan yang memukau berada di Kabupaten Tanah Datar dan Solok.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Alamat: Danau Singkarak, Kab. Solok dan Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Danau dengan luas permukaan hingga 107.9 km ini terletak di Kepulauan Sumatra Barat. Cekungan hasil dari pergerakan lempeng ini kemudian terisi oleh air, sampai saat ini pun dipercaya ukuran Danau Singkarak masih bisa meluas. Memiliki pemandangan perbukitan yang hijau, menjadi daya tarik tersendiri oleh para pengunjung yang mendatangi kawasan danau ini. Lokasi danau yang mudah dijangkau dari pusat kota, juga menjadi nilai lebih yang dimiliki wisata bahari ini.

Saat berada di Kota Padang, sempatkan diri Anda untuk mengunjungi wisata menarik ini. Berikut ini informasi mengenai alamat, fasilitas hingga kegiatan menarik yang dapat dilakukan saat Anda mengunjungi danau cantik di Sumatera Barat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Singkarak

Daya Tarik Danau Singkarak
Image Credit: Instagram.com @modal_hape

1. Pemandangan yang Memukau

Danau dengan dikelilingi perbukitan rumput hijau ini dapat menyihir mata siapa saja yang melihatnya. Saat pertama kali memijakkan kaki di Danau Singkarak ini, pengunjung akan langsung disambut dengan air danau yang tempat berkilau.

Jika para pengunjung datang saat siang hari, akan terlihat jelas perbukitan yang tampak dari arah danau. Walaupun terik panas sinar matahari yang menyengat, Anda bisa merasakan semilir angin yang menerpa tubuh Anda. Anda bisa memakai topi untuk menghalau sinar yang akan menyentuh kulit.

Lalu bagaimana pemandangan saat sore? Jangan diragukan lagi, sudah pasti ada sunset yang akan memanjakan suasana danau sore itu. Untuk dapat menikmati keindahan pemandangan sunset dan pesona alam danau, Anda bisa berangkat pukul 4 sore hingga 6 sore.

2. Tempat Event Internasional

Danau ini mendapat predikat sebagai danau terluas kedua di Pulau Sumatra setelah Danau Toba. Menyabet gelar ini, danau yang kini menjadi wisata favorit masyarakat kian dikenal luas namanya hingga luar daerah.

Apalagi semenjak danau ini digunakan untuk ajang internasional, berbagai pengunjung dari luar kota hingga luar negri hilir mudik berdatangan. Ajang olahraga sepeda bergengsi ini setiap tahunnya bahkan diadakan rutin di tempat ini.

Danau ini dipilih sebagai tempat menyelenggarakan event tahunan tersebut, karena memiliki potensi yang tinggi di bidang pariwisata. Letaknya yang strategis, menjadikan nama danau ini semakin mudah di kenal masyarakat luas.

Pada tahun 2009, lomba balap sepeda diselenggarakan di kawasan kota Padang hingga mencapai finish di Danau Singkarak. Mulai dari sinilah, kawasan danau tersebut dijadikan tempat untuk event tahunan bertaraf internasional ini.

Daya Tarik dari Danau Singkarak
Image Credit: Instagram.com @96_shui

3. Sebagai Sumber PLTA

Debit air danau yang sangat banyak, dimanfaatkan oleh pihak PLN setempat untuk menggunakannya sebagai sumber tenaga listrik. Dibuatlah sebuah terowongan yang menembus bukit untuk mengalirkan air danau.

Terowongan yang menebus hingga Batang Anai tersebut memiliki panjang 19 km. Proses air yang mengalir lalu kembali ini menghasilkan ombak kecil yang dapat pengunjung lihat dari pinggir danau.

Di ujung terowongan ini terdapat sebuah generator yang digerakkan oleh aliran air dari danau tersebut. Kemudian generator yang bergerak ini akan mengubah tenaga gerak menjadi tenaga listrik untuk masyarakat sekitar.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Danau Singkarak

Alamat Danau Singkarak
Image Credit: Instagram.com @ceb0l

Danau cantik ini berada di dua kabupaten, yaitu Solok dan Tanah Datar. Lokasi danau yang mudah dijangkau, membuat pengunjung dapat datang dari arah mana saja.

Jika berangkat dari Kota Padang, Anda akan membutuhkan waktu hingga 2 jam lamanya dengan melewati Solok. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk menuju lokasi danau.

Kendaraan umum seperti angkot, bahkan mini bus dapat dengan mudah Anda temukan. Saat Anda memilih jalur Solok, kendaraan umum yang bisa Anda gunakan adalah mini bus. Kendaraan ini lebih luas daripada angkot, jadi Anda bisa lebih santai dan leluasa saat berada kendaraan ini.

Letak danau yang berada dekat dengan Jalur Lintas Tengah Sumatra, akan memudahkan pengunjung dari luar kota untuk mencapai wisata ini. Pengunjung yang berasal dari luar kota, tidak akan kebingungan mencari jalan kecil untuk sampai di Danau Singkarak.

Tiket masuk kawasan wisata Danau Singkarak dikenakan biaya Rp 10.000 untuk setiap orangnya. Harga ini sudah sesuai dengan berbagai wahana permainan dan fasilitas yang disediakan pihak pengelola.

Danau ini buka 24 jam setiap harinya, jadi Anda tidak perlu takut akan telat saat memasuki wisata ini. Saat hari weekend pun harga tiket tetap sama, tidak ada perbedaan nominal yang harus dibayarkan pengunjung.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Danau Singkarak

Aktivitas Danau Singkarak
Image Credit: Google Maps (Ihsan Prasetya)

1. Memancing di Kawasan Danau

Pengunjung yang datang ke Danau Singkarak ini diperbolehkan untuk memancing berbagai jenis ikan yang berada di dalam air. Tercatat ada 15 lebih jenis ikan, menghuni danau yang memiliki kedalaman mencapai 268 meter ini.

Para pemancing akan memilih tempat yang dekat dengan pepohonan rimbun, karena tempat semacam ini memiliki suasana rindang yang disukai oleh banyak ikan. Oleh karena itu, saat hari menjelang sore-malam akan semakin banyak pemancing yang berdatangan.

2. Berlayar ke Tengah Danau

Perahu masyarakat setempat yang biasa digunakan untuk mencari ikan ini, dapat digunakan oleh para pengunjung untuk menyusuri perairan danau. Dengan sistem sewa per jam, Anda akan dibawa berlayar hingga ke tengah danau.

Saat berada di atas perahu, usahakan untuk bisa duduk di bagian tengah. Hal ini dilakukan karena percikan air dari danau akan mengenai pakaian Anda yang nantinya bisa basah. Suasana akan tambah seru jika Anda sudah sampai di tengah danau, Anda bisa memandang daratan dengan perbukitan hijau dari arah danau ini.

Namun jika Anda takut melihat air yang sangat dalam ini, lebih baik urungkan niat Anda untuk berlayar hingga ke tengah danau. Apalagi jika Anda baru pertama kali menaiki perahu, kepala Anda akan terasa pusing karena badan Anda tidak rileks saat menaiki perahu tersebut.

3. Menyambangi Bukit Chinangkiek

Perbukitan dengan berbagai macam wahana permainan ini terletak di dekat kawasan Danau Singkarak. Selain menyajikan pemandangan danau, pengunjung yang masuk Bukit Chinangkiek ini juga dapat mencoba beberapa permainan yang telah disediakan.

Di kawasan bukit ini, ada lapangan luas yang ditumbuhi rumput hijau di seluruh sisinya. Pengunjung bisa bermain layangan di lapangan ini, angin besar dapat membantu mengangkat layangan dan menambah kecepatan lajunya.

Terdapat spot foto yang menjadi favorit pengunjung saat menyambangi bukit ini. Perahu buatan yang dipasang di pinggir bukit, menjadi spot unik yang bisa Anda coba untuk latar belakang foto Anda.

Aktivitas di Danau Singkarak
Image Credit: Google Maps (Aldy TheSky)

4. Mencicipi Kuliner

Kekayaan hasil ikan tawar di danau ini membuat masyarakat sekitar mendirikan beberapa warung makan, dengan menu andalannya yang berupa gulai ikan Bilih. Ikan jenis ini merupakan endemik di perairan Danau Singkarak.

Tidak hanya menu tersebut yang menjadi primadona, misal saja menu ikan goreng tepung yang menjadi favorit bagi para pengunjung. Dengan mengkonsumsi olahan ikan air tawar, kandungan protein dalam daging ikan akan memenuhi asupan gizi tubuh.

Rasa daging ikan segar yang terasa manis, akan lebih nikmat jika dimasak dengan berbagai macam rempah bumbu khas Nusantara. Dan hidangan istimewa ini dapat Anda nikmati sembari berlibur di Danau Singkarak.

5. Berenang di Tepi Danau

Kegiatan satu ini menjadi hal yang wajib dilakukan saat mengunjungi wisata bernuansa air. Tak terkecuali di wisata Danau Singkarak, pengunjung yang ingin merasakan segarnya air danau diperbolehkan berenang dengan tetap menjaga keselamatan.

Saat berniat untuk berenang di kawasan danau ini, jangan lupa sebelumnya membawa baju ganti. Jangan sampai Anda lupa membawa baju ganti dan pulang dengan keadaan basah kuyup, tubuh Anda akan masuk angin atau bisa juga flu.

Perlu diingat bahwa danau ini memiliki kedalaman hingga 200 meter lebih, pihak pengelola wisata hanya memperbolehkan pengunjung berenang di tepian danau saja. Diharapkan para pengunjung wisata danau dapat menaati peraturan ini, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Mencoba Wahana Permainan

Wahana permainan yang disediakan oleh pihak pengelola wisata Danau Singkarak diperuntukan bagi anak-anak maupun dewasa. Banyak jenis permainan yang ada di sekitar danau, mulai dari ayunan hingga jungkat-jungkit yang semuanya asik dicoba bersama teman.

Kawasan untuk outbond juga tersedia bagi pengunjung yang ingin mencoba menantang adrenalin dengan menaiki beberapa permainan. Outbond yang masih terletak di Bukit Chinangkiek ini juga bisa disewa untuk kegiatan dari sekolah atau organisasi.

Namun tidak hanya permainan berukuran kecil yang bisa Anda coba, ada salah satu wahana permainan yang menarik perhatian banyak pengunjung. Wahana ini bernama Biang Lala, banyak anak muda yang menyempatkan waktu untuk menaiki permainan ini.

Saat menaiki Biang Lala, pemandangan indah danau dan perbukitan akan disuguhkan langsung di depan mata. Warna hijau dari perbukitan dan air danau yang tampak hijau lebih tua, akan semakin menambah keseruan saat berada diatas wahana ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Danau Singkarak

Fasilitas di Danau Singkarak
Image Credit: Instagram.com @ns.andree

Membicarakan fasilitas di Danau Singkarak, terdapat toilet hingga tempat penginapan yang bisa pengunjung gunakan. Pemerintah setempat sangat memperhatikan masalah fasilitas di tempat wisata satu ini, karena ke depannya danau ini akan dijadikan sebagai wisata bertaraf internasional.

Lahan parkir untuk kendaraan para pengunjung cukup luas, dengan menghadap langsung ke arah danau. Berjajar pula beberapa warung makan yang menyediakan menu ikan tawar khas danau ini. Pengunjung bisa bebas memilih tempat mana yang akan disambangi untuk mencicipi makanan ini.

Tak ketinggalan wahana permainan dan spot foto yang disediakan untuk pengunjung agar tidak bosan saat berada di Danau Singkarak. Untuk pengunjung yang membawa anak-anak, beberapa wahana permainan ini bisa digunakan untuk melatih motorik anak.

Untuk para pengunjung yang datang dari luar kota, Anda bisa bermalam di penginapan yang berada dekat dengan danau ini. Dengan adanya penginapan ini, Anda tidak perlu susah-susah untuk mencari penginapan dengan jarak yang dekat dan harga yang miring.

Informasi tentang Danau Singkarak ini bisa Anda gunakan sebagai acuan saat akan berlibur di wisata bahari ini. Mempunyai wisata bertaraf internasional, Sumatra Barat patut berbangga karena hal ini dapat mengenalkan pariwisata yang berada di dalam negeri kepada dunia luar.