Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Raya Padang-Painan, Teluk Bayur, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Seakan tiada habisnya kalau membahas tentang Padang. Beragam hal bisa kita temukan di kota yang berada di Sumatera Barat ini. Mulai dari sajian khasnya yang terkenal hingga ke seantero dunia sampai wisata alamnya yang begitu beragam. Berbagai wisata alam bisa ditemukan disini, seperti halnya Pantai Nirwana. Pantai yang berjuluk serpihan surga ini dapat anda temukan di Padang.

Dalam bahasa Melayu khas Sumatera Barat, Nirwana sendiri mempunyai arti surga. Jika ditelusur lebih jauh, memang adanya bahwa pantai ini bak surga dunia yang terhampar di Padang. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut ditemani oleh jejeran pepohonan kelapa yang menciptakan kesan eksotis khas pantai Indonesia. Tak hanya itu, airnya yang biru jernih pun mampu memikat siapapun.

Pantai dengan gulungan ombak yang tergolong tenang ini bisa membuat siapa saja merasa nyaman dan betah berlama-lama disini. Singkatnya, Pantai Nirwana merupakan destinasi wisata yang memiliki keindahan tak terkira. Merupakan hal yang wajib dikunjung untuk anda pecinta wisata. Dijamin, anda tidak akan menemukan setitik pun pemandangan biasa di pantai ini. Sangat mengagumkan!

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nirwana

Daya Tarik Pantai Nirwana
Image Credit: Twitter.com @sudipdasin

Pantai Nirwana merupakan sebuah pantai eksotis yang berlokasi di Sumatera Barat. Pantai tidak pernah sepi pengunjung, entah itu dari wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak wisatawan yang rela berdatangan dari luar daerah Sumatera Utara hanya untuk melihat pemandangan yang disuguhkan dari pantai ini. Beragam daya tarik yang dimiliki menjadi faktor banyaknya pengunjung yang berdatangan.

1. Pesona Pantainya yang Eksotis

Pantai ini memiliki pesona alam yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Putih bersih warna pasirnya serta biru jernih warna lautan yang berteman baik dengan keindahan birunya cakrawala hingga dapat menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Bukan hanya itu saja, deretan pepohonan kelapa yang berjejer rapi di bibir pantai semakin menambah kesan eksotis khas pantai yang berada di Indonesia.

Semilir angin sepoi-sepoi yang tertiup ke arah bibir pantai juga menjadi salah satu pesona pantai ini. Semilir angin yang dibawa berasal dari gulungan ombak yang tenang. Disinipun wisatawan tidak akan menemukan bebatuan karang besar yang terkadang menghalangi pemandangan indahnya luas lautan. Sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburannya bersama keluarga.

2. Keberagaman Biota Lautnya yang Mengagumkan

Keindahan yang dipancarkan oleh Pantai Nirwana ini tidak hanya berasal dari pemandangan luarnya saja. Pemandangan yang berada di bawah lautnya pun patut dipuji, karena pantai ini memiliki beragam biota laut yang tentunya mengagumkan. Keberagaman biota lautnya ini menjadi salah satu daya tarik dari pantai yang berada di Padang satu ini.

Pesona bawah laut yang berada di Pantai ini menyimpan beragam spesies ikan serta terumbu karang yang tidak sebanyak dari tempat lain. Keunggulan ini tentu banyak dimanfaatkan oleh para pengunjung yang datang, salah satunya menyelam. Dengan menyelam di kawasan perairan pantai ini, anda akan mendapatkan pengalaman menyelam yang tentunya tidak akan terlupakan.

3. Eksotisme Sunset Dari Pinggir Pantai

Daya tarik lainnya dari obyek wisata berbentuk pantai ini adalah eksotisme sunset dari pinggir pantai. Suasana eksotis serta romantis yang disajikan oleh pantai ini dapat terasa secara maksimal saat menjelang petang tepatnya sebelum matahari terbenam. Eksotisme sunset yang terasa oleh pantai ini pun menjadi salah satu daya tarik yang cukup populer dikalangan wisatawan.

Keindahan maksimal dari sunset pantai ini terjadi pada bulan Juli sampai dengan Agustus. Keindahannya pun semakin lengkap saat ditambah oleh perahu-perahu nelayan yang berlayar, semilir angin dari ombak, lambaian pohon kelapa, lembutnya pasir dan remang-remang cahaya matahari. Semua hal ini menjadi satu padu dalam sebuah pantai eksotis dari Padang. Sangat menarik!

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Niewana
Image Credit: Twitter.com @haluanharian

Pantai Nirwana merupakan salah satu destinasi wisata alam pantai eksotis yang terletak di Padang tepatnya di sebelah Barat dari Kota Padang. Pantai ini berjarak sekitar 14 km jika dihitung dari Pusat Kota Padang. Akses jalan dan akomodasi menuju lokasi tujuan sudah tergolong memadai dan memudahkan bagi siapa saja yang hendak mengunjunginya, termasuk turis asing.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyambangi pantai dengan panorama eksotis ini ialah kurang lebih sekitar 30 menit jika memulai perjalanan dari pusat Kota Padang. Waktu tempuh ini dapat berubah jika keadaan jalan menuju pantai dalam keadaan ramai. Mengingat sejuta keindahan yang disuguhkan oleh pantai ini dapat memikat siapapun sehingga pengunjung banyak yang berdatangan kesini.

Untuk menyambangi pantai ini, wisatawan dapat memulai perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dengan langsung menuju ke arah Selatan dari Teluk Bayur. Kemudian setelah sampai di Teluk Bayur, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan berpatokan pada papan penunjuk dan rambu lalu lintas yang tersedia untuk membawa anda mengunjungi obyek wisata yang dituju.

Untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan angkutan umum dapat menaiki angkutan umum dengan jalur 437 dari arah Pasar Raya Padang. Angkutan umum ini akan membawa wisatawan menuju obyek wisata pantai yang dituju dengan melewati jalur Sutan Syahrir kemudian dilanjutkan dengan arah Jalan Padang – Bengkulu. Hingga sampailah wisatawan ke pantai eksotis ini

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Nirwana
Image Credit: Twitter.com @infoSumbar

Obyek wisata Pantai Nirwana berjarak 14 km dari pusat Kota Padang. Wisatawan yang berkunjung pun banyak yang berasal dari luar daerah Padang, bahkan mancanegara. Wisatawan yang hendak menyambangi pantai ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Untuk wisatawan yang menaiki kendaraan pribadi menuju pantai bisa menggunakan dengan tarif khusus.

Wisatawan yang berkunjung menggunakan angkutan umum layaknya bus, bisa mempersiapkan dana sebenar Rp 26.000 yang akan membawa wisatawan menuju lokasi tujuan. Harga ini termasuk sebanding bahkan murah jika ditukar oleh keindahan alam yang disuguhkan oleh pemandangan eksotis pantai. Wisatawan tidak akan merasa rugi setelah menginjakkan kaki disini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Nirwana

Aktivitas di Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps (Nur Diana)

1. Mengagumi Pesona Lautnya dengan Berlayar

Pantai cantik ini sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Beragam hal yang bisa wisatawan lakukan untuk menikmati keindahannya. Salah satunya ialah berlayar. Wisatawan yang hendak melihat pesona pantai dari sisi yang berbeda, bisa menaiki perahu wisata yang tersedia. Perahu ini akan membawa wisatawan ke tengah-tengah pantai, dan rasakanlah keindahannya!

2. Snorkeling Bersama Ribuan Biota Laut

Kegiatan menarik lainnya yang bisa wisatawan lakukan di pantai ini adalah snorkeling bersama ribuan biota laut. Keragaman biota laut yang disimpan oleh pantai ini menjadi daya tarik wisatawan. Wisatawan bisa mencoba snorkeling ditemani guide yang akan membantu kegiatan anda. Perlengkapan snorkeling disini pun sudah disediakan. Jadi, wisatawan tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan snorkeling.

3. Menikmati Secangkir Kopi Bersama Pesona Sunset

Puncak keindahan yang ditampilkan oleh pantai ini dapat anda rasakan saat waktu matahari terbenam menjelang. Hangatnya matahari sore, semilir angin yang dibawa oleh ombak, serta hempasan angin lembut dari pohon kelapa dapat wisatawan rasakan disini. Terlebih jika wisatawan menikmatinya dengan secangkir kopi layaknya anak indie, sungguh nikmat mana yang kau dustakan.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan Sekitar Pantai Nirwan
Image Credit: Agoda.com

1. Savali Hotel

Hotel yang mengusung tema mirip seperti kerajaan di Jawa ini memiliki beragam fasilitas yang bisa membuat pelanggannya merasa puas. Dilengkapi dengan kolam renang yang bersih, pelayanan yang ramah, makanan yang dinilai lezat, lokasi yang strategis, dilengkapi AC, serta harga yang ramah dikantong menjadikan hotel ini favorit dikalangan wisatawan Pantai Nirwana.

2. Cavery Beach Hotel & Restaurant

Hotel berbintang 3 ini memiliki bangunan yang bertema minimalis. Lokasinya pun berada di pinggir pantai sehingga cocok sekali digunakan sebagai tempat bermalam selepas lelah bermain di pantai. Lokasinya yang berada di pinggir pantai juga menciptakan view pantai yang eksotis dari dalam hotel. Hal ini jugalah yang menjadi salah satu daya tarik dari hotel berbintang 3 ini.

3. Yani Homestay

Hotel ini memiliki penampilan bagian kamarnya yang dipenuhi warna-warna ceria. Warna-warna ceria ini dapat membangkitkan semangat para wisatawan selepas lelah mengunjungi obyek wisata pantai. Pelayanan yang ramah, harga yang bersahabat, tempatnya yang bersih, dilengkapi dengan AC dan TV yang bisa menunjang kegiatan pelanggan selama disini menjadikan Yani Homestay favorit.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Nirwana

Fasilitas di Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps (Ulung Jantama Wisha)

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola wisata pantai ini sudah tergolong lengkap dan memadai. Mengingat lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Padang serta menjadi salah satu destinasi wisata favorit menjadikan fasilitas yang tersedia disini dinilai lengkap dan memadai.

Fasilitas destinasi wisata ini juga cukup lengkap. Anda bisa menemukan fasilitas seperti toilet, playground, gazebo, cafetaria, perlengkapan snorkeling, penyewaan perahu tersedia disini.

Demikianlah beberapa hal menarik seputar Pantai Nirwana di Padang. Walaupun lokasinya berada dekat dengan pusat kota, pantai ini masih tergolong asri dan jauh dari sampah. Sehingga tugas kita selanjutnya ialah menjaga kebersihan pantai indah ini dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Serta yang terpenting ialah, jangan lupa untuk mampir!