17 Tempat Wisata di Padang

Kota Padang merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Sumatera Barat. Padang dapat dikenali dengan mudah karena keunikan atap rumahnya yang berbeda dari atap pada umumnya. Selain keunikan atap rumah, Kota Padang juga banyak menyimpan destinasi wisata mulai dari yang unik hingga populer dan dikenal oleh masyarakat luas.

Padang menghadirkan banyak ragam jenis wisata di setiap daerahnya. Mulai dari wisata edukasi, alam, hingga wisata religi. Destinasi wisata tersebut tentu memiliki keunggulan dan pesonanya masing-masing. Maka tidak heran jika banyak wisatawan baik lokal maupun luar negeri yang datang ke sini.

Bagi yang ingin mengunjungi Kota Padang, sebaiknya dapat meluangkan waktu untuk bisa mengunjungi destinasi wisata yang ada di sana karena banyak destinasi wisata yang bagus dan recomended untuk didatangi. Berikut ini beberapa Tempat Wisata di Padang yang dapat Anda kunjungi.

1. Pulau Sikuai

Pulau Sikuai

Lokasi: Teluk Kabung Selatan, Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatra Barat. – Image Credit by Dananwahyu.com

Pulai Sikuai merupakan salah satu destinasi pertama yang dapat Anda kunjungi. Pulau Sikuai memiliki keindahan alam yang asri dan alami sehingga akan membuat suasana nyaman dan tenang. Pulau ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang sudah memiliki pasangan maupun wisatawan yang ingin berbulan madu.

Pulau ini menyediakan beberapa fasilitas seperti resort, penginapan, dan pondok. Sebenarnya pulau ini memiliki luas sekitar 44,4 hektar, namun hanya 2,4 hektar yang digunakan sebagai destinasi wisata sehingga sisanya masih dalam keadaan alami dan terjaga kelestariannya.

2. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

Lokasi: Jl. Raya Padang – Painan, Teluk Bayur, Kec. Padang Selatan, Padang, Sumatera Barat. – Image Credit by Ksmtour.com

Destinasi wisata alam selanjutnya adalah Pantai Nirwana. Pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat akhir pekan dan liburan musim panas. Pantai Nirwana menghadirkan pemandangan alam yang indah ditambah dengan hembusan angin yang menyegarkan.

Pantai Nirwana memiliki pasir putih yang halus sehingga wisatawan yang berkunjung kesana dapat bermain pasir dengan puas. Banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk menyaksikan sunset dan sunrise. Selain itu, liburan ke Pantai Nirwana pada malam hari juga bisa dilakukan karena akan memberikan suasana yang indah ditemani dengan pemandangan gemerlap lampu yang ada di Teluk yang tidak jauh dari sana.

3. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman

Lokasi: Jl. Diponegoro No. 10, Belakang Tangsi, Kec. Padang Barat, Padang, Sumatera Barat. – Image Credit by Wikipedia.org

Selain menghadirkan destinasi wisata alam, di Kota Padang juga terdapat destinasi wisata edukasi dan sejarah. Salah satu destinasi tersebut adalah Museum Adityawarman. Museum ini berada di Jalan Diponegoro, Kota Padang. Museum ini merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan khususnya yang menyukai sejarah.

Museum ini dibangun pada tahun 1974, namun baru diresmikan pada 16 Maret 1977. Museum Adityawarman banyak menyimpan benda-benda bersejarah yang sampai saat ini masih terjaga kelestariannya. Museum sejarah ini sangat cocok dikunjungi dengan keluarga dan rombongan karena dapat memberikan ilmu pengetahuan baru sehingga lebih mengetahui dan kenal dengan sejarah Indonesia.

4. Air Terjun Tiga Tingkat

Air Terjun Tiga Tingkat

Lokasi: Desa Koto Lubuk Hitam, Cindakir, Padang, Sumatera Barat. – Image Credit by Infopedia.co.id

Untuk wisatawan yang hobi menjelajah alam, datang ke Air Terjun Tiga Tingkat merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dilakukan. Walaupun letak air terjun ini yang belum begitu terkenal di kalangan masyarakat, namun pesona alam yang ada di dalamnya sangat menawan.

Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki tiga tingkat yang berbeda. Bagi wisatawan yang ingin mencoba menaiki tingkat teratas, diperlukan kehati-hatian karena jalannya yang licin dan cukup terjal. Air Terjun Tiga Tingkat menampilkan pesona alamnya yang luar biasa, apalagi air yang ada di sana juga menyegarkan sehingga cocok digunakan untuk berendam atau sekedar bermain air.

5. Pantai Padang

Pantai Padang

Lokasi: Kec. Padang Barat, Padang, Sumatera Barat. – Image Credit by Minangnantigo.com

Banyak warga lokal yang sudah mengenal pantai yang satu ini. Pantai Padang dapat dikenal juga dengan nama TapLau. Pantai Padang memiliki tempat yang sangat indah dan cantik. Hawanya yang nyaman dan tenang menjadikan pantai ini cukup populer dikalangan wisatawan.

Pantai Padang sudah cukup banyak ditemukan pedagang yang menawarkan makanan khas Kota Padang maupun penjual souvenir yang berada di sepanjang garis pantai. Pantai ini juga dekat dengan beberapa tempat yang bisa dijadikan pusat kota sehingga tidak heran jika banyak orang yang tahu tentang pantai ini.

6. Manasik Haji di Miniatur Makkah

Miniatur Makkah

Lokasi: Lubuk Minturun, Padang, Sumatera Barat. – Image Credit by Wisata-tanahair.com

Selain wisata alam dan edukasi, ada juga wisata religi yang ada di Kota Padang. Wisata religi ini banyak diburu oleh wisatawan terutama yang beragama Islam. Nama wisata religi tersebut adalah Manasik Haji di Miniatur Makkah.

Objek Wisata di Padang ini cukup unik dibandingkan dengan tempat wisata lainnya karena menggunakan konsep manasik haji sebagai kegiatan wisatanya. Disana, wisatawan dapat merasakan gambaran bagaimana rasanya melakukan ibada haji sehingga Anda akan mendapat bekal yang bermanfaat.

7. Danau Maninjau

Danau Maninjau

Lokasi: Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam, Sumatra Barat. – Image Credit by Pegipegi.com

Destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Kota Padang berikutnya adalah Danau Maninjau. Danau ini memiliki pemandangan alam yang cantik dan tenang. Air yang berada di dalam danau tersebut tampak biru dan menyegarkan.

Banyak fasilitas yang disediakan saat mengunjungi Danau Maninjau seperti memancing, berenang, bermain sepeda air, dan masih banyak lagi. Danau Maninjau sangat cocok dijadikan sebagai spot foto karena pemandangan alamnya yang alami dan tampak indah.

8. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya

Lokasi: Jl. Kampung Batu, Batang Arau, Kec. Padang Selatan, Padang, Sumatera Barat. – Image Credit by Landscaper.id

Penduduk lokal pasti tidak asing dengan Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini merupakan salah satu jembatan yang cukup terkenal di Lampung sehingga banyak wisatawan yang ingin melihat langsung keindahan tersebut. Jembatan ini membentang di bagian atas Sungai Batang Arau.

Bangunan ini memiliki keindahan hiruk-piruk perkotaan yang ada di Padang. Banyak lampu-lampu jalan yang dinyalakan pada saat malam hari. hal tersebut dapat menambah keindahan Jembatan Siti Nurbaya. Menikmati keindahan jembatan sangat cocok dilakukan bersama teman, keluarga, bahkan sendirian.

9. Lembah Harau

Lembah Harau

Lokasi: Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. – Image Credit by Phinemo.com

Destinasi wisata alam menarik yang tidak boleh dilewatkan berikutnya adalah Lembah Harau. Di lembah ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam sekitar yang bagus disertai air terjun yang memiliki air cukup segar.

Lembah Harau dapat dijadikan tempat sebagai liburan, bermain, bahkan fotografi karena tempatnya yang bagus dan menawan. Banyak fotografer yang terpana akan kecantikan lembah ini karena memiliki latar belakang yang bagus dan alami. Wisatawan dapat mengunjungi Lembah Harau bersama dengan teman dan keluarga.

10. Pantai Carolina

Pantai Carolina

Lokasi: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat. – Image Credit by Wikipedia.org

Pantai yang terletak di Kota Padang ini menyimpan banyak keindahan alam yang ada di dalamnya. Pada awalnya Pantai Carolina merupakan pantai yang sepi pengunjung dan tidak banyak orang yang tahu tentang pantai ini. Namun, lama-lama pantai tersebut mulai dikenal hingga banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Carolina memiliki keunikan khas yang membedakannya dengan pantai-pantai pada umumnya. Pantai cantik ini terkenal dengan garis pantainya yang unik, yaitu berbentuk W. Wisatawan dapat melihat dengan jelas garis pantai tersebut menggunakan kamera drone.

11. Kepulauan Mandeh

Kepulauan Mandeh

Lokasi: Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat. – Image Credit by Travelingyuk.com

Destinasi wisata ini merupakan salah satu tempat yang populer dan memiliki nama di Padang, Sumatera Barat. Kepulauan ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena menawarkan pesona alamnya yang indah dan asri. Kupulauan ini dikelilingi oleh pohon yang lumayan tinggi sehingga wisatawan akan merasa seperti terdampar di pulau yang indah tersebut.

Banyak wisata air yang ditawarkan di destinasi wisata Kepulauan Mandeh seperti memancing, berenang, snorkeling, naik perahu, dan masih banyak lagi. Kepulauan Mandeh sangat pas didatangi untuk pasangan yang berbulan madu maupun dengan keluarga besar. Tentu dengan begitu wisatawan akan merasakan memiliki pulau sendiri.

12. Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik

Lokasi: Jl. Selayo – Padang, Indarung, Lubuk Kilangan, Padang, Sumatera Barat. – Image Credit by Pelangiholiday.com

Jika banyak wisatawan yang menghabiskan waktu liburan mereka pada siang hari, maka ada juga beberapa wisatawan yang ingin menghabiskan waktu pada malam hari. Banyak wisatawan yang menyaksikan Panorama Sitinjau Lauik pada petang hari karena pemandangan gradasi warna langitnya yang terlihat jelas dan indah.

Mengunjungi Panorama Sitinjau Lauik pada petang hari merupakan pilihan yang tepat untuk menambah koleksi foto album karena terdapat spot foto yang bagus di sana. Mengunjungi destinasi wisata ini juga dapat membuat wisatawan dapat melihat dan menikmati keindahan Kota Padang dari jarak yang lumayan tinggi.

13. Padang Mangateh

Padang Mangateh

Lokasi: Jl. Padang Mangatas, Mungo, Luak, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. – Image Credit by Beritasumbar.com

Padang Mangateh menghadirkan konsep destinasi wisata yang unik dan beda dari yang lain. Destinasi wisata ini menghadirkan hamparan padang rumput yang memiliki aura seperti berada di New Zealand. Lokasi ini biasanya banyak digunakan untuk foto pre wedding maupun foto liburan.

Padang Mangateh menghadirkan hamparan bukit hijau sehingga terlihat asri dan alami. Padang yang cantik ini merupakan sebuah peternakan sapi luas. Namun, hal tersebut tidak membuat Padang Mangateh sepi pengunjung.

14. Bukit Langkisau

Bukit Langkisau

Lokasi: Jl. Langkisau, Salido, Iv Jurai, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat. – Image Credit by Limakaki.com

Destinasi wisata yang bagus untuk dikunjungi berikutnya adalah Bukit Langkisau. Bukit ini terletak di dekat Pantai Carocok. Bukit Langkisau menghadirkan banyak pemandangan alam yang indah. Biasanya, bukit ini dijadikan sebagai tempat olahraga yang cukup ekstrim, yaitu paralayang.

Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu liburan mereka untuk kegiatan yang mereka sukai. Salah satunya adalah mencoba bermain paralayang. Dengan mengunjungi destinasi wisata Bukit Langkisau dan melakukan paralayang, wisatawan dapat melihat pemandangan yang menakjubkan dari atas menggunakan parasut.

15. Janjang Saribu Canyon Great Wall

Janjang Saribu Canyon Great Wall

Lokasi: Kayu Kubu, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi, Sumatera Barat. – Image Credit by Indonesiaexpat.biz

Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Kota Padang. Tempat wisata ini menyerupai tembok raksasa di China. Banyak pengunjung dari dalam maupun luar negeri yang datang untuk bisa melihat langsung Janjang Saribu Canyon Great Wall.

Wisatawan dapat melihat langsung pemandangan alam yang ada di sana. Pemandangan yang disajikan tentu sangat bagus dan indah. Menikmati pemandangan alam sambil ditemani dengan semilir angin yang bertiup membuat perjalanan wisatawan saat berada di Janjang Saribu Canyon Great Wall tidak terasa capeknya.

16. Lawang Park Hills

Lawang Park Hills

Lokasi: Matua Hilia, Matur, Kab. Agam, Sumatera Barat. – Image Credit by Dejavu212.blogspot.com

Destinasi wisata berikutnya adalah Lawang Park Hills. Banyak orang yang sudah mengetahui tempat wisata ini karena cukup populer di Kota Padang. Lawang Park Hills menawarkan pemandangan menakjubkan yang bisa dilihat dari atas puncak.

Wisatawan dapat melihat secara langsung awan bergerak ketika berada  di puncak Lawang Park Hills. Biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa ke Lawang Park Hills sebesar Rp 15.000. Destinasi wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga besar.

17. Jam Gadang

Jam Gadang

Lokasi: Jl. Raya Bukittinggi – Payakumbuh, Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat. – Image Credit by Blog.reservasi.com

Semua masyarakat pasti tahu dimana letak jam Gadang. Destinasi wisata Jam Gadang merupakan tempat yang sangat populer dan menjadi ikon Kota Padang. Mengunjungi tempat wisata ini membuat wisatawan dapat menikmati keindahan panorama alam sekitar yang asri dan terjaga. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat bagaimana keindahan Jam Gadang itu sendiri.

Jam Gadang sendiri didatangkan dari Rotterdam dan hanya bisa digerakkan secara mekanik. Spesialnya, jam ini hanya ada dua di dunia. Sehingga Jam Gadang sangat unik dan beruntung Indonesia merupakan salah satu negara pemilik jam tersebut.

Itulah beberapa Destinasi Wisata di Padang. Semua tempat wisata yang ada di Padang pasti memiliki ciri dan keunikan tersendiri. Selain itu, pesona yang didapatkan dalam destinasi wisata juga berbeda-beda. Wisatawan dapat mencoba mengunjungi beberapa destinasi wisata yang sekiranya sesuai dengan keinginan.