Harga Tiket: Rp 36.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Batang Arau, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Mengunjungi tempat wisata tidak melulu berupa hutan, kebun, gunung, maupun tempat-tempat lainnya yang bernuansa alam. Sekali-sekali wisatawan bisa mengunjungi waterpark yang menyuguhkan suasana kolam renang besar yang seru dengan beragam fasilitas yang memadai. Di Indonesia sendiri ada banyak waterpark, salah satunya Arau Mini Waterpark.

Waterpark yang terletak di kawasan Sumatera Barat ini berbeda dengan waterpark yang ada di wilayah lainnya. Sensasi berenang di kolam renang biasa dengan di waterpark tentu berbeda. Meski termasuk baru, tempat wisata ini menjadi lokasi berlibur favorit bagi wisatawan karena disana wisatawan bisa mencoba beberapa wahana air yang seru.

Bahkan, wisatawan mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa pun boleh berkunjung ke tempat wisata Padang yaitu Arau Mini Waterpark. Tidak perlu khawatir karena kolam renang untuk balita dan anak-anak serta untuk orang dewasa dibedakan dengan kedalamannya. Sehingga orang tua tidak perlu khawatir terkait keamanan dan kenyamanan di tempat wisata berupa waterpark ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Arau Mini Waterpark

Daya Tarik Arau Mini Waterpark Padang
Image Credit: Google Maps Danil

1. Mempunyai Tiga Tipe Kolam Renang

Daya tarik Arau Mini Waterpark yang ada di kawasan Kota Padang ini salah satunya adalah mempunyai tiga tipe kolam renang. Untuk kolam renang tipe pertama ditujukan untuk orang dewasa yang terletak di bagian kiri. Kedalaman kolam renang ini antara 130 sampai dengan 190 cm sehingga cocok untuk orang dewasa.

Kemudian tipe kolam renang kedua ditujukan untuk anak-anak karena memiliki kedalaman kolam antara 40 sampai dengan 50cm. Di kolam renang untuk anak-anak ini tersedia seluncuran yang bentuknya lurus dan spiral serta ember tumpah di bagian tengahnya. Fasilitas tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak.

Selanjutnya tipe kolam renang ketiga ditujukan untuk balita yang mempunyai kedalaman kolam kurang dari 40cm. Terdapat aturan khusus dimana di kolam renang waterpark untuk anak-anak diperbolehkan menggunakan kaos (no jeans), sementara itu di kolam renang khusus orang dewasa diwajibkan memakai pakaian renang.

2. Memiliki Properti Berbentuk Kapal Bajak Laut

Arau Mini Waterpark juga mempunyai properti yang bentuknya mirip kapal bajak laut terletak di bagian tengah kolam. Kapal itulah yang menjadi ciri khas tersendiri di waterpark ini. Keberadaan properti kapal bajak laut tidak hanya sebagai pajangan saja, namun kapal tersebut memiliki beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan.

Di atas kapal terdapat ember tumpah yang akan menumpahkan air dari ember sehingga wisatawan akan terguyur air dalam jumlah banyak jika berdiri tepat di bawah ember tumpah ini. Selain ember tumpah, terdapat juga beberapa perosotan yang besar dan lebar yang bisa dimainkan oleh anak-anak.

Warna perosotan ada yang merah dan ada yang kuning. Untuk perosotan yang berwarna merah bentuknya tertutup seperti tabung panjang. Sementara itu, untuk perosotan yang berwarna kuning bentuknya setengah terbuka. Sehingga properti berbentuk kapal bajak laut ini sangat fungsional, tidak hanya menjadi pajangan saja.

3. Busa Tipis Menjadi Kunci Kelancaran Bermain Perosotan

Di Arau Mini Waterpark terdapat tiga jenis perosotan besar yang dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Untuk perosotan spiral terdapat dua buah dimana wisatawan akan diajak untuk berputar-putar dan bagian ujungnya landai. Sementara itu, perosotan lurus hanya terdapat satu buah saja.

Bermain perosotan di waterpark ini terasa kurang lancar ketika meluncur apabila wisatawan tidak menggunakan busa tipis. Tanpa busa tipis, wisatawan bisa meluncur namun tersendat-sendat dan tidak dapat meluncur dengan baik. Sehingga busa tipis itulah yang menjadi kunci kelancaran ketika bermain perosotan disana.

Busa tipis ini berwarna putih dan berbentuk persegi panjang. Jika wisatawan ingin meluncur di perosotan dengan mudah dan meluncur kencang, maka wisatawan harus duduk di perosotan dengan beralaskan busa tipis tersebut. Dengan menggunakan busa, maka perosotan menjadi lebih licin dan bisa meluncur tanpa terhalang gesekan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Arau Mini Waterpark Padang
Image Credit: Google Maps Rico Lesmana

Lokasi Arau Mini Waterpark terletak di kawasan Sumatera Barat, tepatnya di Kota Padang. Wisatawan yang ingin mengunjungi waterpark di Kecamatan Padang Barat ini bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Lokasi waterpark terletak di kawasan wilayah Kota Tua Padang. Waterpark ini ada di bagian tepi Batang Arau.

Rute menuju ke waterpark bisa ditempuh kurang lebih 21-25 menit dengan jarak tempuh sekitar 9,1 km dari Tugu Adipura Padang. Dari tugu historis tersebut, wisatawan harus memutar balik dahulu melalui Jl. S. Parman- Jl. Prof. Dr. Hamka kemudian ambil kiri melalui Jl. Khatib Sulaiman. Lurus terus, ikuti jalan sampai bertemu pertigaan besar.

Pertigaan tersebut adalah Jl. Bgd. Aziz Chan-Jl. Thamrin. Kemudian ambil kanan, sampai pertigaan Jl. Thamrin-Jl. Kp. Nias V belok kiri. Lurus ikuti jalan sampai bertemu bundaran. Ikuti jalan melalui Jl. Kp. Nias II. Ketika bertemu perempatan, ambil kiri melalui Jl. Pulau Karam. Ikuti jalan, lalu pertigaan ambil kiri melalui Jl. Pulau Karam Dalam. Waterpark ada di ujung.

Harga Tiket Masuk Wisata Waterpark

Tiket Arau Mini Waterpark Padang
Image Credit: Google Maps Arau Mini Waterpark, Cafe and Resto

Arau Mini Waterpark dibuka setiap hari Rabu sampai Minggu mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Setiap Selasa kawasan waterpark ditutup karena ada pembersihan air serta semua karyawan tidak bekerja atau off. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir Rp 2.000 dan roda empat Rp 5.000. Kemudian untuk tiket masuknya adalah Rp 36.000 per orang.

Tiket masuk tersebut diperuntukkan untuk anak-anak dan juga dewasa. Sementara itu, khusus untuk balita tidak dikenakan tiket masuk. Dengan membayar tiket masuk Rp 36.000, wisatawan dapat berenang sepuasnya tanpa batasan waktu, asalkan mengikuti peraturan yang berlaku. Tersedia sewa ban tergantung ukuran dengan biaya sewa Rp 5.000-Rp 15.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Arau Mini Waterpark

Aktivitas Arau Mini Waterpark Padang
Image Credit: Google Maps Rico Lesmana

1. Hunting Foto

Berkunjung ke Arau Mini Waterpark sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang ingin berenang maupun hanya sekedar hunting foto. Hal ini dikarenakan properti di waterpark sangat instagramable, terlebih lagi keberadaan properti berbentuk kapal bajak laut yang ada di tengah kolam menjadi sorotan banyak wisatawan.

2. Berenang

Karena waterpark ini dibagi dalam tiga tipe kolam renang, maka wisatawan bisa mengajak balita, anak-anak maupun orang dewasa berenang disana. Kolam renang pertama untuk balita, kolam renang kedua untuk anak-anak, dan kolam renang ketiga untuk orang dewasa. Arau Mini Waterpark juga menyediakan fasilitas yang memadai.

3. Wisata Kulineran

Setelah puas berenang, wisatawan yang merasa lapar dan haus bisa mampir ke restoran yang ada di area waterpark. Makanan dan minuman yang dijual sangat beragam, mulai dari makanan ringan sampai makanan berat pun ada. Untuk restonya dibuka setiap pukul 12.00-22.00 WIB.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Arau Mini Waterpark Padang
Image Credit: Google Maps Arau Mini Waterpark, Cafe and Resto

Mengenai fasilitas di Arau Mini Waterpark, wisatawan tidak perlu khawatir karena pihak pengelola sudah menyediakan beragam fasilitas memadai yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan. Fasilitas tersebut adalah seperti tempat parkir yang luas.

Selain itu, tersedia juga loker untuk tempat penitipan barang-barang dengan kunci yang aman, kamar ganti untuk berganti pakaian renang sebelum mulai berenang, dan toilet terpisah untuk laki-laki dan perempuan.

Kemudian terdapat juga tempat penyewaan ban pelampung, tiga tipe kolam renang untuk balita, anak-anak dan orang dewasa, perosotan spiral dan lurus, serta properti bajak laut di tengah kolam yang ada ember tumpah dan perosotan anak-anak.

Arau Mini Waterpark merupakan salah satu tempat wisata menarik untuk semua kalangan usia yang ada di kawasan Padang mulai dari balita, anak-anak, hingga dewasa. Fasilitas yang memadai dengan properti yang bermanfaat untuk berenang menjadi daya tarik bagi wisatawan.