13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Sawahlunto

Sawahlunto menjadi salah satu daerah kebanggaan Sumatera Barat karena menyimpan banyak pesona alam yang menakjubkan. Anda bisa menikmati berbagai pemandangan alam, situs bersejarah, wisata air, dan masih banyak lagi.

Daerah ini juga menawarkan berbagai objek wisata yang tidak akan Anda temui di daerah lainnya. Ada berbagai macam pilihan wisata menarik yang sangat sayang apabila tidak dikunjungi. Oleh karena itu, jika Anda memiliki rencana liburan, pastikan Sawahlunto masuk di dalamnya.

Maka dari itu, berikut ini terdapat beberapa list tempat wisata rekomended yang ada di Sawahlunto. Harapannya, dengan daftar tempat wisata berikut ini, Anda menjadi lebih mudah dalam mengetahui tempat wisata mana saja yang menarik dikunjungi.

1. Museum Kereta Api

Museum Kereta Api

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Teleng, Pasar, Kec. Lembah Segar, Kota Sawah Lunto. – Image Credit by Wikipedia.org

Jika Anda ingin menikmati wisata sejarah, maka mengunjungi Museum Kereta Api adalah pilihan yang tepat. Di sana, Anda bisa menyaksikan pemandangan kereta api pertama yang ada di Sawahlunto, dan itu semua sudah ada sejak zaman Hindia Belanda.

Anda juga bisa menikmati keindahan arsitektur Belanda yang masih terjaga hingga saat ini. Selain kereta api, ada juga beberapa lokomotif tua yang menjadi saksi bisu transportasi di Sawahlunto.

2. Puncak Cemara

Puncak Cemara

Lokasi: Saringan, Kec. Barangin, Kota Sawah Lunto. – Image Credit by Detik.com

Puncak Cemara merupakan destinasi wisata yang menonjolkan keindahan pemandangan alam. Sesuai dengan namanya, ada puluhan pohon cemara yang tampak ribun dan tertata rapi di sudut-sudut jalan setapak.

Salah satu wahana seru yang wajib dicoba saat mengunjungi tempat wisata ini adalah ayunan cemara. Ayunan cemara tersebut memberikan sensasi nano-nano bagi siapapun yang mencobanya. Selain itu, ada banyak juga spot foto menarik yang bisa Anda nikmati.

BACA:  15 Tempat Wisata di Bukittinggi Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

3. Puncak Polan

Puncak Polan

Lokasi: Aur Mulio, Kec. Lembah Segar, Kota Sawah Lunto. – Image Credit by Wisatasumbar.net

Berbeda dengan punca Cemara yang hampir mirip seperti taman, di puncak Poland ini Anda bisa benar-benar menikmati pemandangan Sawahlunto dari atas bukit. Banyak juga yang memanfaatkan tempat ini sebagai arena Paralayang.

Ketika malam hari akan ada deretan lampu hias dengan tambahan lampion yang menjadikan puncak ini tidak pernah sepi pengunjung. Terkadang, ada juga pengunjung yang mendirikan tenda demi dapat menikmati sunrise di pagi hari.

4. Danau Biru

Danau Biru

Lokasi: Tumpuak Tangah, Kec.Talawi, Kota Sawah Lunto. – Image Credit by Raunsumatra.com

Mengunjungi Sawahlunto tanpa mampir ke Danau Biru rasanya tidak akan lengkap. Hal tersebut karena pesona yang dimiliki oleh danau tersebut dapat membius siapapun yang melihatnya. Hamparan airnya yang sangat jernih dan tenang, dapat membantu Anda melepaskan penat.

Menariknya, di samping danau ini terdapat perbukitan kecil yang biasanya dijadikan sebagai area uji nyali oleh pengunjung. Mereka akan menaiki bukit tersebut lalu memanfaatkannya sebagai spot foto agar mendapat pemandangan yang bagus.

5. Gedung Pusat Kebudayaan

Gedung Pusat Kebudayaan

Lokasi: Jl. A. Yani No.279, Pasar, Kec. Lembah Segar, Kota Sawahlunto. – Image Credit by Wonderfulsumbar.blogspot.com

Sawahlunto memang sangat kaya dengan destinasi wisata sejarah terbukti dengan banyaknya tempat-tempat wisata peninggalan dari zaman Belanda. Gedung Pusat Kebudayaan ini dulunya merupakan rumah bermain billiard para pejabat Belanda.

Kini, pihak pemerintah Sawahlunto memanfaatkannya sebagai tempat tempat penyimpanan beberapa produk kebudayaan dari kota ini. Anda bisa menyaksikan alat musik khas, replika rumah adat, dan masih banyak lagi.

6. Waterboom

Waterboom

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera Muaro Kalaban, Muaro Kalaban, Kec. Silungkang, Kota. Sawahlunto. – Image Credit by Pelangiholiday.com

Seperti namanya, wahana air ini menjadi salah satu tujuan wisata keluarga favorit masyarakat Sawahlunto. Dulunya waterboom ini merupakan tempat pemandian pejabat tinggi Belanda tetapi kemudian dirombak ulang hingga menghasilkan waterboom yang sangat menawan.

BACA:  20 Makanan & Minuman Khas Padang yang Terkenal Enak

Ada berbagai wahana air yang tingkat keamanannya dikelompokkan berdasarkan umur. Di tempat wisata tersebut Anda bisa menyewa peralatan seperti perahu, speedboat, alat renang, dan masih banyak lagi.

7. Danau Kandi

Danau Kandi

Lokasi: Salak, Kec. Talawi, Kota Sawahlunto. – Image Credit by Kabardunia.com

Danau Kandi memiliki keistimewaan panorama alam yang sangat mempesona. Kejernihan airnya dengan sensasi segar akan membuat Anda betah berlama-lama di danau ini. Uniknya, di balik air jernih tersebut tersimpan banyak ikan laut yang boleh dipancing.

Selain itu, pihak pengelola wisata sudah menyediakan beberapa fasilitas yang bisa Anda sewa dengan mudah. Terdapat banana boat, sepeda air, dan masih banyak lagi. Berbagai atraksi air yang seru bisa Anda coba dengan peralatan tersebut.

8. Lubang Mbah Soero

Lubang Mbah Soero

Lokasi: Jl. Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Kec. Lembah Segar, Kota Sawah Lunto. – Image Credit by Ksmtour.com

Bekas penambangan batu bara ini dijadikan sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bentuknya memang seperti lubang yang kemudian dihubungkan dengan terowongan cukup panjang. Anda bisa merasakan sensasi berjalan di terowongan batu bara yang sangat seru.

Sebelum mulai memasuki lubang Mbah Soero, Anda perlu memasang beberapa alat pengaman pendukung. Di dalamnya banyak sejarah mengenai pertambangan Sawahlunto yang bisa Anda dapatkan.

9. Padang Savana Kolok

Padang Savana Kolok

Lokasi: Kolok Nantuo, Kec. Barangin, Kota Sawahlunto. – Image Credit by Wisato.id

Padang Savana Kolak adalah tempat wisata yang sangat menonjolkan keindahan alam. Anda bisa melihat hamparan luas rerumputan hijau terawat yang sangat indah terkena angin. Terdapat beberapa pohon rindang yang bisa menjadi tempat Anda berteduh.

Banyak pengunjung yang menjadikan tempat ini menjadi area piknik karena memang udaranya sangat segar tanpa paparan polusi. Terlebih lagi ada beberapa spot foto menarik yang disediakan oleh pihak pengelola wisata.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

10. Air Terjun Sungai Bikan

Air Terjun Sungai Bikan

Lokasi: Rantih, Kec. Talawi, Kota Sawahlunto. – Image Credit by Posmetropadang.co.id

Menikmati hujaman air sambil memandang pemandangan adalah hiburan yang tidak bisa Anda dapatkan dari tempat lainnya. Air terjun Sungai Bikan memiliki pesona alam yang sangat menawan hingga berhasil menarik minat para wisatawan.

Letaknya yang berada di tengah hutan membuat air terjun ini sedikit berbeda dengan lainnya. Terlebih lagi adanya lapisan arus pada setiap airnya yang semakin menambah keindahan air terjun satu ini.

11. Museum Goedang Ransoem

Museum Goedang Ransoem

Lokasi: Jl. Arif Rahman Hakim, Air Dingin, Kec. Lembah Segar, Kota Sawahlunto. – Image Credit by Agungmumpuni.blogspot.com

Dulunya, museum ini merupakan area dapur para pekerja tambang yang ada di Sawahlunto. Namun kini, sudah disulap menjadi museum yang indah dan menarik. Bahkan hanya dengan melihat warna catnya saja akan membuat siapapun terpesona.

Meski sudah berabad-abad, bangunan museum ini masih sangat kokoh. Isi dari museum ini adalah peninggalan budaya Sawahlunto. Namun, uniknya semua dikemas dalam gedung vintage yang sangat indah dan bahkan terlihat instagramable.

12. Puncak Batu Runciang

Puncak Batu Runciang

Lokasi: Jl. Microwave, Silungkang Oso, Kec. Silungkang, Kota Sawah Lunto. – Image Credit by Sawahluntotourism.com

Jika Anda ingin menantang adrenalin, maka Puncak Batu Runcing adalah jawabannya. Rute perjalanan yang dilewati memang cukup melelahkan, tetapi ketika sampai di puncak, Anda bisa melihat keindahan alam yang menakjubkan.

Terdapat beberapa batuan kapur yang ukurannya beragam. Banyak pengunjung yang menjadikan batuan tersebut sebagai tempat untuk beristirahat. Lalu, ketika sampai di puncaknya, Anda bisa melihat panorama Sawahlunto yang tiada duanya.

13. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies

Lokasi: Kolok Nantuo Kec. Barangin, Kota Sawahlunto. – Image Credit by Travelingyuk.com

Dinamakan bukit teletubbis karena memang bentuknya sangat mirip dengan bukit yang ada di serial animasi tersebut. Bentuknya yang menyembung memang terlihat sangat lucu, apalagi bagi anak-anak.

Kondisi bukit ini sangat bersih, bahkan diantara bukit-bukit lainnya yang ada di Sawahlunto. Anda juga bisa menggelar piknik dengan keluarga tercinta sambil menikmati sejuknya suasana yang ada di bukit tersebut.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Sawahlunto yang bisa menjadi pilihan liburan spesial Anda. Sebelumnya pastikan membuat konsep liburan yang terencana terlebih dahulu agar nantinya di sana Anda bisa menikmati liburan dengan maksimal.