Curug Citambur, Destinasi Air Terjun Nan Eksotis di Cianjur

Curug Citambur Cianjur

Lokasi: Karang Jaya, Kec. Pagelaran, Kab. Cianjur.
MapCek Lokasi

Kota Cianjur mungkin belum terlalu menonjol dalam hal pariwisata. Terletak tak jauh dari Jakarta dan Bandung membuat Cianjur seolah masih tenggelam di bawahnya. Padahal pesona alam yang ada di kota yang terkenal akan buah manisannya tersebut tak kalah indah dan berani di adu dengan kota lainnya.

Di kota Cianjur, Anda dapat menemukan banyak sekali destinasi wisata yang indah dan masih sangat terjaga alamnya. Belum banyak tersentuh teknologi membuat nuansa alam terasa segar serta menyejukan. Dengan begitu segala rasa stres akibat aktivitas rutin dapat dilupakan sejenak.

Cianjur menyimpan pesona alam yang bervariasi. Anda dapat menemukan perbukitan yang indah, pantai, pegunungan, taman dan air terjun. Salah satu air terjun yang wajib di kunjungi ketika Anda berada di Cianjur ialah Curug Citambur. Di bawah ini ialah informasi lengkap mengenai curug citambur.

Curug Citambur Wisata Air dengan Pemandangan Eksotis

Curug Citambur Wisata Air dengan Pemandangan Eksotis

Image Credit: Mytrip.co.id

Berbicara mengenai Curug Citambur mungkin beberapa dari Anda masih tergolong asing. Hal itu terdengar wajar mengingat destinasi wisata yang berada di kota Cianjur ini masih belum banyak di ekspose. Curug Citambur terletak Cianjur Selatan. Sebuah lokasi yang tergolong tersembunyi dan belum terlalu terkena teknologi.

Bagaimana pun soal keindahan, Curug Citambur tidak ada duanya. Sebab kejernihan dentuman air mengalir akan di padu dengan alam sekitar yang masih alami. Curug dengan ketinggian 130 meter ini di kelilingi pepohonan yang masih rindang yang jelas menambah eksotis suatu pemandangan. Pengunjung akan sangat di manjakan dengan pemandangan yang ada.

Keindahan yang disajikan demikian membuat Anda akan betah lama-lama berada di Curug Citambur. Apalagi ada banyak spot foto menarik yang sangat Instagramable. Pengunjung dapat mengambil gambar sesuka hati sembari merasakan kesejukan suatu tempat yang tidak ada duanya. Anda dapat mengajak rekan atau anggota keluarga agar semakin berkesan.

BACA:  Pantai Karangsong, Pantai Indah Dibaluti Hutan Mengarove di Indramayu

Ada beberapa hal menarik yang di percaya masyarakat setempat tentang Curug Citambur. Hal itu terkait penamaan curug ini yang konon gabungan dari dua padanan kata. Kata Ci itu sendiri dalam bahasa sunda berarti air sedangkan Tambur merupakan suatu alat musik yang di pukul. Konon itu terkait dengan dentuman air yang mengalir dari atas ke bawah air terjun.

Daya Tarik Wisata Curug Citambur

Daya Tarik Wisata Curug Citambur

Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Curug Citambur memiliki pesona yang menakjubkan. Kondisinya yang masih sangat alami akan sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan ketenangan dan kesejukan suatu tempat. Pengunjung akan di sajikan langsung dentuman air jernih yang mengalir disertai pepohonan rindang di area lokasi. Belum lagi dengan kehadiran kabut-kabut tipis yang menambah eksotis.

Kondisi air dan pepohonan yang jernih akan membuat Anda ingin berenang langsung di sekitar lokasi. Namun, hal itu tidak di ijinkan karena batuan di bawah air terjun sangatlah curam sehingga berbahaya untuk di lewati. Pengunjung tak perlu kecewa akan hal tersebut sebab ada area tersendiri yang bisa bersantai dengan air yakni menuruni persawahan sekitar.

Kondisi air sangatlah dingin mengingat turun langsung dari pegunungan. Jadi Anda harus terbiasa dengan itu. Bagaimanapun hal demikian bukanlah masalah mengingat pemandangan yang luar biasa esksotis yang dapat terlihat. Anda bisa berswafoto dengan rekan atau keluarga agar menjadi bukti kehadiran pengunjung di lokasi yang sangat Indah.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Citambur

Fasilitas yang Tersedia di Curug Citambur

Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Berbicara soal fasilitas mungkin Curug Citambur masih tidak terlalu lengkap. Namun itu bukanlah masalah serius mengingat lokasi wisata masih tergolong tersembunyi dan butuh usaha keras untuk sampai ke curug ini. Anda justru akan merasakan pengalaman berbeda di tempat yang benar-benar alami nan menyejukan.

BACA:  22 Wisata Kuliner di Bandung yang Enak & Wajib Anda Coba

Bagaimanapun beberapa fasilitas umum tersedia di Curug Citambur. Jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir ketika berkunjung. Sebut saja mushola, tolilet, area parkir, spot foto dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin menginap pun, beberapa akomodasi siap menampung. Jadi kenyamanan Anda selalu menjadi prioritas utama bagi pihak pengelola.

Apabila Anda lelah menempuh perjalanan menuju lokasi maupun sehabis mengunjungi Curug Citambur, bisa beristirahat sejenak di area-area sekitar air terjun. Pengunjung juga bisa menikmati sajian masakan atau minuman yang di jajakan di kedai yang sudah tersedia. Jadi perut keroncongan tidak akan menjadi alasan untuk Anda menjelajah tempat uang Indah ini.

Rute Menuju Lokasi Wisata Curug CItambur

Rute Menuju Lokasi Wisata Curug CItambur

Image Credit: Cool4myeyes.com

Bagi Anda penggermar tantangan, akan menjadi keputusan yang tepat dayang ke Curug Citambur. Berada di lokasi tersembunyi membuat akses jalan menuju curug mudah di lewati. Beberapa rintangan akan menghadang mulai dari berjalan kaki melewati bebatuan hingga jalan setapak. Sesampainya di lokasi pun Anda harus berhati-hati mengingat bebatuan yang licin.

Segala penat selama perjalanan akan hilang seketika ketika Anda melihat pemandangan menakjubkan yang ada di Curug Citambur. Pengunjung akan di buat terdiam dengan keindahan suatu lokasi di balut pepohonan Indah layakya karpet hijau yang membuatnya semakin eksotis. Tidak hanya itu, air mengalir dari atas terlihat jernih dan menenangkan untuk di pandang.

Jika Anda hendak datang ke lokasi ini bisa melalui kota Bandung kemudian masuk jalur Soreng dan Ciwidey. Lalu pengunjung akan melewati Rancabali serta desa Karangjaya. Nah di desa itulah Anda akan menemukan curug mempesona ini. Setelah itu perjalanan Anda harus di lalui dengan jalan kaki sampai ke lokasi wisata curug.

BACA:  Puncak Darajat Pass, Destinasi Wisata Alam Favorit di Garut

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Curug Citambur ialah saat musim penghujan. Sebab pepohonan akan terlihat hijau segar layaknya karpet hijau. Hal itu akan menambah eksotis kehadiran curug. Datang di musim hujan bukan berarti datang saat hujan. Perlu diketahui bawha curug ini buka 24 jam tapi Anda harus sudah meninggalkan lokasi ketika sore datang.

Harga Tiket Masuk di Curug Citambur

Harga Tiket Masuk di Curug Citambur

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Mengenai harga tiket masuk, Anda tidak perlu risau. Sebab biaya hanya dibutuhkan sangatlah terjangkau. Bayangkan saja untuk memasuki destinasi wisata eksotik ini hanya diganjar tiket masuk sebesar Rp 3000. Penambahan biaya lagi hanya terkait kendaraan parkir yang masing-masing berbeda seperti parkir motor Rp 3.000, kendaraan mobil Rp5000 sedangkan bus sebesar Rp 10.000.

Tarif yang demikian sangat tergolong terjangkau mengingat keamanan dan area parkir sangat luas. Jadi Anda tidak perlu khawatir ketika meninggalkan kendaraan untuk sementara waktu. Beberapa biaya tambahan bisa terjadi terkait dengan pengunjung bila datang untuk menginap maupun berwisata kuliner.

Perlu di ketahui bahwa biaya tiket masuk bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pihak terkait. Maka dari itu alangkah lebih baiknya Anda mengecek secara berkala sebelum berkunjung ke Curug Citambur. Jangan lupa pula menyiapkan pakaian ganti sebagai antisipasi jika pakaian sebelumnya basah ketika mengunjungi curug.

Itulah beberapa informasi menarik seputar tempat wisata di Curug Citambur. Keindahan tempat wisata yang ditawarkan akan semakin lengkap bila Anda datang bersama rekan atau keluarga. Dengan begitu kedekatan akan semakin terjalin dan tentunya semakin menyenangkan.