Danau Maninjau salah satu objek wisata alam yang memukau di Agam, Sumatera Barat yang terbentuk dari letusan Gunung Sitinjau. Danau vulkanik legendaris ini menawarkan pemandangan alam, pesona Puncak Lawang dan banyak spot foto keren.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Indonesia, sebuah negara kepulauan yang kaya akan pesona alam. Di belahan negara Indonesia yakni Sumatera Barat nyatanya menyimpan berbagai lanskap alam yang menakjubkan. Tidak hanya tebing cadas yang begitu tinggi maupun laut yang mempesona. Tapi juga danau-danau indah dengan puluhan ikan air tawar. Salah satu danau yang layak dieksplor keberadaanya adalah Danau Maninjau.

Danau vulkanik ini terletak di salah satu daerah yang ada di Sumatera Barat. Di danau inilah terdapat berbagai makhluk hidup air tawar yang banyak menjadi incaran. Lokasi danau hampir mencapai 460 mdpl, membuatnya memiliki suasana yang begitu sejuk. Tidak heran, jikau danau cantik ini menjadi tempat wisata alam pilihan yang layak diperhitungkan.

Danau dengan luas teritori 100 km persegi ini juga digadang-gadang sebagai danau terbesar kesebelas yang ada di Indonesia. Mengingat tempatnya yang ada di belahan Sumatera Barat, Danau Maninjau banyak menarik perhatian wisatawan. Berbagai daya tarik serta keunikannya pun siap memberikan magis tersendiri kepada setiap pengunjung yang datang.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Maninjau

Daya Tarik Danau Maninjau
Image Credit: Twitter.com @lokadataid

1. Danau Vulkanik di Dataran Agam

Banyak yang belum tahu menahu bahwa sebenarnya Maninjau adalah salah satu danau vulkanik dengan kedalaman 105 meter. Danau vulkanik sendiri merupakan danau yang sebenarnya terbentuk dari sebuah erupsi gunung berapi aktif. Untuk danau ini sendiri adalah hasil dari erupsi Gunung Sitinjau yang mengeluarkan isi perutnya berabad-abad yang lalu.

Akibatnya terbentuklah sebuah cekungan yang kemudian lama kelamaan menjadi danau yang begitu indah. Danau ini kemudian memberikan magis tersendiri kepada setiap orang, sehingga membuatnya dijadikan tempat wisata alam idaman. Lanskap pegunungan yang menghijau pun menjadi daya tarik tersendiri.

2. Legenda yang Menyertai Danau Maninjau

Di balik keindahan serta sejarah terbentuknya Danau Maninjau. Ternyata tempat wisata ini juga memiliki asal muasal yang sering diceritakan dari mulut ke mulut. Banyak cerita yang juga beredar di lingkaran masyarakat Agam.

Di mana cerita tersebut merupakan sebuah legenda yang disebut sebagai Bujang Sembilan. Legenda tersebut kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk menilik lebih dalam sejarah danau cantik ini.

Konon di masa silam ada 10 bersaudara, di mana mereka terdiri dari seorang gadis dan sembilan anak laki-laki. Sang gadis yang beranjak remaja tidak disangka menaruh hati pada seseorang bernama Sigiran. Entah sebab kecemburuan atau tidak rela, kesembilan saudaranya menyebar fitnah ke masyarakat pada saat itu. Mereka mengatakan bahwa sang gadis dan kekasihnya telah menyalahi norma.

Akibat tuduhan tersebut masyarakat pun terus mencoba menyalahkan sepasang kekasih tersebut. Untuk membuktikan keduanya benar-benar tidak bersalah, sang gadis dan kekasihnya membuat sumpah. Keduanya mencoba membuktikan kesucian cinta dengan melompat ke kawah Gunung Sitinjau. Sebelum terjun ke lahar panas, keduanya berkata dengan sungguh-sungguh.

Bahwa cinta mereka adalah suci, apabila keduanya bersalah maka Gunung Sitinjau tidak akan mengeluarkan bara apinya. Namun jika keduanya benar dan tidak bersalah, Gunung Sitinjau akan meletus. Maka terbuktilah letusan gunung itupun terjadi, sehingga membuktikan bahwa si gadis dan kekasihnya sama sekali tidak bersalah.

Legenda tersebut kemudian diceritakan turun temurun. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri dari Danau Maninjau.

3. Museum Buya Hamka

Di sekitar danau ini juga terdapat sebuah museum yang menjadi napak tilas dari seorang Buya Hamka. Meski sudah mengalami renovasi, bangunan tersebut tetap dibuat tidak jauh berbeda dari aslinya. Buya Hamka sendiri adalah seorang filsuf juga sastrawan yang sudah terkenal di jamannya.

Bahkan hingga kini, petuah-petuah nya masih sering dijadikan pedoman. Di sini Anda akan tahu berbagai hal mengenai beliau, mulai dari hari kelahiran hingga ketika beliau menghembuskan nafas terakhirnya.

Banyak foto-foto dokumenter yang menjelaskan semasa hidup beliau. Jadi selain berwisata danau yang memukau, Anda juga bisa berwisata religi.

Daya Tarik dari Danau Maninjau
Image Credit: Twitter.com @gayatravel

4. Udara Sejuk Khas Dataran Tinggi

Menjadi salah satu danau yang berada di ketinggian 460 meter di atas permukaan laut, Danau Maninjau memiliki udara yang begitu segar. Tentunya udara di sini bebas polutan yang akan membuat penciuman semakin baik.

Tempatnya juga cukup jauh dari jalan raya yang penuh polusi. Di tambah lagi tempatnya yang dikelilingi oleh pepohonan menghijau, rasakan kesegaran angin khas dataran tinggi yang sejuk.

Menjadi salah satu tempat recomended menghabiskan liburan, danau ini memang layak disebut danau legendaris di Agam. Danau yang terbentuk secara alami ini juga dikelilingi oleh gunung yang begitu kokoh. Perbukitan serta warna airnya yang membiru hasil biasan langit akan membuat wisatawan terpukau.

5. Panorama Matahari Terbenam

Lokasinya yang diapit oleh dua pegunungan sekaligus membuat Danau Maninjau memiliki daya tarik yang luar biasa. Pemandangan matahari terbenam nan eksotis pun kerap kali dinanti para pengunjung.

Ketika Anda berkunjung sore hari, nikmati detik-detik terbenamnya sang surya dibalik pegunungan. Belum lagi cahaya jingga yang seolah menjadi kanvas langit. Awan dan kabut pun ikut andil dalam pemandangan luar biasa ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Danau Maninjau

Alamat Danau Maninjau
Image Credit: Twitter.com @pesonaid_travel

Wisatawan yang ingin berkunjung dan menikmati keindahan alam yang tersaji di Danau Maninjau bisa langsung datang ke Tanjung Raya, Agam, Sumbar. Di daerah inilah terletak destinasi wisata alam yang membuat siapapun terpana.

Lokasi danau ini tidak begitu sulit dicari, pasalnya tempatnya dekat dengan pusat kota Bukittinggi. Ada beberapa rute yang harus dilewati agar bisa sampai di lokasi danau. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Meski begitu tetap disarankan menggunakan kendaraan pribadi, pasalnya untuk transportasi umum sendiri masih belum cukup memadai. Untuk yang membawa kendaraan pribadi ada dua jalur yang bisa dilewati yaitu melalui Pariaman atau Bukittinggi.

Jalur yang Anda pilih nantinya akan tetap melewati medan yang cukup berliku. Lokasinya yang memang berada di dataran tinggi membuat jalanan lebih berkelok dan terasa lama. Padahal jaraknya hanya sekitar 8 km untuk menuju Danau Maninjau.

Meski begitu di sepanjang jalan Anda akan disuguhkan dengan daerah alami khas pegunungan. Pepohonan menghijau, jalur bukit nan asri, serta segarnya udara pedesaan membuat kunjungan ke danau ini memang tidak pernah mengecewakan.

Termasuk ke dalam destinasi wisata pilihan, danau eksotis ini menjadi tempat epik untuk liburan tahun ini. Jika biasanya sebuah tempat wisata diberlakukan sebuah tiket masuk. Maka di Danau Maninjau ini wisatawan secara gratis bisa akses segala keindahan alamnya. Pasalnya belum ada biaya tiket masuk untuk ke wisata ini.

Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. Untuk yang membawa kendaraan roda dua perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 2000. Sedangkan untuk mobil dipatok lebih besar yakni Rp 5000.

Hanya dengan biaya tersebut wisatawan bebas akses semua spot di Danau Maninjau. Pastikan Anda eksplore seluruh tempat ya. Kapan lagi bisa menikmati wisata alam yang begitu memukau secara gratis.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Danau Maninjau

Aktivitas di Danau Maninjau
Image Credit: Twitter.com @jihanmayaa

1. Memancing

Sebenarnya ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini, salah satunya adalah memancing. Perlu Anda ketahui bahwa danau ini juga menjadi tempat budidaya berbagai jenis ikan. Di mana metode budidaya tersebut menggunakan sistem KJA. Berbagai jenis ikan yang ada di sini bisa Anda dapatkan dengan aktivitas memancing yang seru.

Oleh karenanya akan sangat menyenangkan jika Anda sengaja membawa alat pancing untuk memancing di Danau vulkanik Maninjau. Terdapat berbagai jenis ikan yang bisa didapatkan dengan umpan yang Anda miliki. Memancing sambil menikmati pemandangan sekitar akan membuat Anda semakin nyaman. Dipastikan Anda akan betah berlama-lama di sini.

Pengunjung juga dapat mencari spot memancing di bagian tengah dengan menaiki perahu nelayan. Jika beruntung Anda bisa mendapatkan ikan nila ataupun yang lebih besar dari itu.

2. Mengunjungi Museum

Seperti yang disebutkan di awal bahwa Danau Maninjau juga dekat dengan museum Buya Hamka. Jadi selain memancing, Anda bisa sedikit berwisata religi dengan berkunjung ke Museum Buya Hamka. Mulai dari foto hingga napak tilas beliau ada di museum ini.

3. Bermain di Linggai Park

Salah satu kawasan yang banyak diminati wisatawan adalah Linggai Park. Kawasan ini tepat berada di pinggiran danau. Jadi, tidak perlu berjalan jauh untuk sampai di tempat yang satu ini. Hal ini juga menjadi bukti bahwa danau legendaris ini juga cocok menjadi tempat liburan keluarga. Anak-anak bisa bermain di kawasan Linggai Park sepuasnya.

Aktivitas Danau Maninjau
Image Credit: Google Maps (Joni Afria)

4. Kulineran

Ketika perut sudah keroncongan, aktivitas yang paling recomended untuk dilakukan adalah kulineran. Jadi di Danau Maninjau tidak hanya bisa melihat lanskap alam yang indah, tapi juga bisa menikmati makanan khas Sumatera Barat. Ada bnayak kios yang memang didirikan warga untuk menambah pemasukan mereka. Yang paling menjadi favorit adalah masakan ikan hasil danau berupa ikan Rinuak.

5. Hunting Foto Keren

Berada di salah satu tempat terindah yang ada di Indonesia, kurang afdhol rasanya jika tidak berfoto. Pasalnya ada banyak spot menarik yang akan mempercantik beranda sosial media Anda. Dari latar belakang pegunungan, siluet matahari terbenam, hingga foto di sekitar danau nan biru.

Anda juga bisa mendaki puncak lawang untuk mencari spot menarik lainnya. Di Puncak Lawang inilah pengunjung dapat melihat pesona danau dari atas ketinggian. Apalagi saat cuaca sedang cerah, pastinya hunting foto yang Anda lakukan akan sangat berkesan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Danau Maninjau

Fasilitas di Danau Maninjau
Image Credit: Google Maps (Fredy Kurniawan)

Menjadi salah satu destinasi wisata pilihan yang ada di Sumatera Barat, Danau Maninjau memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Di sini Anda bisa mendapati berbagai fasilitas publik seperti toilet, mushola, area parkir dan tempat bermain anak.

Tidak lupa pula beberapa penginapan yang berjejer di sekitar lokasi danau. Bahkan untuk wisatawan yang tertarik berkeliling danau bisa menyewa boat di tempat penyewaan.

Berbagai fakta menarik tentang Danau Maninjau di atas tentu membuat Anda semakin tertarik untuk bertandang kesini. Apalagi dengan udaranya yang sejuk, danau ini memancarkan keindahan yang begitu memukau. Sejauh mata memandang yang ada hanya rasa syukur akan ciptaan Tuhan. Danau di Sumatera Barat ini menjadi bukti bahwa alam Indonesia tidak akan pernah habis untuk di eksplore.