10 Tempat Wisata di Padang Pariaman Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Padang Pariaman

Padang Pariaman yang merupakan kota madya di Sumatera Barat, memiliki potensi wisata yang menarik. Tidak hanya terkenal memiliki kuliner yang menggugah selera, banyak destinasi wisata alam Padang Pariaman yang sayang untuk dilewatkan. Selain wisata alamnya, Anda bisa menikmati wisata sejarah, budaya hingga wisata buatan.

Walaupun termasuk dalam daerah rawan bencana, baik tsunami maupun gempa bumi, bukan berarti sektor pariwisata Padang Pariaman terhenti. Pantai-pantainya masih indah dan dikunjungi oleh banyak orang. Untuk masalah pariwisata, Padang Pariaman memang lebih banyak menonjolkan sektor pesisirnya, wisata air dan menonjolkan panorama alamnya yang asri.

Apabila Anda berniat mengunjunginya dalam waktu dekat untuk melakukan wisata, berikut merupakan daftar 10 tempat wisata di Padang Pariaman yang wajib Anda kunjungi. Daftar ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebagai list wisata sekaligus gambaran bagaimana indahnya keadaan alam disana.

1. Pantai Cermin

Pantai Cermin

Lokasi: Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman. – Image Credit by Wisato.id

Pantai cantik dengan pasir putih ini cukup terkenal sebagai objek pariwisata pesisir di Padang Pariaman. Selain deburan ombaknya yang halus, Pantai Cermin memiliki pemandangan lanskap tepi laut yang indah dengan pohon yang rindang dan deretan batu karang pemecah ombak di bibir pantai.

Jika Anda mengunjungi pantai untuk menikmati wahana dan permainan air, tak perlu khawatir. Di Pantai Cermin, Anda akan puas mencoba berbagai macam fasilitas yang menarik, seperti fishing boa, jetsky hingga banana boat. Terdapat pula penginapan serta fasilitas tempat ibadah untuk Anda yang ingin menginap.

2. Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo

Lokasi: Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman. – Image Credit by Sumbar.antaranews.com

Bila ingin mengunjungi Pulau Angsa Duo, Anda harus menggunakan kapal penyeberangan dari Pantai Gandoriah dengan menyewa kapal penumpang dengan tarif 40.000 rupiah untuk biaya pulang dan pergi. Ada beraneka macam fasilitas yang bisa Anda nikmati ketika telah sampai di pulau ini.

BACA:  12 Tempat Wisata di Solok Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Selain pantainya yang menarik, panorama Pulau Angso Duo juga masih alami dan indah. Anda yang hendak menginap atau beristirahat setelah berjalan-jalan memutari pulau, bisa memilih berbagai penginapan yang tersebar tidak jauh dari bibir pantai.

3. Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah

Lokasi: Jl. Nasri Nasar Komplek Wisata Gandoriah, Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman. – Image Credit by Reservasiku.com

Pantai ini merupakan destinasi wisata menarik yang sering dikunjungi oleh masyarakat lokal Padang Pariaman. Sebabnya karena pantainya yang bersih, cantik, dan bisa dijangkau dengan mudah, baik menggunakan akses kendaraan pribadi ataupun umum.

Di depan Pantai Gandoriah terdapat enam pulau kecil yang bisa Anda kunjungi dari pantai ini. Keenam pulau tersebut adalah Pulau Angso Duo, Pulau Ujung, Pulau Tengah, Pulau Gosong, Bando serta Kasiak. Pantai Gandoriah menjadi spot melihat matahari terbenam yang indah paling terkenal di Padang Pariaman.

4. Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai

Lokasi: Lubuk Alung, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman. – Image Credit by Lubuk-aluang.blogspot.com

Jika tidak berminat berkunjung ke daerah pesisir, Anda bisa memilih objek wisata yang terletak di pedalaman. Salah satunya adalah Air Terjun Nyarai. Yang menarik dari air terjun ini adalah warna airnya yang kehijauan dan hutan di sekelilingnya yang masih alami. Sehingga menampilkan perpaduan sempurna untuk Anda yang menyukai wisata alam.

Di bawah air terjun, Anda bisa mencoba memancing menggunakan tombak untuk menangkap ikan yang lewat. Nantinya ikan tersebut bisa Anda konsumsi dengan menyerahkannya untuk diolah oleh berbagai warung makan yang berdiri tak jauh dari pinggiran sungai.

5. Tapian Puti

Tapian Puti

Lokasi: Lubuk Alung, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman. – Image Credit by Ksmtour.com

Tempat ini merupakan pemandian yang terbentuk secara alami. Berbentuk kolam-kolam kecil dalam 7 tingkat yang berdekatan. Airnya mengalir dari bukit tak jauh dari tempat tersebut dan mengisi cekungan-cekungan pada kolam-kolam ini. Airnya segar, sehingga sering digunakan sebagai tempat bermain air.

BACA:  13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Menjelang Ramadhan, banyak masyarakat sekitar yang menggunakan Taipan Puti sebagai lokasi untuk mensucikan diri sebelum memulai puasa. Mereka mandi secara massal di Taipan Puti sebagai sebuah tradisi lokal yang diwariskan secara turun temurun.

6. Tugu Perbatasan Padang

Tugu Perbatasan Padang

Lokasi: Siguntur, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan. – Image Credit by Twitter.com @MinangOfficial

Sering dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah, tugu perbatasan antara Padang dengan pesisir selatan ini ramai dikunjungi wisatawan. Desain arsitekturnya menarik, dengan pilihan warna merah dan kubah yang tinggi, membuatnya menjadi ikon kota Padang.

Di dekat tugu perbatasan tersebut, oleh pihak pengelola, telah disiapkan berbagi macam fasilitas untuk menunjang kebutuhan wisatawan, seperti mushola, toilet hingga penginapan. Walaupun berupa monumen buatan, Tugu Perbatasan Padang tetap menarik untuk dinikmati sebagai objek wisata.

7. Batu Malin Kundang

Batu Malin Kundang

Lokasi: Jl. Malin Kundang, Air Manis, Kec. Padang Selatan, Kota Padang . – Image Credit by Localguidesconnect.com

Apabila Anda familiar dengan kisah anak durhaka yang bernama Malin Kundang, Anda bisa mengunjungi patung batunya yang terletak di Pantai Air Manis. Disana Anda akan menemukan seonggok batu yang oleh masyarakat setempat dipercaya merupakan sosok Malin, yang dikutuk ibunya menjadi batu.

Legenda lokal ini telah dipercayai warga setempat secara turun temurun. Untuk menuju lokasi ini, Anda bisa mengaksesnya melalui jalur darat. Lokasinya bersebelahan dengan Pelabuhan Teluk Bayur. Pantai Air Manis sebagai lokasi batu ini juga memiliki pemandangan yang indah, sehingga Anda bisa menikmati dua objek wisata sekaligus dalam satu tempat.

8. Taman Budaya Sumbar

Taman Budaya Sumbar

Lokasi: Jl. P Diponegoro 31, Belakang Tangsi, Kec. Padang Barat, Kota Padang. – Image Credit by Wikimedia.org

Jika bosan dengan wisata alam, Anda bisa mengunjungi taman budaya ini sebagai alternatif pilihan. Dikenal karena sering menampilkan pertunjukan adat, Taman Budaya Sumbar merupakan lokasi yang tepat untuk Anda mengetahui bagaimana tradisi, seni dan budaya dari Padang Pariaman dan Sumatera Barat.

BACA:  17 Tempat Wisata di Padang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tarif tiket masuknya cukup terjangkau, hanya 5.000 rupiah saja. Anda bisa mengunjunginya setiap hari bersama keluarga di jam operasional yang telah ditentukan. Terdapat beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati disini, seperti tempat ibadah, toilet, taman bermain anak, hingga foodcourt.

9. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman

Lokasi: Jl. Diponegoro No.10, Belakang Tangsi, Kec. Padang Barat, Kota Padang. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Terdapat wisata edukasional sejarah di Padang Pariaman, yakni Museum Adityawarman. Disana Anda akan mendapati berbagai benda peninggalan yang berhubungan dengan kota Padang. Dibangun pada tahun 1974, dan selesai tiga tahun kemudian, museum ini dinamai berdasarkan nama raja yang dulu pernah menguasai Minangkabau.

Untuk masuk ke museum ini, terdapat tiket masuk yang harus Anda tebus, hanya 2.000 rupiah untuk orang dewasa, dan 1.000 rupiah untuk anak-anak. Harga yang sangat terjangkau untuk memasuki museum pada umumnya. Jam operasional museum ini dimulai dari jam 8 pagi hingga 6 sore setiap harinya.

10. Pemandian Lori Lubuk Minturun

Pemandian Lori Lubuk Minturun

Lokasi: Lubuk Minturun, Kec. Koto Tangah, Kota Padang. – Image Credit by Pusatinfowisata26.blogspot.com

Anda yang ingin bermain air dengan leluasa, bisa mengunjungi pemandian ini. Dengan tiket masuk seharga 5.000 rupiah untuk tiap orangnya, Anda akan puas bermain air sambil berendam di pemandian Lori. karena tidak memiliki pagar pembatas, berhati-hatilah untuk tidak terseret arus sungai.

Pemandangan di sekitar pemandian Lori Lubuk Minturun juga masih asri. Airnya merupakan cabang sungai yang hulunya berasal dari pegunungan. Airnya jernih dan segar dibandingkan dengan air kolam renang buatan. Setelah puas bermain, Anda bisa berhenti sejenak sambil menyantap kuliner di pinggiran sungai.

Demikianlah daftar 10 rekomendasi tempat wisata di Padang Pariaman yang wajib Anda kunjungi ketika berwisata kesana. Tentu akan sayang melewatkan beberapa destinasi wisata tersebut, karena ia telah menjadi ikon kota Padang, sehingga tak lengkap rasanya bila ke Padang namun tak mengunjungi objek wisata tersebut. Semoga informasi ini membantu Anda untuk memilih tempat wisata di Padang.