Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 05.00-20.00 WIB, Alamat: Bungus Barat, Kec. Bungus Tlk. Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Setiap pulau yang ada di Indonesia menyimpan potensi wisata yang besar mulai dari pulau Sumatera, Sulawesi, Jawa, Kalimantan, hingga Papua. Berbagai tempat wisata yang ada di suatu pulau sangat menarik dikunjungi karena mempunyai karakteristik dan daya tarik tersendiri di mata wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Sako yang ada di Kota Padang.

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota, hal yang paling populer dari Kota Padang adalah sate padangnya. Karena lezatnya sate padang, tidak sedikit wisatawan yang penasaran untuk mencoba sate padang dengan berkunjung ke Kota Padang mencicipi sate padang langsung dari daerah asalnya sekaligus mengeksplorasi berbagai tempat wisata yang ada disana.

Ketika berlibur ke kota Padang, Pantai Sako bisa menjadi opsi destinasi wisata yang tepat. Meski keberadaannya belum banyak diketahui oleh masyarakat setempat terlebih lagi wisatawan, namun tidak ada salahnya mencoba mengeksplorasi pesona alam di Kota Padang yang masih tersembunyi ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sako

Daya Tarik Pantai Sako Padang
Image Credit: Google Maps Dika Abduhuu

1. Mempunyai Karakteristik yang Berbeda Dengan Pantai Lainnya

Yang menarik dari Pantai Sako adalah ukurannya mungil, akan tetapi pesona keindahannya tiada duanya. Pantai seluas 6000 meter persegi tersebut mempunyai topografi pantai dengan karakteristik yang landai dengan pasir berwarna putih dan sedikit coklat dan ombaknya sangat bersahabat, malah bisa dibilang ombaknya kecil.

Kemudian di tepi pantainya tumbuh pohon pinus yang berderet dan menjulang tinggi. Pepohonan pinus tersebut tumbuh subur membentang sekitar 1 km di sepanjang tepi pantai seolah membentuk lorong yang lurus. Panorama pantai semakin cantik dengan keberadaan tempat duduk dengan atap payung yang terbuat dari bahan beton.

Lokasi tempat duduk-tempat duduk tersebut menghadap ke arah Samudera Hindia dan teluk. Terdapat juga beberapa kapal laut yang berlabuh atau berlayar karena pantai ini lokasinya dekat dengan dermaga Bungus. Panorama kapal-kapal tersebut menjadi bonus panorama alam tambahan ketika wisatawan datang ke Pantai Sako.

Karena karakteristik itulah, pantai yang ada di kawasan Padang ini menjadi salah satu lokasi berlibur favorit bagi wisatawan. Bahkan, wisatawan pecinta fotografi yang datang ke pantai ini sangat bahagia karena bisa pulang dengan membawa hasil foto-foto yang instagramable. Bahkan, banyak juga pasangan yang foto prewedding disana.

2. Terdapat Pelabuhan Perikanan di Dekat Pantai

Daya tarik lainnya adalah terdapat juga pelabuhan perikanan yang lokasinya dekat dengan pantai. Nama pelabuhan tersebut adalah ‘Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus’. Pelabuhan ini bukan merupakan tempat wisata, akan tetapi pelabuhan yang digunakan untuk melakukan bongkar muat untuk kapal yang mengangkut ikan tuna.

Bahkan, pelabuhan perikanan ini sudah ditetapkan menjadi sentra ikan tuna yang lokasinya ada di bagian barat negara Indonesia. Bongkar muat ikan tuna yang dilakukan disana akan dikirim menuju ke luar negeri seperti Jepang.

Wisatawan yang ingin mencoba berkunjung ke pelabuhan tersebut harus minta ijin dahulu kepada pihak keamanan pelabuhan karena memang status pelabuhan bukanlah tempat wisata yang boleh dikunjungi setiap saat. Apabila wisatawan beruntung, akan diijinkan masuk ke area pelabuhan dan melihat bongkar muat disana.

Tips jika wisatawan ingin berkunjung ke Pantai Sako tanpa harus mengeluarkan uang bisa masuk melalui jalan masuk menuju pelabuhan ini. Sampai di kawasan dekat pelabuhan, wisatawan tinggal jalan saja ke arah kiri dengan menyusuri area tepian pantai. Wisatawan hanya perlu berjalan kaki ke pantai hanya beberapa meter saja.

3. Dikelola Secara Swadaya Oleh Masyarakat Setempat

Pemerintah Kota Padang memang mengelola sejumlah 37 pantai di kawasan Padang. Namun, pengelolaan pantai yang dinamakan Sako ini bukan di bawah pengelolaan pemerintah daerah setempat melainkan dikelola secara perorangan. Dulunya pantai ini didirikan oleh masyarakat setempat dan mulai dibuka sejak tanggal 11 Mei 2011.

Meski dikelola secara pribadi, namun pantai tersebut sudah mengantongi ijin usaha yang resmi. Dari namanya memang belum populer di kalangan wisatawan karena perihal pengelolaan yang bukan di bawah pengelolaan masyarakat setempat. Namun, wisatawan boleh berkunjung ke pantai ini kapan saja sesuai keinginan.

Oleh karena itu, Pantai Sako termasuk salah satu hidden paradise yang ada di kawasan Padang. Wisatawan yang ingin menikmati panorama alam dengan suasana tenang bisa datang ke pantai tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Sako Padang
Image Credit: Google Maps Sc Project93

Lokasi pantai ada di Kota Padang, Sumatra Barat tepatnya Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Dari pusat kota menuju ke lokasi jaraknya kurang lebih 17 kilometer dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan sepeda motor maupun mobil sekitar 30-40 menit perjalanan. Untuk rutenya hanya bisa dilalui melewati jalan lintas Padang-Painan.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan diajak untuk menyusuri bagian sisi perbukitan dengan panorama yang eksotis. Selama perjalanan menuju ke Pantai Sako yang lokasinya di pesisir dari pantai Nagari Labuhan Tarok ini, wisatawan akan melewati beberapa destinasi wisata yang populer seperti persimpangan yang mengarah ke Pelabuhan Teluk Bayur.

Selain itu, akan melewati juga Gunung Meru yang menyuguhkan lanskap pelabuhan Teluk Bayur dengan monyet-monyet liar yang berjalan berkeliaran di pinggir jalan, kemudian akan melewati juga meriam peninggalan di jaman penjajahan Jepang, Mercusuar Sei Bermas, Pantai Nirwana, sampai dengan pelabuan Bungus Teluk Kabung.

Tidak perlu khawatir akan tersesat karena terdapat tanda petunjuk yang memberikan informasi bahwa keberadaan destinasi wisata Pantai Sako tidak jauh dari lokasi TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Bungus. Sampai di persimpangan, akan ada papan nama bertuliskan nama pantai. Wisatawan bisa masuk kurang lebih 200 meter dari jalan raya melalui jalanan berbatu.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Pantai Sako Padang
Image Credit: Google Maps Mira

Bagi wisatawan yang akan berkunjung, Pantai Sako dibuka untuk wisatawan dan masyarakat setempat setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 5 pagi sampai setengah 8 malam.

Untuk biaya retribusinya adalah Rp 5.000 per orang untuk anak-anak dan Rp 10.000 per orang untuk dewasa. Wisatawan yang membawa kendaraan bisa diparkirkan di timur pantai, dekat kedai, samping muara sungai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sako

Aktivitas Pantai Sako Padang
Image Credit: Google Maps El Jabar

1. Hunting Foto

Panorama pantai benar-benar eksotis. Hal ini terbukti dengan pemandangan perbukitan dan kapal laut serta deretan pepohonan pinus di tepi Pantai Sako. Pemandangan tersebut menjadi latar belakang berfoto yang cantik dan instagramable sehingga wisatawan pecinta fotografi akan merasa termanjakan disana.

2. Menikmati Panorama Pantai

Pantai tersebut masih jarang dikunjungi wisatawan sehingga bisa dibilang pantai ini masih perawan. Wisatawan yang datang berkunjung dapat menikmati panorama alam berupa hamparan pasir putih kecoklatan dengan ombak yang cenderung tenang dan udara yang sejuk.

3. Olahraga di Tepi Pantai

Karena ombak Pantai Sako tergolong tenang, maka wisatawan bisa melakukan kegiatan olahraga seperti voli pantai maupun sepak bola di tepi pantai. Bahkan, pantai populer ini sering dikunjungi oleh para atlet beladiri yang belajar di pasir pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Sako Padang
Image Credit: Google Maps Faisal Rahmat

Untuk fasilitasnya sudah cukup lengkap antara lain tempat parkir yang luas tepatnya di sebelah timur pantai. Akses jalan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat namun jalannya masih berbatu.

Karena akses jalannya masih berbatu, maka sebaiknya memang harus diperbaiki dengan diaspal atau dibeton. Kemudian tersedia toilet dan kamar bilas yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan secara gratis.

Tersedia pula beberapa tong sampah dan tempat ibadah berupa mushola untuk umat muslim. Pantai ini memang belum begitu dikenal banyak wisatawan, sehingga pengunjung bisa membantu mempromosikan ke sosial media.

Pantai Sako masuk dalam salah satu daftar tempat wisata yang recommended untuk dikunjungi ketika wisatawan datang ke Kota Padang. Panorama alam pantai tersebut bisa membantu menghilangkan rasa penat.